Hai Kak…! Ini Loh 9 Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

9 Manfaat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

Anda tahu VCO? Mungkin mendengar namanya pun sudah tak asing bagi kita. VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali dan tanpa bahan kimia. Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat virgin coconut oil sangat bagus untuk perawatan kecantikan kulit karena virgin coconut oil memiliki kandungan utama, yaitu asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Baca Juga : Manfaat VCO Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Manfaat Virgin Coconut Oil

Manfaat Virgin Coconut Oil

Virgin Coconut Oil sudah dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak sekali manfaat. Termasuk untuk kecantikan. Apa saja manfaat VCO untuk kecantikan?

  1. Pelembap Wajah

VCO mampu melembapkan kulit, termasuk kulit wajah. Oleh karena itu, VCO dapat digunakan sebagai pengganti pelembap wajah yang biasa dipakai. Caranya, tuang sedikit saja VCO di telapak tangan, lalu panaskan dengan cara mengusap kedua telapak tangan. Tepuk-tepuk ke wajah. VCO mampu melembapkan wajah tanpa membuatnya tampak berminyak berlebihan.

  1. Penebal Bulu Mata dan Rambut Alis

Bila anda kurang percaya diri dengan bulu mata atau rambut alis yang kurang tebal, anda bisa manfaatkan VCO untuk itu. Sebelum tidur, oleslah VCO ke bulu mata dan alis secara rutin hingga hasilnya mulai terlihat. Tentunya dengan bahan alami hasilnya tidak instan, namun juga tidak ada risiko buruk yang menyertainya.

  1. Make-up Remover

Bagi anda yang sering memakai make up, tentunya perlu pembersih make up khusus yang bisa menghapus seluruh make up agar tidak menimbulkan jerawat. VCO juga bisa anda manfaatkan sebagai pembersih make up. Caranya, tuang VCO agak banyak di telapak tangan, lalu pijat ke wajah dengan gerakan memutar. Hal ini akan membuat make up luntur. Pijat selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air. Make up waterproof pun bisa luntur oleh VCO.

  1. Conditioner Rambut

Bila rambut anda kasar atau kering, anda bisa mencoba memakai VCO sebagai conditioner rambut. VCO sudah terkenal dengan kemampuannya menghaluskan bahkan menghilangkan ketombe pada rambut. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya, santan, yang juga sangat baik untuk rambut. Ingin memperoleh rambut yang halus? Oleskan secara merata pada kulit kepala setengah jam sebelum keramas. Bila dipakai secara rutin, rambut anda akan halus, kerontokan berkurang dan bahkan ketombe hilang.

  1. Lip Balm

Selain melembapkan wajah, VCO juga baik untuk melembapkan bibir yang pecah-pecah. Jika kamu tidak ingin memakai lip balm di pasaran yang mengandung bahan kimia, VCO adalah alternatif yang tepat untuk itu. Sebelum tidur, oles VCO ke bibir. Esok paginya, bibir anda akan bebas dari kulit mati dan lebih lembut. Plusnya lagi, anda bisa memakai lipstick tanpa khawatir bibir akan pecah-pecah hingga membuat tampilan make up anda jelek. Bila dipakai rutin, bukan hanya melembapkan bibir, VCO juga bisa mengembalikan warna alami bibir anda.

  1. Shaving Oil

Kegiatan mencukur akan lebih aman dan bebas gatal bila menggunakan shaving cream atau shaving oil yang tepat. VCO dapat anda gunakan sebagai shaving oil untuk mencegah iritasi. Caranya, oleskan VCO ke tempat di mana anda akan mencukur bulu, lalu mulai mencukur. Selain membuat kulit lembap, VCO yang digunakan sebagai shaving oil juga mencegah kulit iritasi akibat pisau cukur. Dan yang pasti, shaving oil dari VCO lebih aman daripada shaving cream yang dijual di pasaran.

  1. Cleansing Oil

Tidak hanya membersihkan wajah dari make up, VCO juga bisa digunakan sebagai cleansing oil yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari minyak berlebih, debu, dan kotoran. Sedikit berbeda ketika dipakai untuk membersihkan make up, VCO saat digunakan sebagai cleansing oil hanya perlu dipijat di bagian wajah selama 30 detik saja. Setelah itu tutupi wajah dengan handuk bersih yang sudah diuap atau dicelupkan ke dalam air hangat. Setelah 30 detik, buka handuk dari wajah, jangan gosok handuknya ke wajah karena akan memicu iritasi. Setelahnya, anda bisa membilas dengan air dingin agar pori-pori tertutup.

  1. Obat Jerawat

Masalah jerawat merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang, terutama pada remaja. Jerawat bisa disebabkan karena adanya kuman dan bakteri pada kulit. Pada VCO mengandung zat anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Dengan melakukan perawatan menggunakan minyak VCO, maka akan membantu menghilangkan jerawat di wajah sekaligus mencegah timbulnya jerawat batu. VCO dapat menjadi obat jerawat tanpa menutup pori-pori yang umumnya dikhawatirkan banyak orang. Hal ini karena VCO lebih ringan dan mudah meresap sehingga tidak akan menyumbat pori. Pakailah saat malam sebelum tidur dengan cara mengoleskan sedikit demi sedikit VCO ke jerawat.

  1. Body Lotion

Selain untuk wajah, VCO juga bagus untuk melembapkan kulit tubuh. Tentunya VCO bisa jadi pengganti body lotion anda. Usapkan secara merata pada tubuh anda di malam hari sebelum tidur. VCO memiliki kemampuan meresap yang baik sehingga tidak akan terasa lengket saat tidur. Paginya, anda akan merasa kulit lebih lembap dan lembut. VCO aman dipakai pagi hari karena tidak bersifat tanning seperti Olive Oil, akan tetapi bagi yang tidak terbiasa mungkin akan terasa lengket, gerah, dan tidak nyaman. Oleh karena itu baiknya dipakai di malam hari.

Tips Agar Penggunaan VCO Lebih Maksimal

Berikutnya, agar manfaat atau hasil dari penggunaan VCO ini bisa didapat dengan cepat dan maksimal, selain dilakukan dengan cara dipakai langsung pada kulit wajah atau rambut, anda bisa coba juga dibarengi dengan mengkonsumsi VCO dengan cara diminum. Gunakan sebanyak satu sendok makan VCO untuk diminum setiap harinya. Meminum VCO selain bisa melancarkan pencernaan juga mampu merawat kecantikan kulit dari dalam. Dengan mengkonsumsi secara teratur maka hasil yang anda dapatkan akan cepat dan maksimal seperti apa yang anda inginkan, cara ini patut anda coba karena tidak menutup kemungkinan bahwa untuk menghasilkan kecantikan kulit dari luar perlu juga untuk diimbagi dengan mengkonsumsinya, yaitu perawatan dari dalam tubuh.

Bagaimana? cukup banyak kan manfaat yang terkandung pada virgin coconut oil, mulai dari untuk merawat kecantikan wajah dari luar hingga perawatan dari dalam tubuh. Virgin coconut oil banyak dimanfaatkan para industri komestik sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan, karena manfaat virgin coconut oil sudah terbukti keampuhannya untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Minyak ini perlu anda coba karena kemungkinan besar manfaat yang bisa anda terima setelah mencoba virgin coconut oil akan memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit anda.

Untuk mmebuat VCO dalam jumlah banyak, gunakanlah mesin parut kelapa agar lebih mengefisienkan waktu anda.

Sekian selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •