Resep Roti Tawar – Roti tawar ini sudah menjadi salah satu menu sarapan wajib, terutama bagi orang-orang di luar negeri karena memang disana makanan pokoknya adalah gandum yang menjadi bahan utama pembuat roti.

Roti tawar ini terbuat dari gandum atau tepung terigu yang baik untuk dikonsumsi dan sangat cocok untuk disantap sebagai menu sarapan di pagi hari karena memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi, apalagi kalau ditambah dengan madu atau susu pasti rasanya akan lebih nikmat dan memberikan kalsium tinggi untuk pertumbuhan badan.

Pada umumnya, roti tawar yang sering kita temui di pasaran itu ada 2 jenis, yaitu ‘white bread‘ dan ‘toast bread‘. Roti jenis white bread ini adalah roti tawar yang masih berukuran besar, sedangkan toast bread adalah roti tawar yang sudah dipotong-potong. Kalau di toko roti maupun di pasar swalayan, ada banyak ragam roti tawar lainnya yang dijual, seperti french bread, pain au levain, baguette, frankenbrot, roti gandum, dan masih banyak lainnya.

Roti tawar ini juga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia pun bisa mengonsumsi roti tawar setiap hari. Karena selain memberikan manfaat yang baik untuk tubuh, roti tawar ini juga memberikan kenikmatan rasa yang bisa disatukan dengan makanan lainnya.

Resep Roti Tawar

Resep roti tawar dan cara penyajian roti tawar ini sangat beragam, umumnya masyarakat selalu mengoleskan mentega di salah satu atau kedua sisinya, kemudian ditaburi meses, kacang, selai coklat, maupun selai aneka rasa, ada juga yang menambahkan keju parut atau keju lembaran dan susu, semua itu sesuai dengan selera masing-masing, yang pasti itu akan membuat rasa roti tawarnya jadi terasa lebih nikmat.

Roti tawar ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lainnya, seperti puding yang didalamnya ada isi roti tawarnya, Roti Canave yaitu roti tawar yang di dalamnya isi masakan sayur wortel dan kentang yang sudah diiris kecil-kecil, dan yang paling sering dibuat adalah Sandwich yaitu roti tawar yang berisi daging dan sayuran yang dalamnya seperti burger, dan masih ada banyak kreasi roti tawar yang unik dan lezat.

Nah bagi Anda yang memiliki anak yang susah atau tidak suka makan nasi dan sayur, perlu mulai untuk mencoba memberikannya resep roti tawar dengan berbagai kreasi yang cocok untuk buah hati Anda. Selain menyehatkan untuk tubuh, roti tawar ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut, serta multifungsi karena bisa dijadikan sebagai menu utama ataupun sebagai menu pelengkap makanan lain.

Anda bisa dengan mudah mendapatkan roti tawar ini dimana saja, seperti di pasar tradisional maupun pasar swalayan dengan berbagai varian, harga, dan kualitas. Ya pasti sudah tentu roti tawar yang memiliki harga mahal rasa dan kualitasnya juga tentu lebih baik.

Resep roti tawar sebenarnya merupakan rahasia para pembuat roti rumahan atau pabrik roti, itulah sebabnya banyak yang belum paham seluk beluk dalam pembuatan roti tawar. Roti tawar sendiri mempunyai cita rasa yang khas yaitu sedikit asin dan gurih.

Resep roti tawar yang bagus dan sehat tentunya tanpa bahan pengawet apapun, sehingga pada umumnya roti tawar tidak dapat bertahan lama, itulah sebabnya sebaiknya anda mengetahui dengan jelas kapan pembuatan roti tawar yang anda beli, dengan kata lain, roti tawar yang anda makan harus masih baru. Biasanya rasa roti tawar akan berubah menjadi tengik (tidak enak) setelah melewati tiga hari dari pembuatannya.

Tapi daripada harus membeli roti tawar mahal-mahal, lebih baik Anda membuatnya sendiri, karena bisa menghemat pengeluaran Anda dan tentunya lebih sehat. Selain itu, Anda karena bisa berkreasi sesuai dengan keinginan dan imajinasi, jadi akan terasa lebih enak makan roti tawar buatan sendiri. Resep roti tawar ini cukup sederhana dan mudah untuk bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Resep Roti Tawar

#Cara 1

Bahan-bahan

  • Tepung terigu ±500 gram (½ kg). Sebelum digunakan sebaiknya di saring dahulu
  • Susu bubuk full cream ±650 gram
  • Mentega ±38 gram, sebaiknya pilih mentega putih
  • Baker Bonus ±1 gram
  • Ragi instan ±1 gram
  • Garam ±10 gram
  • Air es ±300 gram

Untuk menghasilkan roti tawar yang enak dan lembut tentunya komposisi resep roti tawar dengan campuran bahan-bahan yang pas. Untuk tahap pembelajaran ada baiknya membuat roti tawar sedikit dahulu, kalau nanti sudah terbiasa bisa ditambah, bahkan bisa juga untuk usaha jualan roti bikinan sendiri. Untuk tempat adonan sebaiknya dari stainless atau alumunium.

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan wadah stainless atau alumunium berukuran sedang, kemudian masukkan semua bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi, kecuali air es. Aduk semua bahan sampai rata.
  2. Setelah semua tercampur rata, buat lobang dibagian tengah adonan dengan menggunakan jari, kemudian kucurkan air es sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Proses pencampuran bahan-bahan roti tawar ini harus benar-benar sempurna. Hasil adonan yang bagus itu adalah kalis dan tidak lengket.
  3. Kemudian campur dan remas adonannya sampai kalis, elastis, serta tidak terasa lengket.
  4. Selanjutnya simpan adonan dalam wadah tertutup rapat dengan menggunakan kain bersih, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah mengembang dengan sempurna dan maksimal, remas lagi adonannya sampai kempes kembali, tujuannya itu supaya bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam loyang.
  6. Ambil loyang dan olesi dengan mentega secara merata, kemudian masukkan adonan yang sudah kempes tadi ke dalam loyang paling tidak ¾ dari isi loyang.
  7. Tunggu sampai adonan mengembang lagi hingga semua bagian dalam loyang penuh, kemudian tutup, tapi jangan lupa sebelumnya olesi dahulu dengan mentega.
  8. Kalau sudah, masukkan dalam oven dengan suhu sekitar 190°c selama ±25-30 menit.
  9. Angkat, dinginkan, dan potong sesuai selera.

Cara #2

Bahan-bahan

  • Tepung terigu 1 kg
  • Ragi instan 20 gram
  • Telur 2 butir
  • Susu bubuk 20 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Mentega putih 60 gram
  • Garam 15 gram
  • Air es 475 ml

Cara Membuat Roti Tawar

  1. Langkah pertama adalah mencampur bahan-bahan pembuat roti tawar, antara lain tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, dan gula pasir. Campur semua bahan itu sampai rata, kemudian masukkan telur, lalu aduk lagi sampai merata. Setelah itu, tuangkan air es secara bertahap sambil terus diaduk.
  2. Langkah selanjutnya itu menguleni adonan dengan cara mengaduk adonan secara konstan sampai kalis atau tidak terasa lengket.
  3. Tambahkan garam dan mentega putih. Uleni lagi adonan roti tawarnya sampai benar-benar kalis dan tercampur dengan rata. Kemudian bulatkan adonannya, masukkan ke dalam wadah dan tutup dengan kain bersih, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah 30 menit dan adonan mulai mengembang, remas adonannya sampai kempis. Kemudian bagi adonan masing-masing sekitar 500 gram.
  5. Bentuk masing-masing adonan menjadi bulat, lalu giling. Kemudian gulung adonan dengan bentuk memanjang dan letakkan adonan tersebut di loyang. Sebelumnya, olesi loyang menggunakan minyak dan mentega putih. Setelah i, diamkan adonan selama 60 menit agar adonan mengembang.
  6. Anda juga bisa menambahkan beberapa polesan di bagian atas adonan agar lebih nikmat. Bahan-bahannya yaitu telur 1 butir, susu segar 2 sendok makan dan garam ½ sendok makan.
  7. Campur semua bahan itu dan gunakan untuk memoles atas adonan yang Anda diamkan selama 60 menit.
  8. Panggang adonan selama kurang lebih 20 menit menggunakan oven. Setelah matang, keluarkan roti tawar dan segera olesi bagian atasnya dengan butter.


Tips Roti Mengembang Sempurna, Lembut dan Empuk Lebih Lama

Mungkin sebagian dari kita kadang suka bingung pada saat membuat roti, kenapa roti buatan kita gagal mengembang atau kurang empuk? Yang jelas, pasti ada kesalahan prosedur pembuatannya. Biasanya kesuksesan pembuatan roti itu bisa dilihat dari awal proses, yaitu adonan rotinya harus bisa mencapai kondisi kalis. Kalau dari awal saja tidak bisa seperti itu, sudah dipastikan nantinya roti yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan, seperti kurang empuk atau malah keras.

Maka dari itu, disini kami akan share beberapa tips dalam pembuatan roti. Tapi sebelum itu, perhatikan dulu beberapa penyebab roti yang dihasilkan kurang baik, yaitu sebagai berikut:

Kegagalan yang Terjadi Saat Membuat Roti

Penyebab Adonan Tidak Mengembang:

  • Ragi tidak aktif
  • Pengulenan adonan tidak elastis
  • Waktu fermentasi kurang

Penyebab Roti Keriput:

  • Fermentasi terlalu lama
  • Jumlah pemakaian cairan terlalu banyak dibanding pemakaian tepung

Penyebab Roti Pucat Warnanya:

  • Kurang gula / lupa memasukkan gula
  • Api kurang panas
  • Pengolesan kurang tebal

Penyebab Roti Tidak Meninggi Atau Melebar:

  • Jumlah cairan terlalu banyak dibanding dengan tepung

Penyebab Roti Keras:

  • Tepung terlalu banyak
  • Pengulenan tidak sampai elastis
  • Pengovenan terlalu lama (misal karena api terlalu kecil)

Penyebab Bagian Tengah Roti Tidak Matang:

  • Api terlalu kecil hingga setelah 10 menit di oven, hanya bagian luar saja yang matang
  • Suhu oven sudah pas, hanya pengovenan kurang lama

Penyebab Roti Berlubang Lubang:

  • Fermentasi terlalu lama
  • Ketika fermentasi usai, adonan tidak dikempiskan dulu
  • Sebelum diisi, adonan tidak digiling dulu

Penyebab Tekstur Roti Tidak Berbentuk:

  • Adonan tidak diuleni sampai elastis

Penyebab Bagian Bawah Roti Terlalu Keras:

  • Roti terlalu lama di oven

Penyebab Roti Terlalu Asam:

  • Ragi terlalu banyak
  • Fermentasi terlalu lama

Penyebab Permukaan Roti Tidak Rata:

  • Ketika dibentuk, permukaan roti tidak dilicinkan dulu

Penyebab Roti Berjamur:

  • Belum lewat sehari roti berjamur, karena roti yang masih panas, sudah dimasukkan dalam kantong plastik dan dibungkus rapat

Tips Untuk Proses Pembuatan Roti

Tips yang pertama, kalau mau roti menjadi lebih lembut dan empuk, Anda bisa menggunakan Bread Improver dan Bread Emulsifier. Meskipun sebetulnya penggunaan Bread Improver dan Bread Emulsifier ini hanya sebagai alternatif saja. Kalau tidak menggunakan ini, roti masih akan tetap mengembang dengan sendirinya, tapi hasilnya akan beda tekstur serat dan kekokohannya.

Tips yang kedua yaitu biasakan untuk tidak langsung menuangkan bahan cair seperti air es sekaligus saat membuat adonan, sebaiknya tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tahapan adonan yang diinginkan tercapai. Penggunaan bahan cair ini memang akan sangat tergantung kondisi di tempat kita masing-masing. Jadi sebaiknya perhatikan tiap tahap penuangan bahan cair, kalau memang masih terlihat kering dan seret baru tambahkan lagi sedikit demi sedikit. Kalau menurut kita adonan sudah cukup lembab meskipun masih ada sisa bahan cair, tidak perlu dituang lagi semuanya.

Tips yang ketiga itu selalu pastikan adonan sudah benar-benar kalis, baru setelah itu kita lakukan ke tahap selanjutnya. Saat membagi dan menimbang, adonan jangan ditarik, tapi cukup dengan menggunakan pisau atau scrapper untuk membaginya, supaya serat roti terlihat bagus. Proses pembetukan atau pembulatan adonan juga mempengaruhi tekstur roti pada nantinya. Jadi saat proses pembulatan permukaan adonan harus bulat mulus supaya roti yang dihasilkan bisa terlihat cantik dan rapi.

Proses menguleni adonan ini rata-rata dilakukan sekitar 10 menit sampai didapatkan adonan kalis. Kira-kira kalau sudah 7-8 menit Anda menguleni adonan, konsistensi adonan mulai berubah. Adonan akan menjadi mulus dan halus. Tahapan ini merupakan tanda yang baik kalau Anda sudah cukup menguleni adonan. Anda bisa menambahkan 2-3 menit lagi untuk melanjutkan proses menguleni sebelum memutuskan untuk berhenti.

Tips yang terakhir itu untuk membantu pengembangan adonan roti, kalau cuaca tidak memungkinkan karena dingin, Anda bisa menggunakan oven untuk menyimpan adonan. Caranya itu dengan meletakkan wadah yang sudah diisi air panas di rak bagian paling bawah, lalu di rak atasnya baru diletakkan adonan. Suhu sangat berpengaruh dalam proses proofing karena yang dibutuhkan adonan untuk mengembang di tahap akhir ini adalah suhu yang lembab dan hangat.

Demikian informasi mengenai Resep Roti Tawar dan Cara Membuat Roti Tawar Enak, Empuk, dan Lembut. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda kalau mau mencoba membuat roti tawar buatan Anda sendiri. Resep roti tawar ini bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan dan bahan-bahannya pun sangat mudah didapat, sehingga bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir. Selamat mencoba dan terima kasih.

WhatsApp chat