Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang Manfaat VCO untuk kesehatan dan Cara Membuatnya, dari berbagai orang pasti ada yang sudah tahu dan tidak tahu manfaatnya untuk itu mari kita simak artikel berikut agar dapat mengerti manfaat VCO untuk kesehatan dan Cara membuatnya. Anda juga bisa membuat minyak VCO dengan Mesin VCO. Baca sampai selesai agar memahami dengan baik.

Manfaat VCO Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Minyak kelapa telah mempunyai popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Di percaya bahwa minyak ini dapat melakukan segalanya mulai dari mendukung penurunan berat badan hingga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Kalian pasti pernah melihat pohon kelapa disekitar anda atau lingkungan karena pohon kelapa bisa tumbuh dimana saja dan kapan saja. dan kalian juga tahu bahwa pohon kelapa itu bermanfaat dari akar sampai daun nya. Nah kita disini akan membahas salah satu manfaat dari pohon kelapa yaitu manfaat vco untuk kesehatan. Banyak pembuat produk mulai menggunakan minyak kelapa dalam produk kemasan, dan dalam memasak atau pembuatan makanan juga kadang menggunakan minyak ini. seperti makanan yang digoreng, permen, sampo, kopi , smoothie yang mengandung minyak kelapa. Meski masih terdapat beberapa pendapat tentang minyak kelapa, namun banyak juga penelitian yang mendukung manfaat minyak kelapa. Terdapat dua jenis Minyak kelapa , yaitu virgin coconut oil (VCO) dan refined coconut oil (RCO).

Pengertian

Virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak kelapa yang diekstraksi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. kopra atau daging kelapa kering yang dikerluarkan dari batok kelapa dan ditekan untuk diextrak minyak alamai merupakan bahan untuk membuat VCO. Minyak kelapa murni atau VCO biasanya mempunyai rasa manis dan pedas. Meski tidak mengandung banyak mikronutrien, tetapi jika dicari-cari virgin coconut oil mempunyai mineral zat besi, vitamin K yang mencegah penggumpalan darah, dan vitamin E sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahkan dari beberapa penelitian menunjukkan virgin coconut oil merupakan salah satu makanan yang paling sehat di dunia. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, virgin coconut oil juga dipercaya sebagai salah satu bahan yang bisa dipakai untuk perawatan kecantikan wajah. Minyak kelapa murni mempunyai sifat pelembap dan antioksidan yang sangat baik. Ini dapat digunakan untuk mengelola masalah kulit, infeksi mikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh, menetralkan racun, dan meminimalkan pembentukan radikal bebas.

 

Manfaat VCO Untuk Kesehatan

Meningkatkan kesehatan kulit kita

Manfaat VCO Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

VCO mempunyai dampak yang luar biasa pada kulit kita. Minyak ini sangat baik untuk pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya. Minyak kelapa merupakan solusi untuk perawatan kulit yang sempurna karena bersifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan mampu menyembuhkan luka pada kulit manusia.

Tidak kaget atau heran apabila minyak satu ini bisa digunakan sebagai obat gangguan kulit kronis manusia seperti eksim, dermatitis atopik, psioriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis atau kulit kering, serta dalam menyembuhkan luka akan menjadi lebih cepat dan meredakan luka bakar. Pada kulit setiap manusia yang sehatpun, mengoleskan virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan bekas luka pada kulit kita. Hal ini disebabkan dari kandungan asam lemak kaprilat dan laurat dalam virgin coconut oil bisa mengurangi peradangan secara internal dan external. dilansir atau dikutip dari Stylecraze.com, berbagai kandungan dari asam lemak meliputi asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat mampu menembus beberapa lapisan kulit. itu yang pertama dari manfaaf vco adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh terutama pada kulit kita

MencegahTekanan Darah Tinggi dan Penyakit Jantung?

VCO sangat kaya akan asam laurat yang bisa bermanfaat untukmenjaga kesehatan jantung kita dan tidak hanya dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, tetapi juga untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL). Dalam sebuah uji coba yang diumumkan dalam Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa konsumsi secara rutin setiap hari 2 sendok makan virgin coconut oil maka mampu meningkatkan kolesterol HDL. Selain itu juga pernah dilakukan kepada pasien penyakit jantung koroner yang melakukan diet virgin coconut oil mengalami peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dan penurunan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung kita dapat meningkat dan risiko terkena penyakit jantung akan menurun. Oleh karena itu kita bisa mengganti minyak biasa dalam memasak diganti dengan minyak ini agar dapat membantu menjaga kadar trigliserida yang sehat, asalkan diiringi dengan diet sehat dan rutin berolahraga.

Minyak Kelapa bermanfaat menyehatkan dan menguatkan rambut

Manfaat VCO Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

VCO sudah banyak yang menggunakan dominan oleh wanita di daerah pesisir pantai tropis unutk rangkaian perawatan rambutnya sehari-hari agar menjadi lebih cantik. Manfaatnya yaitu untuk membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut. Tak hanya itu, virgin coconut oil bisa melembutkan rambut dan membersihkan rambut kita dari ketombe yang banyak. menggunakan virgin coconut oil pada rambut yang rusak dan sehat dapat juga menambah kadar protein dan untuk melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa untuk mencegah kerapuah pada kuku setiap manusia. Virgin coconut oil juga baik untuk membantu proses pertumbuhan kembali atau ulang pada rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan dengan mengurangi pembentukan rambut bercabang karena proteinnya yang tinggi mengisi celah di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimia yang keras. Agar virign oil ini digunakan untuk perawatan kecantikan maka kita cukup oleskan saja ke rambut dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh?

VCO mengandung asam laurat (monolaurin) yang telah terbukti dari kesehatan untuk melawan bakteri dan menciptakan lingkungan yang tidak bersahabat untuk virus yang mengganggu kesehatan manusia, mengingat saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat, jamur, virus dan parasit dalam tubuh. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsi secara ruton satu sendok makan virgin coconut oil sebanyak tiga kali sehari saat kita sedang sakit.

Melindungi dari Karies Gigi

VCO bisa bermanfaat untuk kesehatan salah satunya juga bisa melindungi dari Karies Gigi. Berkumur atau meng oleskan minyak kelapa pada gigi dapat membantu menghilangkan plak gigi dan radang gusi. bersifat antimikroba merupakan Manfaat virgin coconut oil yang dapat mematikan sebagian besar bakteri yang bisa menyebabkan karies. Sifat-sifat dari komponen aktif antiinflamasi dan antimikroba dapat membuat vco menjadi bahan perawatan gigi yang aman dan murah.

Mengatasi Obesitas?

Manfaat VCO Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

VCO bisa mengatasi Obesitas? Obesitas merupakan salah satu masalah bagi kesehatan yang terbesar di dunia. Trigliserida dalam virgin coconut oil bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. rasa lapar pada perut kita juga akan berkurang apabila dalam memasak kita menggunakan virgin oil dalam makanan kita karena kandugan dari asam lemak yang terdapat pada vco

Obesitas merupakan kondisi kronis dimana bisa mengakibatkan penumpukan lemak pada tubuh yang sangat tinggi. Penyebab dari obesitas bisa dari asupan kalori yang lebih banyak dibanding dengan aktivitas membakar kalori, sehingga kalori yang terlalu banyak menumpuk dalam bentuk lemak. Dan jika kondisi tersebut telah terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka akan menambah berat badan kita sehingga bisa mengalami obesitas. Obesitas merupakan masalah yang semakin meningkat di dunia. Oleh karena iut menjadi tantangan terbesar dalam mencegah pertumbuhan penyakit kronis di dunia. Maka dari itu obesitas juga disebabkan oleh perkembangan industri dan ekonomi yang cepat, serta perubahan dari gaya hidup manusia, asupan nutrisi yang selalu tambah banyak dari makanan olahan, atau diet dengan tinggi kalori. Dalam sebuah penelitian pada 14 pria sehat menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak kandungan trigliserida saat sarapan cenderung makan lebih sedikit kalori saat makan.

Menurunkan Berat Badan

VCO dipercaya bisa untuk membantu membakar lemak pada tubuh kita, terutama di bagian perut, dan mengurangi nafsu makan. Tidak seperti lemak lainnya, asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa ini tidak menyebar dalam aliran darah sehingga dapat mencegah hiperkolesterolemia (kadar kolesterol darah tinggi). Dia berubah menjadi energi yang bisa membuat tubuh kita tidak menyimpan lemak. Namun virgin coconut oil mempunyai kalori yang tinggi sehingga harus dicampur dengan diet sehat dan olahraga secara rutin untuk bisa menurunkan berat badan.

Mengatasi Diabetes

Manfaat VCO untuk kesehatan juga bisa Untuk Mengatasi Diabetes Loh! Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa yaitu sumber energi utama untuk sel tubuh manusia. Glukosa yang kebanyakan di dalam darah kita akibat dari tidak diserapnya sel tubuh dengan baik maka bisa menyebabkan berbagai masalah pada organ tubuh. Timbulnya masalah dari berbagai penyakit yang membahayakan nyawa penderita diabetes ini bisa disebabkan oleh salah satunya yaitu tidak terkontrolnya diabetes dengan baik. Kadar gula bagi darah di kontrol oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Bagi penderita diabetes ini, pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh pada tubuh kita. Dengan tidak adanya insulin, sel-sel tubuh tidak bisa menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Meningkatkan Fungsi Otak Kita?

Dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan oleh Journal of Neurobiology of Aging pada 2004 menemukan bahwa kandungan asam lemak dalam virgin coconut oil dapat meningkatkan memori pada lansia. Meningkatkan kemampuan mengingat juga telah dialami oleh semua pasien yang mengonsumsi asam lemak pada minyak ini atau vco. Yah salah satu manfaat dari minyak kelapa ini adalah bisa meningkatkan otak

Menyembuhkan Infeksi Jamur

Yang lebih rentan terhadap infeksi jamur adalah seorang wanita. Diabetes dan obesitas juga merupakan penyebab bagi pria yang mengalami infeksi jamur yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Melihat pada pengobatan tradisional Tiongkok. Memanfaatkan kandungan asam kaprat dan asam laurat dalam virgin coconut oil untuk mengatasi infeksi jamu dan kandugan asama kaprilatnya dapat menghancurkan bakteri yang berbahaya

Mengurangi Resiko Kanker

Perbedaan dari VCO atau mentega, minyak kelapa ini bisa menjadi perlindungan yang baik bagi kanker payudara dan usus besar orang. Hal ini berdasarkan penelitian yang melihatkan bahwa minyak kelapa mampu atau bisa memperlambat pertumbuhan tumor usus besar dan payudara. Seringkali pasien atau penderita kemoterapi merasa lemah yang disebabkan oleh rendahnya nafsu makan rendah. Menambahkan minyak ini ke dalam masakan atau makanan dapat meningkatkan energi, gizi, dan metabolisme bagi tubuh kita.

Menyeimbangkan Hormon

Manfaat VCO untuk kesehatan juga bisa Menyeimbangkan Hormon pada tubuh. Yang ada di dalam virgin coconut oil atau vco adalah Asam lemak yang bisa mempercepat metabolisme dapat meningkatkan energi dan merangsang fungsi tiroid. Selain hal itu kandungan asam laurat juga membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama selama menopause.

Meningkatkan Tenaga

VCO ini bisa kita jadikan untuk meningkatkan tenaga karena mudah untuk kita masukan kedalam masakan agar bisa kita makan, dan manfaat yang nanti kita rasakan juga bisa unutk meningkatkan tenaga kita. dengan kita menambahkan minyak kelapa di dalam masakan kita maka akan mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini atau vco. Virgin coconut oil mudah dicerna oleh lambung dan dapat meningkatkan energi. Tak hanya itu, virgin coconut oil juga banyak dikonsumsi oleh atlet sebelum dan selama berlatih sebagai sumber energi bagi tubuh. Mereka biasanya mencampurkannya pada smoothie, kopi, atau dioleskan ke roti sebagai pengganti mentega.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat VCO Untuk Kesehatan yang terakhir ialah Melancarkan Pencernaan. Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi. Pencernaan terjadi pada organisme multi sel, sel, dan tingkat sub-sel, biasanya pada hewan. Didalam pencernaan kita biasanya dibagi menjadi aktivitas mekanik dan kimia. Dalam kebanyakan vertebrata, pencernaan adalah suatu proses banyak-tingkat dalam sebuah sistem pencernaan, setelah ingesti dari bahan mentah, kebanyakan organisme lain. Proses ingesti biasanya melibatkan beberapa tipe manipulasi mekanik.

Dengan mengonsumsi virgin coconut oil akan membantu terhindar dari tukak lambung. Terlebih jika kalian telah mengonsumsinya secara teratur bersamaan dengan asam lemak omega-3 maka akan membuat penyerapan bekerja lebih secara efektif. Selain itu, Berhati-hatilah dalam memilih produk virgin coconut oil yang dijual di pasaran. perhatikan baik-baik sebelum kalian membelinya. Lihat ciri-ciri produk yang original karena terdapat beberapa penjualan yang kualitas beda dengan yang aslinya

 

Cara Membuat VCO Untuk Kesehatan

Membuat VCO

  1. Pertama kupaslah buah kelapa yang sudah tua, 11- 12 bulan setelah itu belah. Parut secara manual atau menggunakan mesin. Parutan kelapa ditambah air dengan perbandingan satu banding 2. Peras dengan tangan lalu saring untuk memperoleh santan.
  2. Taruh santan ke dalam wadah transparan lalu diamkan selama 2-3 jam sampai terbentuk 2 lapisan, krim dan air. Pisahkan krim dari skim dengan cara menyedot bagian skim ke luar. Pemisahan dapat pula dilakukan dengan alat pemisah krim.
  3. Taruh krim ke dalam wajan lalu panaskan perlahan pada suhu 95-100°C sampai terbentuk minyak dan blondo. Saat blondo masih berwarna putih, bahan diangkat dan didinginkan. Biarkan selama 1 jam lalu saring untuk memisahkan minyak dan blondo. Minyak dipanaskan lagi selama 10-15 menit. Dinginkan dan saring untuk mendapatkan minyak kelapa murni.

 

Nah itu dia teman-teman Manfaat VCO untuk kesehatan dan Cara Membuatnya , semoga kalian bisa memahami denga baik . Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa di share ke teman-teman kalian di social media agar mereka semua tahu.

WhatsApp Chat Whatsapp!