Home » Artikel » Artikel Proses » Mencari Rahasia Bagaimana Cara Membuat Kulit Lumpia? Disini Tempatnya

Mencari Rahasia Bagaimana Cara Membuat Kulit Lumpia? Disini Tempatnya

Cara Membuat Kulit Lumpia – Lumpia merupakan sajian kuliner khas nusantara yang sering kita jumpai di pasar maupun penjual lumpia martabak.

Makanan ini dikenal karena memiliki rasa yang unik,enak dan lezat membuat para masyarakat menjadi tertarik dan begitu menyukai makanan tersebut sehingga terkadang makanan jenis lumpia ini jadi panganan pokok setiap harinya.

Lumpia kering ini  dulunya tak begitu dikenal namun seiring perkembangan kuliner indonesia, lumpia ini jadi semakin dicari oleh banyak orang dan para penjual pun banyak yang mendapat ide baru untuk menambah resepnya menjadi lebih baik dan lebih gurih dengan tambahan bahan pokok rempah yang higienis. Dari bentuknya pun ada berbagai macam variasi. ada yang bulat basah, kering dan dll.

Lumpia ini sangatlah unik dengan bentuk yang bulat tipis serta menawan membuat hati menjadi tertarik untuk mencicipi. Lumpia sudah menjadi buruan utama kuliner semarang bagi para pelanggan yang datang baik pelanggan dari luar kota maupun dalam pelanggan pribumi.

Lumpia ini cocok digunakan sebagai kudapan apa aja. Bisa digunakan dalam acara santai, tasyakuran untuk sebagai cemilan dan ultah teman untuk penggenap kue.

Sejarah Lumpia

Sejarah lumpia berasal dari oleh pasangan Tjoa Thae Joe-Wasi. Tjoa yang telah meninggal sejak tahun 1930-an membuat cita rasa lumpia yang berdasar dari daerah asal nya, Fukien, China. Karenanya masakan memiliki cita rasa bergaya Hokkian. Sementara Wasi, adalah penjual lumpia asli semmarang yang memiliki  cita rasa manis asin.

Keduanya menikah lalu kemudian menyatukan resep mereka. Saat itu usaha yang dikembangkan terletak di di Gang Lombok Kawasan Pecinan. Selanjutnya usaha itu diturunkan pada anaknya, Siem Gwan Sing. Siem Swie Hie yang merupakan generasi ketiga juga membuka warung di Jl Pemuda dan berkembang hingga kini diteruskan oleh Lien.

 

Nah bagi anda yang belum pernah mencoba makanan yang satu ini, jangan khawatir karena sebentar lagi anda akan bisa membuatnya sendiri dirumah dengan resep yang anda dapatkan.

Membuat lumpia ini tidaklah sulit dari yang kita kira bayangkan, hanya saja mempertahankan kulitnya yang tipis terkadang agak-agak susah jika belum terbiasa. Nah dibawah ini kami akan bahas tentang bagaimana Cara Membuat Lumpia Bagian Kulit Yang Kering Yang Renyah. Yuk kita simak langkah-langkahnya dibawah ini :

Cara Membuat Kulit Lumpia

cara membuat kulit lumpia

Lumpia adalah kudapan makanan ringan dari Semarang dengan isian rebung yang enak. Lumpia dari Semarang sudah terkenal bahkan di seluruh Indonesia yang membuat siapa pun jika berkunjung ke Semarang maka akan membeli lumpia sebagai oleh-oleh.

Salah satu kunci dari lumpia yang enak ada pada resep kulitnya. Anda dapat membuat kulit lumpia sendiri di rumah. Berikut ini adalah cara membuat kulit lumpia yang bisa Anda ikuti langkah pembuatannya.

Bahan untuk Cara Membuat Kulit Lumpia:

  • Tepung terigu yang berkualitas 100 gram
  • Telur ayam 2 butir (pecahkan dan ambil putih telurnya saja)
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Kulit Lumpia:

  1. Yang harus Anda pertama kali lakukan adalah siapkan wadah untuk membuat adonan utama. Masukan tepung terigu dan tambahkan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  2. Setelah semuanya tercampur rata, masukan putih telur dan aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Setelah putih telur juga ikut tercampur rata, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung dan aduk-aduk sampai adonan tercampur rata dan adonan menjadi kalis.
  4. Apabila kekenyalan adonan sudah pas, diamkan adonan selama kurang lebih 45 menit.
  5. Jika adonan sudah didiamkan selama 45 menit, siapkan teflon dan oles terlebih dahulu permukaan teflon tersebut dengan menggunakan margarin agar tidak lengket.
  6. Setelah teflon panas, ambil adonan menggunakan sendok sayur sedikit saja agar kulit lumpia menjadi tipis dan hasilnya agar renyah.
  7. Ketika sedang menggoreng kulit lumpia, bolak balik kan kulit lumpia supaya tidak gosong dan kulit dapat matang secara merata. Angkat dan sisihkan.

Sangat mudah bukan resep membuat kulit lumpia yang renyah seperti di atas. Dengan resep kulit lumpia yang renyah dan gurih seperti di atas ditambah dengan isian lumpia, tentu lumpia yang Anda buat akan menjadi semakin enak. Lebih enak ketika Anda sudah membuat kulit kemudian langsung digunakan untuk membuat lumpia.

Resep Kulit Lumpia Basah

cara membuat kulit lumpia

Ketika Anda sedang menikmati waktu santai Anda dirumah, tentu akan terasa sangat nikmat bila ditambah dengan kudapan yang gurih. Ada banyak kudapan yang dapat disajikan untuk menemani waktu senggang Anda, salah satunya adalah lumpia.

Bila diatas sudah diterangkan bagaimana cara membuat kulit lumpia yang kering dan renyah. Sekarang mari kita simak bagaimana caranya membuat kulit lumpia yang basah dan masih setengah matang.

Kulit ini tidak hanya cocok untuk dijadikan lapisan luar lumpia tapi juga makanan santai lainnya seperti martabak, pisang coklat, dan lain lain.

Bahan untuk membuat kulit lumpia:

  • Tepung terigu berkualitas bagus 150 gram
  • Telur ayam 2 butir (ambil putih telurnya saja)
  • Minyak goreng atau margarin 1 sendok makan
  • Garam secukupnya
  • Air matang 300 ml atau juga bisa menggunakan santan encer agar kulit lumpia jadi lebih renyah dan gurih

Cara membuat kulit lumpia basah

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan wadah untuk bahan utama. Masukan tepung terigu bersama garam secukupnya. Aduk hingga merata.
  2. Kemudian siapkan wadah yang berbeda dan masukan putih telur kemudian kocok lepas sebentar saja.
  3. Setelah adonan putih telur dikocok lepas, masukan sebagian kocokkan putih telur ke dalam adonan tepung terigu, aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Tuang sedikit demi sedikit santan encer atau air matang kedalam adonan, sambil kemudian aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata.
  5. Setelah semua bahan tercampur dengan rata, siapkan teflon dan panaskan menggunakan api kecil. Oles teflon dengan margarin atau minyak goreng secukupnya terlebih dahulu agar ketika adonan digoreng menjadi tidak lengket.
  6. Setelah teflon panas, ambil adonan kulit lumpia sedikit dan goreng pada teflon hingga menjadi setengah matang.
  7. Setelah adonan kulit lumpia matang, angkat dan tiriskan kulit lumpia dan dinginkan kulit lumpia sebelum digunakan.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti resep dan cara membuat kulit lumpia basah seperti di atas. Dengan membuat kulit lumpia sendiri maka Anda akan yakin jika bahan yang digunakan untuk pembuatan kulit lumpia terjamin kualitasnya dan higienis sehingga aman untuk kesehatan. Gunakan kulit lumpia untuk membuat makanan ringan seperti lumpia isi rebung, sosis, daging cincang, atau lain sebagainya.

