Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara pembuatan kopi, selain itu akan saya tuliskan tentang macam macam kopi yang populer serta. Bagi kalian yang tidak tau kopi, kopi adalah ekstraksi dari biji tanaman kopi.

Selain membuat tentang cara pembuatan es cappucino cincau saya juga menjelaskan tentang cara pembuatan kopi can macam macam kopi.

Cara Pembuatan kopi dan Macam Macam Kopi

cara pembuatan kopi

Siapa sih yang tidak kenall sama kopi, ya kopi merupakan minuman yang sering dan mudah kita jumpai, cara pembuatannya pun mudah. Nah kali ini saya akan menjelaskan jenis jenis kopi dan juga cara pembuatannya

Cara Pembuatan Kopi Hitam

Pengertian Kopi Hitam

Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun. Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstrak biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan yang tinggi.

Cara Pembuatan Kopi

  1. Panaskan dua cangkir air dengan api sedang.
  2. Jika air sudah hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih kemudian masukkan bubuk coklat.
  3. Siapkan saringan kopi dari kain halus, dan dua buah mug sedang.
  4. Tuang Kopi Hitam Panas tadi ke salah satu mug sedang kemudian mulailah menyaring Kopi Hitam ke mug yang lain angkat tinggi-tinggi mug ketika menyaring dan lakukan berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa.
  5. Siapkan cangkir dengan gula kemudian saring lagi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang telah disiapkan. Hias Kopi dengan grande sesuka anda. Rasa yang dihasilkan akan berbeda tergantung dengan bubuk kopi yang anda gunakan.

Manfaat Kopi

Ada banyak sekali manfaat kopi, selain kopi hitam untuk kesehatan maupun hijau untuk kecantikan. Berikut adalah efek minum kopi bagi kesehatan:

  1. Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood.
  2. Menstimuli fungsi saraf dan menambah energi.
  3. Meredakan sakit kepala.
  4. Pencegahan penyakit parkinson dan alzheimer.
  5. Mengurangi resiko diabetes tipe II.

Cara Pembuatan Kopi Espresso

Kopi espresso adalah kopi yang diseduh dengan menyemburkan air panas bertekanan tinggi ke bubuk kopi. Namanya berasal dari bahasa Italia yang berarti express atau memiliki arti cepat. Disajikan hanya dengan cangkir kecil kira-kira 30-45 ml dengan ciri khas crema pada permukaannya.

Bahan-Bahan

  • Biji kopi pilihan yang segar
  • Air mineral
  • Alat – Alat
  • Coffe grinder
  • Coffe mug
  • Portafilter
  • Manual atau semi automatic coffe machine

Cara Membuat Kopi Espresso Menggunakan Coffe Machine

  1. Jenisbiji kopi pilihan seperti toraja, aceh gayo Wamena. Untuk pembuatan nya harus disarankan pakai biji kopi yang segar, tidak dalam bentuk bubuk. Supaya rasa seduhan kopinya nikmat dan segar.
  2. Untuk mengetahui biji kopi yang segar atau tidak, lihat dari roasted date biji kopi baru akan semakin segar, dan yang paling bagus nya adlah biji kopi yang berumuran sekitar 7-11 hari stelah roasted nya.
  3. Di usahakan cari biji – bijian yang berkualitasuntuk membuat kopi yang rasa nya enak maka kita tahu ngeroasting biji kopi dgn metode seduh itu seperti apa. jika biji kopi itu diseduh dgn metode yang pas, maka akan semakin nikmat rasa nya yang keluar dari biji kopi tsb.
  4. Siapkan Air mineral untuk mengetahui hasil nya betul maksimal, yaitu dgn cara menggunakan filter air agar kita bisa mendapatkan kandungan air yang pas.
  5. Massukan biji kopi ke Grinder lau digiling sesuai dgn takaran dan kehalusan. jumlah biji yang akan digunakan untuk segelas espresso antara 7-13 grm.
  6. Siapkan portafilter sebelum nya kita harus ingat bahwa portafilter harus dalam keadaan hangat dan steril.
  7. Taruh biji kopi ke portafilter.lalu lakukan tamping untuk meratakan kopi di portafilter agar memastikan bubuk kopi padat dan rata. inilah hasil stlah tamping.
  8. Bilas Bagian yang mengeluarkan cairan espresso tsb
  9. Pastikan suhu air dalam keadaan yang di inginkan. suhu air yang digunkan berkisar 90-97c. untuk air yang digunkan segelas berkisar 25-36gram.
  10. Pastikan coffemug dipanaskan terlebi dahulu, lakukan ekstraksi selama yang kita mau, tidak harus sesuai 20-40dtk. kalau waktu nya terlalu cepat maka rasa nya asam dan tidak enak. karena itu untuk tingkat kehalusan dari kopi dibuat lebih halus sesuai dgn selera masing – masing.
  11. Espresso yang akan keluar terdiri dari crema di lapisan atas dan kopi cair dibawahnya

cara pembuatan kopie

Perbedaan Kopi Mocca dan Kopi Cappucino

Kopi Mocca

Mocca adalah salah satu variasi kopi yang tertua didunia. Kopi ini adalah salah satu type kopi pertama yang dipasarkan serta dinikmati orang eropa. Mereka memakai resep basic yaitu coklat serta kopi, beragam type minuman moka sudah Nampak dalam satu tahunlebih paling akhir.

Pendapat banyak orang kopi mocca juga sebagai kopi coklat atau kopi serta coklat. Didalam kopi terdapat campuran coklat yang berbeda – beda.ada juga kopi yang menggunakan campuran kopi sirup dan membakai juga coklat bubuk.

Biasanya memakai coklat hitam atau coklat putih hanya saja berbeda penggunaanya maka hasil juga berbeda. Terkadang minuman moka atasanya disemproti menggunakan whipped krim.

Mocca merupakan  sebuah minuman yang terbuat dari campuran espresso (kopi hitam), susu, dan cokelat. Biasanya di bagian atasnya disemprot dengan whipped cream. Coklat yang biasa digunakan adalah berbentuk serbuk ataupun cair. Penambahan coklat pada minuman ini menjadikan mocha berasa kuat sensai rasa cokelatnya.

Cara membuat mocca adalah ¼ espresso, ¼ coklat, ¼ susu, dan ¼ whipped cream. Jika Anda tida suka coklat maka setelah Anda membaca artikel ini sebaiknya saat memesan minuman di café jangan memesan mocca.

Kopi Cappucino

Kopi ini hamper sama dengan kopi latte. Cappuccino yaitu umumnya yaitu dibuat dalam sepertiga pembagian. Itu mengandung makna cappuccino yang pas atau bisa disebut dengan resep standar coppucino  yaitu sepertiga espresso, sepertiga susu yang dikukus, serta sepertiga busa susu.

Minuman ini mempunyai susunan tidak tips busa diatasnya. Coppucino mempunyai rasa kuat dibandingkan dengan latte namun dengan atribut rasa seimbang.

Saat ini coppucino kering jadi minuman yang disajikan mempunyai semakin banyak busa dibandingkan dengan susu. Di segi lain coppucino basah bakal terbagi dalam semakin banyak susu.

Italia cappuccino diminum hampir selalu hanya pagi-pagi untuk makan pagi.Beberapa negara lain cappuccino diminum sepanjang hari atau setelah makan malam.

Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino ialah tekstur dan temperatur susunya. seorang barista yang terlatih baik saat memanaskan susu untuk cappuccinonya, ia harus menciptakan “microfoam” dengan memasukkan busa-busa udara yang sangat halus ke dalam susu. Hal ini membuat susu itu sangat halus dan terasa manis.

Idealnya cappuccino dibuat di sebuah cangkir kopi keramik yang mempunyai daya simpan panas yang jauh lebih baik daripada gelas atau kertas.

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Warkop

Sebelum kalian mencoba menjalankan usaha yang satu ini, Alangkah baiknya kalia mencermati terlebih dahulu analisa modal dan potensi keuntungan warkop yang ada di bawah ini sebagai gambaran berapa sekiranya biaya awal yang dibutuhkan dan juga proyeksi keuntungan yang bisa diperoleh ke depannya.

  • Modal Awal Usaha Bisnis Warung kopi
  • Investasi Peralatan yang dibutuhkan
  • Mesin kopi Rp8.500.000,00 (delapan juta limaratus ribu rupiah)
  • Cup sealer Rp800.000,00 (delapan ratus ribu rupiah)
  • Peralatan dapur Rp700.000,00 (tujuratus ribu rupiah)
  • Bahan baku kopi Rp2.500.000,00 (duajuta limaratus ribu rupiah)
  • Total Modal Awal Rp12.500.000,00 (duabelas juta limaratus ribu rupiah)

Estimasi Penjualan : Dengan perkiraan penjualan per hari mendapatkan pelanggan 90 cup dengan harga per kopi Rp3.500,00, maka dapat dihitung perkiraan pendapatan setiap bulannya dengan formula berikut ini.

Pendapatan per bulan = Pendapatan per hari x 30 hari kerja
= (90 x Rp3.500,00) x 30
= Rp315.000,00 x 30
= Rp9.450.000,00 (sembilan juta empat ratus limapuluh ribu rupiah)

Biaya Tetap per Bulan :

Dalam melakukan perhitungan analisa modal dan potensi keuntungan warung kopi, estimasi biaya tetap per bulan juga menjadi hal yang sangat penting untuk meminimalisisasi kerugian yang ditimbulkan di kemudian hari.

  • Sewa tempat usaha 1 Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah)
  • Gaji karyawan 2 Rp550.000,00 (llimaratus limapuluh ribu rupiah)
  • Listrik 1 Rp250.000,00 (duaratus limapuluh ribu rupiah)
  • Air 1 Rp200.000,00 (duaratus ribu rupiah)
  • Depresiasi mesin 1 Rp30.000,00 (tigapuluh ribu rupiah)
  • Depresiasi peralatan dan tempat 1 Rp120.000,00 (seratus duapuluh ribu rupiah)
  • Total Biaya Tetap Rp2.700.000,00 (duajuta tujuratus ribu rupiah)

Biaya Variabel per Bulan :

Selain biaya-biaya pokok yang berada di atas tadi, Anda juga perlu menghitung biaya variabel yang perlu dikeluarkan untuk menunjang usaha warung kopi ini. Berikut adalah rinciannya.

  • Teh Rp350.000,00 (tigaratus limapuluh ribu rupiah)
  • Gula Rp650.000,00 enam ratus limapuluh ribu rupiah)
  • Air bersihRp200.000,00 duaratus ribu rupiah)
  • Cup dan plastikRp1.000.000,00 (satujuta rupiah)
  • Total Biaya Variabel Rp2.200.000,00 (duajuta duaratus ribu rupiah)
  • Potensi Keuntungan Dari Bisnis Warung Kopi

Rumus untuk menghitung keuntungan dari usaha warung kopi adalah ( Pendapatan per bulan dikurangi Biaya per bulan).

= Rp9.450.000,00 – (Rp2.700.000,00 + Rp2.200.000,00)
= Rp9.450.000,00 – Rp4.900.000,00
= Rp4.550.000,00 (empat juta limaratus limapuluh ribu rupiah)

Dengan keuntungan yang bisa diperoleh per bulan cukup menggiurkan bukan?, tak akan butuh waktu lama untuk mengembalikan modal awal Anda untuk memulai usaha warung kopi ini.

Perlu diingat bahwa perhitungan di atas hanyalah sebagai gambaran tentang usaha warung kopi ini. Hasil yang diperoleh bisa lebih besar atau bahkan lebih kecil, tergantung situasi dan kondisi lingkungan usaha tersebut.

Tips Menjalankan Bisnis Usaha Warung Kopi

Melihat hasil analisa modal dan potensi keuntungan dari warung kopi di atas, tentunya akan membuat Anda semakin tertarik untuk mulai menggeluti usaha yang satu ini.

Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisnis bisa terus bertahan dan berkembang sehingga keuntungan yang akan dihasilkan pun akan semakin bertambah. Berikut adalah ulasannya.

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Warkop pada prinsipnya bukan hanya masalah cita rasa kopi, melainkan juga suasana di sekitarnya. Untuk itu, pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang, mengingat mayoritas pengunjung warung kopi berasal dari pekerja yang memiliki mobilitas tinggi, yang sangat membutuhkan tempat untuk sekadar beristirahat dan melepaskan rasa penat.

2. Pemasaran yang Baik

Tidak akan banyak yang mampir ke warung kopi Anda jika tidak banyak yang mengenalnya. Karenanya, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mengenalkan usaha Anda ini kepada masyarakat luas.

Anda bisa memanfaatkan iklan di koran lokal, spanduk, brosur, atau di era teknologi seperti saat ini, memanfaatkan media sosial menjadi pilihan yang murah, mudah, dan menjanjikan.

3. Display Ruangan yang Menarik

Aturlah sedemikian rupa dekorasi warung kopi Anda agar menimbulkan suasana nyaman dan menyenangkan bagi siapapun yang masuk ke dalamnya dan juga anda bisa mendekorasi seunik mungkin agar banyak pelanggan yang tertarik untuk singgah dan menikmati kopi anda.

Penempatan furniture-furniturenya pun perlu dilakukan sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik pembeli yang datang.

4. Kualitas Produk

Dalam bisnis makanan atau minuman, kualitas produk adalah nomor satu. Hanya bermodal lokasi strategis, pemasaran apik, dan ruangan yang menarik tak akan menjamin usaha warkop bertahan lama tanpa didukung produk dengan cita rasa berkualitas untuk kenyamanan pelanggan.

Sediakanlah waktu untuk mempelajari racikan kopi berkualitas tinggi yang membuatnya semakin berkelas serta nikmat.

5. Beri Fasilitas Tambahan

Setelah membahas analisa modal dan potensi keuntungan warung kopi, ada baiknya Anda mengalokasikan sedikit biaya untuk memberi fasilitas tambahan pada warung kopi Anda ini. Fasilitas yang paling populer dan kerap menarik banyak pengunjung adalah Wifi.

Dengan kebutuhan masyarakat akan internet yang semakin meningkat ini, Wifi tentunya akan menjadi jurus jitu untuk menarik orang agar berkunjung ke warung kopi Anda.

Hal Hal Yang Harus Kamu Sediakan Di Warkop

Kopi Hitam

Anda tentu tidak asing dengan jenis kopi yang satu ini, Kopi ini mudah sekali untuk membuatnya, anda tidak memerlukan mesin kopi. anda hanya perlu menyediakan bubuk kopi, gula, dan juga gelas untuk pembuatannya.

Selain itu, banyak para bapak bapak yang lebih menyukai kopi ini daripada kopi yang lainnya. Oleh karena itu, menyediakan kopi ini di warung kopi anda akan sangat direkomendasikan. Jika anda belum tau cara membuat kopi hitam saya akan tuliskan caranya:

Bahan-Bahan

  • Kopi hitam secukupnya
  • Gula pasir sesuai selera masing masing orang (banyak yang menyukai kopi hitam tanpa gula)

Langkah-Langkah

  1. Panaskan air sampai mendidih
  2. Sediakan gelas
  3. Isi sesuai resep masing masing, misalnya satu sendok kopi dua sendok gula
  4. masukkan air panas tadi
  5. aduk sampai merata

Kopi Sachet

Sediakan kopi sachet di warkop anda karena selain bahannya yang mudah didapat, kopi sachet cara pembuatannya juga sangat mudah. Selain itu banyak yang biasa memesannya. Siapkan banyak kopi sachet yang bermacam macam merk dan bermacammacam rasa.

cara pembuatan kopi

Jenis rasa susu kental manis boleh apa saja, sesuai selera dan kreatifitas Anda.

Kopi mocca juga nikmat apabila disajikan dalam kondisi dingin. Caranya, setelah serbuk kopi dan buah cokelat bubuk di rebus dengan air, biarkan hingga suhunya menjadi mormal. Tambahkan gula pasir dan susu kental manis, aduk hingga larut dan tambahkan es batu. Es kopi mocca siap disajikan.

Nah dengan jenis jenis kopi dan resepnya diatas tentu kamu sudah mengertikan bahwa ada banyak jenis kopi di dunia ini, mulai dari yang sederhana, murah, sampai yang mewah dan yang mahal.

Dengan resep resep kopi dan juga jenis jenis kopi yang sudah saya tuliskan tadi, semoga dapat membantu kalian untuk membuat kopi kopi tersebut dirumah secara benar. saya berharap artikel yang saya tuliskan ini dapat membantu kalian.

Mungkin hanya sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini, apabila ada kesalahan dalam penulisan ataupun yang lainnya saya mohon utuk dimaafkan. sekian dari saya terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini.