Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Udang Goreng Tepung; Sajian Laut Yang Renyah & Sederhana

Cara Membuat Udang Goreng Tepung; Sajian Laut Yang Renyah & Sederhana

Cara membuat udang goreng tepung dapat dengan mudahnya dilakukan di rumah anda sendiri. Dengan bumbu yang pas serta cara yang tepat, membuat udang goreng tepung menjadi opsi memasak yang mudah dan sederhana untuk dilakukan.

Tidak ada yang bisa mengalahkan nikmatnya udang goreng segar. Sebuah kombinasi yang nikmat antara manisnya hidangan laut segar dan lapisan tepung goreng yang renyah, asin dan gurih. Cara membuat udang goreng tepung di rumah membutuhkan sedikit keterampilan dalam mengolah adonan agar dapat meresap ke udangnya. Tidak hanya itu, tapi kita juga perlu memperhatikan suhu panas minyak.

Resep dan Cara Membuat Udang Goreng Tepung

Di bawah ini saya akan memberikan beberapa resep andalan dalam mengolah udang menjadi udang goreng tepung. Meskipun udang yang digoreng begitu saja sudah bisa menjadi hidangan yang menggugah selera. Namun, tidak ada salahnya untuk berkreasi dengan berbagai macam bumbu dan adonan untuk menghasilkan hidangan udang yang dapat mengundang orang-orang terkasih anda ke meja makan dalam waktu sekejap.

Untuk mencapai tingkat kematangan tertentu, biasanya udang goreng tepung dimasak dengan menggunakan mesin deep fryer.  Sebelum menuju ke resep, ada baiknya anda menyimak sedikit tips berikut ini mengenai cara memasak dengan teknik deep fry.

Tips Menggoreng dengan menggunakan mesin deep fryer

  1. Panaskan minyak dalam wajan yang bersih, jumlahnya cukup untuk merendam makanan yang akan digoreng. Tes suhu minyak menggunakan termometer khusus untuk mengukur suhu minyak (biasa disebut fry thermometer atau candy thermometer) atau jika belum punya (seperti saya), gunakan cara berikut:
    • elupkan sumpit kayu ke dalam minyak; jika terbentuk gelembung-gelembung kecil di sekitar sumpit, minyak telah siap untuk deep fry.
    • Masukkan serpihan breadcrumb atau batter (adonan tepung untuk membalur) ke dalam minyak. Jika serpihan breadcrumb/batter tersebut:
      • Tenggelam ke dasar minyak kemudian naik perlahan ke permukaan: suhu minyak < 160 derajat celcius
      • Mengambang di tengah minyak kemudian langsung naik ke permukaan: suhu minyak 170-180 derajat celcius, optimal untuk deep fry
      • Langsung mengambang di permukaan minyak: suhu minyak > 190 derajat celcius
  2. Penting diingat untuk tidak menggoreng sekaligus; lebih baik dibuat beberapa batch. Menggoreng terlalu banyak makanan dalam satu waktu (memenuhi minyak) akan menyebabkan suhu minyak turun sehingga hasil gorengan akan sangat menyerap minyak.
  3. Siapkan saringan kecil untuk membuang serpihan breadcrumb atau batter sisa bekas menggoreng sebelum memasukkan batch penggorengan selanjutnya. Jika tidak, serpihan-serpihan ini akan menjadi gosong dan ‘mengganggu’ rasa serta ‘penampakan’ dari makanan yang digoreng selanjutnya.

Beberapa resep yang akan saya berikan adalah cara membuat udang goreng tepung spesial, udang goreng tepung roti, udang goreng tepung asam manis, udang goreng tepung saus tiram, serta udang goreng tepung saus mentega. Hemmm, terdengar nikmat bukan? Yuk langsung disimak aja.

I. Cara Membuat Udang Goreng Tepung Spesial

Sebenarnya, membuat udang goreng tepung tidak jauh berbeda dengan membuat ayam goreng tepung atau tempe goreng tepung, bedanya terletak pada bahan utamanya saja. Udang goreng tepung bisa menjadi variasi menu makan siang sehingga menu makan siang tidak sebatas pada olahan daging ayam atau daging sapi dan ikan saja. Makanan jenis ini pun termasuk salah satu sajian favorit dalam hidangan tempura.

cara membuat udang goreng tepung

Bahan-bahan:
  • Udang Segar 1/2 kg (sudah dikupas dan dibersihkan)
  • Garam 1/2 sdt
  • Lada Hitam Bubuk 1/2 sdt
  • Bubuk Bawang Putih 1/2 sdm
  • Tepung Terigu 1 cangkir
  • Paprika Bubuk 1 sdt
  • Telur 2 butir (dikocok lepas)
  • Tepung Pariko/Panir Kasar 1 cangkir
  • Minyak Sayur secukupnya
Cara memasak udang goreng tepung spesial:
  1. Kunci dari hidangan ini adalah adonan tepungnya serta kematangan udangnya, sehingga ketika digigit dan dinikmati terasa empuk sekaligus gurih. Langkah pertama untuk membuat udang goreng tepung gurih dan lezat, baluri udang dengan lada hitam bubuk, garam serta bubuk bawang putih.

  2. Setelah bumbu meresap dengan sangat baik, sisihkan. Siapkan sebuah mangkuk kecil untuk mengolah adonan tepung. Masukkan adonan tepung terigu dan juga paprika bubuk

  3. Lalu siapkan mangkuk kecil kedua dan masukkan tepung panko lalu telur, kemudian kocok adonan hingga keduanya merata

  4. Ambil sebuah pan dan nyalakan kompor, kemudian tuangkan minyak sayur kedalamnya, tunggu selama beberapa menit hingga minyak dipenggorengan panas

  5. Setelah minyak panas, masukkan udang kedalam adonan tepung, selanjutnya kedalam adonan telur baru kemudian digoreng. Goreng adonan udang goreng tepung hingga udang berwarna coklat keemasan hingga setengah atau semua adonan udang tepung tergoreng dengan sempurna yang mana disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

  6. Dan udang goreng tepung pun siap untuk ditata di piring dan disajikan dalam kondisi yang masih panas, nikmati udang goreng tepung ala restoran Jepang ini dengan nasi putih hangat, sayuran dan juga saus sambal.

Anda dapat menikmati hidangan ini menggunakan berbagai jenis saus, mulai dari saus sambal botolan, mayones, atau bahkan sambal cabe rawit, Anda hanya perlu menyiapkan saus jenis apa yang Anda inginkan.

II. Cara Membuat Udang Goreng Tepung Roti

Tentunya bagi setiap penggemar makanan laut, udang merupakan salah satu hidangan favorit yang selalu nikmat untuk diolah menjadi apapun. Kali ini saya akan memberikan anda resep udang goreng tepung yang tidak menggunakan tepung biasa, namun kita akan menggorengnya dengan tepung roti.

cara membuat udang goreng tepung roti

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • Udang Segar 500 gram (sudah dikupas, sisakan ekornya)
  • Terigu 100 gram
  • Tepung Roti Kasar 100 gram
  • Telur Ayam 2 butir (pisahkan putih telurnya kemudian dikocok)
  • Bawang Putih 2 siung (dihaluskan)
  • Garam 1/2 sdt
  • Merica Bubuk 1/2 sdt
  • Minyak Goreng 50 ml
Cara membuat udang goreng tepung roti:
  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencuci bersih semua udang yang anda siapkan. Caranya dengan mengambil bagian kepalanya dan kulitnya.
  2. Setelah benar-benar bersih, udang tersebut kemudian anda oleh lagi dengan melumurinya dengan menggunakan garam serta merica bubuk. Setelah di lumuri tersebut anda kemudian diamkan terlebih dahulu dalam waktu 20 hingga 25 menit agar bumbu meresap ke dalam udang yang akan anda olah.
  3. Selama proses pencampuran bumbu atau marinasi anda bisa membuat adonan tepung untuk udang anda nanti, caranya dengan mencampur bahan berupa tepung terigu, bawang putih dan terakhir adalah garam.
  4. Setelah 20 menit anda bisa mengambil kembali udang yang disimpan kemudian anda lumurkan campuran bahan tepung terigu anda kepada udang.
  5. Setelah itu lanjut celupkan udang yang telah diberi tepung ke dalam putih telur.
  6. Berlanjut dari putih telur anda bisa kemudian menggulingkannya pada tepung roti yang sudah disiapkan. Lakukan terus hingga udang habis.
  7. Panaskan wajan dan minyak kemudian lanjut dengan menggoreng udang tepung anda hingga berwarna kuning keemasan dan matang. Setelah dirasa matang anda bisa mengangkatnya dan menatanya sesuai dengan selera di atas piring saji.
  8. Hidangkan udang goreng tepung tersebut selagi masih hangat agar nikmat.

Demikianlah cara yang terbilang sangat praktis bagi anda sekalian yang ingin mencoba menikmati bagaimana lezatnya udang goreng tepung roti. Sajian ini bisa anda jadikan sebagai bekal sekolah anak anda sehingga lebih praktis dan bergizi.


III. Cara Membuat Udang Goreng Tepung Asam Manis

Resep udang goreng tepung satu ini dapat dinikmati oleh anda yang mencintai saus asam manis. Rasa asam dan manis yang bertemu di lidah serta segarnya rasa udang goreng bercampur menghasilkan kepuasan kuliner yang tiada tara.

cara membuat udang goreng tepung asam manis

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk udang goreng tepung:
  • Udang Besar 10 ekor
  • Telur Ayam 1 butir (dikocok)
  • Air Perasan Jeruk Nipis secukupnya
  • Tepung Roti secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica Bubuk secukupnya
  • Saus Asam Manis
  • Minyak Goreng secukupnya
Bahan-bahan untuk membuat saus asam manis:
  • Air Kaldu Ayam 250 ml
  • Saus Tomat 2 sdm
  • Bawang Putih 2 siung
  • Gula Pasir 2 sdm
  • Cuka 1 sdm
  • Tepung Kanji 1 sdm (dilarutkan dengan 1 sdm air)
  • Minyak Wijen 1 sdt
  • Minyak Goreng secukupnya
Cara membuat saus asam manis:
  1. Pipihkan bawang putih, lalu iris hingga halus.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih hingga aromanya keluar.
  3. Tuang air kaldu ke tumisan, bersama saus tomat, gula pasir, cuka, dan minyak wijen.
  4. Aduk hingga rata lalu masak hingga mendidih.
  5. Masukkan tepung kanji yang sudah dilarutkan dengan air, lalu masak hingga kental.
Cara membuat udang goreng tepung saus asam manis:
  1. Bersihkan udang, buang kepalanya. Larutkan tepung bumbu instan hingga sedikit encer,celupkan udang. Kemudian lumuri udang dengan tepung terigu, goreng dalam minyak panas hingga keemasan
  2. Cek kembali saus asam manis yang anda masak tadi. Sesuaikan rasanya dengan selera anda dengan menambahkan bumbu.
  3. Udang yg sudah digoreng sisihkan dalam piring, tuang saos diatasnya. Sajikan.

Jika tidak langsung dimakan, saya menyarankan untuk memisahkan penyajian antara udang goreng tepung dengan saus asam manisnya agar menjaga tekstur renyahnya udang goreng tepung.


IV. Cara Membuat Udang Goreng Tepung Saus Tiram

Sensasi resep udang crispy saus tiram tak hanya terdapat pada sensasi tekstur crispy maupun rasa khas saus tiram. Anda juga dapat merasakan kesegaran buah jeruk di dalamnya. Itu karena sentuhan terakhir ketika memasak udang crispy saus tiram adalah dengan menambahkan air jeruk segar.

cara membuat udang goreng tepung saus tiram

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • Udang Segar 250 gram (dikupas)
  • Air Putih 25 ml
  • Jeruk Nipis 1/2 buah (ambil perasan airnya)
  • Mentega/Margarin secukupnya
  • Minyak Sayur secukupnya
  • Bawang Putih 2 siung (dihaluskan)
  • Bawang Merah 2 siung (dihaluskan)
  • Bawang Bombay 1/2 siung (iris tipis)
  • Saus Tiram 2 sdm
  • Kecap Manis 2 sdm
  • Garam secukupnya
  • Lada Putih Bubuk secukupnya
  • Tepung Terigu 3 sdm
  • Tepung Beras 1 sdm
Tips:
  1. Selain air jeruk segar, Anda bisa juga menggantinya dengan jus jeruk kemasan.
  2. Setelah dicuci bersih, balur udang dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.
  3. Bila menginginkan rasa pedas, Anda bisa menambahkan irisan cabai atau cabai merah bubuk.
Cara membuat udang goreng tepung saus tiram:
  1. Masukkan semua bahan dan bumbu untuk membuat adonan tepung ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
  2. Balur udang dengan adonan tepung sampai rata, ketuk-ketuk supaya adonan kering yang tidak menempel sempurna, rontok.
  3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  4. Goreng udang sambil dibolak-balik sampai berwarna cokelat keemasan dan matang, angkat, tiriskan, sisihkan.
  5. Panaskan mentega atau margarin sampai meleleh untuk menumis.
  6. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan bawang merah sampai harum dan matang.
  7. Tambahkan kecap manis dan saus tiram, aduk sampai tercampur rata dan meletup-letup, kecilkan api kompornya.
  8. Tuangkan air putih, masak sampai mendidih.
  9. Tambahkan garam dan lada putih bubuk, aduk sampai tercampur rata.
  10. Tuangkan air jeruk segar, aduk sampai mendidih dan sedikit mengental, matikan api kompornya.
  11. Susun udang crispy di wadah saji, siram dengan saus tiram, udang crispy saus tiram siap dihidangkan.

V. Cara Membuat Udang Goreng Tepung Saus Mentega

Dengan bahan sederhana yang hampir pasti tersedia di dapur, rasa yang dihasilkan identik jika dibandingkan dengan menu Udang Goreng Tepung Saus Mentega yang biasa kita beli di restoran Chinese food. Harum jahe dalam sausnya langsung memantik air liur.

cara membuat udang goreng tepung saus mentega

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • Udang Ukuran Sedang 250 gram (dikupas, potong kepala dan sisakan ekor)
  • Tepung Bumbu 100 gram
  • Tepung Beras 2 sdm
  • Tepung Terigu Protein Sedang 1 sdm
  • Telur 1 butir (dikocok lepas)
  • Perasan Jeruk Nipis 1/2
  • Bawang Putih 2 siung (dicincang halus)
  • Jahe 1 cm (kupas dan cincang halus)
  • Mentega 40 gram
  • Kecap Inggris 2 sdm
  • Merica Bubuk 1/2 sdt
  • Air 75 ml
  • Garam secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya
Cara membuatnya:
  1. Perciki udang dengan air jeruk nipis dan lumuri dengan garam. Diamkan selama kurang lebih 5 menit.
  2. Campur tepung bumbu, tepung beras dan terigu. Aduk rata. Celupkan udang ke dalam telur kocok dan gulingkan di atas campuran tepung. Ratakan.
  3. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  4. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan kecap inggris, merica bubuk dan garam. Tuang air, aduk rata, Masak hingga mendidih dan mengental.
  5. Masukkan udang goreng krispi, aduk rata. Angkat. Sajikan.
Tips:
  • Untuk yang suka udang tetap krispi, saus bisa disajikan terpisah.
  • Masak menu seperti ini bisa diakali agar cepat selesai tapi tidak keteteran. Urutan yang menurut saya efektif: rendam udang >> kocok telur & aduk tepung >> tepungi semua udang >> goreng  sembari mencincang bawang & jahe >> buat saus sambil terus menggoreng. Tidak lebih dari 30 menit selesai.
  • Jika masih ada sisa tepung, masih bisa digunakan untuk makanan lain, seperti tahu atau tempe.

10 Manfaat dan Khasiat Udang Goreng untuk Kesehatan

Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat udang goreng ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Khasiat udang goreng yang pertama bisa membantu anda di dalam mencegah penyakit kanker. gejala penyakit kanker ini di akibatkan tubuh kekurangan zat antioksidan yang bisa mengakibatkan gejal penyakit tersebut. Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan ini yang memilki kandungan selenium mampu untuk mencegah terjadinya kanker.

2. Sebagai Penyeimbang Hormon

Jika anda sering melakukan aktifitas olahraga udang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki banyak protein yanga akan banyak membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormaon di dalam tubuh anda.

3. Sumber Omega-3

Banyak orang yang menganggap udang goreng sebagi sumber kolesterol jahat yang tinggi. Sehingga, mereka lebih memilih tidak mengonsumsi makanan ini dalam menu sehat harian. Ternyata kandungan yang ada di dalam maknan ini memiliki senyawa omega 3 yang sangat lengkap.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa selenium yang mampu mencegah penyakit jantung. Hal ini di sebabkan karena udang goreng telah di percaya memilki peranan untuk mencegah penyakit tersebut.

5. Sumber Makanan Kaya Protein

Tubuh sangat membutuhkan protein, jika tubuh seseorang kekurangan protein akan berdampak pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu, udang ini memilki kandungan senyawa yang kaya protein untuk menjaga kesehatan tubuh anda sehingga tubuh anda akan selalu sehat.

6. Zat Anti Inflamasi

Bagi anda yang mengonsumsi udang goreng sangat baik sekali, karena makanan ini mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mencegah beberapa penyakit yang menyerang pada tubuh. Hal ini terjadi karena makanan ini telah di percaya bahwa memilki peranan zat anti inflamasi.

7. Penguat Tulang

Udang goreng ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh salah satunya dapat menguatkan tulang anda. Hanya dengan mengonsumsi makanan ini secara teratur akan menambah kepadatan dan membuat tulang anda menjadi lebih kuat.

8. Obat Anemia

Udang ini memiliki beberapa kandungan senyawa vitamin salah satunya vitamin b. Kemudian kegunaan vitamin ini untuk menstabikan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan jika anda terserang oleh penyakit kekurangan darah ini dapat di obati dengan mengonsumsi makanan ini.

9. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi anda yang berselera kurang makan, sangat disarankan sekali untuk mengonsumsi udang. Hal ini di sebabkan karena makanan ini mengandung banyak protein, jika di konsumsi akan membentuk zat peptida. Kemudian peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepas hormon yang berkaitan dengan nafsu makan seperti cholecystokinin.

10. Mencegah Diabetes

Diabetes ini di akibatkan oleh kadar gula yang tinggi di dalam tubuh, kemudian penyakit tersebut sangat bahya sekali dan berakibat mematikan jika seseorang terkena oleh diabetes. Oleh karena itu, hal ini harus di cegah. Salah satu untuk mencegahnya dengan mengomsumsi udang goreng, hal ini di sebabkan karena makanan ini telah di percaya bahwa mampu untuk mencegah penyakit diabetes yang berbahaya sekali bagi tubuh anda.

 

By | 2017-07-28T02:08:30+00:00 July 28th, 2017|Artikel Proses|Comments Off on Cara Membuat Udang Goreng Tepung; Sajian Laut Yang Renyah & Sederhana

About the Author: