12 + 8 Macam Produk dan Manfaat Sabut Kelapa Yang Wajib Anda Tahu

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 17

Banyaknya manfaat dan produk sabut kelapa yang bisa di hasilkan, merupakan anugerah Tuhan yang di berikan kepada kita. Khususnya bagi kita yang berada di daerah tropis. Karena pohon kelapa sangat subur tumbuh di daerah ini. Dan bagi anda yang akan terjun ke dunia bisnis cocofiber, artikel ini kami yakin sangat bermanfaat dalam membuat siteplan bisnis anda.

Sebelum masuk ke materi utama coba kita simak video kunjungan ke pabrik serabut kelapa dari Tim Rumah Mesin berikut ini.

12 Macam Produk Unggulan yang bisa Dihasilkan dari Sabut Kelapa

Berikut ini adalah 12 macam produk yang bisa di hasilkan dari sabut kelapa. Produk-produk ini juga sudah di hasilkan produsen dalam negeri. Sebagian di salurkan ke seluruh nusantara. Bahkan ada yang di kirim ke luar negeri.

1. Matras Sabut Kelapa

Manfaat sabut kelapa

Matras Sabut Kelapa ini berfungsi sangat baik sebagai matras kesehatan, orang-orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik memakai produk matras ini. Sifatnya yang lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman bagi orang yang sedang dalam perawatan sakit pinggang.

Matras Sabut kelapa ini cocok juga sebagai matras untuk bayi, karen sifatnya yang mampu menyerap bau, menjadikannya tetep nyaman jika pun diompoli berkali-kali.

Pun untuk matras ini bisa di gunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan spring bed yang berkualitas.


2. Jok Mobil Sabut Kelapa

Jok Mobil sabut kelapa

Industri otomotif terkemuka di dunia, misalnya Mercedes Benz, Volkswagen Porche, dan Opel di Eropa, ternyata juga menggunakan sabut kelapa untuk mengisi jok mobil. Bahkan beberapa digunakan untuk jok pesawat terbang. Menarik bukan?

Kelebihan sabut kelapa sebagai pengisi jok mobil dalah karena mempunyai daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan mempunyai tingkat pencemaran yang sangat rendah (bioderedability).

Baca Juga : Inilah Fungsi Pohon Kelapa Disebut Juga Pohon Berjuta Manfaat

3. Kasur Sabut Kelapa

Kasur sabut kelapa adalah perpaduan sabut kelapa dan lateks karet, yang menghasilkan sebuah produk yang bekualitas tinggi, sebab kasur ini tidak perlu lagi menggunakan pegas/per, kasur sabut kelapa dan karet ini sudah lentur dan empuk secara alami, hasil dari proses pengeritingan serat sabut kelapa dan karet yang secara alami memiliki kepegasan serta kelenturan alami.

Kelebihan dari kasur ini juga anti bakteri, anti air (terkena air atau ompol anak atau susu anak mudah di bersihkan dan cepat kering. So dipastikan sehat untuk bayi dan anak-anak.

4. Tali Tambang Sabut Kelapa

Jual mesin tali sabut kelapa

Tali tambang sabut kelapa merupakan bahan dasar untuk membuat aneka kerajinan berbahan dasar sabut kelapa, seperti tali sabut untuk kerajinan, tali sabut untuk tali dadung untuk tali kapal, tali sabut untuk cocomesh dan lain-lain. Dan boleh di katakan tali sabut kelapa merupakan bahan dasar  utama kedua setelah serat sabut kelapa itu sendiri.

Tali sabut ini memiliki beberapa variasi lilitan, atau sering di sebut dengan ply. Umumnya untuk tali banyak yang menggunakan 2 ply. Kemudian 3 ply dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh jaring sabut kelapa adalah salah satu aplikasi dari tali sabut kelapa. Pembentukannya dengan cara di anyam. Polanya menyesuaikan kebutuhan, seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai kebutuhan. Penggunaan cocomesh banyak di pakai untuk reklamasi tambang,  mengembalikan areal bekas tambang supaya menjadi hijau kembali.

Cocomesh fungsinya sebagai media tanam untuk cover crop yang di sebar di atas cocomesh. Selain itu fungsi cocomesh bisa mencegah larinya top soil dan mencegah erosi tanah. Dan cocok sekali untuk penguatan tanah pada kemiringan lahan. Kelebihan penggunaan cocomesh sabut kelapa ini adalah selain karena bahan yang di gunakan organik juga memiliki kekuatan yang cukup lama sekitar 2 tahun.

Ketika mulai memasang cocomesh di atas tebing bekas tambang, kemudian mulai di taburi dengan covercrop penutup lahan seperti jenis PJ (Pueraria javanica), CP (Centrosema pubescens),  CC (Calopogonium caeruleum) atau jenis MC Mucuna, maka selama penumbuhan, biji tersebut akan tumbuh dengan cepat dalam media cocomesh selama beberapa waktu, areal yang di tutup cocomesh akan segera hijau.

6. Coir Net Untuk Pengerasan Jalan

Jual Mesin Sabut kelapa

Bemda satu ini adalah sama fungsinya seperti cocomesh, bedanya adalah bentuk yang lebih besar dan kokoh. Coir Net di buat dari tali yang besar, biasanya memakai 3 ply. kemudian di pilih menjadi ikatan yang kokoh dengan ketebalan tali sekitar 1,5 – 2 cm.

Penggunaan Coir Net  ini banyak di pakai untuk teknik pengerasan jalan. Pemakai produk ini banyak dari Negara Korea. Dan kebutuhan akan produk ini masih sangat besar, mengingat produsennya masih terbatas.

7. Sabut Kelapa Peredam Getar dan Suara

Sabut kelapa ternyata juga bisa di gunakan sebagai aplikasi peredam getaran dan suara. Dan kelebihannya adalah lebih menyehatkan dan tidak gatel, tidak seperti rock wool yang banyak di gunakan selama ini.

Berbahan hampir sama dengan matras sabut kelapa, yang di pasang di dinding atau dekat sumber getaran dan suara, Hasilnya sangat efektif dalam meredam getaran dan suara.

Salah satu penggunaannya adalah untuk studio musik, dan sebagai contoh, kantor Rumah Mesin menggunakan media sabut kelapa untuk mengurangi suara yang berasal dari kendaraan di tepi jalan.

8. Cocosheet Sebagai Rambatan Media Tanam

jual mesin sabut kelapa

Cocosheet adalah lembaran sabut kelapa yang di bentuk sedemikian rupa, dibentuk dengan cara di jahit atau di keritingkan, kemudian di lapisi oleh bahan latex, ternyata banyak di minati sebagai media tanam.

Aplikasi bisa digunakan sebagai media rambat tanaman. Sangat cocok untuk anggrek dan pohon sejenisnya. Banyak juga digunakan untuk aplikasi farming. Dan salah satunya adalah dalam bentuk coir pole seperti gambar di atas.

9. Cocopot Sabut Kelapa

Ya.. inilah cocopot berbahan dasar sabut kelapa, media pot sabut kelapa ini bisa digunakan sebagai media tanam langsung. Pot sekaligus media tanam.

Cocopot sangat bagus digunakan sebagai pengganti polibag. Pehobis tanaman yang sadar akan isyu lingkungan, dipastikan akan memilih pot dengan bahan dasar sabut, mengingat kepraktisan dan ramah lingkungan.

10. Kesed Sabut Kelapa

Bisa jadi,  selama ini orang hanya mengenal produk sabut kelapa hanya sebagai kesed rumah, karena inilah produk yang paling banyak di pakai di masyarakat.

Variasi produk kesed dengan di berikan nama sesuai kebutuhan, seperti ucapan welcome, selamat datang, bonjour, Bula dan lain sebainya, menambah citra positif jika dipasang di depan rumah atau kantor.

Hal lain soal penggunaan kesed sabut kelapa, ternyata juga banyak di pakai untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut para petambang emas, penyaringan merkuri menggunakan media kesed lebih efektif.

11. Sapu Rumah Sabut Kelapa

Jual Mesin Kesed Sabut kelapa

Dan selain kesed, Ini produk yang paling populer ada di rumah-rumah tangga. Ya sapu sabut kelapa. Sejarah pemanfaatan sabut kelapa di Indonesia banyak sekali di gunakan untuk membuat kesed dan sapu sabut kelapa.

Penggunaan kesed sabut kelapa lebih mudah membersihkan kotoran, awet serta tahan lama, selainnya juga ramah di kantong ibu-ibu rumah tangga.

12. Cocopeat Sebagai Media Tanam

Jual Cocopeat

Dan inilah barangkali produk yang bisa jadi primadona untuk eskpor dari produk sabut kelapa. Namanya Cocopeat. Cocopeat ini adalah produk sampingan dari sabut kelapa, fungsi awal sebagai filler dan pengikat serat sabut. Dan ketika diurai memakai mesin pengurai, cocopeat lepas dari seratnya.

Cocopeat ini banyak di gunakan sebagai media tanam untuk pembibitan, untuk media campuran kompos, sebagai pengganti wood fiber dan lain sebagainya. Ada juga sebagai bahan arang untuk pengisi batrai.

Demikian beberapa Informasi produk turunan sabut kelapa yang bisa dijadikan rujukan oleh anda yang akan mengolah sabut kelapa secara terpadu.

INFO PENTING..!

Jika anda ingin berbisnis produk olahan sabut kelapa atau cocofiber, maka untuk mendapatkan sabut kelapa berkualitas, di perlukan alat dan mesin pengolahan sabut kelapa yang terbukti bagus dan menjadi rujukan banyak pengusaha sabut kelapa.


8 Macam Manfaat Sabut Kelapa dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain produk unggulan sabut kelapa seperti di atas, ada beberapa macam manfaat sabut kelapa yang biasa di gunakan oleh penduduk sekitar kebun kelapa, berikut di antaranya kami sampaikan di bawah ini :

1. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Pupuk Organik

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 10

Sabut kelapa memiliki usur hara dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, maka sabut kelapa sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik.

Apalagi pupuk organik yang di buat dari sabut kelapa menyimpan 60% air lebih banyak di banding pupuk biasa. Jadi pupuk organik dari sabut kelapa cocok di daerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang di landa kekeringan.

Bahkan untuk daerah pantai yang berpasir, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, bisa sebagai media tanam yang di taburkan begitu saja. Menarik bukan?

2. Sabut Kelapa sebagai Penetralisir Bau Semen pada Kolam yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang sedap. Hal ini tentunya membuat budidaya ikan memjadi terhambat.

Salah satu cara alami yang ampuh menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu menggunakan sabut kelapa. Bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, cukup  dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa di campur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama 1 sampai 2 minggu. Air akan berwarna kecoklatan hingga warna kehijauan, warna air yang berubah tersebut menandakan kolam sudah siap untuk media pembudidayaan ikan.

3. Sabut Kelapa sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 12

Satu lagi manfaat dari sabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi di lingkungan kita, yaitu sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau marchandise.

Kerajinan dari sabut kelapa sangatlah banyak, apalagi Indonesia memiliki banyak suku di daerah sehingga dapat menghasilkan berbagai macam kerajinan – kerajinan yang unik dari berbagai daerah. Namun kerajinan dari sabut kelapa  yang cukup  di minati adalah kerajinan yang berupa dompet, tas, dan souvenir – souvenir untuk di jadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat pariwisata.

4. Sabut Kelapa sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 13

Anda tentu sering mendengar briket berasal dari batubara atau juga tempurung kelapa bukan? dan itu betul. Tetapi ternyata sekarang, briket juga bisa di buat dari bahan sabut kelapa. Dan bisa jadi anda akan terasa asing jika briket berasal dari sabut kelapa.

Briket yang berbahan dasar sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta anda akan menekan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah di banding dengan briket dari batubara. Cara pembuatan briket sabut kelapa juga tifak terlalu sulit karena prosesnya hamper mirip dengan cara pembuatan briket tempurung kelapa.

Lalu bagaimana cara membuat briket sabut kelapa, artikel berikut tentang cara membuat briket sabut kelapa ini bisa di jadikan rujukan anda untuk membuatnya 🙂

5. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakar Pengganti Minyak Fosil

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 14

Manfaat umum dari sabut kelapa adalah seringnya di gunakan para pengusaha arang dari tempurung kelapa yang menjadikan sabut kelapa sebagi media pembakaran.

Selain itu sabut kelapa sebagai media pembakaran juga sering di gunakan restoran –restoran tradisional yang masih menggunakan tunggu trasional untuk memasak.

Bahkan industri–industri seperti pembuatan keramik dan genteng juga menggunakan sabut kelapa. Ini karena sabut kelapa yang sudah kering mudah terbakar dan juga menghasilkan api yang stabil

6. Sabut Kelapa Sebagai Penyaring Air Sederhana

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 15

Salah satu manfat penting dari sabut kelapa yaitu sebagai alat untuk membantu menyaring air secara sederhana. Struktur sabut kelapa yang berserat dapat membantu proses penyaringan air.

Lalu bagaimana caranya untuk proses penyaring? berikut kami sampaikan cara simpel nan sederhananya.

Langkahnya adalah yaitu pertama sabut kelapa harus di kupas terlebih dahulu dari kulit arinya kemudian baru dapat di gunakan untuk menyaring air. Air yang melewati saringan sabut kelapa akan terpisah sampah atau kotoran sehingga akan di dapat air yang semakin jernih. Proses ini harus di lakukan berkali – kali agar mendapat air jernih yang maksimal.

7. Sabut Kelapa Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 16

Kalau kamu tinggal di perkotaan, mungkin jarang kali ya lihat orang memasak pake kayu kabar atau sabut kelapa. Tetapi bagi kamu yang pernah tinggal di desa, orang memasak  memakai kayu bakar atau sabut kelapa tentunya masih sangat banyak.

Sabut kelapa ini sangat mudah di temukan, biasanya setelah meraka ambil kelapanya, kemudian sabutnya di jemur dan setelah kering di pakai untuk masak di dalam tungku tradisional atau tumpukan batu bata.

Salah satu kelebihan sabut kelapa sebaga pengganti kayu bakar adalah karena sabut kelapa kering, maka darinya memiliki sifat yang mudah terbakar, serta dapat menghasilkan apinya yang cukup stabil.

Tentu dari proses ini banyak asap yang di hasilkan, tetapi jangan salah, biasanya masakan yang di masak dengan cara alami begini, serasa sangaat nikmat. Mau coba hehe..

8. Sabut Kelapa Sebagai Penahan Erosi Tebing

Mesin Pengolahan Sabut Kelapa 17

Ya.. sejujurnya inilah manfaat sabut kelapa yang paling menarik. yaitu sebagai alat pengendali erosi pada tebing atau slope atau lereng. Dan untuk membuat itu semua, Anda bisa menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Media sabut kelapa yang di pakai dalam teknik ini adalah dengan cara membuatnnya menjadi jaring sabut kelapa atau sering di sebut dengan cocomesh.

Pembuatan cocomesh ini di awali dengan cara sabut kelapa di buatnya menjadi tali sabut. Kemudian proses selanjutnya adalah mengayam tali tersebut dengan ukuran mash atau jarak tertentu. Ukuran cocomesh umumnya adalah 2×25 meter atau juga bisa 1,2 x 15 meter, sangat bergantung kepada kondisi kebutuhan. Dan jarak antar talinya bisa mulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm.

Penggunaan cocomesh ini sudah mulai sangat familiar di kalangan para reklamator tambang. Karena terbukti sangat efektif untuk menahan erosi bekas tambang, juga mampu menghijaukan kembali area bekas tambang yang di padukan dengan penumbuhan cover crop, atau biji-bijian penutup lahan. Ketika cover crop yang di sebar pada cocomesh sudah tumbuh, maka langkah selanjutnya bisa di lakukan penanaman mengunakan tanaman keras.

Untuk urusan cocomesh jaring sabut kelapa, mitra kami di RumahSabut jogja adalah salah satu pionir dalam pengembangan cocomesh di Indonesia.

Demikian semoga uraian informasi ini bermanfaat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •