Home » Artikel » Artikel Proses » Resep Tradisional! Inilah Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jaman Dahulu

Resep Tradisional! Inilah Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jaman Dahulu

Cara Membuat Tempe Bacem – Siapa yang tidak tahu akan makanan khas dari Indonesia ini. Harganya yang bisa terbilang cukup murah dan rasanya yang enak membuat Tempe menjadi salah satu makanan favorit keluarga di Indonesia. Tidak hanya di pulau Jawa, teman teman di Sumatera, Kalimantan, Bali dan bahkan yang jauh sekalipun sangat menyukai makanan satu ini. Banyak sekali olahan masakan dari bahan dasar tempe yang bisa kita buat, seperti tempe goreng, oseng tempe, kering tempe, tempe mendoan dan tempe bacem. Kali ini, Penulis akan mengajak teman teman untuk mencoba membuat resep bumbu bacem tempe jawa goreng khas jogya yang rasanya enak dan legit.

Resep tempe bacem cukup beragam. Hal ini dijadikan variasi masakan agar Anda tidak bosan dalam menyantap tempe. Anda bisa mengolah tempe dengan berbagai varian rasa, yaitu pedas manis atau gurih manis. Kadar kecapnya juga bisa disesuaikan dengan selera.

Tak hanya itu, cara pengolahannya juga beragam. Tempe bacem bisa dimasak dengan atau tanpa digoreng. Jika ingin lauk berkuah, olah saja tempe bacem berkuah manis dari kecap yang menyatu dengan bumbunya. Lebih jelasnya, perhatikan aneka resep praktis ini.

Manfaat Tempe

cara membuat tempe bacem

Tempe banyak digemari bukan hanya karena segi rasanya yang terkenal lezat dan harganya yang murah, namun juga karena kaya akan nutrisi. Kandungan berbagai nutrisi yang ada dalam tempe menjadikan tempe dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat tempe yang baik untuk kesehatan Anda:

1.       Antioksidan penangkal radikal bebas

Manfaat tempe yang kedua adalah mampu menyediakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas ke tubuh kita bisa menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, bahkan hingga menyababkan kanker.

Kandungan isoflavon dan juga nutrisi lainnya yang ada dalam tempe membuat tempe ampuh menjadi antioksidan bagi tubuh. Peran tempe dalam hal antioksidan terbukti lebih ampuh dibandingkan dengan kedelai rebus biasa.

2.       Sumber protein

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kandungan protein dalam tempe lebih tinggi daripada daging. Oleh karena itu, tempe sering kali dijadikan sumber protein pengganti daging. Banyak para vegetarian atau vegan yang memilih tempe sebagai menu pengganti daging untuk menenuhi kebutuhan proteinnya.

Setiap 100 gram dalam tempe mengandung kurang lebih 20 gram protein. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian hingga mencapai 34% bagi orang yang sudah dewasa. Fungsi dari protein sendiri selain untuk menjaga jaringan otot adalah untuk menghasilkan enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.

3.       Sumber kalsium

Manfaat tempe selanjutnya adalah sebagai sumber kalsium. Jika berbicara tentang sumber kalsium, umumnya kita akan teringat pada susu. Faktanya, tempe juga bisa menjadi sumber kalsium yang tidak jauh berbeda kualitasnya dengan susu.

Setiap penyajian 100 gr susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gr tempe memiliki kandungan mencapai 155 mg kalsium. Jadi bisa dibilang bahwa tempe sangat mungkin untuk dijadikan sumber kalsium yang tidak kalah dengan susu.

4.       Memenuhi kebutuhan vitamin B12

Manfaat tempe yang kelima adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 untuk tubuh, terutama bagi para vegetarian. Vitamin B12 memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh mulai dari menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, hingga menjaga kesehatan sisten saraf dan menjaga fungsi otak.

Umumnya vitamin B12 banyak terkandung dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya bahan pangan sumber vitamin B12 yang berasal dari nabati, sehingga sangat cocok untuk menggatikan sumber vitamin B12 lain yang tidak dikonsumsi oleh vegan.

5.       Aman untuk diabetes

Tempe juga aman bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa memilih menu makanan bagi para penderita diabetes bukanlah suatu hal yang mudah. Setiap menu harus disesuaikan untuk mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

Tempe terutama yang terbuat dari kedelai, mengandung isoflavon dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Selain baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II, tempe juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Selain tempe, menu kacang-kacangan lainnya juga direkomendasikan bagi para penderita diabetes.

6.       Menu diet

Ternyata tempe juga bisa dijadikan sebagai salah satu menu diet. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makan makanan yang mengandung protein tinggi, serat tinggi, namun rendah lemak. Kandungan protein dan serat yang ada dalam tempe membuatnya menjadi sangat baik untuk dijadikan menu diet.

Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada tempe juga sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi Anda ketika sedang diet.

Bahaya Tempe

Manfaat tempe memang banyak bagi kesehatan, tetapi bukan berarti tempe tidak memiliki efek negatif sama sekali. Kosumsi tempe secara berlebihan ternyata juga bisa memberikan efek negatif pada kesehatan. Tempe yang terbuat dari kacang kedelai memiliki kandungan phytoestrogen yang berpengaruh pada kerja hormon estrogen pada wanita. Pada wanita berisiko terkena kanker lebih besar karena adanya phytoestrogen dalam tuuh wanita yang bisa menjadi pemicu kanker.

Tempe juga menjadi makanan yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh penderita asam urat. Penderita asam urat biasanya disarankan untuk mengindari makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Pada dasarnya tempe mengandung zat purin rendah, jadi masih boleh dikonsumsi namun tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, efek tempe pada penderita asam urat mungkin berbeda-beda bergantung dengan tingkat keparahan asam urat yang diderita.

Cara Membuat Tempe Bacem

Resep tempe bacem cukup beragam. Hal ini bisa anda jadikan variasi dalam memasak sehingga anda tidak bosan dalam menikmatinya. Anda bisa mengolahnya dengan berbagai varian rasa, yaitu gurih manis atau pedas manis, sesuai selera anda. Kadar kecapnya pun bisa disesuaikan dengan selera.

Tak hanya itu, cara pengolahannya juga beragam. Tempe bacem bisa dimasak dengan atau tanpa digoreng. Jika ingin lauk berkuah, olah saja tempe bacem berkuah manis dari kecap yang menyatu dengan bumbunya. Lebih jelasnya, perhatikan aneka resep praktis ini.

1. Resep Tempe Bacem Tanpa Digoreng

cara membuat tempe goreng

Olahan lauk tempe yang satu ini fleksibel banget. Bagi Kamu yang ingin mengurangi konsumsi makanan berminyak, menu ini bisa jadi pilihannya. Kamu bisa mengolah tempe bacem tanpa menggorengnya. Meskipun demikian, rasanya tetap lezat dengan resep berikut.

Bahan-Bahan:

  • 5 buah tahu putih
  • 10-15 buah tempe bungkus
  • 5-8 siung bawang putih besar
  • 1 sdm ketumbar butir atau bubuk
  • 2-3 butir kemiri
  • 7 lembar daun salam segar
  • 3 sdm gula jawa sisir
  • Garam dan gula secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 gelas air

Cara Membuat Tempe Bacem Tanpa Digoreng:

  • Cara pertama sesuai prosedur membuat tempe bacem adalah menghaluskan bumbu yang terdiri dari baang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar.
  • Setelah itu, tumislah semua bumbu halus tersebut. Tambahkan gula jawa yang sudah disisir, kecap, gula pasir, garam, penyedap rasa, sampai bau nya jadi harum. Tambahkan air secukupnya. Aduklah sampai rata.
  • Masukkan tempe serta tahu sebagai pelengkap, ke dalam tumisan bumbu tersebut. pastikan airnya cukup sehingga semua irisan tempe dan tahu bisa tenggelam sempurna kedalam air. Masaklah sampai air mendidih dan menyusut. Gunakan api dengan skala kecil agar bumbu meresap dan tempe bacem tidak sampai gosong.
  • Apabila sudah matang dan airnya menyusut, angkat dan hidangkan tempe bacem dan tahu yang dibuat dengan resep tempe bacem tanpa digoreng. Kamu bisa menambahkan mentimun sebagai lalapannya.

2. Resep Tempe Bacem Jawa

Resep tempe bacem Jawa dengan air kelapa akan menjadi menu yang istimewa. Olahan tempe bacem dengan air kelapa ini terbukti lebih legit jika dibandingkan dengan tempe bacem tanpa menggunakan air kelapa. Simaklah cara membuat tempe bacem dengan bumbu spesial ini agar Kamu lihai dalam membuatnya.

Bahan-Bahan :

  • 1 tempe berukuran besar dan sudah diiris
  • 6 siung bawang merah
  • 3-4 siung bawan putih
  • 1 batang serai digeprek
  • ½ sdm ketumbar
  • 500-600 ml air kelapa
  • 2 sdm kecap manis
  • ½ sdt garam
  • 100 gram gula merah yang disisir
  • 1 cm lengkuas
  • 1-2 lembar daun salam
  • ½ sdt asam jawa
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tempe Bacem Jawa:

  1. Tahap pertama dalam formula membuat tempe bacem adalah menyiapkan penggorengan dengan wadah yang memadai.
  2. Masukkanlah santan yang sudah disiapkan kedalam penggorengan dengan api berskala sedang.
  3. Masukkan bawang putih, bawang merah, batang serai, dan ketumbar yang telah dihaluskan kemudian aduk sampai merata.
  4. Masukkan daun salam, asam jawa, serta lengkuasnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. Tambahkan tempe yang sudah diiris ke dalamnya. Aduk perlahan sampai merata. Tunggu sampai airnya menyusut dan angkatlah.
  5. Sajikan tempe bacem Jawa yang sudah matang tersebut secara menarik.

3. Resep Tempe Bacem Manis Gurih

cara membuat tempe bacem

Lauk tempe bacem yang manis gurih termasuk mudah dalam pengolahannya. Menu ini sangat cocok bagi Kamu yang vegetarian. Kadar protein nabati yang ada pada tempe bisa memenuhi keperluan nutrisi tubuh, sehingga cocok untuk asupan gizi. Resep tempe bacem ini bisa dipraktikkan di rumah.

Bahan-Bahan :

  • 3 buah tempe ukuran sedang
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm kecap
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 1 batang serai geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 200 gram gula merah
  • 1000 ml air kelapa

Cara Membuat Tempe Bacem Manis Gurih:

  1. Potong tempe menjadi beberapa bagian dan jangan terlalu kecil agar tidak hancur ketika dimasak dan jangan terlalu besar agar bumbu meresap. Cukup potong dengan ukuran sedang.
  2. Kemudian haluskan bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, serta garam.
  3. Langkah ketiga dalam resep tempe bacem adalah meletakkan tempe ke dalam wajan/panci, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan bersama rempah lainnya. tuangkan air kelapa beserta gula merah yang sudah diserut.
  4. Nyalakan apinya dan masaklah dengan api volume sedang kurang lebih selama 30 menit.
  5. Setelah air hampir menyusut, masukkan kecap serta aduklah sekali saja agar tempe tidak hancur. Cicipi rasanya. Apabila kurang manis, tambahkan kecapnya. Apabila citarasanya sudah pas, matikan apinya dan tunggu tempe sampai dingin. Setelah itu, lalu goreng.
  6. Sajikan tempe bacem yang sudah matang tersebut nikmatilah untuk lauk.

4. Resep Tempe Bacem Pedas Menggugah Selera

cara membuat tempe bacem

Kamu suka pedas? Menu tempe bacem pedas sangat cocok. Kamu bisa mempelajari resep tempe bacem hot dengan bumbu pilihan dan cara membuat yang simple. Petunjuk membuat tempe bacem ini cukup mudah untuk dipraktekkan sebagai panduan memasak.

Bahan-Bahan :

  • 1 bungkus tempe besar
  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 buah kemiri
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 bungkus kecap
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • ½ bungkus ketumbar bubuk
  • 1 bungkus asam jawa
  • 1 lembar daun seledri
  • 3 lembar daun salam
  • Santan secukupnya

Cara Membuat Tempe Bacem Pedas:

  1. Pertama, potonglah tempe sesuai keinginan, namun tetap dalam ukuran sedang.
  2. Haluskan dahulu bumbu nya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai rawit, lengkuas, dan garam.
  3. Selanjutnya, gorenglah tempe sampai setengah matang agar tidak terlalu lembek ketika dibacem.
  4. Siapkan santan atau air mineral dalam suatu wadah dan masukkan asam jawa ke dalamnya. Aduklah sampai asam menyatu dengan air. Jika ingin masak ala Sunda, maka gunakan santan.
  5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan jangan lupa masukkan ketumbar bubuk ke dalamnya. Masukkan tempe yang sudah digoreng dan tuangkan santan atau air mineral yang sudah bercampur dengan asam jawa ke dalam tumisan bumbu. Jangan lupa tambahkan juga kecap dan gula merahnya.
  6. Tutuplah dan tunggu sampai santan atau airnya mendidih dan mulai menyusut. Setelah matang, taburkan irisan daun seledri di atasnya. Akhirnya, tempe bacem siap dinikmati.

 

5. Resep Tempe Bacem Kuah

cara membuat tempe bacem

Jika ingin lauk berkuah, maka buat saja tempe bacem berkuah dengan resep tempe bacem dengan proses pembuatan yang mudah dan cepat. Dengan demikian, sarapan tak akan terlewatkan. Hidangan spesial ini juga bisa untuk makan siang dan makan malam.

Bahan-Bahan :

  • 5 buah tahu segitiga
  • 10 cm tempe yang dipotong agak tebal
  • 5 sdm gula merah iris
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • ½ sdt lada
  • ½ sdt ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 1 mata asam jawa
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Tempe Bacem Kuah :

  1. Cara membuat tempe bacem dengan kuah ini tergolong mudah. Pertama, haluskan lada, bawang putih, bawang merah, kemiri, serta lengkuas.
  2. Masukkan tahu dan tempe beserta semua bumbu ke dalam panci,atau bisa juga menggunakan food processor . Jika suka, Kamu bisa menambahkan tempe gembus sebagai lauk tambahan.
  3. Selanjutnya, tambahkan air kedalam panci tersebut sampai semua tahu dan tempe terendam. Jangan lupa tambahkan kecap manis ke dalamnya. Kecap bango bisa jadi pilihanmu, karena kecap yang satu ini sudah terbukti akan kekentalan dan manisnya pas. Rebuslah sampai semua lunak. Cicipi rasanya.
  4. Setelah rasa dan kematangannya pas, angkatlah dan sajikan selagi hangat.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara membuat tempe bacem. Lauk simple dengan cita rasa yang  istimewa membuatnya bisa dinikmati setiap saat. Aneka resep tempe bacem mulai dari rasa rasa manis sampai pedas, bisa dipelajari dengan kunci cara membuat tempe bacem yang mudah, sehingga bisa dihidangkan setiap saat, termasuk untuk menu sarapan. Semoga bermanfaat.

By |2018-12-22T09:53:22+00:00Desember 19th, 2018|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Resep Tradisional! Inilah Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jaman Dahulu

About the Author:

WhatsApp chat