Home » Artikel » Artikel Proses » Hanya Ada Disini! Resep Cara Membuat Salad Buah Yang Mudah Tanpa Ribet

Hanya Ada Disini! Resep Cara Membuat Salad Buah Yang Mudah Tanpa Ribet

Cara membuat salad buah – Selain sayuran yang dijadikan salad, ternyata buah juga dapat dijadikan sebagai salad lho teman. Rasanya pun juga tak kalah enaknya dengan salad sayur. Justru salad buah ini dapat anda jadikan sebagai makanan penutup setelah makan, dan juga dapat anda berikan kepada buah hati yang tidak suka memakan buah – buahan  secara langsung.

Pasti banyak diantara kalian semua disini yang tidak menyukai buah-buahan. Padahal buah-buahan sendiri sangat bagus bila dikonsumsi oleh tubuh kita. Buah-buahan tersebut sangat berkhasiat bagi tubuh kita, jadi mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan pola makan yang baik, yaitu dengan memakan beberapa buah-buahan setiap harinya. Tidak perlu buah yang memiliki harga mahal, cukup yang murah saja dan dijual di pasar tradisional maka kandungan gizinya pun tetap sama. Maka untuk itu mulailah mengkonsumsi sedikit buah-buahan namun setiap hari.

Jika anda disini ada yang tidak menyukai memakan buah-buahan secara langsung, maka anda dapat mengolahnya menjadi salad buah yang pastinya enak dan menyehatkan. Salad sendiri merupakan jenis makanan yang tanpa olahan apapun dan dituangi dengan bumbu atau saus. Dan biasanya terdiri dari sayur-sayuran segar ataupun buah-buahan segar yang diberi saus mayonise. Makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai menu diet karena makanan ini tidak terlalu berat bila dikonsumsi oleh tubuh. Maka dari itu makanan ini baik untuk mejaga berat badan kita.

Bagi anda disini yang menginginkan pola makanan yang teratur tetapi tidak menginginkan berat badan yang melonjak, sebaiknya anda ganti makan malam anda dengan salad buah ini. Salad buah ini dapat anda buat sendiri dirumah. Anda ingin membuatnya sendiri dirumah, namun anda tidak tahu cara membuatnya? Tenang saja, karana disini ada solusinya.

Disini saya akan berbagi resep cara membuat salad buah yang menyehatkan dan cocok untuk anda yang sedang dalam program diet. Yuk simak cara pembuatan berikut ini.

Cara Membuat Salad Buah

Cara membuat salad buah

Salad buah cukup mudah sekali cara pembuatannya, bahannya pun juga mudah di dapat karena kita hanya memerlukan buah-buahan segar dan sausnya. Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini agar anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 200g buah apel
  • 200g buah melon
  • 1 buah semangka
  • 200g buah mangga
  • 1 buah papaya segar
  • 200g buah anggur
  • 200g buah strawberry
  • 150ml mayonise
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 100ml yougurt
  • Keju parut sesuai selera
Cara Membuat Salad Buah:
  1. Pertama anda siapkan bahan-bahan diatas serta alatnya yaitu pisau, telenan, dan mangkuk besar.
  2. Setelah itu kupas semua buah-buahan diatas kecuali anggur dan strawberry, kemudian cucu bersih, lalu potong seperti dadu. Untuk anggur dan strawberry belah menjadi dua saja.
  3. Setalah itu campurkan bauh menjadi satu di dalam mangkuk dan masukkan ke dalam lemari es agar lebih dingin dan segar.
  4. Lalu sambil menunggu buah dingin, kita siapkan adonan sausnya. Ambil 1 mangkuk kecil, lalu tuangkan mayonise, yougurt, dan susu, Aduk hingga tercampur rata. Jika adonan dirasa kurang mengental anda dapat menambahkan dengan sedikit air. Namun sebaiknya tidak perlu, karena nanti saat saus dicampur dengan buah maka buah akan mengeluarkan air.
  5. Keluarkan buah-buahan tadi dari dalam kulkas, lalu tuangi dengan saus yang telah dibuat tadi dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan keju parut sesua selera anda, dan salad buah pun sudah dapat dinikmati.
  6. Salad buah tersebut dapat bertahan hingga 3 hari di dalam lemari es.

Itulah cara membuat salad buah yang mudah, simple, sederhana, dan nggak ribet, semoga bermanfaat bagi anda semua. Selain cara membuat salad buah, disini saya juga akan memberi resep cara membuat salad buah sayur yang tak kalah lezatnya. Apalagi buah dan sayur yang kaya akan manfaat bercampur menjadi 1. Berikut ini saya sampaikan cara membuat salad buah saur yang semakin menyehatkan.

Baca juga : Resep Cara Membuat Saus Barbaque Yang Simpel Dan Membuat Barbaque Party Anda Menjadi Berkesan

Cara Membuat Salad Buah Sayur

salad sayur

Bahan – bahan yang dibutuhkan :
  • Slada air secukupnya
  • 2 buah jagung manis secukupnya
  • 2 buah kentang
  • 2 buah wortel
  • Buncis secukupnya
  • Mentimun secukupnya
  • 2 buah tomat merah
  • 200g buah anggur
  • 200g buah kiwi
  • 200g buah strawberry
  • 150ml mayonise
  • 2sdm saus mustard
  • 2 buah kuning telur
  • 300ml minyak zaitun / minyak sayur
  • 2sdm air perasan jeruk nipis / lemon
  • Garam secukupnya
Cara membuat Salad Buah Sayur :
  1. Pertama anda cuci bersih bauh dan sayur diatas menggunakan air mengalir hingga bersih. Setelah itu kupas wortel dan kentang lalu kukus bersama dengan jagung manis dan buncis.
  2. Sambil menunggu lunak, kita siapkan buah-buahan terlebih dahulu. Kupas buah kiwi lalu potong dadu. Lalu untuk strawberry dan anggur kita hanya perlu membelahnya menjadi dua saja.
  3. Jika kukusan sudah matang, kita angkat dan sisihkan hingga dingin.
  4. Kupas kulit jagung dan kita ambil biji jagungnya saja dan sisihkan.
  5. Potong kentang, wortel, dan buncis sesuai selera anda. Jika sudah maka masukkan semua bahan salad ke dalam mangkuk.
  6. Kemudian kita buat adonan sausnya. Pertama kita kocok telur terlebih dahulu, Setelah itu kita siapkan panci dan masukkan mayonise, saus mustard, minyak zaitun dan garam, lalu kita panaskan menggunakan api sedang, Jika adonan sudah sedikit mengental maka tambahkan telur yang sudah dikocok tadi sambil diaduk-aduk terus hingga tercampur rata.
  7. Jika sudah mengeluarkan gelemung maka angkat saus tersebut dan tuangkan ke dalam buah dan sayuran segar tersebut. Lalu aduk – aduh hingga rata. Jika dirasa adonan terlalu asin maka pada saat pembuatan saus, anda dapat menambahkannya dengan sedikit gula.

Itulah resep cara membuat salah buah sayur yang cocok untuk program diet anda. Jika anda menginginkan hasil tubuh yang bagus, sebaiknya anda tetap menjaga pola makan anda secara teratur, dan anda selingi menu makanan anda dengan salad buah tersebut. Untuk lebih baiknya anda ganti makan malam anda dengan memakan salad buah ini. Semoga program diet anda dapat berjalan lancer dengan adanya resep cara membuat salad buah ini. Selamat Mencoba!

Selain membahas tentang resep cara membuat salad buah, disini saya juga akan berbagi tips-tips atau cara lainnya yang tentunya akan bermanfaat bagi anda. Simak artikel berikut ini ya.

Buah – Buahan Yang Cocok Untuk Dijadikan Sebagai Saladbuah-buahan

Ternyata tidak semua buahan-buahan dapat anda jadikan sebagai salad lho teman. Berikut ini akan saya sampaikan macam-macam buah-buahan yang cocok untuk kalian jadikan salad. Penasaran apa saja sih buah – buahan tersebut? Yuk simak informasi dibawah ini.

1. Buah Apel

Buah ini mengandung vitamin B, C, serta mineral, kalium, fosfor dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Maka untuk itu buah ini sangat cocok bila anda jadikan sebagai salad buah.

2. Buah Semangka

Buah yang satu ini juga sangat cocok bila anda jadikan sebagai salah satu buah di makanan salad anda. Karena semangka memiliki kandungan vitamin di dalamnya seperti B6, C, E, K, A, serta mineral kalsium, zat besi, sehingga bisa menyegarkan tubuh seketika.

3. Buah Anggur

Buah anggur merupakan salah satu buah terbaik untuk dikombinasikan menjadi seporsi salad buah. Rasanya yang manis dan masam membuatnya semakin cocok bila dijadikan sebagai salad buah. Selain lebih nikmat buah anggur juga mengandung vitamin A, E, B6 serta mineral kalium, dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Buah Strawberry

Buah yang satu ini hampir selalu ada dalam salad buah, karena memiliki rasa yang manis – manis masam sehingga sangat berpadu dengan yougurt dan mayonise. Bagi anda yang tidak menyukai buah ini sebaiknya anda buat menjadi salad, pasti akan lebih nikmat. Buah ini juga termasuk ke dalam buah yang memiliki kandungan paling banyak, karena memiliki kandungan seperti vitamin B1, B2, B3, B6, K, A, E, dan mineral.

5. Buah Kiwi

Buah kiwi juga sangat cocok bila dipadukan dengan buah-buah lainnya. Serta buah ini menjadi buah yang wajib anda hadrikan karena memiliki kandungan baik seperti vitamin C, kalsium, zat besi, maupun asam folat. Kebanyakan dari kalian pasti tidak suka bila mengkonsumsi buah-buahan ini secara langsung. Maka untuk itu salad inilah yang menjadi solusinya.

6. Buah Pisang

Buah ini memang sangat jarang dijadikan sebagai salad, namun buah ini sangat cocok bila anda jadikan salad. Karena buah ini cukup lembut dan cocok menjadi salad untuk sang buah hati. Kandungan gizinya pun juga tak kalah dengan buah-buah diatas. Seperti Karbohidrat, vitamin C, Pottasium, Serat, vitamin B6, dan mangan. Namun pilihlah buah pisang yang putih mulus agar tidak mudah lembek.

7. Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik, sehingga aman bila dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewas. Buah ini juga cocok menjadi salah satu buah dalam menu makanan salad.

8. Buah Naga

Buah naga ini juga sering dijadikan sebagai bahan makanan salad buah. Warnanya yang mencolok serta rasanya yang manin membuatnya cocok menjadi salad buah. Kandungan gizinya pun juga amat baik bagi tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, serta zat besi.

9. Buah Mangga

Buah lainnya yang dapat anda jadikan sebagai salad adalah buah mangga. Mangga merupakan buah yang memiliki kandungan gizi Vitamin C, Vitamin A, Karbohidrat, dan Betakaroten. Buah ini juga akan mempercantik tampilan salad anda agar lebih berwarna warni.

10. Buah Pepaya

Buah terakhir yang dapat anda gunakan sebagai salad buah adalah buah papaya. Rasanya yang manis, serta warnanya yang mecolok sangat apik bila anda campurkan dengan buah-buahan lainnya dan anda jadikan sebagai salad buah. Kandungan gizi yang baik akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan freesh, karena buah ini mengandung gizi baik seperti Kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin A yang jelas sangat baiknya bagi tubuh kita.

Ayo tunggu apalagi, jaga pola makan kita dengan mengkonsumsi salad buah seperti diatas. Gunakan buah-bauahan diatas yang lebih fresh agar kita mendapat gizi yang baik secara maksimal. Selamat mencoba membuat salad buah sendiri di rumah ya teman. Semoga berhasil dan memiliki rasa yang nikmat, dan semoga anda menyuikainya.

Selain membahas cara membuat salad buah dan macam-macam buah-buahan. Disini saya juga aka berbagi mengenai manfaat salad buah bagi tubuh kita. Yuk simak apa saja sih manfaat salad buah bagi tubuh kita.

Manfaat Salad Buah Bagi Tubuh Kita

Manfaat salad buah sangat banyak bagi tubuh kita, selain tubuh kita menjadi sehat, salad buah ternyata juga dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Karena gizi yang diciptakan oleh buah itu sendiri. Berikut ini akan saya sampaikan manfaat salad buah yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

1. Manfaat Bagi Ibu Hamil

Salad ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil. Mengkonsumsi buah-buahan pada saat hamil memang sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan ibu hamil sebagian besar dapat tercukupi dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Pilihlah jenis buah yang mengandung banyak nutris, kaya akan asam lemak dan omega-3, salah satunya adalah buah alpukat yang bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak janin.

Konsumsi salad buah juga dapat membantu ibu hamil dalam mengatasi rasa mual diawal kehamilan. Namun dalam pembuatan salad buah sebaiknya pilih buah yang terbebas dari zat pestisida dan zat kimia lainnya.

2. Untuk Program Diet

Kandungan serat pada buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Bagi orang yang sedang dalam program diet, konsumsi salad buah menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh.

Salad buah ini dapat anda jadikan sebagai camilan di sore hari atau malam hari dan dapat juga anda jadikan sebagai pengganti menu makan malam. Dijamin jika anda mengkonsumsinya secara teratur dalam masa diet, maka tubuh mu akan kembali langsing dan cantik.

3. Untuk Kecantikan / Menjaga Kesehatan Kulit Kita

Disamping untuk diet, salad buah juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Semua jenis buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan tentunya antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit kita.

Dengan mengkonsumsi salad buah maka berkhasiat dalam mengencangkan kulit wajah atapun kulit lainnya, dapat pula mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, serta menjegah keriput pada kulit.

Selain itu salad buah dapat pula mencegah penuaan dini, sehingga bagi anda yang tidak ingin cepat tua, solusi alaminya adalah memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Serta konsumsilah buah-buahan yang tidak mengandung zat pestisida ataupun zat kimia lainnya.

4. Mencegah Penyakit Sariawan

Buah banyak mengandung vitamin C, terutama jeruk. Nah buah tersebut dapat membantu anda mencegah ataupun mengobati sariawan. Sehingga saat anda mengalami sariawan, konsumsilah buah-buahan yang banyak, terutama yang banyak mengandung vitamin C agar dapat membantu mencegah ataupun mengobatai sariawan anda.

Itulah beberapa manfaat baik salad untuk tubuh kita. Semoga kita selalu diberi kesehatan agar dapat beraktivitas dengan lancer. Semoga resep cara membuat salad buah diatas dapat menjadikan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Serta semoga anda dapat memperhatian buah-buahan yang baik yang cocok sebagai salad buah. Semoga manfaat diatas juga semakin menarik perhatian anda, agar anda semakin rajin mengkonsumsi buah secara rutin.

Cukup sekian artikel dari saya, jika ada kesalahan mohon maaf. Sampai jumpa diartikel selanjutnya, Sekian dan Terimakasih!

By |2018-11-23T10:36:05+00:00November 23rd, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Hanya Ada Disini! Resep Cara Membuat Salad Buah Yang Mudah Tanpa Ribet

About the Author:

WhatsApp chat