Mau bikin resep dadar jagung manis yang bikin ketagian, dan cara membuatnya praktis dan mudah. Jika ingin membuatnya simaklah disini.

A. Jagung

resep dadar jagung manis

Jagung adalah salah satu tumbuhan pangan yang kaya akan karbohidrat yang utama di dunia, selain gandum dan padi. Jagung juga merupakan salah satu bahan makanan terkenal yang kerap dikonsumsi masyarakat dunia. Mulai dari camilan sampai dijadikan makanan sehat, jagung begitu mudah untuk diolah. Bukan cuma mempunyai cita rasa yang enak, jagung juga memiliki nutrisi yang tak kalah lengkap dari sayuran lainnya. Salah satunya adalah resep dadar jagung manis yang akan kita bahas nanti.

Bulir jagung adalah pangan pokok untuk beberapa daerah di Indonesia. Pada jaman yang sekarang ini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Manfaat lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar Tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil dari jagung dapat membuat bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Jagung merupakan tanaman model yang luar biasa, khususnya di bidang biologi dan pertanian. Tanaman ini melahirkan objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu menjadikan teknologi kultivar hibrida yang revolusioner. Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga banyak efisien menggunakan sinar matahari. Biji jagung dan bonggol pun dapat dipisahkan. Bisa dengan cara manual / menggunakan tangan bisa juga dengan menggunakan mesin perontok jagung.

B. Kandungan Gizi

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan,patinya sebagian besar atau seluruh  adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin terkandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan ialah:

  • Kalori: 355 Kalori
  • Protein: 9,2 gr
  • Lemak: 3,9 gr
  • Karbohidrat: 73,7 gr
  • Kalsium: 10 mg
  • Fosfor: 256 mg
  • Besi: 2,4 mg
  • Vitamin A: 510 SI
  • Vitamin B1: 0,38 mg
  • Air: 12 gr

Meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih kecil, namun mempunyai kandungan protein yang lebih banyak daripada beras.

C. Morfologi Jagung

Jagung merupakan tanaman satu musim (annual). Satu siklus hidup tumbuhan jagung ini diselesaikan sekitar 80-150 hari. Paruh pertama dari siklus hidup tumbuhan jagung ialah tahap perkembangan vegetatif dan paruh kedua untuk tahap perkembangan generatif. Susunan morfologi tumbuhan jagung terdiri atas akar, batang, daun, bunga, dan buah, penjelasannya sebagai berikut:

1. Akar

Sistem perakaran tumbuhan jagung terdiri atas 4 macam akar, yaitu akar utama, akar cabang, akar lateral, dan akar rambut. Sistem perakaran ini bermanfaat untuk alat mengisap air dan garam-garam mineral yang ada di dalam tanah, mengeluarkan zat organik dan senyawa yang tidak diperlukan dan alat pernapasan. Akar tumbuhan jagung termasuk dalam akar serabut yang panjangnya bisa mencapai kedalaman sekitar 8 M walaupun sebagian besar yang berada di kisaran 2 M. Pada tumbuhan yang cukup dewasa juga akan muncul akar adventif dari batang bagian bawah yang membantu menyangga tegaknya tanaman.

2. Batang

Batang tumbuhan jagung tegak dan mudah terlihat serupa tanaman sorgum dan tebu, namun tidak seperti padi atau gadum. Batang tanaman jagung bentuknya beruas-ruas dengan jumlah ruas yang beranekaragam antara 10-40 ruas. Tanaman jagung pada umumnya tidak bercabang. Panjang batang jagung biasanya berkisar mencapai  sekitar 60-300 cm, tergantung pada tipe jagung. Batang jagung biasanya cukup kuat namun tidak banyak mengandung lignin.

3. Daun

Daun jagung terkandung daun sempurna dimana yang pada umumnya berbentuk memanjang, dan di antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Pada permukaan daun sebagian ada yang licin dan ada juga yang permukaan daunnya berambut. Setiap stoma dikelilingi sama sel-sel epidermis yang berbentuk kipas. Struktur ini berguna penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun.

4. Bunga

Tumbuhan jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah (diklin) dalam satu tumbuhan (monoecious). Setiap kuntum bunga mempunyai struktur khusus bunga dari suku Poaceae, yang disebut dengan floret. Bunga jantan berkembang di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari berwarna kuning dan beraroma khas. Bunga betinanya tersusun dalam tongkol yang berkembang di antara batang dan pelepah daun. Pada umumnya, satu tanaman cuma bisa menghasilkan satu tongkol produktif walaupun mempunyai beberapa bunga.

5. Buah

Buah jagung sendiri terdiri dari tongkol, biji serta daun pembungkus. Biji jagung mempunyai bentuk, warna, juga kandungan endosperm yang beranekaragam, bergantung pada jenisnya. Pada umumnya buah jagung terdiri atas barisan yang melekat secara lurus atau berkelok-kelok dan berjumlah sekitar 8-20 baris biji.

D. Jenis Tanaman

Berdasarkan bijinya, tanaman jagung bisa digolongkan menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah berbagai jenis dari jagung berdasarkan bijinya:

1. Jagung Tepung

Jagung tepung merupakan macam jenis jagung yang biasanya digunakan untuk menjadi bahan baku dari tepung maizena. Selain untuk bahan dasar makanan, tepung maizena dari biji jagung tepung juga dapat menjadi pengganti dari tepung terigu dan tepung tapioka. Pada biasanya jagung dengan jenis jagung tepung biasanya ditanam di daerah Amerika Selatan terutama di Bolivia dan Peru.

2. Jagung Manis

Jagung manis adalah jenis jagung yang paling banyak dikenal dan paling populer. Jagung jenis manis ini pada umumnya sering diolah menjadi jagung bakar atau dikonsumsi dengan cara dikukus. Rasa manis dari jagung manis telah terbukti dan rasanya bisa menemani suasana yang dingin. Jagung manis juga bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Bentuk dari biji jagung manis sendiri mempunyai tekstur keriput dan transparan saat memasuki usia matang. Kadar gula dari jagung ini pada saat belum matang lebih banyak kandungannya dari pati. Jagung manis biasanya tidak jarang ditanam untuk dipanen ketika usianya masih masak susu atau masih muda.

3. Jagung Mutiara

Jagung mutiara adalah salah satu jenis jagung yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hal ini disebabkan karena jagung jenis mutiara ini memiliki kandungan serat, zat besi, serta vitamin juga kandungan karbohidrat. Khasiat dari jagung mutiara juga dapat menyembuhkan penyakit seperti kolesterol.

4. Jagung Berondong

Jagung berondong merupakan jenis jagung yang tidak jarang digunakan sebagai bahan untuk popcorn atau berondong jagung. Jenis jagung yang dimanfaatkan untuk membuat popcorn ini mempunyai tekstur biji yang berbeda dari jagung yang lain. Bijinya dapat meletup jika dipanaskan. Pertimbangan antara pati keras dan pati lunak sama jagung berondong lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis jagung mutiara. Ukuran mengembang biji jagung berondong ini bisa sampai sekitar 30 kali lebih besar dari ukuran awalnya.

5. Jagung Ketan

Waxy corn adalah nama lain dari jagung ketan. Kandungan amilopektin yang berada pada jenis jagung ketan ini sangat mendominasi endosperma dari jagung ketan. Pada biasanya kandungan amilopektin pada jagung biasa berisi sekitar 70 persen dan sisanya ialah kandungan amilose. Jagung ketan ini pada umumnya tidak dijadikan sebagai bahan makanan namun dijadikan sebagai bahan perekat.

E. Manfaat Jagung

resep dadar jagung manis

1. Tinggi Karbohidrat, Berguna Sebagai Sumber Energi

Karbohidrat adalah salah satu faktor utama sebagai sumber energi harian. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kamu dapat mengonsumsi jagung. Jagung memiliki kandungan karbihidrat yang cukup tinggi. Kira-kira sekitar 10 – 15% karbohidrat terkandung dalam satu batang jagung, jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan macam jenis jagung.

Macam-macam karbohidrat yang terdapat di dalam jagung adalah karbohidrat kompleks sehingga bisa memberikan rasa yang membuat  kita kenyang lebih lama. Selain itu, saat mengonsumsi jagung, energi yang didapatkan pun cenderung lebih kuat.

2. Kandungan Serat Di Dalamnya Baik Untuk Pencernaan

Tidak hanya tinggi karbohidrat, jagung juga banyak akan kandungan serat. Di dalam jagung terdapat dua macam jenis serat, yakni serat larut dan tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik buat menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut yang berada pada jagung mampu menutup penyerapan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jagung juga bisa melancarkan buang air besar, mencegah masalah sembelit, wasir, hingga mengurangi  resiko penyakit kanker usus.

3. Kaya Protein Untuk Pembentukan Tulang Dan Otot

Pembentukan otot dan tulang yang kuat sangat diakibatkan oleh asupan protein. Jagung pun merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu, jagung juga mengandung mineral semacam magnesium, zat besi, dan fosfor.

Semua kandungan tadi sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan protein dan ketiga zat tadi sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan serta tulang retak saat tua nanti.

4. Vitamin Pada Jagung Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol LDL

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan tersebut sangat berguna untuk melindungi kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung secara teratur bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, di dalam jagung terdapat kandungan yang berguna untuk mengurangi kolesterol yang berada di dalam tubuh.

5. Jagung Memiliki Sifat Antikanker

Kanker merupakan salah satu menyakit yang mematikan. Untuk menghindarinya, kamu dapat memproduksi makanan yang sehat dan memiliki sifat antikanker seperti jagung. Beberapa penelitian membuktikan hingga kandungan antioksidan yang berada di dalam jangung dapat berguna untuk melawan kanker.

Tidak cuma itu, jagung juga merupakan sumber senyawa fenolik. Senyawa tersebut sangat efektif untuk memerangi tumor pada payudara serta hati. Konsumsi jagung secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal untuk kesehatan tubuh. Kamu dapat mencoba mengonsumsi jagung rebus dan dicampur dengan susu sebagai camilan yang enak dan sehat.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan yang dimiliki jagung adalah Vitamin B1 atau Thiamine yang berperan penting supaya otak bisa bekerja dengan normal sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer sendiri ialah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir serta berbicara.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kernel atau tekstur biji jagung mempunyai kandungan zat Karotenoid yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula yaitu penurunan penglihatan di pusat garis mata. Beta Karoten bisa membantu membuat Vitamin A sehingga mendukung penglihatan menjadi lebih baik.

8. Mencegah Anemia

Jagung mempunyai kandungan Zat Besi (Iron) yang merupakan mineral berarti dalam pembentukan sel darah merah.  Kekurangan Zat Besi dalam tubuh juga bisa mengakibatkan Anemia atau kekurangan darah.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Jagung mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa mendorong produksi kolagen dan mencegah efek buruk sinar UV yang merusak kulit. Walaupun mempunyai banyak manfaat, ada dua hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi jagung. Seperti biji-bijian serealia lainnya, jagung juga mengandung asam fitat. Asam fitat bisa mengganggu penyerapan mineral makanan, seperti zat besi dan seng. Hal ini pada umumnya tidak menjadi masalah bagi orang-orang yang mengikuti pola makan seimbang.

Namun, bisa menjadi masalah serius untuk yang mengonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Untuk menurunkan kadar fitat, Anda bisa merendam dan memfermentasi jagung. Selain itu, jagung bisa terkontaminasi dengan jamur yang disebut sebagai mikotoksin. Konsumsi jagung yang terkontaminasi diduga faktor risiko kanker dan cacat tabung saraf (kecacatan pada bayi dan dapat menyebabkan kematian).

10. Mencegah Divertikulosis

Jagung mengandung banyak akan serat, sehingga bisa membantu menghindari divertikulosis. Divertikulosis merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya kantung di dinding usus besar. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala kram, perut kembung, perdarahan, hingga infeksi.

11. Menjaga Kesehatan Usus

Mengonsumsi jagung atau produk dari jagung utuh dapat membantu melindungi kesehatan usus, dibandingkan dengan makanan yang diproses dari tepung. Kandungan serat yang berada di dalam jagung bisa menjadi makanan bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Jadi, bisa membantu melindungi Anda dari kanker usus besar. Serat pun bisa membuat Anda tetap kenyang di antara jadwal makan.

12. Melindungi dari Penyakit Kronis

Jagung banyak akan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan penting. Vitamin ini berguna untuk membantu menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, obesitas, dan diabetes.

13. Mendukung Kesehatan Kehamilan

Karena kaya asam folat dan zeaxanthin, jagung bisa membantu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir. Jagung pun dapat melindungi janin dari masalah fisiologis dan degenerasi otot. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada jagung bisa menolong ibu hamil yang sering mengalami konstipasi.

F. Dadar Jagung Manis

resep dadar jagung manis

Dadar jagung adalah gorengan yang terbuat dari adonan yang tercampur jagung lumat atau paduan tepung terigu, jagung pipil, dan telur. Bumbunya pun dengan bumbu pepak (rempah jawa lengkap). Dadar jagung juga merupakan makanan yang terdiri dari jagung, terigu, telur ayam, dan digoreng. Makanan ini berasal dari Indonesia. Beberapa ragam menggunakan bawang daun, cabe merah, bawang merah, dan bawang putih. Marilah kita simak resep dadar jagung manis dibawah ini.

G. Resep Dadar Jagung Manis

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

  • 250 jagung segar
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 100 ml santan encer
  • 1 buah cabai merah buang isi
  • 1 sendok makan (sdm) daun seledri yang sudah diiris tpis-tipis
  • 1 sdm gula pasir Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Yang Dihaluskan:

  • 2 sdm bawang merah yang sudah diiris
  • 1 sdm bawang putih yang sudah diiris
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam

Resep Dadar Jagung Manis:

  1. Campur jagung sisir, tepung terigu, telur ayam, santan, cabai, daun seledri, gula pasir, dan bumbu halus aduk rata.
  2. Panaskan wajan yang sudah diberi minyak goreng untuk menggoreng bakwan jagungnya. Nyalakan api sedang dan jangan terlalu besar. Setelah minyak panas tuangi adonan dadar jagung manis. Diamkan hingga adonan setengah kering jika sudah baru balik.
  3. Diamkan kembali sampai permukaan dadar berwarna kuning kecoklatan, jika telah matang angkat. Matikan api. Dadar jagung manis siap disajikan.

Demikian resep dadar jagung manis yang mudah dibuat dan bikin ketagihan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca. Terima kasih dan selamar menncoba.

WhatsApp chat