Assalamualikum. Wr .Wb. Hallo teman – teman penggemar susu kedelai tapi tidak tau cara membuat susu kedelai. Cocok sekali jika mampir pada artikel saya ini yang membahas tentang cara membuat susu kedelai. Anda bisa juga mempelacar tentang peluang usaha membuat sari kacang hijau.

Kedelai adalah suatu bahan pangann hasil dari pertanian yang mengandung nilai gizi tinggi. Selain sebagai bahan baku membuat tempe, kedelai juga dapat dijadikan minuman yaitu susu kedelai.

Langsung saja mari kita bahas tentang cara membuat susu kedelai berikut ini.

Cara Membuat Susu Kedelai

Bahan Untuk Cara Membuat Susu Kacang Kedelai

  • Kacang Kedelai
  • Vanili
  • Gula pasir
  • Garam

Langkah – langkah dalam cara membuat Susu Kacang Kedelai

  1. Pilihlah kacang kedelai yang masih bagus. Pisahkan kacang kedelai yang sudah tidak utuh. Cuci kacang kedelai hingga bersih. Buang kacang hijau yang mengambang di atas air
  2. Siapkan air pada baskom atau wadah lainnya. Masukkan Kacang kedelai ke dalam air pada baskom dan rendam selama 6-12 jam hingga kedelai mengembang dan buihnya naik
  3. Cuci hingga bersih kulit ari yang mengelupas.
  4. Agar ampas terpisah, lakukan penyaringan dengan alat saringan atau kain bersih.
  5. Rebus kedelai dengan air sampai mendidih agak lama agar kulit arinnya lebih banyak terkelupas. Lalu buang kulit ari tersebut karena jika tidak maka dapat mentebabkan langu. Cuci sampai bersih
  6. Hancurkan kedelai bisa dengan menggunakan blender. Siapkan air mentah bersih. Masukkan kedelai dengan air tersebut. Blender selama 2 menit. peras dan saring ampas kedelai. Ulangi hingga ir yang di dalamnya habis semua.
  7. Rebus pada panci yang sudah di panaskan. Tutuplah pannci agar cepat mendidih dan busanya akan naik dan uapnya akan keluar melalui sela – sela panci.
  8. Masukkan gula, vanili, garam dapur sambil terus di aduk – aduk agar tidak pecah. Tunggu selama 2-3 menit hingga gulanya larut dan sari kedelai dapat diangkat.
  9. Setelah susu kedelai sudah matang, bungkuslah dalam kemasan dengan benar, bersih, Steril agar susu kedelai tidak cepat basi
  10. Cara yang mudah untuk membuat susu kedelai tidak cepat basi adalah dengan menyimpan susu kedelai lemari pendingin. Setelah anda selesai memasak susu kedelai hingga matang dan sudah tidak pada keadaan panas maka langsung saja masukkan pada lemari pendingin. Susu kedelaii akan tahan sekitar 2-3 hari jika disimpan pada lemari pendingin dengan benar.

Anda bosan dengan rasa susu kedelai yang itu itu saja? Mari kita belajar tentang resep – resep susu kedelai yang lainnya agar rasanya tidak membosankan. Langsung saja ya simak mengenai resep susu kedelai yang lain di bawah ini!

Resep Susu Kedelai

1 . Resep Susu Kedelai Rasa Vanila

susu kedelai rasa vanila

Bahan – bahan :

  • Kacang kedelai putih
  • Air
  • Daun pandan atau jahe
  • Madu atau gula
  • Vanila

Cara Membuat Susu Kedelai Rasa Vanila :

  1. Cuci hingga bersih kacang kedelai. Rendam selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu lalu tiriskan.
  2. Siapkan air dalam panci dan rebus hingga mendidih jangan lupa ditutup.
  3. Masukkan kacang kedelai ke dalam air mendidih tadi. Tutup rapat panci diamkan hingga sekitar 30 menitan
  4. Setelah itu haluskan dengan blender bersamaan dengan air rendaman tadi bisa juga ditambahkan dengan jahe atau daun pandan.
  5. Jika anda tidak terlalu suka rasa jahe, anda bisa juga tambahkan gula, madu, vanila atau coklat
  6. Susu kedelai siap dihidangkan. Enak jika diminum ketika kondisinya dingin

2 . Resep Membuat Susu Kedelai Tawar

susu kedelai tawar

Bahan – bahan :

  • Kacang kedelai
  • Air
  • Gula pasir
  • Daun pandan
  • Daun jeruk

Cara Membuat Susu Kedelai Tawar :

  1. Rendam biji kedelai selama semalam. Jika sudah cuci hingga bersih dan buang kulit arinya
  2. Haluskan dengan blender hingga benar – benar halus lalu saring menggunakan saringan
  3. Rebus dengan api sedang tambahkan gula, daun pandan, dann daun jeruk. Aduk terus hingga mendidih jangan sampai meluap ke luar
  4. Setelah disaring menggunakan kain katung yang bersih. Susu kedelai dapat disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin sesuai dengan selera

3 . Resep Susu Kedelai Rasa Coklat

susu kedelai rasa coklat

Bahan – bahan :

  • Susu kedelai tawar
  • Kayu manis
  • Bubuk pala
  • Dark cocholate
  • Gula pasir
  • Teh vanili bubuk
  • Coklat bubuk

Cara Membuat Susu Kedelai Rasa Coklat :

  1. Panaskan susu kedelai tawar hingga mendidih lalu angkat
  2. Tambahkan vanili, kayu manis, bubuk pala dan dark cocholate. Aduk hingga coklatnya mencair dan tercampur rata
  3. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut
  4. Tambahkan coklat bubuk dan tunggu sebaentar
  5. Angkat dan sajikan

Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai sangat populer di kalangan masyarakat yang intoleran dengan laktosa dan vegetarian yang tidak minat untuk minum susu sapi atu susu kambing. Jika dalam mengonumsi susu ini dengan cara tidak berlebihan maka kita akan mendapatkan banyak manfaat, yaitu :

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Kedelai merupakan salah satu sumber karbohidrat yang di dalamnya mengandung serat dan isoflavne. Kandungan tersebut jika dikonsumsi dengan cara teratur dan tidak berlebihan maka banyak manfaat yang akan didapat. Susu kedelai sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu minuman yang segar dan minuman kaya akan gizi yang bagus untuk kesehatan.  Berikut ini manfaat dari susu kedelai bagi kesehatan :

1 . Kesehatan Jantung

Susu kedelai ini mengandung protrein yang dibutuhkan untuk tambahan nutrisi bagi tubuh manusia. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit. Asam amin yang terkandung di dalam susu kedelai dapat membantu menurunkan kolestrol dalam darah.

Beberapa penelitian telah meniliti untuk membandungkan susu kedelai dengan susu sapi manakh yang ampuh dalam menurunkan kolestrol. Ternyata hasil dari penelitian itu adalah lebih ampuh susu kedelai daripada susu sapi dalam menurunkan kolestrol.

Untuk pasien diabetes tipe 2 mengkonsumsi susu kedelai memiliki efek baik untuk tekanan darah. Maka susu kedelai sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

2 . Mengurangi Gejala Post-Menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan yang biasanya di derita oleh para wanita. Penyakit itu dinamakan Post-Menopuse. Beberapa penelitian menyatakan bahwa  isoflavone yang terkandung pada kedelai mampu menjaga estrogen pada wanita menopause.

Sistem imun akan tertekan setelah menopause karena efek dari penuaan dan berkurangnya kadar estrogen. Isoflavone merupakan komponen yang mengandung bahan estrogenik dan juga antioksidan. Sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada wanita.

3 . Mencegah Osteoporosis

Manfaat dari susu kedelai juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post-menopause. Osteoporosis merupakan resiko yang dialami oleh  wanita masa menopause. Penyakit ini dapat timbul jika tubuh kekurangan kalsium.

4 . Mencegah Karsinogenik

Menkonsumsi susu kedelai juga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker prostat pada pria. Menurut dari beberapa penilitian menganjurkan untuk minum susu kedelai untuk menurunkan resiko terkena kanker prostat. Selain itu susu kedelai juga mengandung gizi yang dapat mencegah kanker payudara.

5 . Anti Oksidan

Efek antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai memiliki keuntungan untukk mengurangi resiko terkena penyakit kronis. Susu kedelai mengandung anti oksidan yang mampu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan pada tubuh.

Kerusakan sel dari hasil stress oksidatif merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA. Pada manusia, isoflavone dapat menghambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercayai mampu menghambat penyakit penuaan.

Wanita menopause rentan sekali terhadap penyakit kronis yang berhubungan  dengan penyakit penuaan. Isoflavone dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dalam populasi yang dapat menghambat kerusakan oksidatif pada wanita menopause.

6 . Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolestrol

Penyakit obesitas dapat juga terjadi pada laki – laki ataupun wanita. Isoflavone yang terkandung di dalam susu kedelai memiliki efek hormonal yang mampu menurunkan pelebaran dari jaringan pada lemak. Hal ini juga sangat mempengaruhi pada penurunannya LDL kolestrol dalam darah dan juga mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular.

7 . Melancarkan Pencernaan

Susu kedelai banyak mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang dapat diambil dari susu kedelai dapat meningkatkan absorpsi pada usus sehingga pencernaan akan lebih lancar.

8 . Mencegah Gangguan Pendengaran

Kedelai yang mengandung zat besi dapat membantu memperluas kapiler, melunakkan sel darah merah dan merangsang sel darah ke telinga. Itulah akedelai dapat di katakana mampu membantu mencegah gangguan pendengaran.

9 . Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai mengandung kadar gula yang sanagt rendah jika dibandingkan dengan jenis susu yang lainnya. Kandungan asam lemak yang terkandung dalam susu ini dapat membantu pencegahan penyerapan lemak pada pada usus

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kecantikan

Mengkonsumsi susu kedelai secara lebihan dapat memberikan manfaat positif bagi kulit. Itulah  alasan mengapa susu kedelai dijadikan cara alternative untuk perawatan kecantikan. Berikut ini manfaat bagi kecantikan :

1 . Dapat Melembabkan Kulit

Manfaat dari susu kedelai untuk kecantikan yang pertama adalah dapat melembabkan kulit. Dari dalam susu kedelai mampu mencegah tubuh dehidrasi. hal ini mengacu pada kulit kering dan minyak berlebih pada wajah.

2 . Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Munculnya flek hitam pada wajah dikarenakan oleh penuaan dini, jarang merawat kulit dan sering terkena sinar matahari langsung. Untuk cara mengatasi hal ini dengan cara mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Hal ini secara perlahan akan mengurangi flek hitam yang timbul di wajah anda.

3 . Mengatasi Kulit Berminyak

Mengatasi kulit berminyak adalah salah satu manfaat dari susu kedelai. Salah satu masalah kulit yang membuat tampilan wajah menjadi kusam yaitu adanya minyak yang berlebihan, Tentenya hal ini akan membuat kita kurang percaya diri.

Dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat membantu memproduksi koolagen serta memperbaiki serat elastin. Dengan begitu kadar minyak yang berlebihan akan semakin hilang sedikit demi sedikit.

Tips Agar Susu Agar Susu Kedelai Tidak Terasa Langu

Susu kedelai merupakan salah satu jenis minuman yang sangat kaya akan kandungan nutrisi dan menyehatkan bagi tubuh. Yang menarik adalah rasanya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Susu yang sering dikenal dengan nama soya milk ini dapat menyegarkan, mengenyangkan dan aman dari lemak jahat.

Susu ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Dari anak – anak maupun orang dewasa. Jika cara pengolahan susu kedelainya benar maka akan menciptakan rasa yang segar. Tapi jika cara pengolahannya kurang benar, maka rasa susu kedelai akan langu dan kurang enak.

Agar susu kedelai yang anda buat di rumah enak dan tidak langu anda harus benar – benar ketepatan dalam cara membuat susu kedelai. Ada tips tersendiri untuk cara membuat susu kedelai yaitu :

a) Pemilihan Kacang Kedelai

Tips yang pertama yaitu pemilihan kacang kedelai yang mempunyai kualitas baik. Jangan gunakan kacang kedelai yang sudah tidak bagus kualitasnya. Cuci terlabih dahulu kacang kedelai yang akan digunakan untuk membuat kacang kedelai. Jika ada biji kacang kedelai yang mengambang maka buanglah biji tersebut.

b) Perendaman Biji Kedelai

Rendam biji kedelai dengan menggunakan air yang bersih selama kurang lebih 8 sampai 12 jam. Rendam kembali kacang hijau dengan air yang baru paling lama 6 jam. Jika setelah kacang hijau sudah direndam dan kulitnya mengelupas, buanglah kulitnya hingga bersih. Cuci kacang kedelai hingga bersih dari kulitnya.

c) Haluskan Biji Kedelai

Setelah dicuci hingga bersih lalu haluskan biji kedelai itu. Dalam menghaluskannya dapat mengunakan blender ataupun mesin penghancur lainnya. Saring kedelai yang sudah dihaluskan dengan kain katun bersih. Ambil sari dari kacang kedelainya dan pisahkan ampasnya.

d) Merebus Susu Kedelai

Rebus sari kedelai tadi agar menjadi susu kedelai dengan api yang sedang saja. Pastikan wadah manci yang digunakan untuk merebus sudah bersih. Pastikan api yang digunakan untuk memasak stabil. Jangan rebus sari kedelai di atas api yang terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Selain mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan akan tetapi susu kedelai juga mepunyai dampak negatif yang harus anda ketahui. Baca dampak susu kedelai di bawah ini

Dampak Susu Kedelai

Dampak Bagi Anak Laki – Laki

Pubertas dini yang disebabkan dari produk yang mengandung susu kedelai dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker testicular. Ini dapat terjadi pada saat menjelang dewasa. Karena terpapar berbagai hormon seks secara terus menerus.

Isoflavone yang terkandung di dalam susu kedelai memiliki sifat feminisasi. Hal ini dapat menyebabkan ukuran kelamin bayi laki – laki  menjadi lebih kecil. Dari beberapa ahli menyatakan bahwa banyak mengkonsumsi susu formula akan menyebabkan genetika anak laki – laki menjadi seperti anak perempuan.

Dampak Bagi Anak Perempuan

Susu kedelai mengandung tingkat hormon yang lebih tinggi. Anak perempuan yang sedang memasuki masa pubertas akan beresiko terkena penyakit kanket payudara dan kista. Penyakit ini dapat timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi susu kedelai non fermentasi.

Dampak Bagi Wanita Muda

Bahwa dua gelas susu kedelai mengandung cukup komponen kimiawi yang dapat menghambat siklus menstruasi. Wanita yang telah memakai pil – pil kontrasepsii lebih mudah marah – marah pada saat terjadi gangguan hormonal. Hanya 100 gram daro produk susu kedelai sehari dalam waktu satu bulan penuh, mengandung komponen estrogenik.

Dampak Bagi Pria Dewasa

Zat yang terkandung dalam kedelai dapat menghambat enzim yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon pada pria. Penilitian dengan pejantan hewan – hewan telah banyak dicoba. Dari penelitian tersebut dinyatakan bahwa kedelai ini dapat membuat para pejantan ini kurang percaya diri.

Untuk dampaknya pada manusia akan terlihat lebih lambat jika dibandingkan dengan hewan. Tetapi tetap saja ada dampak negatif jika pria terlalu sering mengkonsumsi kedelai.

Sekian dari artikel yang dapat saya tulis tentang cara membuat susu kedelai dan manfaatnya serta lain – lainnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih bagi kalian yang sudah menyempatkan waktu untuk mampir membaca artikel saya ini . Wassalamualaikum.wr. wb.