Baiklah pada kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sari kacang hijau, sari kacang hijau merupakan minuman yang akan kaya manfaat, yang juga berasal dari ekstrak kacang hijau, sumber protein sangat baik.

Yang biasanya kita kenal juga dengan  kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang berkualitas baik. Tak kalah rasa yang enak khas yang baik buat kesehatan kita jika di konsumsi rutin.

Membuka peluang usaha di bidang kacang hijau juga akan menghasilkan untung yang besar.

Bisnis sari kacang hijau dapat bermula kecil-kecilan atau industri perumahan, dengan peralatan dapur yang ringan, dan juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bila sukses.

 

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau

Bahan untuk Cara Membuat Sari Kacang Hijau :

  • 150 gram Kacang Hijau.
  • 150 gram Gula Merah, kemudian anda sisir.
  • 250 gram Gula Pasir.
  • ½ ruas Jahe, kemudian anda kupas kulitnya.
  • Garam secukupnya.
  • 4 liter Air.

Baiklah setelah semua bahan-bahan yang diperlukan sudah anda siapkan, silahkan juga anda simak cara membuat sari kacang hijau ini.

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau :

  1. Pertama kacang hijaunya anda cuci bersih lalu rendam dengan air sampai pecah kira-kira selama 1 jam.
  2. Kemudian anda rebus 2 liter air hingga mendidih, kemudian anda masukkan rendaman kacang hijaunya dan tunggu hingga melunak.
  3. Setelah itu anda masukkan gula merah dan anda aduk sampai gula melarut. Lalu anda matikan apinya dan tunggu sampai dingin.
  4. Setelah menjadi dingin, kemudian anda saring kacang hijaunya dan sisihkan air rebusan kacang hijau dalam panci lain.
  5. Lalu anda blender kacang hijaunya ditambah air, jahe serta gula pasir secukupnya.
  6. Setelah selesai di blender kemudian anda saring dalam panci yang berisi rebusan air kacang hijau tadi.
  7. Ampas dari kacang hijaunya anda blender lagi, ditambahkan air serta gula. Silahkan anda ulangi langkah tadi hingga air dan gulanya habis.
  8. Anda juga dapat merebus air sari kacang hijau, masukkan garam secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
  9. Setelah mendidih, silahkan rebusan sari kacang hijaunya anda tuangkan kedalam gelas yang sudah anda siapkan itu.
  10. Diminum saat hangat.

 

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Bayi

Kacang hijau memiliki kandungannya serat, magnesium, zat besi dan vitamin B kompleks yang sangatlah baik bagi bayi baru lahir. Bubur kacang hijau selain di masak sebagai bubur juga dapat di sajikan dalam bentuk minuman sehat untuk si bayi,

Supaya terpenuhi kebutuhan nutrisi di masa perkembangan dan pertumbuhan si bayi dan juga sebagai asupan pendamping ASI pada ibu. Berikut ialah langkah membuat minuman sari kacang hijau untuk si bayi.

 

Bahan untuk Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Bayi

  • 100 gram kacang hijau.
  • Susu formula 150 gram.

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Si Bayi

  1. Rendamlah kacang hijau selama 2 jam supaya  lunak. Lalu rebus sampai matang.
  2. Blender kacang hijau kemudian di saring hingga bersih dari ampas,
  3. Tambahkan juga susu formula yang sudah di sediakan, aduk secara merata,
  4. Angkat serta tuangkan ke mangkok tunggu hingga dingin atau hangat, segera suapkan kepada si bayi.

 

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Promil

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kacang hijao mengandung banyak nutrisi yang baik untuk promil, Maka dari itu banyak berbagai macam pengolahan dan pembuktian banyak manfaat yang di berikan dari kacang hijau ini.

 

Cara Membuat Sari Kacang Hijau Untuk Promil

  1. Rendam kacang hijau, sekitar 4 jam, fungsinya untuk cepat matang, apa di rendam saat akan tidur, dan esoknya siap untuk di eksekusi.
  2. tiriskan air kacang hijau hingga benar kering, dengan tanda di permukaan kacang hijau tidak licin lagi, lalu rebuk dengan air sebanyak 1 liter, jahe, sampai lunak dan memerah.
  3. Lalu blender kacang hijau tersebut dengan sedikit tambahan air hangat, dan pastikan benar halus, sampai boleh di saring atau tidak karna ampas juga mempunyai manfaat sebagi serat.
  4. Kemudian, campur sari kacang hijau yang sudah di blender dengan gula pasair, garam, daun pandan, dan santan jika mau, pastikan juga selama memasak kita aduk terus supaya nutrisi tidak rusak.

 

 

Kandungan Yang Terkandung Di Kacang Hijau

Biji yang satu ini sangat banyak mengandung kebaikan nutrisi yang di butuhkan dan baik bagi tubuh manusia, Berikut ini beberapa kandungan dari kacang hijau.

 

  • Vitamin A

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin A yang banyak, mempunyai sifat anti-oksidan yang dapat membantu menurunkan kolestrol, mengobati penyakit jantung serta kanker. Vitamin A ini juga dapat mencegah tanda penuaan dini seperti kripu, lipatan, kulit kusam, garis halus, bintik gelap serta kulit kering.

 

  • Vitamin C

Merupakan yang penting yang dan banyak di temukan di kacang hijau, Vitamin C dapat mengobati berbagai penyakit kanker, sifat anti-oksidan yang bisa membantu melawan penyakitt.

 

  • Serat

Kacang hijau adalah biji yang memiliki banyak kandungan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan, menurunkan kolestrol yang bersifat jahat yang ada di dalam tubuh. serta mengatur kadar gula untuk penderita diabetes.

 

  • Silicon

Kacang hijau juga di kenal biji yang memiliki kandungan silicon yang mana silicon di butuhkan oleh tubuh. silicon adalah salah satu jenis minerat yang memiliki jaringan ikat dang sangat di butuhkan untuk kesehatan tulang.

 

 

Melihat Lebih Jauh Manfaat Kacang Hijau Untuk Tubuh

Kacang hijau termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat, kacang hijau juga mengandung Vitamin A, B, C, E, K serta folat, zinc, fosfor, kalium, dan zat besi. Nutrisi lainnya yang ada di dalam kacang hijau adalah karbohidrat, mangan, magnesium dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ini adalah manfaat kacang hijau yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

 

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dan Tekanan Darah

Manfaat kacang hijau yang dapat didapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, sebab kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan adanya kandungan lemak yang termasuk rendah ini, konsumsi kacang hijau secara teratur tentu saja dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara alami.

 

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat kacang hijau selanjutnya ialah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya bisa menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita dan bisa meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Perlu diketahui, dalam 100 gram kacang hijau setidaknya ada 189 miligram magnesium. Jumlah ini tentu cukup agar dapat mencegah tubuh kekurangan magnesium. Saat Anda mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup, maka risiko osteoporosis yang anda derita akan berkurang.

 

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Selain menurunkan risiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, khasiat bubur kacang hijau lanjutannya adalah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan magnesium yang ada di dalam di dalam kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung serta menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Sebab kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga dapat sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

 

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang hijau ini memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini bisa membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi daging.

Selain dari itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat yang ada pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging. Protein ini sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein dapat menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

 

5. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Dan Rambut

Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau bisa membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga bisa membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

 

6. Mengatasi Sembelit

Kacang hijau ialah salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang akan sangat berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan bisa berubah menjadi glikogen pada hati dan otot.

 

7. Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau lumayan tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk membantu wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan. Biji-bijian ini juga bisa mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah kerusakan saraf janin.

Manfaat kacang hijau ini untuk ibu hamil lainnya adalah membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta. Karena kandungan zat besi pada kacang hijau inilah bisa mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Untuk sehari ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak sekitar 25 mg.

 

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat lain kacang hijau selanjutnya adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Dalam 100 gram kacang hijau ini setidaknya terdapat 1,15 gram lemak dan 347 kalori energi. Dengan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi, serta kandungan lemak yang rendah, mengonsumsi kacang hijau secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol.

 

9. Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, salah satu manfaat kacang hijau yang dapat dirasakan adalah mengontrol nafsu makan. Bila nafsu makan terkontrol, maka otomatis hal itu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Nafsu makan yang terkendali ini sebab kandungan serat dan protein dari kacang hijau membuat kenyang lebih lama dan lebih cepat.

 

10. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena kandungan serat dan pati di dalam kacang hijau, makanan yang satu ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Bahkan, ada sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kacang hijau mengurangi risiko jantung dan menurunkan tekanan darah. Diduga hal ini berkaitan dengan sifat antiradang dan antioksidan di dalamnya.

 

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang hijau mengandung flavonoid yang mempunyai peran penting dalam anti-inflamasi dan anti-mikroba yang bermanfaat untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat membuat Anda jarang terkena penyakit.

 

12. Mengatasi Anemia

Anemia adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan. Anemia menyebabkan sel darah merah berkurang dari tubuh, padahal, sel darah merah memiliki peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan adanya kandungan zat besinya yang tinggi, kacang hijau adalah salah satu asupan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami anemia. Perlu diketahui, bahwa zat besi adalah salah zat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.

 

 

Peluang Usaha Susu Sari Kacang Hijau

1. Cara Memulai Bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Bingung mengenai cara memulai bisnis susu sari kacang hijau? Tak usah bingung, mari memulai bisnis susu Susu Sari Kacang Hijau kacang hijau ini bisa dikatakan mudah.

Tentunya persiapan yang dibutuhkan adalah modal yang cukup untuk membeli peralatan bisnis yang ada. Selain itu Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara pembuatan susu kacang hijau yang benar dan tepat. Memang tidak akan rugi jika Anda menerjuni bisnis susu sari kacang hijau yang mengutungkan ini.

 

2. Pelaku bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Bisnis susu sari kacang hijau ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Terutama untuk Anda yang memiliki minat dan juga kemauan keras untuk menjalankan usaha susu sari kacang hijau ini.

Prosesnya menjalankan bisnis susu sari kacang hijau yang mudah tanpa butuh keahlian tertentu.

 

3. Prospek menjalankan bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Prospek dari bisnis susu sari kacang hijau dapat dikatakan cemerlang. Dari masa ke masa bisnis susu sari kacang hijau makin besar peminatnya.

Bisnis susu sari kacang hijau menjadi salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan mudah. Diprediksi jika bisnis susu sari kacang hijau ini terus cemerlang. Yang dimana trend gaya hidup sehat membuat susu sari kacang hijau banyak di cari pasaran.

 

4. Peralatan bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Bisnis susu sari kacang hijau ini sangat memerlukan beberapa peralatan penting seperti etalase, panci, mesin giling kacang hijau, mesin oven kacang hijau, kompor dan gas LPG, pisau, wadah, mesin hand sealer, mesin pengupas kacang hijau,timba dan nampan dan serbet.

 

5. Bahan baku Susu Sari Kacang Hijau

Dalam pembuatan susu sari kacang hijau memang bahan baku yang di gunakan sangat mudah di jumpai. Sedangkan untuk bahan bakunya mulai dari kacang hijau, gula pasir dan bahan lainnya.

 

6. Harga jual Susu Sari Kacang Hijau

Patokan harga untuk susu sari kacang hijau dapat Anda buat dalam hitungan per kemasan dimana harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 25. 000. Dalam pengemasan harga teragantung darai berat produk susu sari kacang hijau yang di jual.

 

7. Keuntungan dalam menjalankan bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis susu sari kacang hijau ini yakni besar peminatnya.  Susu sari kacang hijau tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat dalam negeri namun diluar negeri juga tinggi. Sehingga pasarnya sangat luas membuat bisnis ini sangat lancar.

 

8. Kekurangan bisnis Susu Sari Kacang Hijau

Segi kekurangan bisnis susu sari kacang hijau ialah susu sari kacang hijau memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Dimana mulai banyak bermunculan para pebisnis susu sari kacang hijau yang masih terbilang baru yang menjalankan bisnis tersebut.

 

 

Baiklah itulah artikel tentang cara membuat sari kacang hijau. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda tentang sari kacang hijau. sekian dari kami terima kasih.