Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan informasi menegenai Ternak Bebek Pedaging Untuk Pemula Agar Cepat Berkembang. Cara ternak bebek pedaging memang cukup mudah. Hanya saja anda harus tekun dan sabar dalam menjalankan bisnis ternak bebek pedaging ini.

Bisnis ternak bebek pedaging adalah salahsatu bisnis yang menjanjikan. Terlebih jika anda melakukannya dengan sungguh sungguh tentu saja akan mendapatkan untung yang maksimal. Saat ini peminat dari bebek tersebut juga cukup banyak peminatnya jadi tidak perlu susah susah untuk memasrkannya.

Harga dari bebek pedaging saat ini bisa di katakan cukup tinggi karena permintaan pasar yang juga tinggi. Sebagian masyarakat saat ini masih banyak yang menyuplai bebek pedaging dari bebek betina yang sudah afkir. Jarang sekali masyarakat yang menyuplai bebek khusus pedaging.

Sudah dapat di pastikan bahwa bebek afkir tekstur dagingnya alot dan juga keras. Jenis bebek pedaging yang sangat di minati pada saat ini adalah jenis bebek hibrida dan peking. Dalam perawatanya kedua jenis bebek ini relatif sama.

Pada saat ini bebek yang sering di konsumsi ada dua jenis yaitu bebek petelur dan bebek hibrida. Kedua jenis bebek ini tekstur daging yang empuk dan gurih. Ketahui juga, bebek yang masih muda mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi. Selain itu pertumbuhan nya juga relatif cukup cepat di bandingkan dengan bebek yang lainya. Untukn mendapatkan bebek dengan berat kurang lebih 1.5 kg hanya dalam kurun waktu 40 hari saja.

Degan ternak bebek pedaging ini anda dapat mendapatkan untung yang bisa di katakan cukup banyak hanya dalam waktu yang relatif singkat. Ternak bebek pedaging cukup menguntungkan bagi para peternak nya, karena apa saja yang di hasilkan dari bebek tersebut bisa bermanfaat bahkan kotorannya pun bisa di jadikan uang.

Sebelum memulai ternak bebek pedaging anda harus memikirkan nya dengan matang. Karena perawatan ternak bebek pedaging juga harus tepat untuk mendapatkan bebek yang maksimal siap jual.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Memulai Ternak Bebek Pedaging

Menentukan Lokasi

Sebaiknya anda mencari lokasi yang jauh dari keramaian atau pemungkiman warga agar tidak berisik atau gaduh. carilah tempat yang sejuk tidak lembab agar tidak menghambat pertumbuhan bebek itu sendiri.

Mencari yang dekat dengan perairan seperti sungai atau dekat sumur untuk meminimalisir penggunaan air dan juga lebih mudah. Jangan mencari tempat yang sering terkena sinar matahari.

Walaupun jauh dari pemungkiman warga anda juga harus menyiapkan jalur transportasi yang baik agar pengepul anda tidak kesulitan jika ingin mengambil bebek. Tak lupa juga anda harus mencari di tempat yang bebas dari penggusuran lahan agar kandang anda tetap aman.

Persiapan Kandang Dan Stanisasi

Sebelum berternak hendaknya anda harus meyiapkan kandang terlebih dahulu. Kandang bebek pedaging merupakan faktor yang utama untuk kelangsungan dan keberhasilan usaha ternak bebek anda, karena kalau kandang tidak di perhatikan dengan baik bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan bebek.

Kandang yang nyaman bersih sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bebek karena kandang adalah tempat hidup dan beristirahatnya bebek.

Kandang yang kuat adalah kandang yang bercagak kayu dan dinding dindingnya menggunakan bambu serta atapnya bisa menggunakan genting atau asbes. Perhatikan juga arah untuk medirikan kandang. Sebaiknya anda mendirikan kandang membujur timur – barat agar mencegah kandang menjadi panas akibat sinar matahari yang masuk.

Bebek memerlukan ruang gerak yang cukup luas, sehingga anda harus mempersiapkan kandang yang luas juga. Minimal 1 meter persegi di huni oleh dua ekor bebek saja. Jika anda berternak 100 bebek pedaging maka kandang nya berukuran paling tidak 50 meter persegi dengan tinggi minimal 2 meter.  Agar sirkulasi udara dalam kandang cukup stabil dan untuk memudahkan untuk memberikan pakan maupun membersihkan kandang.

Sisi tembok pada kandang jangan tertutup rapat, artinya sisi terbuat dari bambu agar ada sela sela pada dinding untuk mencegah bebek mengalami kepanasan saat siang hari. Untuk usia bebek yang masih meninjak 1-3 minggu atau belum tahan dinggin kandang bisa di tutup dengan plastik atau karung dan juga bisa mendambahkan penerangan di dalam kandang

Sanitasi sangat berperan penting dalam ternak bebek pedaging dalm mencegah penyakit pada bebek. Sanitasi berhubungan dengan kebersihan kadang, pakan, peralatan, dan juga perawatanya. Kondisi kandang harus sejuk dan jangan sampai lembab, kotoran harus sering di bersihkan jangan sampai meumpuk sehingga bisa menimbulkan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit.

Kandang bebek pedaging sistem kering juga bisa anda coba untuk meminimalisir bau yang di tumbulkan maupun pakan bebek yang cukup mudah.

Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Kandang Lembab

  1. Memberikan alas jerami atau sekam bisa mencegah kandang menjadi lembab karena sekam atau jerami bisa menyerap air pada lantai kandang.
  2. Mengatur dan mendesain kandang sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk namun tidak sepenuhnya untuk menjaga kandang agar tidak terlalu panas.
  3. Kandang setidaknya harus berukuran agak besar agar pergerakan bebek bisa bebas bisa juga mencegah kelembaban kandang.

Memilih bibit DOD Yang Baik

Untuk memulai bisnis ternak bebek pedaging hal yang utama adalah memilih bibit DOD yang baik agar pertumbuhan bebek bisa berjalan dengan sempurna dan tidak terlalu banyak masalah

Di bawah ini cara memilih bibit DOD yang baik untuk ternak bebek pedaging :

  • Bobot minimal 40 gram
  • Kaki utuh dan tidak pincang
  • Dapat bergerak dengan lincah
  • Memiliki bulu kering, bagus, dan bersih
  • Tubuh tegak dan tidak lemes
  • Nafsu makan baik
  • Kedua mata jernuh dan tidak buta
  • Memilih DOD yang berjenis kelamin jantan, karena laju perumbuhan bebek pedaging relatif lebih cepat bebek yang berjenis kelamin jantan.

Cara membedakan bebel yang berjenis kelamin jantan dan betina adalah dengan cara melihat paruh DOD jantan lebih mengkilap di banding paruh DOD betina,ukuran lebih besar dan suaranya lebih serak. DOD jantan memiliki leher yang lebih pendek dibandikan dengan DOD betina, dan ekor yang lebih tinggi di bandingkan dengan DOD betina.

Pemeliharaan

Ketika anda menekuni bisnis ternak bebek petelur anda harus bisa memelihara bebek tersebut dengan intensif. Dengan cara memberikan pakan dan minuman yang teratur setiap hari dan rajin membersihkan kadang secara terus menerus hingga bisnis anda berjalan dengan sukses dan tetap terus memperhatikan teknik pemeliharaan secara ilmiah.

Jenis Bebek Yang Cocok Untuk Ternak Pedaging

Bebek Pedaging Lokal Jantan

Bebek pedaging lokal jantan

Salah satu bebek pedaging yang unggul adalah bebek jantan lokal. Bebek lokal sendiri mempunyai jenis yang cukup banyak di antaranya bebek megelang, bebek karawang, bebek mojosari, bebek alibio dan masin banyal lagi jenis jenis bebek lokal yang ada di Indonesia. Dengan mengetahui jenis bebek lokal Indonesia anda dapat mengetahui asal dari bebek tersebut dan anda bisa meyesuiakan jenis bebek lokal apa yang akan ada ternakan.

Saat ini peluang ternak bebek pedaging masih sangatlah luas. hal tersebut di pengaruhi oleh permintaan bebek yang cukup tinggi sedangkan peternak dan jumlah bebek pedaging relatif masih sangat sedikit.

Bebek lokal yang sudah layak di jual atau memenuhi kereteria berat yang cukup di butuhkan waktu selama kurang lebih 50 hari itu saja jika pemeliharan secara intensif

Bebek Peking

bebek peking

Bebek peking adalah jenis bebek yang berasal dari cina dan berkembang di daerah negara amerika dan inggris. Bebek ini mempunyai keistimewaan karena bisa di jadikan bebek petelur dan juga bebek pedaging. Untuk bebek yang digunakan untuk pedaging biasanya adalah bebek jantan yang sudah tidak produkif dan sedangkan untuk bebek petelur adalah bebek betina produktif.

Bebek peking belakangan ini menjadi tenar karena sudah banyak ditemukan di restoran restoran yang ada di indonesia karena dagingnya yang banyak dan rasanya yang gurih. Untuk harganya bisa di katakan di atas rata rata harga bebek lokal karena bebek peking ini mempubnyai kelebihan yang bisa di bilang cukup unggul dari jenis jenis bebek lainya. Untuk di jadikan bisnis ternak bebek pedaging bebek ini sangat cocok.

Alasan Bebek ini cocok untuk bisnis ternak bebek pedaging adalah :

  • Pertumbuhan bebek ini relatif sangat cepat dan mudah untuk di ternakkan
  • Dalam kurun waktu 2 bulan saja bebek ini bisa mencapa berat 3-3.5 kg
  • Dagingnya empuk dan tidak alot memudahkan memasarkan bebek anda kepada pengepul karna banyak di cari untuk di jadikan menu menu pada restoran ternama yang ada di  Indonesia.

Bebek ini mempunyai cirikhas pada lehernya terdapat bulu berwarna putih terlihat seperti kalung.

Bebek Hibrida

bebek hibrida

Bebek hibrida adalah bebek yang di kenal dengan bebek hasil persilangan antara bebek peking dan bebek lokal. Bebek peking di kenal sebagai bebek yang memiliki postur rubuh yang pendek namun berisi. Terlihat lebih gemukdi bandingkan dengan bebek lokal. Salah satu cirikhas dari bebek ini adalah memiliki paruh hitam dan memilili ukuran kepala yang lebih besar di bandingkan dengan bebek lokal. Bebek lokal juga memiliki cirikhas memproduksi telur yang bisa di katakan rendah.

Hasil persilangan kedua bebek ini mengasilkan bebek yang cukup unggul sebagai contohnya bebek hibrida tahan dengan berbagai perubahan cuaca, pertumbuhan cepat hanya 40 – 50 hari saja, memiliki daging yang banyak, empuk,  dan tidak berbau amis.

Bebek ini sagat cocok untuk anda yang ingin menjalankan bisnis ternak bebek pedaging. Karena pemasaran bebek ini sangatlah mudah karena permintaan konsumen yang terus menigkat menjadikan jenis bebek ini sagat lah laku dalam penjualan.

Sementara banyak nya permintaan bebek yang terus meningkat, Jumlah peternak bebek masih sangatlah sedikit di bandingkan dengan peternak ayam yang sudah sangat banyak. Di samping sedikitnya peternak bebek permintaan konsumen yang banyak menjadi sebuah masalah jika tidak bisa mengasilkan bebek yang berkualitas dengan waktu yang cepat

Dengan demikian anda sebagai pebisnis mulaikan ternak bebek pedaging menggunakan jenis bebek hibrida atau persilangan bebek lokal dengan bebek peking ini. Selama anda bisa mngelola dan tertib menjalankan bisnis ternak anda, anda akan merauk untung yang sangat banyak dari bisnis ternak bebek pedaging jenis hibrida ini.

 

Tahapan Untuk Memulai Ternak Bebek Pedaging

  1. Pertama sebelum memulai ternak bebek pedaging anda harus menyiapkan perlengkapan ternak (kandang, pakan, tempat pakan, tempat minum, pemanas, dan lain lain)
  2. Mencari penyedia DOD (bebek yang berumur satu hari setelah frase penetasan atau di kenal sebagai bibit unggul) yang terpercaya
  3. Memperbanyak pengetahuan tentang cara berternak bebek pedaging bisa bersumber dari internet, buku, majalah, atau yang lainya. Bisa juga konsultasi dengan ahlinya atau yang sudah menjalanan usaha ternak bebek pedaging tersebut.
  4. Menganalisa ternak bebek pedaging untuk mengetahui berapa banyak modal yang kita butuhkan dalam menjalankan bisnis ini.
  5. Mencari pengepul bebek pedaging untuk menyalurkan hasil produksi bebek anda.

Tahapan Jika Anda Sudah Merasa Siap Ternak Bebek Pedaging

  1. Menyiapkan kandang dan membersihkannya serta menyemprot kandang dengan  desinfektan
  2. Segera memesan DOD karena biasanya DOD jumlahnya terbatas

Persiapan Sebelum DOD Datang

  1. Menyiapkan pakan
  2. Membeli vitamin untuk bebek berupa vitachik, vitastress, sorbitol dan lain sebagainya.
  3. Membeli obat untuk mengantisipasi jika gejala penyakit datang secara tiba tiba.
  4. Memeriksa kesiapan kandang box untuk DOD meliputi pemanas
  5. Menyiapkan gula merah untuk minuman DOD

Tahap Ketika DOD Sudah Sampai

  1. Memasukan nya kedalam kandang di beri minum larutan gula merah
  2. Menyeleksi bibit DOD jika ada yang cacat atau sakit
  3. Mengganti air gula dengan air biasa satu jam setelah DOD di beri minum air gula
  4. Menambahkan vitamin ke dalam air minum untuk menambah nafsu makan DOD
  5. Memberi makan DOD sedikit demi sidikit tapi harus teratur satu jam setelah di beri air minum.

Ketika Bebek Berusia 1-2 Minggu

  1. Memberikan pakan starter dengan diberikan sedikit air agar bebek mudak menelanya. Dilakukan 3 kali sehari
  2. Selalu sediakan air minum dalam wadah
  3. Jangan malas malasan membersihkan kandang
  4. Mengurangi atau bisa melepaskan pemanas jika bebek sudah berusia 2 minggu dan sudah kuat melindungi dirinya dari hawa dingin. Jika bebek belum kuat jangan lepas pemanas terlebih dahulu hingga bebek berusia 3 minggu namun turunkan suhunya
  5. Membelikan pakan grower atau pakan alternatif

Ketika Bebek Berusia 2-3 Minggu

  1. Memberikan pakan grower yang di campur dengan pakan alternatif dengan frekuensi kurang lebih 3x sehari dan di campur dengan sedikit air.
  2. Selalu sediakan air minum yang cukup
  3. Harus rajin untuk membersihkan kandang setiap harinya
  4. Berikan obat anti stres ketika sudah berumur 3 minggu

Ketika Bebek Berumur 3 – 4 Minggu

  1. Bebek di pindahkan ke kandang yang berukuran besar, bisa ke kandang postal atau yang lainya
  2. Lepaskan pemanas jika ketika berumur 2 minggu belum di lepas
  3. Untuk perawatan sama dengan ketika bebek 2-3 hari
  4. Jika bebek masih terlihat stres, tambahkan obat anti stres kepada bebek
  5. Tambahkan sekam atau jerami pada kandang untuk alas tidur bebek dan agar kandang tidak terlalu lembab

Ketika Bebek Berumur 4-5 Minggu

  1. Menyeleksi bebek yang sekiraya sudah siap untuk di panen
  2. Mengundang pengepul atau bisa cari cari pedagang lagi untuk membandingkan harga yang lebih tinggi untuk medapatkan keuntungan
  3. Pemeliharaaan sama dengan sebelumnya

Ketika Bebek Berusia 5 Minggu Hingga Masa Panen

  1. Menjual bebek yang siap untuk di potong
  2. Mengosongkan dan mensterilkan kandang kembali

Sekian artikel tentang cara ternak bebek pedaging yang dapat saya sampaikan semoga bisnis ternak bebek pedaging anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses tergantung kemauan dan niat usaha dalam diri anda. Untuk info menarik lainya anda bisa baca  Cara Membuat Sari Kacang Hijau, Manfaat Dan Peluang Usahanya Ingat kesuksesan dapat di capai oleh siapa saja dan kapan saja. Sekian dan terimakasih