Yuk Perhatikan Cara Merawat Ayam yang Baik

Cara Merawat Ayam

Cara merawat ayam yang memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan, mis. Misalnya: kesehatan, kesesuaian kandang, pakan, dll. Ayam seperti hewan piaraan lainnya juga, membutuhkan perawatan yang tepat untuk menghindari penyakit dan tidak menurunkan berat badan serta tidak mati.

Kesehatan ayam juga penting bagi peternak agar tidak kehilangan pakan, tenaga, waktu, dll.Berikut adalah cara merawat ayam yang baik.

Bagaimana Cara Merawat Ayam dengan Baik dan Benar?

membersihkan kandang

Caranya sederhana. Begini caranya:

1. Pembersihan Kandang Ayam Secara Rutin

Selain kandang yang aman dan nyaman, kandang juga harus bersih. Pasalnya, sumber penyakit pada ayam adalah bau fesesnya sendiri (amoniak). Sebisa mungkin, jangan sampai kotoran ayam basah dan selalu periksa kotorannya. Segera bersihkan agar tidak menjadi sumber penyakit. Jadi Anda perlu membersihkannya dengan hati-hati.

Baca juga Cara Memelihara Ayam Potong dan Keuntungannya.

2. Buatlah Kandang Ayam Senyaman dan Seaman Mungkin

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyediakan kandang yang nyaman dan aman dengan ukuran kandang yang lebih besar serta menyesuaikan jumlah ayam yang tidak terlalu sempit. Kemudahan keranjang membuat stres ayam berkurang.

Untuk keamanan kandang, usahakan posisinya agak tinggi untuk dijauhkan dari hewan yang mengganggu ayam. Kandangnya harus benar-benar aman terutama untuk ayam yang masih berumur seminggu (DOC).

3. Semprot Kandang Ayam Secara Teratur

Penyemprotan pada kandang ayam juga penting dan perlu dilakukan karena terdapat kutu ayam (nyamuk) yang dapat menyebabkan rasa gatal baik pada ayam maupun pemilik ayam. Untuk cairan semprotnya, Anda bisa membelinya dari toko pertanian dan pastikan Anda membeli cairan khusus untuk pengeringan.

4. Pemberian Vitamin dan Vaksinasi Pada Ayam

Sama pentingnya memberi vitamin pada ayam. Tujuan pemberian vitamin adalah untuk menjaga kesehatan dalam cuaca peralihan (terutama saat hujan).Ada vitamin khusus untuk ayam yang disebut “Vitachicks”. Untuk pemberian vitamin, Anda bisa mencampurkannya ke dalam air minum dengan jumlah yang tertera pada kemasan vitamin.

Sementara itu, vaksin sangat dianjurkan bagi peternak ayam yang jumlahnya ratusan ribu. Karena tujuan pemberian vaksin adalah untuk menjaga agar ayam tidak sakit. Karena jika salah satu ayam terkena penyakit lain maka akan tertular juga. Selain itu, vaksin hanya diberikan satu kali sampai ayam terjual.

5.Ayam Aman dari Serangan Predator

Beberapa predator unggas adalah kucing, anjing, dan rakun, yang dapat dengan mudah diserang ayam dengan cara menggali di dalam tanah di bawah kandang. Jadi pastikan kandang ayam cukup tertutup dan terbuat dari bahan yang kuat.

Lengkapi dengan kawat di sekeliling kandang untuk mencegah predator menggali ke dalam tanah dan memasuki kandang. Anda dapat melakukan hal serupa dengan mengisi celah dengan kayu atau ubin.

Merawat ayam petelur juga bisa dilakukan dengan cara membuat kandang yang dialiri arus listrik untuk mencegah predator masuk ke dalam kandang.Cara lain untuk merawat ayam bisa di pagi hari. Kita bisa membiarkan ayam bermain di luar. Saat hari sudah gelap pastikan mereka kembali ke kandang dan jangan lupa mengunci kandang ayam.

 

Alasan Untuk Merawat Ayam dengan Benar dan Benar

Mengapa ayam membutuhkan perawatan yang tepat dan tepat? Perawatan ayam yang tepat dan benar, seperti yang saya jelaskan di atas, ditujukan untuk beberapa hal:

1. Ayam Sehat dan Peternak Juga Tetap Sehat

Menjaga kesehatan ayam dengan memeriksanya secara teratur, memberikan pengobatan alami bila memungkinkan, dan menjaga kebersihan kandang. Itu membuat peternak ayam / pemilik hewan tetap sehat. Jika peternak tidak merawat ayam dengan baik, otomatis penyakit ayam akan menyebar ke peternak saat ayam sakit.

2. Ayam Lain Juga Sehat

Jika 1 ekor ayam sakit dan tidak ditangani secepatnya, otomatis akan menulari ayam lainnya. Jika jumlah ayam ratusan / ribuan, sudah dihitung kerugiannya. Oleh karena itu, perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ayam secara rutin dan sedapat mungkin dalam menghadapi vaksin.

3. Menjaga Kualitas Ayam

Sangat penting untuk menjaga kualitas ayam yang akan dijual. Ayam yang dijual biasanya ditentukan oleh berat ayam oleh pembeli. Oleh karena itu, sebagai pemilik / pemelihara harus menjaga dan menjaga kualitas ayam. Sehingga pembeli puas dengan apa yang dapatnya dan otomatis pembeli mempercayai kita.

Cara Merawat Ayam Bangkok

1. Siapkan Kandang Sesuai Standar

Cara merawat ayam bangkok yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang sesuai standar. Biasanya kandang penetasan dan kandang anak buat terpisah untuk memudahkan perawatan. Selain itu, perawatan yang dibutuhkan berbeda satu sama lain.

Kandang yang digunakan biasanya terbuat dari kayu anyaman. Ukuran kandang akan tergantung dari jumlah ayam Bangkok yang Anda miliki. Namun, usahakan buat lebar agar ayam leluasa bergerak.Khusus untuk anakan Bangkok, perawatannya perlu lebih intensif karena terpisah dari induknya.

Misalnya, panas di dalam kandang agar anakan bangkok tidak mudah sakit dan mudah mati.Pastikan anak ayam dalam keadaan hangat agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

2. Vitamin dan Suplemen Gizi

Selain pakan, ayam bangkok juga membutuhkan vitamin dan suplemen gizi agar dagingnya sehat dan berkualitas. Pengendalian ayam bangkok menggunakan vitamin untuk membantu menjaga ketahanan ayam agar selalu kuat saat dibuang bijinya.

Selain itu, pemberian vitamin dan suplemen makanan ditujukan untuk membangun rambut, otot, tulang, dan bagian tubuh lainnya secara optimal. Oleh karena itu, perlu pemerhatian cara perawatan ayam bangkok berupa vitamin dan suplemen.

3. Mandi

Meski berada dalam kandang, tidak menjamin ayam bangkok Anda akan bersih. Jadi Anda bisa memandikan ayam Bangkok Anda kapan pun Anda mau. Waktu terbaik untuk memandikan ayam bangkok adalah jam 8 pagi.Jangan gunakan air hangat saat memandikan ayam karena dapat merusak kain bulu ayam bangkok Anda.

Selain itu, jangan gunakan sabun atau cairan berbahan kimia lainnya yang dapat merusak kandungan daging ayam dan menjadi beracun saat dikonsumsi.

4. Siapkan Pakan yang Sehat

Selain itu, pakan merupakan aspek penting dalam perawatan ayam bangkok. Misalnya, anak ayam Bangkok sebaiknya hanya beri air. Untuk inkubator ayam di Bangkok, bagaimanapun, makanan bisa berikan dalam bentuk pure atau dedak yang bisa kita buat menggunakan mesin pembuat pakan ayam. Pakan murni dapat mencampurkan dedak padi dengan perbandingan 4: 1.

Ciri-ciri Ayam Bangkok yang Bagus

  • Badan langsing lurus dan tinggi.
  • Kepalanya berbentuk seperti jalak.
  • Lehernya lebih panjang dari ayam biasa.
  • Bagian atas paruhnya memiliki diameter seperti elang.
  • Matanya bulat dan jernih.
  • Tulang alis menonjol.
  • Pada tulang kakinya berbentuk bulat.
  • Bagian tulang lehernya tersusun rapat, panjang dan besar.
  • Kaki memiliki sisik kering yang besar, jari kaki panjang, dan lutut menonjol.
  • Tulang tubuh di dada berukuran besar, tebal, dan memanjang dari dada hingga tulang belakang.
  • Badannya kokoh, kuat dan keras, terutama pada tulang yang menghubungkan badan dan ekor.

Cara Merawat Ayam Jago

Ayam jago aduan

1. Persyaratan Kandang yang Baik Untuk ayam kampung

Kandang ayam buras melindungi ternak dari hujan dan panas, angin, gangguan dari satwa liar, tempat istirahat / tidur ayam dan tempat ayam berkembang biak. Kandang harus cukup lebar dan tidak terlalu sempit agar ayam leluasa bergerak. Ukuran ideal kandang ayam kampung minimal 2 x 3 meter untuk menampung 40 ekor ayam sampai umur 3 bulan, atau 30 ekor ayam dewasa.

Persyaratan kandang untuk ayam domestik;

  1. Tempat atau letak kandang harus kering / tidak tergenang air.
  2. Lokasi kandang jauh dari rumah warga,
  3. Kasing berventilasi baik,
  4. Kandang dan sekitarnya dalam keadaan sehat dan bersih,
  5. Kandangnya menghadap ke timur sehingga mendapat cukup sinar matahari pagi.
  6. Atap kandang tidak bocor
  7. Lokasi kandang lengkapi dengan kawat / pagar bambu untuk mencegah masuknya satwa liar.

2. Bahan Kandang Untuk Ayam Peliharaan

  1. Sebuah bahan kayu / bambu untuk rangka kandang,
  2. Atapnya terbuat dari alang-alang, jerami atau ijuk.
  3. Dinding kandang terbuat dari bambu, papan atau kawat,
  4. Sangkar tikar berupa lantai semen atau tanah yang lapisi sekam padi / serbuk gergaji. Kandang ayam bisa dari bambu atau pun kayu untuk lantai panggung.

3. Peralatan Pembuatan Kandang

  1. Sebuah tempat pemberian makan dan minum ayam ini terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat misalnya bambu, plastik atau paralon.
  2. Tersedia tempat makan dan minum sesuai dengan jumlah ayam.
  3. Tempat makan dan minum di pinggir kandang,posisi sedikit lebih tinggi dari lantai untuk mencegah ayam menggaruk pakan dan mencegah makanan tercampur dengan kotoran ayam.
  4. Ada tempat bertengger di dalam kandang agar ayam tidak berdesak-desakan,
  5. Di dalam kandang tersebut terdapat kandang untuk bertelur dan mengerami,
  6. Kandang tempat ayam bertelur dan mengerami tidak terlalu cekung sehingga ayam dapat dengan mudah membalik telurnya.
  7. Kandang bertelur berbentuk kotak ukuran 35 x 35 cm dengan diameter 50 cm.
  8. Meletakkan telur kandang pada tempat yang agak gelap dan tenang dengan ketinggian kurang lebih 50 cm atas lantai kandang.
  9. Semprot dengan air tembakau atau air jeruk nipis sebelum gunakan untuk mencegah infestasi kutu ayam.

4. Jenis Pakan Pendamping Untuk Ayam Kampung (Ayam Kampung)

Memberi makan ayam lokal yang pelihara secara tradisional memang tidak rutin, melainkan hanya sesekali berupa sisa makanan atau sisa pertanian. Ayam kampung biarkan berkeliaran pada alam mencari makan sendiri, ayam hanya dikurung pada malam hari.

Pada pemeliharaan ayam semi intensif, ayam memperoleh pakan tambahan, sedangkan ayam lokal yang dirawat peternak dengan hati-hati memperoleh pakan lengkap.

Pakan tambahan yang biasanya berikan pada ayam kampung adalah hasil pertanian atau hasil pertanian olahan antara lain jagung, sagu, beras, ubi kayu, ubi jalar, kacang-kacangan, onggok, ubi kayu, dedak padi, meniran, ampas tahu, dan limbah ikan asin/Ikan segar, biji-bijian kosong, sisa sayuran atau sisa makanan.

Selain itu, ayam lokal dapat memperoleh pakan tambahan yang banyak terdapat di alam, seperti cacing, keong, keong mas, dll.

Cara Merawat Ayam Serama

Ayam Serama ini bertubuh lebih kecil dari ayam Kate. Perbedaan dengan ayam Kate bukan hanya payudaranya yang lebih bengkak. Maka tak heran jika ayam serama ini berhasil menyedot perhatian para pecinta ayam hias sejak awal kemunculannya di publik.Berikut adalah cara merawat ayam serama:

1. Pakan Ayam Serama

Untuk pakan ayam serama,biasanya yaitu Voer atau BR 1. Bisa juga campur dengan dedak ataupun bekatul. Secara umum tidak banyak perbedaan antara pakan ayam kampung dengan pakan ayam serama.

2. Mandi

Ayam perlu mandi setiap hari dalam cuaca panas agar ayam tetap sehat dan bulunya tetap berkilau. Setiap hari ayam dijemur mulai pukul 07.00 hingga 11.00 agar ayam tetap sehat dan kebutuhan vitamin D-nya terpenuhi.

Suatu ketika hewan peliharaan harus ditumpahkan atau disingkirkan dari pekarangan menggantikan umbaran agar dapat berkeliaran dengan bebas. Selalu miliki obat-obatan dan vitamin dalam bentuk Tetraclor, Vitaplex, siap untuk perawatan awal bila hewan peliharaan memiliki penyakit.

3. Kebersihan Kandang

Kandang dibersihkan secara menyeluruh, mulai dari lantai, ventilasi, sekat antar kandang, tempat makan dan minum, bahkan sampai bertengger. Khusus untuk Serama, jangan sediakan tempat untuk duduk.

Dikhawatirkan jika ada kelp ringan, ayam peliharaan Serama bisa terbang kesana kemari yang bisa menyebabkan bulu Serama rontok. Gunakan disinfektan untuk membersihkan.

Saat membersihkan ayam, jangan coba-coba berada di dalam kandang. Keluarkan dari kandang agar tidak terkena kotoran kandang selama proses pembersihan masih berlangsung. Kandang yang sehat berventilasi baik, selalu bersih dan tidak tergenang air.

Untuk kandang Serama biasanya berbentuk kotak atau bulat. Kandang yang gunakan juga berbeda karena perbedaan umur. Untuk bagian bawah Kandang Ayam Serama, gunakan wadah Ayam Serama yang aman.

Cara Merawat Ayam Pelung

ayam pelung

1. Jenis Kandang yang Digunakan

Kandang merupakan faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan. Pastikan keranjangnya cukup besar untuk menampung ayam. Hindari menyimpan sekeranjang penuh ayam karena ini akan membuat mereka kurang berkembang. Jenis kandang yang cocok adalah kandang panggung.

Kandang ini berukuran besar dan tinggi sehingga memudahkan dalam membersihkan kandang. Kotoran ayam jatuh ke lantai dan bisa segera dibersihkan. Anda juga bisa menyemprot kandang ayam untuk membersihkannya.

2. Jemur Ayam di bawah Sinar Matahari Pagi

Agar ayam pelung tetap sehat, kita perlu menjemur ayam pelung di bawah sinar matahari pagi antara pukul 07.00 hingga 09.00. Anda bisa mengeringkannya di kandang atau membebaskannya di halaman. Sinar matahari pagi mencegah ayam terkena jamur kulit karena mereka hidup di kandang yang lembap.

Sebelum menjemur, Anda bisa memandikan ayam dengan cara membasahi sedikit tubuh ayam di pagi hari. Nanti bulu ayam akan mengering karena terik matahari dan ayam akan tumbuh sehat. Saat matahari sore keluar, segera taruh ayam di tempat teduh

3. Pemberian Vitamin Rutin

Vitamin yang mendukung pembentukan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh harus tersedia untuk pertumbuhan. Vitamin dan mineral merupakan dua bahan konsumsi tambahan selain pakan yang harus terpenuhi. Fungsinya juga agar saat ayam beranjak dewasa bisa tetap sehat dan berkokok kencang.

Perawatan ayam pelung juga mudah sehingga dapat berkokok dalam waktu yang lama setelah dewasa. Cukup dengan memberi pakan tambahan seperti kerang atau cincangan belut yang halus. Bahan pakannya sudah terpercaya, sehingga suara ayam pelung lebih bersih.

Merawat ayam pelung agar cepat tumbuh memang tidak cukup mudah. Selalu perhatikan kebersihan ayam, karena tempat tinggal yang bersih membuat ayam menjadi nyaman dan sehat

4. Jangan Sampai Penghuni Kandang Berdesakan

Berhati-hatilah dengan ukuran kandang kalian ya. Usahakan untuk tidak memaksa penghuni kandang berkerumun yang akan menyulitkan ayam pelung untuk bergerak. Keterbatasan ruang untuk ayam pelung juga mempengaruhi proses pertumbuhan, serta suara yang dihasilkannya.

Biasanya banyak pemelihara ayam pelung yang banyak memasukkan ayam pelung ke dalam kandang untuk menghemat tempat dan biaya. Karena membuat kandang juga membutuhkan modal.

Sekian artikel tentang cara merawat ayam,semoga kalian bisa marawat ayam sesuai dengan isi artikel diatas.

Terimakasih…

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •