8 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh

Cokelat

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan – Cokelat adalah bahan makanan yang dibuat dari biji kakao, coklat ini biasa digunakan untuk membuat minuman ataupun makanan seperti kue, es coklat dan lain sebagainya.

Selain rasa coklat yang enak, manfaat coklat juga beragam yang baik untuk kesehatan tubuh. Itu membuat coklat menjadi makanan primadona bagi setiap orang.

Selain manfaat coklat bagi kesehatan, manfaat coklat yang lainnya adalah coklat bisa dijadikan ladang bisnis yang sangat menjanjikan.

Anda bisa memproduksi coklat skala besar dengan menggunakan mesin pembuat coklat dari biji kakao agar produksi coklat semakin mudah dan cepat. Sobat Mesin juga bisa mencoba membuat pasta dengan 5 Langkah Membuat Pasta Coklat Dari Biji Kakao dari kami.

Akan Tapi pada kesempatan kali ini kami akan mengulas manfaat coklat bagi kesehatan tubuh. Sering kali seseorang yang mengkonsumsi coklat takut coklat akan membuat dirinya gemuk.

Selain itu banyak orang yang tidak menyadari bahwa manfaat coklat memiliki banyak sekali yang bisa membuat orang yang mengkonsumsi coklat menjadi sehat.

Coklat yang sering di nilai tidak menyehatkan sebenarnya memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

 

Kandungan Coklat

  1. 14% kandungan coklat adalah karbohidrat
  2. 9% protein yang terdiri dari zat protein, asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin
  3. 31% lemak
  4. Alkanoid dan banyak zat lain nya.

Jumlah kandungan yang ada pada coklat memang cukup tinggi dan memiliki beragam kandungan yang cocok untuk kesehatan tubuh, salah satu kandungan coklat adalah flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan.

Flavonoid juga biasa ditemukan pada tanaman lain seperti teh dan lain nya, meskipun terkesan biasa saja, namun sebenarnya flavonoid ini adalah kandungan yang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan pada coklat akan tetap terjaga apabila diproses dengan mesin coklat yang berkualitas contoh pada pasca panen buah coklat dipisahkan dengan menggunakan mesin pemecah buah kakao untuk memisahkan buah kakao dengan kulitnya.

Panen buah kakao pun harus menggunakan metode yang tepat, seperti Teknik Panen Buah Kakao Yang Sudah Matang dari kami.

Baca Juga : Cara Mengolah Kakao Menjadi Coklat

 

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Cokelat dari Cokelat Batangan dan Bubuk Cokelat

1. Meningkatkan Produksi Insulin

Manfaat yang satu ini memang sudah terbukti dan sudah dilakukan penelitian terhdap 15 orang. Semua orang yang mengkonsumsi coklat hitam dan coklat putih.

Yang tidak memiliki kandungan phytochemical flavonoid ternyata memang bisa mengurangi resistensi insulin atau faktor yang bisa membuat seseorang terkena diabetes menurun.

Sehingga coklat ini bisa bermanfaat bagi orang yang ingin meningkatkan produksi insulin untuk kesehatan tubuh mereka.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Masih dengan penelitian yang dilakukan di atas. Ternyata ada hal baru yang juga ditemukan bahwa kandungan coklat hitam bisa membuat tekanan darah sistolik.

Atau angkat pertama dalam membaca tekanan darah menjadi menurun. Dan tentu hal ini dikarenakan zat flavonoid yang ada dalam kandungan coklat hitam menjadi antioksidan alami.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam bisa membuat seseorang terhindar dari serangan jantung.

Dalam masalah ini memang coklat mengandung senyawa yang bisa mengurangi resiko hingga 50%. Hal ini berhubungan dengan pembekuan trombosit yang menjadi melambat ketika seseorang yang menderita penyakit jantung makan coklat hitam.

Hal ini tentu sangat penting karena ketika trombosit menjadi beku, maka akan terbentuk blok bekuan dalam pembuluh darah yang bisa membuat seseorang mengalami serangan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan buah yang sudah dipercaya sangat cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan diet. Namun banyak orang yang berpikir bahwa coklat bisa membuat diet mereka gagal dan malah menambahkan berat badan.

Sebanarnya penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang seperti manfaat dari jambu biji, apel dan lainnya.

Bahkan coklat hitam lebih bagus dari pada coklat putih. Oleh karena itulah coklat hitam sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan diet.

5. Mengatasi Diare

Kebanyakan orang lebih mengenal tanaman yang bermanfaat bagi orang yang mengalami diare. Sebenarnya coklat juga bermanfaat bagi orang yang mengalami diare karena bisa menyembuhkan diare.

Hal ini juga diperkuat dengan ada nya penelitian yang dilakukan para ilmuan. Jadi jika anda sedang mengalami diare tidak ada salah nya untuk mencoba coklat hitam untuk mengehentikan nya.

6. Meningkatkan Intelijen

Coklat yang mengandung banyak flavanol bisa membantu anda keluar dari rasa stress serta bisa meningkatkan tingkat kecerdasarn berpikir anda.

Hal ini dikarenakan kandungan yang ada bisa mengalirkan darah dengan lancar ke bagian kunci dari otak selama 2 hingga 3 jam.

Jadi tidak heran jika coklat bisa membuat seseorang mampu berpikir lebih bagus, memiliki kinerja yang baik serta kewaspadaan otak menjadi lebih fokus.

7. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Coklat juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa lelah, hal ini dikarenakan kandungan coklat bisa membuat peningkatan pada aksi neurotransmitter yang bisa membuat orang lebih rilex, lebih bahagia, mengatur suasana hati dan tidur.

Tentu jika di makan dalam takaran yang pas, anda bisa menghilangkan stress serta tidak akan mengalami anemia atau penyakit lain nya yang berhubungan dengan kelelahan dan masalah tidur.

8. Menghaluskan Kulit

Coklat selain untuk kesehatan organ dalam, ternyata coklat juga bisa menghaluskan kulit. Namun untuk bisa mndapatkan manfaat tersebut, anda harus mengkonsumsi nya dalam takaran yang pas.

Ada banyak lagi manfaat coklat bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, dan lain sebagainya.

Namun semua nya harus anda perhitungkan dengan benar, karena coklat juga mengandung lemak yang jika terlalu banyak mengkonsumsinya dan tidak dibarengi dengan olahrga. Maka lemak dari coklat tersebut akan membuat berat badan anda bertambah.

Dampak negative juga bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsi coklat secara berlebihan. Sehingga anda perlu mengukur nya dengan tingkat takaran yang pas agar coklat bisa memberikan dampak positifnya.

Apapun yang berlebihan tidak akan bisa memberikan dampak positif, kebanyakan akan lebih memberikan dampak negative nya.

Bahkan penelitian telah mengatakan bahwa ada beberapa orang yang mengkonsumsi coklat dengan takaran 30 gram membuat orang tersebut tidak mendapatkan dampak positif dan malah bertambah berat badan nya.

Sedangkan seharus nya jika coklat dengan ukuran 30 gram tadi di konsumsi per pekan, maka coklat bisa membantu mengurangi resiko gagal jantung.

 

Demikian informasi tentang Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa membantu anda.

Untuk anda yang sedang membutuhkan informasi seputar Cara Memulai Bisnis Coklat serta Cara Membuat Minuman Coklat Dingin, kami punya infonya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •