Home » Artikel » Artikel Proses » Manfaat Ternak Ayam Kampung Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Ternak Ayam Kampung Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Ternak Ayam Kampung Yang Perlu Anda Ketahui

 

Anda tahu Ayam Kampung? Ayam kampung merupakan jenis ternak yang memang banyak di lakukan oleh masyarakat lokal, ayam yang dikenal dengan sebutan ayam buras ini memang asli dari Indonesia dan ternak ayam kampung sudah dilakukan masyarakat sejak jaman dulu. Ayam kampung ini sangat mudah di temukan di kampung karena memang sebagian masyarakat di desa memilih untuk ternak ayam kampung sebagai usaha sampingan. Ternak ayam kampung ini memang menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat di pedesaan.

Ayam yang sudah besar biasanya di gunakan dalam perayaan hari besar untuk di makan sendiri atau dijual ketika membutuhkan uang. Harga dari ayam kampung memang lebih mahal jika di bandingkan dengan ayam ras, pedaging atau ayam jenis lain nya. Apalagi jika anda merawat ayam kampung secara maksimal dengan membuatkannya pakan ayam kampung yang berkualitas, maka nilai jual dari ayam kampung akan semakin melambung tinggi, karena pertumbuhan ayam kampung juga berpangaruh pada pemberian pakan.

Ternak ayam kampung ini akan mendatangkan banyak laba jika anda menggunakan teknik ternak secara serius. Anda bisa membeli beberapa ayam yang masih kecil atau disebut dengan DOC dan memberikannya pakan yang berkualitas atau anda bisa juga membuat pakan yang berkualitas sendiri dengan menggunakan mesin pembuat pakan ayam, jangan lupa vitamin serta kandang yang sesuai agar petumbuhan nya menjadi lebih cepat dan bisa menghasilkan ternak yang berkualitas.

Untuk ternak ayam kampung ini juga pangsa pasarnya sangat luas, banyak orang yang lebih banyak mencari ayam kampung serta telur ayam kampung, terutama pada hari besar yang permintaan nya meningkatkan jauh lebih banyak dari pada hari biasa. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dalam hal pemasaran nya, anda tinggal hubungi saja pedagang ayam, dan merekapun akan segera datang mengambil hasil ternak anda tersebut karena memang ayam kampung terbilang cukup langka.

tips-agar-nafsu-makan-ayam-kampung-bertambah-1024x768

Ayam kampung memang memiliki keunggulan di bandingkan dengan ayam jenis lain nya, terutama dari segi kualitas telur dan daging nya. Dan berikut kami ulaskan tentang Keunggulan dari ayam kampung yang perlu anda ketahui

  • Ayam kampung bisa anda gunakan sebagai ayam pedaging ataupun ayam petelur.
  • Harga jual dari daging dan telurnya jauh lebih tinggi dari pada jenis lain nya.
  • Daging nya lebih gempal dan berotot.
  • Telur ayam kampung memang ukuran nya lebih kecil, namun nilai gizinya jauh lebih besar manfaat nya di bandingkan dengan telur jenis lain nya. Rasanya pun lebih enak telur ayam kampung dari pada telur ras, sehingga tidak heran jika harganya juga lebih mahal.

Kenapa beternak ayam kampung lebih disukai oleh masyarakat? Tentu hal ini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Dan berikut akan kami ulaskan tentang Keunggulan dan Manfaat Berternak Ayam Kampung di bawah ini:

Manfaat Dan Keunggulan Berternak Ayam Kampung

  1. Segi Konsumen

Pasar dari peternak ayam kampung tentu sudah jelas, sehingga tidak perlu lagi bingung untuk menjual hasil ternak ayam kampung yang akan anda lakukan. Setelah panen, anda bisa menjualnya kepada pedagang ayam kampung di pasar, pedagang keliling atau bahkan anda bisa menjualnya secara langsung kepada konsumen agar hasilnya lebih banyak.

Ternak ayam kampung memang lebih menguntungkan karena banyak orang yang lebih suka daging nya dan juga telurnya, sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk menjualnya hasil panen anda kepada tetangga, atau anda bisa menitipkan telurnya di warung atau toko sekitar kota anda. Jika peternakan anda dalam skala besar, anda juga bisa melakukan kerja sama dengan restoran atau lain nya untuk menjadi suplayer ayam kampung.

  1. Kualitas Daging yang Lebih Unggul

Kelebihan dari ayam kampung adalah kualitas daging nya yang memang lebih unggul di bandingkan dengan daging ayam lain nya, sehingga tidak heran jika rasa nya juga jauh lebih enak di bandingkan ayam lain. Untuk memeliharanya juga lebih menguntungkan karena ayam kampung ini diperlihara nya dengan cara di umbar, jadi mereka akan mencari makan sendiri sehingga hasil untungnya juga berlipat-lipat.

Telur ayam kampung yang memang banyak dicari oleh masyarakat sebagai campuran jamu dan lain nya memang memiliki lebih banyak manfaat serta nutrisi, dan dapat meningkatkan vitalitas kesehatan, sehingga tidak heran jika telurnya juga akan mendatangkan keuntungan bagi anda yang memeliharanya, bahkan anda juga bisa menjadi peternak telur ayam kampung saja.

  1. Cepat Diserap Pasar Luas

Salah satu keunggulan dari beternak ayam adalah permintaan pasar yang sangat tinggi membuat anda akan lebih mudah untuk menjualnya, berbeda dengan bebek atau ternak lain nya yang permintaan pasarnya tidak begitu stabil, sehingga terkadang mengalami kerugian karena terlambatnya penjualan sehingga pakan membengkak. Jadi anda bisa mendapatkan pembeli dengan mudah, bahkan seberapa banyakpun ayam yang akan anda jual, pembeli akan selalu membelinya.

  1. Harga Jual Lebih Mahal

Harga jual yang di tawarkan pedagang ayam kampung juga tentu lebih menggiurkan di bandingkan dengan harga ayam ras atau lain nya, sehingga tidak heran jika Keunggulan dan Manfaat Berternak Ayam Kampung membuat anda akan lebih menyukai berternak ayam kampung.

  1. Taraf Kematian Rendah

Dilihat dari taraf kematian nya, berternak ayam kampung juga akan lebih mudah di bandingkan dengan yang lainnya karena ayam kampung memiliki system kekebalan tubuh yang lebih bagus di banding yang lain, sehingga ayam kampung memiliki angka kehidupan yang lebih bagus di banding lain nya.

Ayam kampung tidak mudah sakit, tubuhnya lebih prima sehingga anda tidak perlu khawatir akan kematian yang meningkat ketika ayam masih dalam keadaan DOC. Anda hanya perlu membuatkan pakan ayam yang berkualitas sekaligus memberikannya secara rutin dan suntikan vitamin saja ketika musim hujan tiba.

Itulah beberapa Keunggulan dan Manfaat Berternak Ayam Kampung yang bisa kami berikan untuk anda. Jika anda bisa menggeluti ternak ayam kampung ini dengan serius dan bisa membuat suatu kerja sama yang baik dengan konsumen secara langsung dengan skala besar seperti restoran dan rumah makan lain nya. Tentu anda akan dengan mudah bisa mendapatkan hasil keuntungan yang lebih banyak, namun tentu anda harus bisa memenuhi kebutuhan nya setiap hari, sehingga memang membutuhkan cukup banyak modal dan tempat yang luas untuk melakukan nya.

Anda bisa memilih terlebih dahulu usaha apa yang anda inginkan, apakah ayam kampung pedaging atau petelur, sehingga anda bisa serius pada satu jenis saja. Dan bisa memaksimalkan nya. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terima kasih.

By | 2017-10-28T10:39:52+00:00 April 1st, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Manfaat Ternak Ayam Kampung Yang Perlu Anda Ketahui

About the Author: