Cara Membuat Permen Milo Simpel Dan Mudah Dirumah

Cara Membuat Permen Milo

Halo,Kalian pasti tidak asing lagikan dengan permen atau  susu yang satu ini.yaa diartikel saya ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Permen Milo,yaa Permen milo ini mempunyai banyak varian rasa.untuk mempersingkat langsung saja kita baca artikel ini.

Sejarah Susu Milo

Cara Membuat Permen Milo

Minuman susu ikonik asal Australia, yakni Milo, genap berusia 80 tahun dan kota mana produk ini pertama kali dibuat merayakan ikatan yang selama ini terjalin.Pameran berjudul ‘Go and Go with Milo’  wilayah Kempsey, New South Wales (NSW), ini menceritakan  hubungan  antara produk susu ini dengan wilayah Macleay Valley.

Milo ditemukan Sydney selama era Depresi Besar tahun 1930an oleh Thomas Mayne,ahli kimia industri dan peneliti konsumsi Australia, untuk memastikan anak-anak kecil Ssudah mendapat nutrisi yang sangat cukup dari pola makan mereka sehari-hari.Produk ini meluncurkan pada acara Sydney Royal Easter Show di tahun 1934, dan tahun ini, stan pameran Milo yang asli turut membuat ulang untuk menandakan usianya yang ke-80 tahun.

Perusahaan induk produk ini, yakni Nestle, mengatakan bahwa Milo adalah salah satu merek terbaik ketika perusahaan itu merayakan ulang tahun mereka pameran musim semi tersebut.cara membuat permen milo ini menggunakan mesin bentuk mesinnya hampir sama dengan mesin arumanis Tapi seringkali dilupakan bahwa Milo pertama kali memproduksi, dan masih memproduksi, sebuah pabrik di wilayah Smithtown dekat Lower Macleay, yang terletak di pantai utara NSW.

Manajer pabrik sekarang saat ini, yaki Matthew Oram,berbicara, pameran yang dibuka umum pada hari Jumat itu mencakup memorabilia, foto, peralatan teknis, paket dan poster.Pameran ini juga menampilkan beberapa klip dan contoh video dari keterlibatan dan dukungan Nestle dalam banyak proyek komunitas dan juga dukungan mereka terhadap olahraga.

Kegunaan Susu Milo

Milo dapat menambahkan pada susu, baik yang panas ataupun dingin, untuk memberikannya rasa coklat yang bermalt dan tekstur yang indah. Ketika mencampur dengan susu dingin, teksturnya yang kasar akan keluar, namun jika mencampurkan dengan susu panas, minuman ini akan terbentuk seperti susu cokelat atau kakao. Gula dapat menambahkan, namun banyak orang meminumnya tanpa gula, sehingga rasa cokelatnya akan tetap terasa.

Hal yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan membuat segelas Milo dingin yang kemudian memasukan kedalam microwave selama 40-60 detik. Sehingga membuat gelas Milo tertutup  bubuk yang mengeras seperti biskuit. Hal lainnya adalah dengan menaburkan serbuk Milo ke atas es cream, terutama es krim vanila. Milo juga dapat menaburkan ke atas sarapan sereal.

Ada juga minuman Milo populer yaitu “Milo Ajaib”, ini dengan menambahkan Milo pada gelas susu dan gula,kemudian minuman ini diaduk, sehingga bubuknya bertambah banyak. Kemudian menambahkan sedikit susu panas dan diaduk dengan cepat agar terbentuk lapisan baru yang ringan, dan ulangi berulang-ulang sampai gelas hampir penuh. bagian atasnya kemudian menambahkan krim kocok dengan sedikit bubuk Milo atau cokelat.

Kebanyakan minuman ini disajikan ‘hangat’ daripada ‘panas’ dan merupakan versi Milo panas yang lebih populer bagi anak-anak.Milo yang memproduksi di luar Australia metode persiapannya akan berbeda menurut negara.Ghanam, Malaysia, Singapura dan Indonesia, minuman ini lebih banyak mencampur dengan air panas atau dingin, dengan tambahan Tambahkan susu dan gula jika diperlukan.

Manfaat Susu Milo

Cara Membuat Permen Milo

1.Kaya Protein

Setiap bagian dari tubuh manuasi membutuhkan protein yang banyak untuk dapat menjalankan fungsinya dengan sangat baik, seperti rambut, gigi, dan jantung. Protein merupakan penyumbang asam amino yang baik dalam pola makanmu, protein juga membantu melindungi sel-sel di tubuh kita. Meminum susu Milo sebagai pelengkap saat makan dan dapat membuat kamu lebih kenyang.

Baca juga Resep Makanan Dari Umbi Umbian Yang Baik Dikonsumsi dan Manfaatnya.

2.Indeks Glycemic Rendah

Indeks glycemic (GI) ini adalah angka yang mengindikasikan efek makanan pada kadar gula dalam darah manusia. Angka standar indeks ini, adalah setara dengan glukosa murni yaitu 100. Serbuk Milo memiliki GI 55 bila melarutkan dalam air.bila serbuk Milo dicampurkan dalam susu, GI-nya hanya  33. Sehingga Milo masih masuk dalam kategori baik untuk dikonsumsi asal tidak eksesif.

3.Mengandung Karbohidrat

Kandungan sejenis gandum dalam maltose (komponen utama Milo) dan protomalt (pada Milo Nutri Up, yaitu varian Milo yang khusus bagi orang dewasa) merupakan kombinasi antara karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat berguna untuk mengembalikan glycogen (glukosa atau energi yang menyimpan  otot dan hati) yang hilang dan setelah melakukan aktivitas berat.

4. Tinggi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D adalah nutrisi yang sangat baik bagi tulang maunusia. Untuk anak-anak yang mengonsumsi susu Milo, nutrisi ini akan menjadi alasan yang baik untuk meminum susu ini. Pada usia pertumbuhan anak-anak terjadi sangatlah cepat, kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan untuk mencukupi semua kebutuhan mereka. Ditambah bila mereka anak-anak gemar melakukan aktivitas fisik, kekuatan tulang merupakan pondasi paling utama agar mereka tetap aktif.

5. Vitamin B

adalah nutrisi yang sangat dapat membantu menyehatkan saraf tubuh dan sel darah pada manusia, serta membantu membentuk DNA (materi genetik di seluruh sel).  ini juga membantu meningkatkan energi dan mencegah kamu merasa mudah lelah atau lemas karena anemia. Tubuh kita tidak memproduksi vitamin B, sehingga kita hanya bisa mendapatkannya dari asupan makanan. Memperolehnya dari segelas susu juga tidak ada ruginya, bukan?

6. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang vital bagi tubuh. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh manusia. Fungsi sel darah merah sendiri yaitu untuk menyalurkan oksigen dan protein ke seluruh tubuh manusia, ada dua hal yang bila organ-organ kita kekurangan (contohnya otak dan jantung) maka bisa berakibat fatal. Selain mengonsumsi makanan yang memang mengandung zat besi tinggi, contoh sayur-sayuran dan daging merah, tidak ada salahnya menambah asupan zat besi dengan meminum susu Milo.

7. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan, dan antioksidan adalah komponen yang sangat penting bagi tubuh karena gunakan untuk menangkal bahaya radikal bebas yang menyerang tubuh akibat paparan sinar matahari atau radiasi dari sekitar. Selain baik untuk kesehatan kulit manusia, vitamin C juga baik untuk kita dalam meningkatkan sistem pertahanan tubuh kita. Asupan vitamin C yang teratur setiap hari dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

8. Mengandung Serat

Dari mana kandungan serat dalam susu Milo? Tentu saja malt (komponen Milo yang terdiri dari gandum yang mengandung gluten dan gula atau sukrosa) seperti yang sudah kami sebutkan tadi. Barley adalah semacam gandum yang digunakan dalam Milo. Sebagaimana yang sudah sering saya baca, tubuh sangat membutuhkan serat agar proses metabolismenya dapat berjalan dengan sangat baik. Lepas dari itu, keberadaan serat dapat membantu membuat kamu merasa lebih kenyang.

9. Lemak Jenuh

Milo juga mengandung lemak jenuh yang kadarnya akan berkurang apa bila kalian mencampurkan Milo dengan susu tanpa lemak, dan hal ini merupakan kabar baik bagi kita. Namun bukan berarti lemak jenuh sepenuhnya jahat bagi tubuh kita. Kita tetap membutuhkan lemak jenuh (yang biasanya menemukan di mentega atau minyak kelapa) karena dia memainkan peran penting bagi sistem imun. Kekurangan asam lemak jenuh di sel darah putih, misalnya, akan berpengaruh pada kemampuan

10. Lebih Baik Ketimbang Minuman Manis Lainnya

Susu Milo yang dijual pasaran sudah mengandung gula. meskipun konsumsi gula berlebihan tidak baik bagi kesehatan, meminum susu Milo jauh lebih baik ketimbang minuman yang sangat manis, misalnya jus kemasan atau bahkan minuman ringan atau bersoda. Jus kemasan lebih banyak mengandung air dan gula ketimbang sari buahnya, maka dari itu jangan berpikir dua kali untuk mengonsumsi minuman bersoda secara teratur. Susu Milo merupakan pilihan terbaik untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh.

11. Memulihkan Kondisi Tubuh

Bagaimana dengan protein shake? Minuman tersebut biasanya digunakan binaragawan untuk membentuk tubuh dan kini sangat populer dikonsumsi oleh orang awam karena percaya dapat menguatkan tubuh. Bahkan lebih baik. Dengan protein yang lebih rendah dari protein shakes, kalorinya juga lebih jelas lebih rendah.untuk memulihkan otot  kita setelah berolahraga, ternyata kita hanya membutuhkan 20 gram protein. Segelas susu Milo memiliki sekitar 100 kalori dan itu sudah lebih dari kata cukup untuk memulihkan tubuh kita setelah berolahraga. Fakta yang menarik, ya?

12. Ada Varian Untuk Orang Dewasa

Milo yang khususkan untuk orang dewasa bernama Milo Nutri Up. varian yang isinya ditingkatkan (di-upgrade) dari Milo biasa yang identik dengan anak-anak. Rasanya lebih nikmat dan jelas lebih bernutrisi tinggi, tersedia dalam format 3 in 1 yang berisi Milo, susu, dan gula. Milo Nutri Up mengandung makronutrisi, protein, dan juga mengandung kalsium lebih banyak ketimbang Milo biasanya karena target konsumennya memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak lagi ketimbang anak-anak.

13. Mengandung Theobromine

Theobromine adalah komponen yang sangat mirip dengan kafein, begitu pula dengan efeknya, yaitu dapat membuat seseorang mengalami ketergantungan ringan bila mengonsumsinya dengan cara berlebihan setiap hari. Hal ini tidak selalu berarti buruk. Bayangkan manfaat Milo yang telah kami sebutkan, bila komponen ini membuatmu lebih sering (jadi teratur) meminum susu Milo setiap hari, berarti kamu juga akan bisa menuai manfaat susu ini, bukan?

14. Nutrisi Pelengkap, Bukan Pengganti

Nutrisi yang sangat baik bagi tubuh yaitu yang diperoleh dari makanan. Milo merupakan nutrisi tambahan atau pelengkap saja, dia tidak diformulasikan untuk menggantikan mikronutrisi atau bahkan makanan kita. Kamu bisa berkonsultasi pada ahli gizi soal asupan nutrisi yang tepat bagi dirimu (karena kebutuhan setiap orang bisa berbeda-beda, bergantung pada usia, jenis kelamin, serta kondisi fisik).

15. 4.5 Bintang Dari Health Star Rating

Apa itu Health Star Rating? HSR adalah sistem inisiatif pemerintah  Australia yang memberikan nilai nutrisi makanan kemasan. Sistem ini didesain untuk memberikan informasi pada konsumen, serta mempermudah konsumen membandingkan produk-produk yang ada di pasaran, dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Milo mendapat 4.5 dari 5 bintang, yang berarti nilainya amat tinggi dan produk ini dinilai sanggatlah sehat untuk manusia. Milo memang menyehatkan, namun dengan catatan bila dia dikonsumsi dengan susu tanpa lemak (skim milk), berkaitan dengan poin GI yang kami sebutkan tadi.

Perbedaan Susu Milo Kaleng Dan Susu Milo Bubuk

Komposisi Milo kaleng 3in1

High Calcium:Susu Bubuk Skim ,Air, Ekstrak Malt, Minyak Nabati (mengandung antioksidan Askorbil palmitat), Gula,Kakao Bubuk, Mineral, Penstabil, Premiks Vitamin, Pengemulsi Lesitin Kedelai, dan Perisa Sintetik.

Komposisi Milo Bubuk

susu bubuk skim, gula, ekstrak malt, maltodekstrin, bubuk kakao, minyak nabati, lemak susu, susu bubuk dancow (2%) (mengandung lesitin kedelai), perisa identik alami, 3 mineral, premiks vitamin, perisa artifisial, perisa alami. OTHER DETAILS : Minumlah Milo 3 gelas sehari untuk membantu energi harianmu.

Hadir dalam berbagai varian kemasan seperti Milo Sachet, Milo Kaleng, Milo Cube, serta Es Kepal Milo yang viral. Harga produk Milo juga cukup terjangkau dan bisa diperoleh dengan mudah di mana-mana.

Cara Membuat Permen Milo

Cara Membuat Permen Milo

Bahan-bahan:

  • 4 sdm milo bubuk
  • Cetakan jelly/permen/es kecil-bahan silikon (tahan panas)

Cara Membuat Permen Milo:

  1. Siapkan bahan (sesuaikan dengan besar cetakan)
  2. Isi cetakan dengan milo bubuk sampai terisi penuh dan ratakan Padatkan.
  3. Cetakan dihentak-hentakkan ringan sampai milo bubuk masuk ke cetakan semua, bisa ditambah milo lagi jika cetakan belum penuh, kemudian dengan bantuan sendok/plastik diratakan lagi
  4. Panggang dalam oven (yang sudah dipanaskan dulu) suhu 170°C selama 2 menit.
  5. Setelah dingin, keluarkan dari cetakan. Siap dinikmati. Simpan dalam wadah kedap udara

Aneka Olahan Dari Milo

1.Cara Membuat Milo Brownies

Bahan-bahan:

  • 125 gr DCC
  • 2 sachet Milo 3 in 1
  • 2 sachet Nescafe 2 gram
  • 50 gr gula halus
  • 2 butir telur
  • 40 ml minyak goreng
  • 20 gr Choco chip
  • 15 gram meisis ceres
  • 50 gram mentega
  • 100 gr terigu serbaguna
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanilla essence

Cara Membuat Milo Brownies:

  1. Kocok telur dengan gula halus sampai larut
  2. Masukkan tepung terigu, milo, nescafe, baking powder, soda powder, garam, vanilla, aduk rata
  3. Iris DCC, didihkan separuh DCC dengan minyak dan mentega sampai halus
  4. Masukkan coklat cair ke dalam mangkuk adonan, tambahkan choco chip aduk rata
  5. Tambahkan choco chip dan meises ke dalam adonan, aduk rata
  6. Pindahkan separuh adonan ke dalam loyang yang telah beri mentega dan baking paper
  7. Susun sisa separuh dcc, tutup dengan adonan coklat, taburi dengan topping  choco chip
  8. Panggang selama 30 menit, angkat, sajikan

2.Cara Membuat Biscuit Milo

Bahan-bahan:

  • 12 sendok tepung terigu protein rendah aku pake ?biru
  • 2 sdm Tepung maizena
  • 1 butir kuning telur
  • 100 gr Mentega
  • 2 sdm Gula pasir
  • Sejumput garam
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 2 bungkus milo saset

Cara Membuat Biscuit Milo:

  1. Campur mentega gula dan telor aduk sampai rata menggunakan wisk
  2. Masukan tepung sedikit demi sedikit agar merata masukan tepung maizena milo baking powder jadi satu ulenin sampai kalis
  3. Bentuk sesuai selera, aku panggang pake teflon dengan api kecil bun, paling kecil yah setelah kecoklatan angkat siap sajikan dengan taburan milo.

3.Cara Membuat Pokat Kocok Milo

Bahan-bahan:

  • buah Alpukat masak ukuran sedang
  • 1/2 sdm coklat bubuk
  • 2 bungkus milo
  • 1/5 sdm SKM putih (aslinya SKM coklat)
  • 3 sdm air panas
  • Es serut secukupnya

Cara Membuat Pokat Kocok Milo:

  1. Kocok alpukat saya cukup halus msh agak kasar
  2. Campur coklat bubuk, milo, skm putih dan air panas aduk sampai tercampur rata
  3. Siapkan gelas ini sy cukup jadi 1 gelas karena gelasnya ckp besar dan karena jg pakai es serutnya sedikit saja suka2 ya kalau suka pakai es serut banyak silahkan.Tuang kocokan alpukat lalu tambahkan es serut tambahkan lagi campuran milo coklat dan beri garnis bila suka dan enak banget ini makanya sampai pernah viral.

4.Cara Membuat Es Krim Lumer Rasa Vanila Dan Milo

Bahan-bahan:

  • 1 liter susu UHT
  • 6 sdm skm (2 saset skm)
  • 2 saset milo bubuk (bisa ganti merek lain)
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 bungkus vanile
  • 1 sdm sp yang sudah di tim

Cara Membuat Es Krim Lumer Rasa Vanila Dan Milo:

  1. Siapkan bahan. Masukkan 1 liter susu uht,skm,gula,vanile aduk terus. Masak dengan api kecil. Cairkan maizena dengan air. Masukkan ke dalam bahan susu ketika sudh mendidih aduk terus dan matikan api
  2. Dinginkan bahan susu. Dan setelah dinggin masukkan kedalam cetakkan dan simpan di freezer semalam. Setelah simpan semalam dan mengeras. Kerok dengan sendok. Siapkan mixer masukkan bahan dan tambahkan sp. Mixer dengan kecepatan sanggat tinggi hingga mengembag 2x lipat. Bagi 2 bahan tambahkan susu milo.
  3. Masukkan kedalam cetakan simpan semalam di freezer.

Demikian artikel dari saya terima kasih sudah membaca artikel saya tentang Cara Membuat Permen Milo,Bila ada kata-kata yang salah dan tidak berkenan dihati mohon dimaafkan dan dimaklumi.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •