Home » Artikel » Artikel Proses » 4 Resep Ampuh Cara Membuat Popcorn Manis, Dijual Laris Manis

4 Resep Ampuh Cara Membuat Popcorn Manis, Dijual Laris Manis

Cara membuat popcorn manis sekarang ini semakin banyak dicari orang dari berbagai kalangan. Popcorn merupakan salah satu makanan ringan yang banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa.

Popcorn sendiri sangat terkenal dengan jenis makanan ringan yang identik dengan bioskop maupun sebagai teman nonton film.

Selain itu, cemilan ringan berbahan dasar jagung ini banyak kita temukan di berbagai tempat hiburan seperti bioskop, teater, taman, tempat rekreasi, pasar, tempat wisata, mall, dan lain sebagainya.

Cemilan yang memiliki banyak penggemarnya ini sangat melekat dan familiar di kalangan masyarakat karena rasanya yang gurih dan lezat.

Sejarah Popcorn

Cara Membuat Popcorn Manis

Bagi Anda yang masih penasaran, kata ‘Popcorn’ itu sendiri sebetulnya berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari 2 kata, yaitu ‘pop‘ (= bunyi letupan; populer; terkenal) dan ‘corn‘ (= jagung; biji jagung).

Jadi secara harfiah artinya jagung yang meletup. Nah kalau di Indonesia sendiri, popcorn ini biasanya lebih dikenal dengan nama Jagung Kembang atau Jagung Berondong.

Popcorn merupakan makanan ringan / kudapan yang sangat terkenal dan melegenda di benua Amerika. Berdasarkan sejarah yang berkembang di masyarakat dunia.

Popcorn itu pertama kali ditemukan sejak jaman dulu oleh para nenek moyang orang Amerika asli, dimana pada waktu itu benua Amerika masih dihuni oleh suku-suku Indian.

Nah itu ternyata tercatat dalam buku laporan para penjelajah dunia dari Eropa pada masa itu dan merupakan bukti bahwa Popcorn pertama kali dibuat di benua Amerika.

Pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20, popcorn sudah menjadi istilah modern yang tidak asing lagi. Orang-orang di Amerika (seluruh benua Amerika) suka sekali makan popcorn di waktu senggang, karena makanan ini cocok sekali untuk dijadikan camilan yang mudah didapat, mudah dibuat dan murah meriah.

Sekilas Tentang Popcorn

Tidak hanya di Amerika, di Indonesia pun sekarang masyarakatnya gemar menjadikan popcorn sebagai cemilan, terutama untuk menemani saat menonton film.

Apalagi hal ini didukung dari berbagai ciptaan popcorn olahan modern, ada yang diberi pewarna makanan supaya jadi menarik, diberi bumbu seperti gula karamel atau garam, dimasak dengan menggunakan mentega agar wanginya harum, dan lain sebagainya.

Kenapa disebut Popcorn? Karena makanan ringan ini terbuat dari biji-biji jagung yang digoreng atau dipanaskan. Nah selama pemanasan itu, biji-biji jagungnya merekah atau membesar sambil meletup-letup.

Cara Membuat Popcorn Manis

Cara membuat popcorn manis maupun bahan bakunya sendiri sangat simpel, Anda hanya memerlukan biji jagung dan mentega. Popcorn diproduksi dengan cara memanaskan biji jagung dalam suhu tinggi.

Sementara penambahan mentega digunakan untuk menghasilkan rasa popcorn yang lebih enak, gurih, dan lezat

Selain bahan itu, biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan bahan pewarna dan gula untuk pemanis.

Cara Membuat Popcorn Manis

1.) Resep Popcorn Manis Warna-warni

Kalau Anda menyukai popcorn dengan rasa karamel manis yang klasik, resep ini sangat cocok untuk Anda. Cara membuat popcorn manis ini sangat mudah dilakukan dan pastinya Anda akan bisa menghasilkan popcorn renyah dengan rasa yang segar dengan kombinasi rasa manis dan asin yang selalu pas di lidah.

Anda pun juga bisa memberi berbagai macam warna sesuai keinginan dengan menggunakan pewarna makanan cair.

Bahan-bahan

  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm minyak kanola
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok makan pewarna makanan cair (pilihan warna sesuai dengan keingingan Anda)
  • 1/3 gelas jagung popcorn

Cara Membuat Popcorn Manis Warna-warni

  1. Cara membuat popcorn manis yang pertama adalah melelehkan mentega, minyak, sirup, dan garam pada wajan atau panci besar. Lelehkan semua bahan itu sampai benar-benar tercampur sambil sesekali diaduk agar bisa tercampur dengan rata.
  2. Kemudian tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair yang sudah disiapkan. Kalau Anda mau warnanya terlihat lebih cerah, bisa tambahkan pewarna makanannya lebih banyak.Sedangkan untuk menghasilkan warna pastel, tambahkan pewarna makanannya sedikit saja. Gunakan sendok untuk mencampurkan pewarna makanannya sampai tercampur rata.
  3. Setelah itu tuangkan 1/3 gelas biji jagung popcorn ke dalam panci atau wajan, lalu aduk sampai semuanya terlapisi oleh campuran sirup yang sudah dibuat tadi. Gunakan api sedang, lalu tutup pancinya.Kemudian goyangkan panci setiap beberapa saat selagi biji jagungnya memanas dan mulai berubah menjadi popcorn. Nah kalau suara letupan biji jagungnya sudah mulai melambat, tandanya biji jagung sudah berubah menjadi popcorn secara keseluruhan.
  4. Cara membuat popcorn manis ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan micorwave. Caranya itu dengan menuangkan campuran sirup dan biji jagung ke dalam mangkuk kaca tahan microwave yang bertutup.Kemudian panaskan biji jagungnya dalam pengaturan panas tinggi selama 3-4 menit, atau sampai letupannya melambat.
  5. Kami sarankan jangan menggunakan mangkuk plastik, meskipun wadah plastik itu tahan microwave juga, karena sirup akan menjadi sangat panas dan bisa merusak mangkuk. Pastikan menggunakan wadah yang berbahan kaca.
  6. Setelah popcorn-nya matang secara keseluruhan, Anda bisa memindahkannya ke loyang agar dingin. Tapi sebelumnya, Anda bisa mengolesi loyangnya dengna minyak atau melapisinya dengan kertas roti, jadi popcorn-nya tidak lengket.
  7. Popcorn akan menjadi terasa renyah setelah dingin. Anda bisa menyimpan popcorn dalam wadah kedap udara untuk bisa dinikmati setiap saat.

2.) Resep Popcorn Rasa Buah

Bagi Anda yang menyukai rasa buah yang manis dan segar, bisa mencoba resep ini untuk popcorn buatan Anda. Caranya dengan menggunakan bubuk minuman atau bubuk puding instan tanpa gula untuk menambahkan rasa dan warna ke popcorn.

Rasa dan warna buah yang cerah menjadikan popcorn dengan resep ini sempurna untuk menemani waktu luang Anda.

Bahan-bahan

  • 8 gelas popcorn (kalau Anda tidak membuatnya sendiri dari awal, Anda bisa membeli popcorn siap saji dengan rasa tawar)
  • 1/4 gelas mentega
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1/2 gelas gula
  • 100 gr bubuk agar-agar atau bubuk minuman instan rasa buah tanpa pemanis

Cara Membuat Popcorn Manis Rasa Buah

  1. Pertama, panaskan oven sampai suhu 149°C. Kemudian siapkan loyang yang dilapisi dengan kertas roti atau juga bisa dengan menyemprotkan minyak goreng.
  2. Setelah itu tuangkan popcorn ke dalam mangkuk besar. Pastikan wadah atau mangkuknya cukup besar, jadi Anda bisa mencampur popcorn dengan perisa dengan mudah.
  3. Masukkan semua bahan seperti mentega, sirup, gula, dan penyedap bersama-sama ke dalam panci dan panaskan diatas api sedang. Didihkan campuran, lalu kecilkan api supaya mendidih pelan. Panaskan selama kurang lebih 5 menit.
  4. Lalu tuangkan atau oleskan campuran bumbu perisa yang sudah panaskan tadi pada popcorn yang sudah disiapkan. Pastikan setiap bagian popcorn-nya terlapisi oleh bumbu perisa.
  5. Sebarkan popcorn diatas loyang. Cukup gunakan sendok untuk menyebarkan popcorn dalam satu lapisan.
  6. Panggang popcorn selama 10 menit di dalam oven yang sudah dipanaskan tadi. Ini akan membuat popcorn-nya mengeras dan bumbu perisanya akan menyatu dengan popcorn. Kalau Anda mau popcorn ekstra renyah, panggang selama 15 menit.
  7. Setelah itu keluarkan, dan diamkan sejenak sampai popcorn-nya terasa dingin sebelum bisa dinikmati.

3.) Resep Popcorn Warna-warni Rasa Mentega

Resep sederhana ini adalah resep untuk popcorn dengan rasa mentega yang asin dan klasik, tapi ada satu perbedaan, yaitu popcorn ini berwarna-warni. Cara membuat popcorn manis yang satu ini cukup mudah. Pastinya popcorn gurih warna-warni ini akan membuat jari dan mulut Anda ikut berwarna.

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan mentega
  • 1/3 gelas jagung untuk popcorn
  • Pewarna makanan cair atau gel
  • Garam

Cara Membuat Popcorn Warna-warni Rasa Mentega

  1. Langkah pertama adalah melelehkan 1 sendok makan mentega ke dalam panci atau mangkuk besar yang nantinya akan Anda gunakan untuk membuat popcorn.Kalau Anda menggunakan wajan dalam, cairkan mentega diatas kompor, sedangkan kalau menggunakan mangkuk besar, Anda bisa mencairkannya di dalam microwave.
  2. Kemudian tambahkan pewarna makanan. Karena warna popcorn-nya nanti akan menempel pada jari dan bibir Anda, maka gunakan pewarna makanan beberapa tetes saja, 5-10 tetes sudah cukup untuk membuat popcorn jadi lebih berwarna tanpa membuat tangan terlalu kotor.
  3. Perlu diperhatikan, kalau Anda menggunakan pewarna makanan merah, periksa labelnya untuk memastikan perwarnanya ‘unflavoured’ atau tanpa perisa.Karena pewarna makanan merah sering memiliki rasa yang pahit, tapi kalau di labelnya tertulis ‘unflavoured’ atau tanpa diberi perisa, itu tidak akan terasa pahit.
  4. Selanjutnya tuang 1/3 gleas biji jagung ke dalam campuran mentega, lalu aduk sampai rata. Anda bisa memasak popcorn diatas kompor dengan api sedang atau di dalam microwave.Tutup wajan, lalu goyang-goyangkan setiap beberapa saat selagi biji jagung memanas dan mulai meletus menjadi popcorn. Kalau letupannya melambat, matikan apinya.
  5. Kalau Anda menggunakan mangkuk, tutup mangkuk dan tempatkan dalam microwave. Panggang jagung dengan pengaturan panas tinggi selama dua sampai tiga menit.Ketika letusan popcorn melambat, keluarkan mangkuk dari microwave.
  6. Tuangkan popcorn ke dalam mangkuk, beri garam secukupnya, dan nikmati selagi hangat.

4.) Resep Popcorn Manis Caramel

Bahan-bahan

  • 1/2 gelas biji jagung popcorn
  • 1/4 gelas minyak sayur
  • 1 gelas gula pasir
  • 125 gr unsalted butter
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Popcorn Manis Caramel

Membuat Popcorn

  1. Pertama, siapkan dan panaskan panci atau wajan diatas kompor dengan api sedang.
  2. Kemudian tuangkan minyak dan biarkan sejenak sampai panas.
  3. Masukkan biji jagung dan segera tutup pancinya. Goyangkan pancinya secara berkala agar panasnya merata dan popcorn-nya tidak gosong.
  4. Setelah letupan popcorn-nya mulai berhenti, matikan apinya, lalu sisihkan popcorn yang sudah matang.

Membuat Caramel

  1. Dalam panci anti lengket masukkan mentega, gula pasir dan garam. Gunakan api sedang.
  2. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  3. Diamkan hingga mendidih, tapi jangan diaduk.
  4. Masak sampai berwarna coklat keemasan atau maksimal 10 menit. Jangan lebih, karena caramel bisa gosong dan terasa pahit.
  5. Kalau sudah matang, angkat dan segera tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar.
  6. Aduk-aduk sampai merata. Proses pengadukan ini harus dilakukan dengan cepat, karena begitu dingin, maka caramel akan mengeras.
  7. Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.
  8. Setelah dingin, popcorn yang saling menempel itu bisa Anda pisah-pisahkan dengan tangan. Dan popcorn caramel pun siap untuk dinikmati. Jangan lupa simpan di wadah kedap udara untuk bisa dinikmati setiap saat.

Peluang Usaha Popcorn

Dengan melihat banyaknya penggemar popcorn, membuat makanan ringan manis dan gurih yang satu ini memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan.

Melihat pemasaran yang ada usaha popcorn ini terus berkembang dan memiliki peluang bisnis yang masih terbuka lebar bagi Anda yang mau menekuninya.

Selain itu, kebutuhan konsumsi masyarakat yang semakin tinggi membuat peluang usaha popcorn ini memiliki potensi yang bagus.

Apalagi popocorn yang memang sudah populer dan dikenal luas membuat semakin mudah dalam mencari pelanggan.

Tips Menjalankan Usaha Popcorn

Bicara soal modal, bisnis popcorn ini bisa dibilang hanya membutuhkan modal yang kecil dengan pertumbuhan profit atau keuntungan yang cukup tinggi.

Menjalankan usaha popcorn ini juga lumayan mudah, karena cara membuat popcorn manis dan gurih ini memang mudah dan juga bahan yang diperlukan pun bisa didapatkan di pasaran.

Untuk bisa sukses dalam menjalankan usaha popocorn ini, sebaiknya Anda menyuguhkan cara penyajian dengan inovasi popcorn dengan aneka rasa dari bumbu yang berbeda-beda.

Untuk menjalankan bisnis popcorn dengan langkah mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, buatlah rencana awal dalam memulai bisnis popcorn Anda. Sebaiknya buat skema atau gambaran bisnis dengan memusatkan pada jenis popcorn yang Anda buat, misalnya popcorn aneka warna dan rasa, popcorn rendah lemak, dan lain sebagainya.Anda bisa menggambarkannya secara umum tentang jenis popcorn itu mengenai rasa yang disajikan, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan tempat atau lokasi penjualan, maupun yang lainnya.
  2. Kedua, persiapkan segala macam peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn buatan Anda, baik dari mesin yang dibutuhkan seperti mesin popcorn, alat pres plastik, maupun peralatan pendukung lainnya.
  3. Sebetulnya popcorn itu tidak termasuk makanan yang mengancam kesehatan kalau memang cara pengolahannya dan penyimpanannya tetap terjaga.Untuk membuat produk popcorn yang bermutu, berkualitas, serta bisa mendapatkan kepercayaan yang baik dari konsumen tentunya perlu mendapatkan perizinan dari departemen kesehatan disertai dengan sertifikasi halal.Kalau Anda mau memasarkan produk popcorn-nya secara online ataupun secara langsung, tentunya Anda juga harus memberi label produk dengan brand yang unik, baik, dan menarik.Jangan lupa untuk menyertakan bahan-bahan kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, kode kadaluarsa produk, informasi gizi, perizinan dari badan usaha, maupun informasi produksi lainnya.
  4. Promosikan bisnis popcorn Anda ini ke khalayak umum dengan membidik sasaran yang tepat, apalagi bisnis popcorn ini memiliki banyak konsumen.

Analisa Usaha Popcorn

Asumsi Masa Penggunaan

  • etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  • mesin popcorn selama waktu 5 tahun
  • sendok selama waktu 3,5 tahun
  • meja selama waktu 5 tahun
  • kursi selama waktu 5 tahun
  • wadah selama waktu 3,5 tahun
  • pisau selama waktu 3,5 tahun
  • tempat sampah selama waktu 3,5 tahun
  • nampan dan serbet selama waktu 3,5 tahun
  • peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan Harga

  • etalase/gerobak Rp. 2,103,150
  • mesin popcorn Rp. 2,336,220
  • sendok Rp. 31,800
  • meja Rp. 1,108,150
  • kursi Rp. 765,300
  • wadah Rp. 92,850
  • pisau Rp. 72,240
  • tempat sampah Rp. 21,150
  • nampan dan serbet Rp. 31,250
  • Peralatan tambahan yang lainnya Rp. 42,150
  • Jumlah Investasi Rp. 6,604,260

Biaya Tetap Nilai

  • Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp. 2.103.150 Rp. 33,922
  • Penyusutan mesin popcorn 1/62 x Rp. 2.336.220 Rp. 37,681
  • Penyusutan sendok 1/44 x Rp. 31.800 Rp. 723
  • Penyusutan meja 1/62 x Rp. 1.108.150 Rp. 19,488
  • Penyusutan kursi 1/62 x Rp.765.300 Rp. 12,344
  • Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 92.850 Rp. 2,110
  • Penyusutan pisau 1/44 x Rp. 72.240 Rp. 1,642
  • Penyusutan tempat sampah 1/44 x Rp. 21.150 Rp. 481
  • Penyusutan nampan dan serbet 1/44 x Rp 31.250 Rp. 710
  • Penyusutan peralatan lainnnya 1/44 x Rp. 42.150 Rp. 744
  • Gaji karyawan Rp. 800,000
  • Total Biaya Tetap Rp. 909,844

Biaya Variabel

  • jagung popcorn Rp. 116,000 x 30 = Rp. 3,480,000
  • mentega Rp. 28,500 x 30 = Rp. 855,000
  • kaldu bubuk instan Rp. 28,000 x 30 = Rp. 840,000
  • perasa popcorn Rp. 36,000 x 30 = Rp. 1,080,000
  • kardus pengemas Rp. 21,000 x 30 = Rp. 630,000
  • pengemas Rp. 9,400 x 30 = Rp. 282,000
  • sewa tempat Rp. 16,000 x 30 = Rp. 480,000
  • air dan listrik Rp. 17,000 x 30 = Rp. 510,000
  • Total Biaya Variabel Rp. 8,157,000

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp. 9,066,844

Pendapatan per Bulan
76 kemasan x Rp. 5,000 = Rp. 380,000
Rp. 380,000 x 30 hr = Rp. 11,400,000

Keuntungan per Bulan
Laba = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp. 11,400,000 – 9,066,844 = Rp 2,333,156

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp. 6,604,260 : 2,333,156 = 3 bln

Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila usaha popcorn sangat menguntungkan dimana modal Rp 6,604,260 dengan kentungan per bulan Rp 2,333,156 dan balik modal dalam 3 bulan.

By | 2017-11-15T19:58:46+00:00 April 7th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 4 Resep Ampuh Cara Membuat Popcorn Manis, Dijual Laris Manis

About the Author: