Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Masker Beras untuk Badan

Cara Membuat Masker Beras untuk Badan

Beras dikenal sebagai biji-bijian yang sangat bermanfaat. Selain digunakan sebagai makanan pokok, beras juga bermanfaat bagi kecantikan, baik untuk kulit badan maupun kulit wajah.

Beras memiliki banyak kandungan vitamin B yang baik untuk kulit karena bisa berfungsi sebagai pemutih. Beras tentunya sangat aman anda pakai untuk memutihkan kulit karena merupakan bahan yang alami.

Untuk membuat masker badan dari beras, anda harus membuat tepung beras terlebih dahulu. Anda bisa memakai tepung beras yang ada di pasaran, akan tetapi lebih baik membuatnya sendiri agar dapat menjamin manfaat dari maskernya.

Berikut ini cara membuat tepung beras:

Bahan:

Cara Membuat:

  1. Rendam beras dalam air bersih semalaman. Tutup dengan serbet kering agar tidak ada benda yang masuk.
  2. Tiriskan, bilas hingga bersih. Letakkan beras di tampah, tutup dengan serbet yang kering. Jemur hingga kering. Sebar beras jangan terlalu rapat agar beras cepat kering.
  3. Setelah beras benar-benar kering, giling dengan mesin penepung stainless.
  4. Ayak tepung beras. Yang sudah cukup halus bisa dipisahkan dengan yang masih kasar.
  5. Giling kembali tepung beras yang masih kasar, kami sarankan untuk menggunakan mesin penepung stainless kualitas foodgrade untuk menjaga kualitas pangan.
  6. Simpan tepung beras hingga akan diolah. Boleh disimpan di kulkas.

Setelah tepung beras berhasil dibuat, anda bisa membuat berbagai macam masker yang masing-masing memiliki manfaat untuk badan.

Lulur Beras Kencur

Lulur beras kencur bermanfaat untuk membuat kulit bersih dan rileks. Selain itu, lulur beras kencur juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Hal inilah yang bisa membuat kulit anda semakin putih.

Bahan:

  • 2 sendok makan tepung beras
  • 3 ruas kunyit seukuran ibu jari
  • 2 ruas kencur seukuran ibu jari

Cara membuat:

  1. Haluskan kunyit dan kencur. Campur dengan tepung beras. Aduk rata.
  2. Bila adonan masih belum berbentuk pasta, bisa ditambahkan sedikit air hingga tekstur berubah menjadi pasta.
  3. Balurkan lulur ke tubuh yang sudah bersih. Bisa sedikit dipijat agar lulur mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Bilas tubuh dengan air hangat.
  5. Rutin lakukan seminggu dua kali hingga terlihat manfaatnya.

 

Masker Pelembut Tangan

Tepung beras juga dapat digunakan untuk melembutkan tangan. Seringkali karena pekerjaan atau karena tidak teratur memakai hand & body lotion kulit tangan menjadi kasar. Oleh karena itu, anda bisa mencoba masker berikut ini agar kulit tangan menjadi halus dan lembut kembali.

Bahan:

  • 75 gram tepung beras
  • 1 cup air hangat
  • 1/2 daging buah labu yang masih segar
  • 1/2 sendok makan santan murni

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung beras dalam air hangat. Aduk hingga seluruh tepung larut. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Tunggu hingga sebagian tepung mengendap di dasar cup.
  2. Saring larutan tepung beras, kemudian masukkan air hasil penyaringan tabsdi ke dalam blender.
  3. Tambahkan buah labu segar dan santan. Nyalakan blender dengan kecepatan sedang hingga buah dan santan tercampur seluruhnya.
  4. Oleskan adonan ke telapak tangan dan punggung tangan hingga merata.
  5. Setelah 15 menit, bilas tangan dengan air hangat.
  6. Lakukan rutin dua kali setiap minggu.

 

Masker Pelembap Tubuh

Ketika tubuh lelah, tentunya semangat anda akan berkurang. Oleh karena itu, anda perlu memanjakan diri hingga akhirnya anda bisa lebih rileks. Salah satu cara termudah adalah dengan membuat masker sendiri untuk tubuh anda. Masker untuk melembapkan tubuh anda ini tidak perlu banyak bahan yang sulit. Yang perlu anda siapkan adalah beras yang sudah dibuat menjadi tepung. Cara membuat masker pelembap tubuh adalah sebagai berikut:

Bahan:

  • Tepung beras
  • Madu
  • Minyak zaitun

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung beras dan madu serta minyak zaitun dengan perbandingan yang sama.
  2. Bila masker masih kurang cair teksturnya, anda bisa menambahkan lagi minyak zaitun atau madunya.
  3. Balurkan ke bagian tubuh yang anda inginkan.
  4. Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat setelahnya.
  5. Rutinlah memakai masker ini 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Beras memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Hal ini karena di dalam beras terdapat asam ferulic yang merupakan antioksidan dan penuh dengan allantoin yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu beras juga kaya akan vitamin B1, vitamin C, vitamin E, dan mineral yang dapat membuat pori-pori kulit mengecil, mencerahkan, melembutkan, dan mengencangkan kulit.

Tidak hanya dalam bentuk beras yang bermanfaat untuk kulit tubuh saat sudah diubah menajdi tepung, saat sudah menjadi nasi juga memiliki manfaat yang besar. Karena manfaatnya yang sangat banyak, tidak ada salahnya anda rutin memakai masker alami yang terbuat dari beras.

Selamat mencoba!

By |2017-11-28T09:01:14+00:00Mei 18th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Masker Beras untuk Badan

About the Author:

WhatsApp chat