Cara Membuat Lumpia Khas Semarang

cara membuat kulit lumpia

Bahan-bahan Lumpia Semarang Isi Ayam Rebung :

  • Kulit Lumpia 10 lembar ( siap pakai )
  • Rebung 250 gram ( iris kecil kecil seperti korek api ) bisa juga menggunakan rebung kalengan
  • Daging udang yang sudah dikupas 50 gram ( cincang halus )
  • Daging ayam 200 gram ( cincang halus )
  • Telur 2 butir ( buat orak arik )
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh ( atau sesuai selera )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Air 100 mili liter
  • Putih telur secukupnya ( digunakan sebagai perekat )

Bumbu Halus Lumpia Semarang Isi Ayam Rebung :

  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • 1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat Lumpia Semarang Isi Ayam Rebung :

  1. rebus rebung hingga empuk, jika anda menggunakan rebung kalengan direbus beberapa kali ya, bertujuan agar baunya hilang.
  2. Kemudian tumis bumbu halus, masukkan udang cincang, aduk hingga warna berubah, masukkan air, rebung, orak arik telur, dan bumbu-bumbu lainnya. aduk sampai rata, lalu masak hingga meresap dan kering. Setelah itu dinginkan.
  3. Langkah selanjutnya ambil selembar kulit lumpia, lalu isi dengan bahan isi secukupnya, lipat dan gulung rapi. rekatkan kedua sisinya dengan putih telur.
  4. Setelah itu goreng lumpia dengan minyak panas sampai matang. angkat tiriskan.

Menikmati lumpia semarang tanpa ada saus cocolnya pasti terasa ada yang kurangnya, maka dari itu kami sajikan juga resep saus kuah lumpia semarang seperti berikut ini.

Bahan-bahan Saus Lumpia Semarang :

  • Air putih 150 mili liter
  • Gula merah 40 gram ( diiris halus )
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Cuka secukupnya
  • Bawang putih 1 siung ( geprek, kemudian cincang halus )
  • Tepung maizena 1 sendok makan ( dicairkan dengan 1 sendok makan air )

Cara Membuat Saus Lumpia Semarang :

  1. Langkah awal, didihkan air, masukkan gula merah, garam, gula pasir dan cuka secukupnya, bawang putih, dan tepung maizena. Aduk rata adonan hingga bahan matang dan mengental. cicipi rasanya, jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan. angkat.
  2. Lumpia Semarang Isi Ayam Rebung siap disajikan dengan Saus kentalnya.

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering untuk Pisang Cokelat

cara membuat kulit lumpia

Ada banyak jajanan pasar jaman sekarang yang mempunyai rasa gurih dan enak, salah satunya adalah pisang cokelat atau yang akrab disebut dengan piscok. Piscok adalah makanan ringan dengan pisang bertabur coklat kemudian dibalut dengan kulit lumpia yang kering dan renyah dimulut.

Rahasia dari renyahnya pisang coklat sewaktu digigit berasal dari kulit lumpia kering yang dibuat dengan cara benar. Anda dapat membuat kulit lumpia kering yang digunakan khusus untuk membuat pisang coklat yang renyah dengan mengikuti cara membuat kulit lumpia berikut ini.

Bahan untuk Cara Membuat Kulit Lumpia Kering Khusus Piscok:

  • Tepung terigu berkualitas bagus 100 gram
  • Telur ayam 1 butir (pecahkan dan ambil bagian putih telurnya saja)
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng 50 ml atau secukupnya
  • Air secukupnya atau 1 gelas

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering untuk Piscok:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan gelas yang berisi air, tambahkan garam secukupnya dan pastikan garam benar-benar larut dengan sempurna. Sisihkan.
  2. Selanjutnya adalah siapkan wadah untuk membuat adonan, masukan tepung terigu bersama putih telur. Uleni adonan menggunakan tangan Anda dan uleni hingga adonan menjadi menggumpal dan sedikit kalis.
  3. Langkah berikutnya adalah yang paling penting. Pada adonan tuang sedikit air garam yang sebelumnya sudah dilarutkan, uleni sehingga tekstur adonan merata. Jika belum merata, maka tuang lagi air larutan garam dan uleni kembali adonan hingga merata.
  4. Lakukan hal tersebut jika adonan hingga tekstur adonan menjadi bisa dituang namun tidak terlalu encer. Proses tersebut adalah untuk membentuk serat pada adonan, karena jika larutan garam dituang sekaligus maka adonan tidak akan mempunyai serat dan akan mudah robek ketika digoreng.
  5. Langkah terakhir adalah tambahkan minyak goreng secukupnya pada adonan dan aduk-aduk hingga merata. Adonan sudah siap untuk digoreng.
  6. Selanjutnya siapkan teflon yang anti lengket dan panaskan terlebih dahulu teflon menggunakan api kecil.
  7. Kemudian untuk menggoreng, siapkan kuas yang mempunyai dimensi sedikit besar kurang lebih sebesar telapak tangan Anda. Celupkan kuas tersebut pada adonan dan oleskan di atas permukaan teflon sehingga membentuk lingkaran.
    Yang perlu diperhatikan adalah sewaktu mengoles adonan jangan di atas api tetapi angkat terlebih dahulu teflon baru kemudian oles adonan. Jangan sampai terlalu tebal namun juga jangan terlalu tipis.
  8. Setelah mengoles adonan di atas teflon, letakan teflon di atas api dan biarkan kulit lumpia menjadi kering dan matang. Jika pinggiran kulit sudah mengelupas berarti kulit tersebut telah matang. Angkat dan lakukan seperti itu hingga adonan habis.
  9. Setelah adonan matang, biarkan dingin dan dapat ditumpuk dengan memberi taburan tepung sedikit agar kulit lumpia tidak lengket satu sama lain. Kulit lumpia kering pun siap digunakan untuk membalut pisang cokelat.

Nah, itulah cara membuat kulit lumpia kering untuk membungkus pisang cokelat. Kulit lumpia yang enak akan membuat pisang coklat pun menjadi lebih enak. Kulit lumpia buatan sendiri mungkin berbeda jika dibandingkan dengan buatan pabrik, namun jika membuat sendiri Anda akan merasa yakin kualitas bahan pembuatan kulit lumpia tersebut.

Martabak Mini Telur Kulit Lumpia

cara membuat kulit lumpia

Bahan Bahan yang dibutuhkan

  • 13 lembar kulit lumpia
  • 2 sdm terigu, ini berfungsi untuk perekat, dengan di tambahkan air 2 sdm larutkan
  • 200 gram daging sapi yang sudah digiling menggunakan mesin gilingan daging (bisa diganti dengan daging yang lain sesuai selera)
  • 2 buah cabai merah, rajang halus
  • 3 siung bawang putih, irislah sampai halus
  • 6 siung bawang merah, iris sampai halus
  • 2 sdt kari bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 batang daun bawang,diiris halus
  • 1 sdm minyak, untuk menumis

Bahan Campuran

  • 25 gram daun bawang, diiris sampai halus
  • 50 gram bahan tumisan daging
  • 2 butir telur bebek, dikocok lepas
  • 50 gram bawang bombay, dirajang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat Martabak Telur Kulit Lumpia

  1. Untuk isian, tumislah bawang putih, bawang merah, dan cabai merah. Teruslah ditumis sampai tercium bau harum, lalu masukkan daging giling, aduk-aduk sampai warnanya berubah dan matang.
  2. Kemudian masukkan merica bubuk, kari bubuk, gula pasir, garam, dimasak hingga bumbu meresap dan tercampur rata. Kemudian tambahan daun bawang kemudian  aduk sampai semuanya tercampur rata.
  3. Campuran daging giling yang sudah dibumbui, jangan lupa campur dengan kocokan telur bebek.
  4. Siapkan kulit lumpianya, tuangkan campuran isi yang tadi sudah jadi, kira-kira 1 sendok saja, lalu lipat seperti amplop. Lakukan terus hingga kulit lumpia dan isian habis.
  5. Panaskan minyak, lalu gorenglah martabak kulit lumpia yang sudah diisi tadi. Goreng hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan
  6. Siap disajikan. Cocok dengan acar atau saus cuka.

Paling enak dimakan saat hangat-hangat. Martabak yang renyah dan gurih ini akan membuat siapa saja yang mencoba menjadi ketagihan. apalagi cuaca sangat mendukung, dingin-dingin gitu, bikin perut laper terus. Cocok menemani kumpul keluarga dirumah. Selamat mencoba.

Sangat mudah bukan untuk mengikuti cara membuat kulit lumpia yang kering dan renyah seperti di atas? Anda dapat langsung menggunakan kulit lumpia atau Anda juga dapat menyimpannya untuk digunakan dilain waktu. Semoga ulasan ini bermanfaat.

By |2018-12-28T10:34:36+00:00Desember 28th, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Mencari Rahasia Bagaimana Cara Membuat Kulit Lumpia? Disini Tempatnya

About the Author:

WhatsApp chat