Ini Manfaat Gula Semut Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Gula Semut

Gula bisa menjadi penyakit jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Namun gula mempunyai manfaat seperti gula semut. Mari simak manfaat gula semut!

 Manfaat Gula Semut Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

 

Manfaat Gula Semut – Semua orang pasti ingin sehat bukan? Pasti jawabannya mengatakan iya. Begitu pun saya. Nah.. banyak cara orang yang berusaha menjaga kesehatannya, salah satunya adalah menjaga pola asupan makanan ke dalam tubuh. Dan yang menjadi perhatian utama dalam dunia kesehatan sekarang adalah bagaimana menjaga pola asupan kadar gula ke dalam tubuh.

Menyoal kandungan gula dalam tubuh, erat kaitannya dengan pola konsumsi dan kebiasaan masyarakat sekarang.  Kelebihan gula dalam tubuh membuat kerja pankreas sangat berat dan menjadi rusak, maka muncullah penyakit diabetes yang menjadi salah satu penyakit sangat populer di era modern sekarang ini.

Pembatasan asupan gula tak sehat ke dalam tubuh dan memberikan asupan gula yang sehat yang mudah terurai dalam tubuh, akan membantu baiknya kesehatan kita.

Baca Juga : 7 Manfaat Kerupuk Ikan Yang Baik Untuk Kesehatan

Gula Semut

Gula Semut, keberadaannya baru populer akhir-akhir ini,  lain dengan gula putih yang begitu terkenal sejak lama di masyarakat.

Maka dari itu banyak masyarakat yang belum tahu dan masih bertanya – tanya tentang gula semut itu sendiri. Walaupun gula semut belum seterkenal dengan gula putih, tapi gula semut mempunyai kelebihan tersendiri dibanding gula putih, yaitu manfaat yang lebih dari gula semut itu sendiri.

Manfaat gula semut sangat banyak seiring naiknya tingkat kesadaran kita terhadap kesehatan, gula semut akan menanjak popularitasnya. Apalagi jika arah pasarnya dipertajam, pemanis yang berasal dari nira tanaman aren dan kelapa  ini bukan tak mungkin akan digunakan orang sebagai pemanis sehat secara masal.

Gula Semut sangat cocok untuk penambah cita rasa manis baik itu makanan, minuman, atau jamu herbal. Gula semut juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena gula semut sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Penasaran dengan manfaat gula semut? Ingin tahu manfaat yang terkandung dalam gula semut bagi kesehatan? berikut ini adalah manfaat gula semut bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

Sejauh mana Gula Semut itu sehat dan menyehatkan, baiklah kita akan bedah kandungan Gula semut tersebut secara kandungan dan komposisinya.

Manfaat Gula Semut

Manfaat Gula Semut

Manfaat Gula Semut Untuk Pengobatan

1. Mencegah Diabetes

Khasiat gula semut aren bisa mencegah diabetes. Meskipun penyakit degeneratif ini akan mudah menjangkiti mereka yang dalam keluarganya ada riwayat diabetes, namun masih bisa dicegah. Salah satunya dengan konsumsi gula bubuk aren ini.

2. Mengobati Diabetes

Banyak orang mencari cara bagaimana sembuh dari diabetes. Ada banyak produk gula yang mengklaim aman bagi penderita diabetes, bahkan juga isa menyembuhkan bila dikonsumsi. Salah satu produk gulanya adalah gula semut. Khasiat gula aren bubuk ini begitu baik untuk pengobatan diabetes jangka panjang.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain gula darah yang mampu perlahan turun, manfaat gula semut juga efektif yaitu untuk menurunkan kolesterol. Mereka yang punya tingkat LDL tinggi akan terbantu dalam upaya menurunkannya. Sehingga nantinya penyakit kolesterol ini tidak menimbulkan penyakit lainnya yang lebih parah, seperti stroke bahkan kematian.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi dan kesulitan menurunkannya. Sudahkah mencoba khasiat gula semut? Jika belum, silahkan rasakan sendiri, betapa gula ini memiliki efek samping yang bagus untuk sembuhkan hipertensi.

5. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja, tidak memandang usia. Untuk cara alternatif proses penyembuhannya cobalah dengan mengonsumsi gula semut. Sebab gula aren bubuk ini memang langsung bekerja mempengaruhi jantung dengan memperbaiki kualitas pembuluh arteri.

6. Mencegah obesitas

7. Mengatasi anemia

8. Mencegah stroke

9. Melancarkan peredaran darah

10. Menyembuhkan sifus

11. Menambah stamina

12. Stabilkan tekanan darah

13. Menambah nafsu makan

14. Memperbaiki suasana hati yang buruk

15. Menurunkan lemak darah

16. Mencegah aterosklerosis

17. Mencegah kanker

18. Menurunkan berat badan

19. Menyehatkan mata

20. Menangkal radikal bebas

Manfaat Gula Semut untuk Kecantikan

1. Memutihkan Kulit Badan

Badan yang putih jadi dambaan banyak orang, terutama wanita Indonesia. Untuk mendapatkan kulit badan yang putih bersih mestilah melakukan upaya yang cerdas, seperti dengan mengganti gula pasir dengan gula semut yang lebih ramah terhadap kulit ini.

2. Meratakan Warna Kulit

Khasiat gula semut untuk perawatan tubuh yaitu mampu meratakan warna kulit. Jika kulit tadinya kusam dan belang-belang, maka sel yang jelek akan terangkat sehingga nantinya warna jadi rata.

3. Melembabkan Kulit

Bagaimana caranya melembabkan kulit wajah atau tubuh? dengan menjadikan masker dan lulur badan. Tinggal ditambah air jadi pasta, kemudian dioleskan ke area yang diinginkan.

4. Membuka Aura

Rutin meminum gula semut bisa membuka aura. Pancaran energi aura menjadi lebih positif dan kuat. Aura yang terbuka dan terpancar kuat ini juga akan membuat seseorang lebih mudah disenangi lawan jenis.

5. Membantu Program Diet

Untuk yang sedang sibuk melakukan diet serta bingung bagaimana caranya menghindari gula, padahal sebenarnya sangat suka makan dan minum manis. Coba saja produk gula semut, sebab gula merah bubuk ini aman dipakai untuk program diet. Tidak menimbulkan kenaikan berat badan dan penumpukkan lemak.

6. Mencegah jerawat

7. Mengatasi flek hitam

8. Memudarkan bekas jerawat

9. Menghilangkan komedo

10. Membuat bola mata jernih

11. Mengatasi bau badan

12. Membantu turunkan berat badan

13. Mencapai berat badan ideal

14. Memperbaiki mood

15. Melancarkan siklus haid

16. Membuat badan segar dan fit

17. Membuka inner beauty

18. Menguatkan pancaran aura

19. Melatih kekuatan otot

20. Mengatasi wajah yang pucat

Kandungan Gula Semut

1. Mengandung Thiamin (Vitamin B1)

  • Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi,
  • Memperkuat sistem syaraf dan otot,
  • Membantu tubuh membuat dan memakai protein.

2. Riboflavin (Vitamin B2)

  • Membantu membentuk sel darah merah
  • Menghasilkan antibodi
  • Menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia
  • Bersama vitamin A memperbaiki selaput mukosa pada saluran pencernaan
  • Menghambat kerusakan sel pada saat proses produksi energi
  • Memperbaiki sistim kerja jaringan dan saluran pencernaan tubuh

3. Nicotinic Acid (Vitamin B3)

  • Mencegah dan menghaluskan bekas jerawat,
  • Mencegah sembelit dan wasir.

4. Pyridoksin (vitamin B6)

  • Metabolisme Protein dan Karbohidrat,
  • Membantu dalam produksi sel-sel darah merah,
  • Membantu sistem imunitas tubuh.

5. Ascorbic Acid

  • Memiliki fungsi Antibiotik
  • Mencegah Rematik, Flu dan Ashma
  • Mencegah Kanker
  • Menciptakan sistem imunitas
  • Memperkokoh tulang dan sendi
  • Bersifat antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

6. Kalsium

  • Melancarkan peredaran darah
  • Menormalkan Tekanan Darah
  • Menyeimbangkan tingkat keasaman darah
  • Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)
  • Mencegah Penyakit Jantung dan menurunkan resiko Kanker Usus
  • Memulihkan gairah Sex yang menurun/ melemah

7. Niacin

  • Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme Glukosa, Lemak dan Alkohol
  • Membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol LDL
  • Meningkatkan fungsi kerja otak

Perbedaan Gula Merah, Gula Aren

1. Gula Merah

Jadi kalau gula yang satu ini sebenarnya memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda. Gula ini memiliki tekstur yang mirip dengan gula pasir, namun lebih halus dengan warna kecoklatan. Selain disebut gula merah, ada juga yang menyebutnya gula semut.
Gula ini dibuat dari nira atau nira tanaman aren. Aromanya yang sangat khas dan harum sehingga sering digunakan dalam campuran makanan manis seperti kue tradisional atau kue modern.

2. Gula Aren

Banyak orang yang sering tertipu dengan gula aren dan menganggapnya sebagai gula aren. Gula aren dibuat dari nira pohon aren yang diolah secara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa. Namun ada juga yang berbentuk silinder seperti gula aren. Untuk membedakan antara dengan gula merah sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu melihat dari segi warnanya saja, karena gula aren mempunyai warna yang lebih cerah dan kekuningan.
Gula aren memiliki tekstur yang lebih lembut, rasa lebih manis dan bila dilebur teksturnya lebih lengket.

Takaran Mengonsumsi Gula Semut

Selain bisa dicampur dengan ekstrak jahe, kunyit, temulawak, dan rempah -rempah lainnya gula semut aren juga enak jika kita seduh dengan segelas air teh ataupun kopi hangat untuk menemani pagi hari anda. Manis pada gula semut tidak begitu tajam dan rasa manis yang begitu alami.
Bukan hanya untuk teh dan kopi saja tapi susu pun bisa di kolaborasikan dengan gula semut. Aroma yang begitu menggiurkan dan membuat ketagihan akan mampu membuat otak kita lebih rilex.
Banyak yang sudah membuktikan gula semut ini sangat menyehatkan bagi tubuh kita jadi kita tidak menyesal dengan semuanya tidak hanya menikmati aromanya saja tapi kita mendapatkan khasiatnya. Jadi kita tidak perlu khawatir kalau pun harus mengonsumsi gula semut setiap pagi.

Nah.. Sekarang anda  sudah tau kan apa itu gula semut? Gula semut adalah salah satu jenis gula yang terbuat dari nira pohon kelapa, dengan proses awal pembuangan air pada nira. Setelah kering gula kelapa bisa dicetak menjadi gula kelapa block atau Gula semut. Sangat banyak kan, kandungan nutrisi pada gula semut?

Manfaat yang ada didalam gula semut tidak perlu diragukan lagi.Sekarang waktunya anda beralih ke gula semut yang sudah terbukti memberikan manfaat yang luar biasa.

Dan bagi anda yang ingin berinvestasi dalam bisnis gula semut, prospeknya pun sangat menggiurkan. Dengan bahan baku yang sangat mudah didapatkan, melimpah, prosesnya pun sangat mudah. Untuk membuat gula semut hanya diperlukan alat-alat dapur untk sederhananya dan ada paket alat dan mesin pembuat gula semut yang bisa digunakan untuk skala UKM usaha kecil dan menengah.

Anda bisa mengolah gula semut sendiri dengan menggunakan mesin gula semut. Sekian informasi tentang manfaat gula semut bagi kesehatan. Selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •