Manfaat minyak kelapa memang sudah tidak diragukan untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan kulit. Berbagai macam manfaat minyak kelapa bisa kita dapatkan dari menggunakannya. Cara mendapatkan minyak kelapa dan juga cara pengaplikasiannya yang cukup mudah menjadikan minyak kelapa menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak kelebihan.

Minyak kelapa yang baik yaitu minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa bukan olahan. Minyak kelapa yang baik diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Hal ini akan membuat kandungan alaminya tidak hilang dan rusak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau minyak goreng yang berasal dari kelapa kopra, minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecokelatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama.

Minyak kelapa murni mengandung senyawa phenolic, dan berpotensi sebagai antioksidan yang baik. Selain itu minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat menunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat, jamur, hingga memiliki sifat antibiotik.

Kandungan alami yang banyak pada minyak kelapa murni pastinya menjadikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya kalian bis baca berikut ini manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan dan kecantikan

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Minyak kelapa yang baik dan memiliki manfaat yang banyak adalah minyak kelapa murni atau VCO. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat Minyak Kelapa

1. minyak kelapa untuk diet

Manfaat minyak kelapa murni atau VCO yang pertama adalah bisa kamu gunakan untuk program diet. Kamu bisa menggunakan minyak VCO untuk memasak atau dicampurkan pada makanan tertentu.

Minyak kelapa murni ini akan membantu menstimulasi metabolisme, yang bisa menyebabkan kenyang lebih lama. Lemak yang terkandung dalam minyak kelapa murni juga mudah dihancurkan dan dibakar oleh tubuh.

2. Kandungan polifenol minyak kelapa untuk jantung

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk menjaga jantung agar selalu sehat. Kandungan polifenol dalam minyak kelapa VCO dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumbukan plak lemak pada dinding pembuluh darah.

3. Mengurangi lemak jahat

Minyak kelapa murni ternyata bisa mengurangi lemak jahat yang ada dalam tubuh. Manfaat minyak kelapa murni dapat mengurangi kolesterol total, lemak jahat, dan trigliserida, dan bisa meningkatkan lemak baik.

4. Untuk diabetes

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk diabetes. Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya mampu memperbaiki sensitivitas insulin.

5. Mengurangi risiko alzheimer

Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat minyak kelapa juga digunakan untuk kecantikan dan merawat kulit. Berikut ini beberapa manfaat minyak kelapa untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Manfaat Minyak Kelapa

1. Mengobati jerawat

Minyak kelapa murni atau VCO yang mengandung asam laurat dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri pada jerawat.

2. Pelembab kulit

manfaat minyak kelapa berikutnya adalah untuk melembabkan kulit. Efek antibakteri yang terdapat pada minyak kelapa juga bisa digunakan pada penyakit kulir eksim dan psoriasis.

Kemudian efek antibakterinya juga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini. Minyak kelapa juga dipercaya bisa melembabkan bibir yang kering atau pecah-pecah.

3. Untuk scrub

Minyak kelapa juga bisa dugunakan sebagai scrub tubuh untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh. Caranya sampurkan setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas garam. Kemudian gunakan campuran ini untuk scrub saat mandi.

4. Menghilangkan noda hitam

Minyak kelapa mengandung vitamin E yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat, noda hitam tanda penuaan dini, hingga noda bekas luka. Caranya dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menghapus makeup

Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah bisa menghapus make up. Minyak kelapa akan membuat pori-pori kulit wajahmu terbebas dari make up.

6. Untuk kesehatan rambut

Minyak kelapa, membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan rambut yang berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang sangat baik untuk tubuh dan untuk kulit hingga kecantikan. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa, gunakanlah minyak kelapa murni atau VCO, karena proses pembuatannya yang lebih baik dan lebih banyak mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh.

 

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit

Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Alasannya, karena minyak kelapa memberikan banyak manfaat yang diperlukan oleh kulit, diantaranya:

Manfaat Minyak Kelapa

1. Mencegah kulit kehilangan air

Dikutip dari Healthline, meskipun menjaga kebersihan sangat penting, sering mencuci tangan, menggunakan produk abrasif, atau mandi terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada bagian stratum korneum epidermis kulit. Stratum corneum adalah lapisan kulit paling atas yang berfungsi mencegah kehilangan air dan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan, jika lapisan ini terus-menerus rusak, kulit dapat meradang, dan rentan terhadap infeksi. Bahkan, pada beberapa orang dapat meningkatkan risiko pengembangan peradangan kulit kronis dari waktu ke waktu.

Dokter kulit, Dr. Beth Goldstein mengatakan bahwa produk penghidrasi dan perbaikan kelembapan dapat membantu. Dan minyak kelapa adalah salah satu bahan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan tersebut.

“Minyak kelapa dapat membantu mengatasi retakan dan kehilangan air di lapisan atas kulit dengan menyediakan lipid lemak esensial,” kata Goldstein.

“Lipid ini meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga kulit terasa kenyal dan terhidrasi,” lanjutnya.

2. Mengandung asam lemak laurat

Goldstein menjelaskan bahwa minyak kelapa penuh dengan asam lemak termasuk asam laurat.

Asam laurat dikenal memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa monolaurin yang berasal dari asam laurat menunjukkan aktivitas antivirus dan antijamur. Karena sifat antivirus ini, sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa asam laurat juga berpotensi berguna dalam mengurangi gejala yang terkait dengan acne vulgaris.

3. Meredakan peradangan 

Karena tidak mengandung bahan tambahan atau bahan kimia yang keras, minyak kelapa dalam bentuknya yang paling murni, dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi kulit seperti eksim.

Lebih spesifiknya lagi, karena minyak kelapa cepat meresap ke dalam kulit, ramuan tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi rasa gatal yang terkait dengan kondisi kulit ini, menurut artikel National Eczema Foundation.

Selain itu, sebuah studi tahun 2019 menjelaskan bahwa sifat emolien minyak kelapa juga berdampak positif pada dermatitis dan xerosis ringan hingga sedang, atau kulit yang sangat kering.

 

Pengertian Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diambil minyaknya atau kernel-nya, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
  • pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
  • penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa, atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni mempunyai harga jual yang lebih tinggi dibanding minyak kelapa kopra, sehingga studi pembuatan VCO perlu dikembangkan.

 

Manfaatan minyak kelapa Untuk bahan bakar

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan secara langsung menjadi bahan bakar selayaknya solar. Minyak kelapa memiliki kekentalan 50-60 centi stokes, sedangkan solar 5 centi stokes. Pada suhu antara 80-90 derajat celcius, minyak kelapa memiliki kekentalan yang setara dengan solar. Salah satu inovasi yang dikembang Departemen Teknik Pertanian IPB yaitu dengan memanfaatkan suhu knalpot untuk mengubah kekentalan minyak kelapa agar sama dengan solar. Gas buang knalpot memiliki temperatur 350-360 derajat celcius sehingga diperlukan koil pendingin untuk menurunkan temperatur knalpot. Kemudian minyak kelapa melalui sebuah selang dialirkan melalui knalpot sebelum menuju ke ruang pembakaran mesin diesel.

Cara seperti ini tentunya lebih murah dibandingkan dengan memanfaatkan kokodiesel, yaitu minyak kelapa yang telah melalui proses industri untuk diubah menjadi biodiesel. Harga kokodiesel saat ini berkisar Rp. 10.000 per liter, sedangkan minyak kelapa yang tidak melalui proses pengolahan bisa jauh lebih murah. Selain itu, kelapa merupakan tanaman yang umum tumbuh di daerah pesisir, menjadikannya sumber bahan bakar yang potensial bagi nelayan setempat yang cenderung mengalami kesulitan bahan bakar, baik masalah harga maupun ketersediannya.

Minyak kelapa yang dimanfaatkan adalah minyak kelapa yang telah melalui proses pemanasan guna menghilangkan asam lemak bebasnya

 

Manfaat minyak kelapa untuk wajah

Penggunaan minyak kelapa untuk wajah bisa dilakukan dengan mengoleskan ke wajah atau dijadikan campuran masker wajah. Kemudian, gunakan minyak kelapa secara rutin. Beberapa manfaat yang mungkin didapat, antara lain:

1. Membunuh bakteri

Kandungan terbesar dari minyak kelapa adalah asam lemak rantai medium dengan sifat antimikroba. Artinya, manfaat minyak kelapa dapat membunuh mikroorganisme yang menyebabkan masalah seperti jerawat.Tak hanya itu, asam laurat dalam minyak kelapa juga bisa membantu membunuh bakteri, jamur, dan virus. Bahkan ada penelitian yang menyebut bahwa minyak kelapa lebih ampuh mengusir bakteri penyebab jerawat ketimbang benzoyl peroxide yang biasanya digunakan pada obat jerawat.

2. Mengobati jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk wajah lainnya adalah untuk mengobati jerawat. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam laurat dalam minyak kelapa yang memiliki sifat zat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat.Selain itu, minyak kelapa dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab jerawat berkat kandungan capric, caproic, dan caprylic medium-chain fatty acids.Namun ingat, hal ini hanya akan efektif apabila minyak kelapa diaplikasikan langsung untuk wajah.

3. Membersihkan wajah

Tahap terpenting dalam merawat wajah adalah membersihkan atau cleansing.Minyak kelapa dapat digunakan untuk membantu mengangkat makeup bahkan yang waterproof sekalipun. Cara mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan kapas atau diaplikasikan langsung sebelum cuci muka.Inilah manfaat minyak kelapa untuk wajah berikutnya.

Bolehkah minyak kelapa untuk kulit berjerawat dan berminyak?

Mengingat ada banyak khasiat dari mengaplikasikan minyak kelapa untuk wajah, tak sedikit yang mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk kulit berjerawat dan berminyak.Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang membuat minyak kelapa tidak cocok untuk digunakan oleh pemilik kulit berjerawat dan berminyakyaitu:

1. Menyumbat pori-pori

Sifat minyak kelapa sangat komedogenik, artinya bisa menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori tersumbat, hal ini dapat menyebabkan jerawat menjadi semakin parah terutama bagi mereka dengan kulit wajah berminyak.Artinya, minyak kelapa tidak cocok digunakan untuk melembapkan kulit wajah karena justru membuat pori-pori tersumbat. Terlebih apabila ditumpuk dengan rangkaian makeup, yang terjadi justru penyumbatan pada kulit wajah.Namun, Anda tetap bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembapkan bagian tubuh lainnya, seperti siku, lutut, tumit, lengan, dan kaki. Menjaga kelembapan kulit adalah salah satu kunci dalam menjaga kesehatan kulit Anda.Kulit perlu kelembapan agar optimal dalam mengatasi infeksi dan proses regenerasi. Mengaplikasikan minyak kelapa pada bagian-bagian tubuh yang kering dapat membantu melembapkan sekaligus mengatasi bakteri.

2. Rentan meninggalkan residu

Menggunakan minyak kelapa untuk wajah juga bisa meninggalkan residu pada wajah.Contohnya apabila menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan wajah dengan makeup, bisa saja ada residu yang tertinggal. Bukannya bersih, justru ada lapisan minyak yang menempel pada wajah.

3. Belum tentu efektif

Bisa jadi pada beberapa orang, minyak kelapa dapat mengatasi masalah jerawat karena kandungan asam linoleatnya yang tinggi.Meski demikian, ada risiko minyak kelapa menyebabkan breakout karena sifatnya yang komedogenik pada kulit. Hasilnya? Belum tentu efektif mengatasi jerawat.

Mencoba menggunakan minyak kelapa untuk wajah demi membasmi jerawat memang tak ada salahnya, namun ada risiko yang mengikuti. Dibandingkan dengan jenis minyak lain, minyak kelapa bersifat sangat komedogenik.Ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu sifat dan jenis kulit Anda sebelum mengaplikasikan minyak kelapa untuk wajah. Jika bingung, tanyakan kepada dermatologis atau dokter kulit terpercaya.Terlepas dari risiko pengaplikasian minyak kelapa untuk wajah, tak ada salahnya mengonsumsi minyak kelapa. Bahkan ada banyak manfaatnya bagi kesehatan jika rutin mengonsumsi 30 ml minyak kelapa setiap hari.

WhatsApp chat