Tepung beras adalah salah satu tepung yang terbuat dari beras merah ataupun beras putih, untuk kegunaan biasanya digunakan untuk membuat kue tradisional, meskipun begitu tidak banyak orang yang membuatnya sendiri dan lebih memilih untuk membelinya meski sebenarnya cara membuatnya sendiri di rumah.Kali ini saya akan membagikan cara membuat tepung beras sendiri dirumah dengan mudah.

Dan jika mengingat lebih banyak orang yang suka membeli tepung beras dibanding dengan membuatnya sendiri, tentu anda bisa membuat ini sebagai peluang usaha, yang anda perlukan hanyalah bahan dan alat yang bisa membantu pekerjaan anda dalam membuat tepung beras sendiri.

Cara Membuat Tepung Beras

cara membuat tepung beras

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuat tepung beras dan menjualnya ke masyarakat luas? Ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan bukan? Dan untuk memulai nya anda perlu belajar terlebih dahulu bagaimana cara membuat tepung beras yang berkualitas. Jadi simak ulasan nya berikut ini:

1.Cara Membuat Tepung Beras

Bahan-bahan:

  • Beras putih atau beras cokelat

Cara Membuat Tepung Beras:

  1. Beli beras cokelat atau beras putih (sesuaikan dengan jenis tepung yang ingin Anda buat). Biasanya, semakin banyak jumlah beras yang Anda beli dalam sekali waktu, semakin murah pula modal yang Anda butuhkan untuk membuat tepung beras. Jika di dekat rumah Anda tersedia toko atau agen beras, tidak ada salahnya langsung membeli beras dalam jumlah banyak. Dengan demikian, Anda bisa membuat tepung beras berkualitas baik kapan pun dibutuhkan tanpa harus kembali mengisi stok beras di rumah. 10 kg beras dapat menghasilkan tepung beras yang bisa memenuhi kebutuhan Anda selama beberapa bulan penuh.
  2. Beli blender atau mikser yang bisa digunakan untuk menghaluskan biji-bijian.Sebaiknya, jangan gunakan blender jus atau blender sejenis yang hanya bisa digunakan untuk menghaluskan bahan-bahan basah.
  3. Isi blender dengan 0,25-1 liter beras. Sebaiknya, jangan menggiling terlalu banyak beras dalam sekali waktu karena akan memengaruhi kualitas tepung beras yang dihasilkan. Jika ingin menghasilkan tepung beras berjumlah banyak, pastikan Anda memproses beras secara bertahap.
  4. Giling beras hingga tercapai konsistensi yang diinginkan. Semakin halus tekstur tepung beras, semakin baik pula tekstur kue yang nantinya akan Anda hasilkan.
  5. Gunakan tepung beras di dalam aneka resep bebas gluten. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengentalkan kuah sup dan aneka saus karena tepung beras mampu mengikat cairan dengan bahan-bahan lain di dalam masakan.
  6. Simpan sisa tepung beras di wadah kedap udara sampai saatnya digunakan.Hati-hati, tepung yang tidak disimpan dalam wadah tertutup rapat dapat dengan mudah berjamur. Untuk mencegah terjadinya pengembangbiakan jamur, Anda juga boleh menyimpannya di freezer dalam wadah tertutup rapat (agar tepung tidak menyerap cairan dan bau dari bahan makanan lain di freezer Anda). Umumnya, tepung beras cokelat mampu bertahan hingga 5 bulan lamanya, namun akan lebih cepat rusak jika sekamnya sangat berminyak. Sementara tepung beras putih, jika disimpan dengan cara yang benar, diduga memiliki waktu penyimpanan yang tak terbatas.

Tips:

Anda juga bisa menggunakan mesin penggiling, sejauh mesin tersebut bisa digunakan untuk menghaluskan biji-bijian.

  • Kue berbahan dasar tepung beras biasanya memiliki tekstur yang lebih beremah daripada kue yang terbuat dari tepung gandum. Jika Anda tidak menyukai kue dengan tekstur beremah, cobalah mencampurkan 1 bagian tepung garut (sejenis umbi-umbian) dengan 4 bagian tepung beras di dalam resep Anda. Menggunakan lebih banyak telur juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kue Anda.
  • Food processordengan merek Cuisinart juga bisa Anda gunakan untuk menghaluskan beras. Ikuti langkah “menggiling” yang tercantum di buku panduannya.
  • Dibandingkan tepung gandum, tepung beras mampu menyerap lebih banyak cairan. Oleh karena itu, pastikan Anda menambahkan jumlah cairan ke dalam resep berbahan dasar tepung beras untuk menghasilkan konsistensi yang tepat.
  • Meski harganya lebih mahal, grain millatau alat khusus untuk menggiling biji-bijian akan mempermudah proses pembuatan tepung Anda.
  • Beras cokelat memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada beras putih.

Peringatan:

  • Pastikan Anda hanya menggunakan beras mentah!

Hal yang Anda Butuhkan:

  • Beras putih atau beras cokelat
  • Blender atau mikser yang bisa digunakan untuk menggiling biji-bijian

Manfaat Tepung Beras

cara membuat tepung beras

Sejak zaman dahulu, tepung beras memang sudah digunakan sebagai perawatan kecantikan untuk kulit wajah dan biasanya digunakan sebagai masker. Kandungan yang terdapat pada tepung beras terbukti cukup ampuh dalam merawat kulit wajah dan mencegah kerusakan pada kulit. Hingga saat ini, kamu tetap bisa menggunakan masker tepung beras sebagai perawatan mingguanmu.

Sebelum kamu akan mulai mencobanya kembali, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu manfaat masker tepung beras untuk kulit wajah agar kamu lebih tahu mengenai cara kerja dari si tepung beras ini. Keep scrolling!

1.Mencerahkan Kulit Wajah

Banyak orang yang menggunakan masker tepung beras untuk dapat merasakan manfaatnya yang satu ini. Mencerahkan kulit merupakan salah satu manfaat masker tepung beras yang benar-benar sudah teruji. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan yoghurt lho!

2.Mengurangi Bintik Hitam

Selain mencerahkan wajah, salah satu manfaat masker tepung beras ialah dapat mengurangi bintik hitam yang sangat mengganggu di wajah. Campurkan tepung beras dengan air lemon secukupnya saja hingga bertekstur kental kemudian baurkan pada seluruh wajah sebagai masker andalanmu.

3.Melembutkan Tekstur Kulit

Manfaat masker tepung beras lainnya ialah dapat melembutkan tekstur kulit wajah. Kamu bisa mencampurkan tepung beras dengan minyak zaitun agar dapat melembutkan kulit wajah dengan sangat sempurna.Anda juga bisa simak artikel Resep Bihun Goreng Enak Dan Lezat Cocok Untuk Menu Keluarga dirumah.

4.Mengangkat Sel Kulit Mati

Walaupun tepung beras memiliki butiran yang cukup halus, namun memiliki manfaat untuk dapat mengangkat sel kulit mati dengan proses eksfoliasi. Usai menggunakan masker, gosokkan dengan lembut beberapa bagian kulitmu yang kasar.

5.Mengatasi Jerawat

Banyak yang belum tahu dengan manfaat masker tepung beras yang satu ini, namun kandungan yang terdapat pada tepung beras dapat mengatasi peradangan pada jerawat sehingga dapat mengurangi masalah kulit tersebut.Bisa anda coba dirumah lho jika anda memiliki banyak jerawat.

6.Mencerahkan Mata Panda

Karena manfaat masker tepung beras yang utama ialah sebagai agen pencerah, maka hal tersebut tak hanya berlaku pada area wajah saja, tetapi juga dapat mencerahkan area lingkar hitam bawah mata atau yang biasa disebut mata panda. Baurkan masker pada area tersebut sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7.Mengencangkan Kulit

Bila kamu ingin memiliki kulit yang awet muda, rasakan manfaat masker tepung beras yang satu ini. Dengan rutin menggunakan masker tepung beras, maka kulitmu pun akan terasa lebih kencang sekaligus menyamarkan garis halus.

Wah, ternyata manfaat masker tepung beras untuk kulit wajah sangat beragam ya! Jadi, untuk kamu yang belum pernah mencoba, yuk sesekali coba menggunakan masker tepung beras sembari bersantai di rumah. Tak perlu takut, karena tepung beras merupakan salah satu bahan yang sangat aman dan tak memiliki efek samping pemakaian.

8.Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini dapat mengurangi rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka anda dapat menggunakan masker tepung beras. Masker ini akan membantu menutrisi kulit dan regenerasi sel kulit agar menjadi lebih baik.

9.Menghilangkan Flek Hitam

Memiliki masalah berupa flek hitam pada wajah? Jangan bingung, anda dapat menggunakan masker tepung beras.  Vitamin yang terdapat pada tepung beras terbukti sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati agar dapat terangkat dengan lebih cepat.

10.Mencegah Jerawat

Masalah yang kerap kali timbul pada wajah ialah jerawat. Datangnya jerawat sendiri cukup menganggu penampilan anda. Saat ini, anda dapat mencegah jerawat dengan menggunakan maske dari tepung beras. Kandungannya mampu mencegah bakteri agar tidak berkembang.

Cara Promosi Bisnis Tepung Beras

cara membuat tepung beras

Bagi pengusaha Penjualan Tepung Beras yang serius mengembangkan bisnis Penjualan Tepung Beras, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Penjualan Tepung Beras harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. Di halaman ini, kami akan memberikan 50 cara mempromosikan usaha Penjualan Tepung Beras agar usaha Penjualan Tepung Beras tersebut mencapai kesuksesan.

Namun sebelum kami menjelaskan lebih jauh, izinkan kami memberikan penjelasan sedikit tentang Strategi Pemasaran. Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Faktor Strategi Pemasaran:

  1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
  2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):

1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).

Dari sudut pandang konsumen:

1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Saat ini ada satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Penjualan Tepung Beras Anda. Maka dengan adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini, Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Tepung Beras. Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Penjualan Tepung Beras jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

Berikut beberapa alasan mengapa promosi website untuk Penjualan Tepung Beras perlu juga dilakukan secara offline dan online:

  1. Tidak semua calon konsumen potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah transaksi.
  2. Tidak semua orang yang biasa menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan terjadilah transaksi.
  3. Kini untuk menaikkan ranking di search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan melalui search engine.
  4. Hukum probablilitas untuk pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan menjadi konsumen serius.
  5. Dimana ada kesempatan bertemu dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.

Promosi (menurut Wikipedia) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

Tujuan promosi diantaranya adalah:

1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3. Untuk mendapatkan konsumen baru dan menjaga kesetiaan konsumen
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Nah, dari ketujuh tujuan promosi diatas, berikut adalah 50 teknik promosi website yang nantinya akan berisi profil bisnis Penjualan Tepung Beras Anda. Sehingga, begitu mereka mengakses website Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Tepung Beras Anda di website tersebut.

Cara Promosinya:

  • Memasang iklan baris di koran.
  • Memasang iklan di buku telepon (yellow pages).
  •  Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
  •  Mendekati calon konsumen lewat telepon secara aktif.
  •  Mendatangi langsung konsumen yang potensial.
  • Berpromosi lewat surat (direct mail).
  • Menjadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
  • Menjadi pembicara tamu acara dialog di radio.
  • Membuat data konsumen lengkap dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
  • Membangun citra perusahaan dengan kop surat yang menarik.
  • Merancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
  • Mengembangkan cara pemesanan lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau media lainnya
  • Membuat tempat khusus untuk memamerkan usaha Penjualan Tepung Beras
  • Merancang pemasaran jarak jauh (telemarketing)
  • Membuat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun
  • Menerbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekal
  • Mencetak kalender dan membagikannya sebagai souvenir.
  • Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis Penjualan Tepung Beras.
  • Membuat stiker dengan logo dan slogan perusahaan dan membagikannya
  • Membuat kaos dengan logo dan nama perusahaan lalu membagikannya.
  • Menjajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
  • Memasang iklan di media cetak mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
  • Memanfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi
  • Berterimakasih pada konsumen dengan mengirimi surat
  • Menjaga hubungan dengan konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
  • Memasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
  • Menyewa agen periklanan atau humas (Public Relation)
  • Menyelenggarakan kontes atau sayembara yang bersifat promosi
  • Menyelenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
  • Menyelipkan brosur, katalog promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
  •  Mencari calon konsumen di pameran-pameran.
  • Mencari calon konsumen di perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Penjualan Tepung Beras

Terimakasih telah menyimak artikel Cara Membuat Tepung Beras Sendiri Dirumah Dengan Mudah.Semoga artikel saya bermanfaat,selamat mencoba!