Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Manfaat Minyak Klentik Untuk Ibu Hamil, siapa yang belum tahu bahwa Minyak klentik memiliki banyak banget manfaat bagi kita semua lohh.

Minyak Klentik adalah salah satu produk yang memiliki banyak banget manfaat dan banyak ditemukan di sekitar lingkungan kita. Ibu yang sedang hamil apabila menggunakan minyak klentik juga memiliki banyak banget manfaat baginya,Maka saat hamil ibu disarankan memperbanyak asupan superfood seperti minyak klentik . Mengapa? karena nutrisi dalam minyak klentik dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan janin pada sang ibu yang sedang hamil . Jadi apa manfaat minyak klentik untuk ibu hamil?

Masa kehamilan hampir mengubah segalanya. Mulai dari perubahan fisik hingga sifat ibu. Nah, ada beberapa cara untuk mencegah perubahan fisik yang drastis.

Salah satunya menggunakan virgin coconut oil (VCO) atau minyak klentik . Ibu perlu mengetahui bahwa ada banyak banget manfaat minyak klentik untuk ibu hamil.

Siapa saja si yang penasaran? mari kita baca sampai selesai dan tidak ada yang tertinggal agar kita semua mengetahuinya dengan baik.

Manfaat Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

Melihat dari berbagai sumber, Minyak kelapa adalah minyak nabati utama yang diekstraksi dari inti kelapa matang yang dipanen dari klentik sawit. Banyak banget Manfaat dari Minyak klentik Klentik.

Berikut ini manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil yang bisa Ibu ketahui.

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

minyak klentik untuk kehamilan yang pertama ialah bisa meningkatkan kekebalan tubuh seseorang apabila telah rutin menggunakan minyak kelapa dalam proses kehamilan seorang ibu

Lemak jenuh pada terkandung lebih dari 90% didalam Minyak kelapa . Asam laurat Merupakan Lemak utama dalam minyak kelapa , asam lemak rantai sedang yang telah terbukti memiliki efek positif pada kadar kolesterol baik kamu serta fitur antimikroba yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan berpotensi juga sistem kekebalan tubuh bayi kamu.

2. Membantu Menyerap Vitamin

Apabila kalian atau ibu kalian mengalami kehamilam maka Minyak kelapa bermfaat bagi kehamilan kalian cukup banyak, dan salah satunya membantu menyerap vitamin pada tubuh kalian seorang ibu atau calon.

Minyak kelapa adalah lemak ‘sehat’ yang akan membantu kamu untuk menyerap vitamin yang larut dalam lemak dan menjadikannya sebagai pendorong nyata bagi nutrisi kehamilan yang baik. Ini membantu kamu untuk menyerap kalsium yang penting untuk perkembangan tulang yang sehat.

3. Merangsang Pembuatan ASI

Asam laurat dalam minyak kelapa dapat merangsang produksi Air Susu Ibu (ASI) , asam laurat adalah asam lemak yang sama yang secara alami terdapat dalam ASI, membantu melindungi ibu hamil dan bayi dari infeksi virus, bakteri, dan jamur.

 

4. Bermanfaat Untuk Diet Kehamilan

Minyak klentik yang dikonsumsi secara teratur sebagai bagian dari diet kehamilan kamu dapat membantu menenangkan perut ibu hamil. Satu sendok makan minyak dapat membantu meringankan mual kehamilan dan meringankan mulas kehamilan. Aduk ke dalam sup, smoothie atau semangkuk bubur di pagi hari.

5. Melembabkan Kulit Pada Tubuh

Gosokkan pada perut ibu hamil untuk membantu memerangi tanda peregangan kehamilan dan gunakan setelah bayi kamu lahir untuk membantu menghilangkan tanda. Ini sangat menenangkan jika kulitmu terasa gatal dan tidak nyaman.

6. Melembabkan Rambut 

Oleskan sedikit minyak klentik ke rambut kamu setelah dicuci untuk kunci rambut yang lebih lembut dan mengkilap.

7. Mengurangi Morning Sickness

Minyak klentik memiliki sifat menenangkan, sehingga menjadi solusi sempurna untuk semua masalah kehamilan, termasuk morning sickness dan konstipasi. Minyak kelapa juga berkontribusi dalam mengurangi dampak refluks asam yang dapat menyebabkan rasa terbakar (heartburn) di dada. Sifatnya yang menenangkan akan membuat tidur lebih nyenyak.

8. Mencegah Strech Marks

Kehamilan dapat meninggalkan stretch marks yang sangat buruk pada area perut. Stretch marks terjadi akibat peregangan kulit dan otot-otot di bagian perut untuk mengakomodasi bayi yang sedang tumbuh.

Penggunaan minyak klentik secara regular selama masa kehamilan dapat mencegah terbentuknya stretch marks, karena minyak kelapa akan melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

9. Mencegah Penyakit Dari Bakteri

Minyak klentik memiliki senyawa antivirus dan antijamur yang efektif dalam mencegah batuk, flu dan infeksi virus lainnya. Minyak kelapa menjadi ‘pelindung’ tubuh paling manjur untuk ibu hamil, mengingat sistem kekebalan tubuh mudah terganggu selama masa kehamilan

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur, tubuh akan terhindar dari obat-obatan kimiawi yang memiliki efek buruk bagi kesehatan janin. Cukup mengkonsumsi 2 sdm minyak kelapa setiap harinya dan rasakan khasiatnya.

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli minyak kelapa serta berbagai jenis bahan makanan berkualitas lainnya di Sayurbox. Tunggu apalagi?

10. Sifat anti-infeksi

Minyak klentik sangat baik dalam mencegah sebagian besar infeksi jamur, virus, dan bakteri. Hanya mengonsumsi sekitar dua sendok makan sehari dapat memberikan kekebalan selama kehamilan, sehingga melindungi ibu dan bayi yang belum lahir dari flu, pilek, dan penyakit umum lainnya.

11. Sumber asam laurat

Setelah ASI, minyak klentik adalah sumber asam laurat terbaik berikutnya. Asam laurat membantu produksi ASI selama dan setelah kehamilan sehingga bayi akhirnya mendapatkan ASI berkualitas tinggi yang akan membuatnya tetap sehat.

12. Pengganti produk susu

Kehamilan dapat menyebabkan kita menghindari beberapa makanan. Keengganan untuk mengonsumsi produk susu memang cukup umum, namun untuk masalah tersebut, minyak klentik dapat menjadi solusi yang bagus lho Bun sebagai alternatif pengganti dengan kualitas yang hampir sama. Kehamilan dapat membawa sejumlah masalah kecil seperti mual di pagi hari, sembelit atau mulas. Minyak klentik adalah solusi alami yang sempurna untuk semua efek samping kehamilan karena memiliki efek yang sangat menenangkan pada perut dan berkontribusi untuk mengurangi dampak refluks asam.

13. Mengatasi efek samping kehamilan

Kehamilan juga bisa membuat ibu hamil tidak bisa tidur dan kelelahan, nah minyak kelapa bisa diaplikasikan sebagai krim mata untuk mengurangi visibilitas lingkaran hitam di daerah mata.

14. Menenangkan ibu menyusui

Di antara banyak masalah yang dihadapi ibu menyusui, salah satu yang paling menyusahkan adalah puting susu yang retak dan masam. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengaplikasi minyak kelapa topikal ke daerah tersebut.

15. Mengatasi kulit kepala kering

minyak klentik untuk kehamilan Masalah umum selama kehamilan yang diakibatkan oleh fluktuasi hormon adalah kulit kepala kering. Untuk mengatasi masalah ini, oleskan sedikit minyak pada kulit kepala dan biarkan semalaman.

Hari berikutnya bisa dicuci menggunakan air hangat. Hasilnya, akan menyehatkan kulit kepala dan menjaga dari kekeringan.

16. Mengatasi stretch marks

minyak klentik untuk kehamilan Kehamilan dapat meninggalkan beberapa tanda peregangan yang sangat buruk di seluruh perut yang disebut sebagai stretch mark. Ini terjadi karena peregangan kulit dan otot-otot yang cenderung membuat kulit kendur setelah melahirkan.

Untuk mengatasinya, aplikasi minyakkan klentik selama kehamilan untuk mencegah pembentukan stretch mark. Karena minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Lalu seberapa aman minyak klentik digunakan selama kehamilan?

Konsumsi minyak klentik dalam jumlah sedang selama kehamilan cukup menguntungkan. Minyak kelapa hampir 100 persen adalah lemak jenuh dan sesuai anjuran American heart Association dan organisasi kesehatan lainnya, disarankan untuk membatasi asupan lemak jenuh.

Penting juga untuk dipahami bahwa tidak semua lemak jenuh dapat berdampak buruk pada tubuh. American Heart Association merekomendasikan mengonsumsi lemak jenuh sebaiknya tidak lebih dari 5 hingga 6 persen dari jumlah kalori harian.

Mengonsumsi minyak klentik dalam jumlah sedang, akan memastikan bahwa tubuh ibu hamil dapat menyerap vitamin yang larut. Pada gilirannya, minyak kelapa akan membantu tubuh ibu dan bayi yang belum lahir memperoleh nutrisi secara maksimum.

17. Sebagai Suplemen Kesehatan

minyak klentik untuk kehamilan Moms bisa menambahkan satu sendok minyak kelapa ke dalam smoothie favorit, teh, bahkan makanan.

Katie Wells, CTNC, MCHC, konselor gizi dan kesehatan dari Amerika Serikat, mencatat bahwa minyak klentik mengandung lemak sehat yang penting untuk Moms dan janin yang sedang tumbuh.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil juga memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung perkembangan otak bayi, dan memengaruhi kualitas ASI di masa mendatang.

Mengonsumsi sekitar dua sendok minyak kepala sehari dipercaya dapat memberikan kekebalan tubuh selama kehamilan. Ibu hamil dan bayi pun terhindari dari flu, pilek, dan penyakit umum lainnya.

18. Memiliki Sifat Anti Infeksi

minyak klentik untuk kehamilan Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil ternyata sangat baik untuk mencegah sebagian besar infeksi jamur, virus, dan bakteri.

Hanya sekitar dua sendok makan sehari dapat memberikan peningkatan kekebalan selama kehamilan, sehingga dapat melindungi dan bayi yang belum lahir dari flu, pilek, dan penyakit umum lainnya, mengutip Tufts Now.

19. Mencegah Stretch Mark dan Menenangkan Kulit Gatal

minyak klentik untuk kehamilan Selama hamil, kulit di sekitar perut akan mengalami peregangan. Akibatnya, kulit terasa gatal dan menggaruknya akan meninggalkan bekas stretch mark. menurut Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology,

Moms bisa oleskan minyak untuk mencegah bekasnya.

Menurut New Health Advisor, minyak kelapa menembus lebih dalam ke kulit Moms. Artinya, VCO bisa digunakan untuk mencegah terbentuknya stretch mark, dan mungkin membantu menghilangkannya di kemudian hari.

Ini menjadi manfaat minyak klentik untuk ibu hamil yang tak kalah menakjubkan.

20. Sumber Asam Laurat yang Hebat:

Setelah ASI, minyak klentik merupakan sumber asam laurat terbaik berikutnya. Ini menjadi manfaat minyak klentik untuk ibu hamil lainnya.

Asam laurat membantu produksi ASI selama dan setelah kehamilan sehingga Si Kecil mendapatkan ASI berkualitas tinggi yang akan membuatnya tetap sehat.

21. Mencegah Lingkaran Bawah Mata

Tahu tidak, Moms minyak klentik untuk kehamilan? Minyak kelapa adalah penghapus makeup dan pelembap yang hebat. Ini menjadi manfaat minyak klentik untuk ibu hamil selanjutnya.

Women’s Health mencatat bahwa minyak kelapa juga dapat membantu mencegah lingkaran hitam yang mengganggu di bawah mata karena kurang tidur selama kehamilan. Terutama setelah bayi lahir nanti.

22. Dapat Mengganti Susu dan Produk Olahannya

minyak klentik untuk kehamilan Semua produk susu dipenuhi dengan kebaikan. Namun, tidak semua orang bisa memiliki semuanya selama kehamilan.

Kehamilan dapat menyebabkan keinginan makan yang sangat aneh serta keengganan.

Ketidaksukaan terhadap makanan terhadap produk susu cukup umum, dan bagi mereka yang melewatkan susu dan produk olahannya, minyak klentik bisa menjadi alternatif yang bagus dengan kualitas yang hampir sama.

23. Memerangi Jerawat Kehamilan

minyak klentik untuk kehamilan Tidak semua orang mengalami pregnancy glow saat menjalani masa kehamilan. Sebagian malah diserbu jerawat hormonal. Apakah Moms mengalaminya juga?

Jika Moms kesulitan dengan jerawat yang disebabkan oleh kehamilan, ada manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil yang dapat membantu menangani kondisi ini.

Dilansir dari situs Belly Belly, sifat antibakteri pada VCO dapat membantu mengobati jerawat hormonal pada ibu hamil. Caranya juga mudah, cukup oleskan secara tipis pada kulit berjerawat setiap selesai mandi.

24. Tingkatkan Imunitas Tubuh

minyak klentik untuk kehamilan Moms harus mengonsumsi sekitar dua sendok makan minyak kelapa murni setiap hari.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil ini berkontribusi untuk mengembangkan kekebalan tubuh, dan bahkan kekebalan bayi akan lebih kuat, menurut Dietitian Australia.

Selain itu, minyak klentik akan membantu dengan gejala terkait kehamilan lainnya, seperti mual di pagi hari, mulas, dan sembelit.

25. Mengobati GERD

GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Jika Moms memiliki penyakit asam lambung saat menjalani masa kehamilan, VCO salah satu solusinya.

Dikutip dari Dr. Josh Axe, DC, DNM, CNS, dokter pengobatan alami dari Amerika Serikat, minyak klentik meningkatkan pencernaan yang sehat dan anti-inflamasi.

Keduanya penting dalam membantu meredakan refluks alias asam lambung naik yang menyakitkan selama akhir kehamilan. Tak heran bila ini termasuk dalam manfaat minyak klentik untuk ibu hamil.

26. Melembapkan Kulit Kepala Kering

minyak klentik untuk kehamilan bisa menyebabkan kerusakan pada rambut Moms. Bisa kering, bahkan rapuh.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil dapat mengatasi kondisi ini. Moms bisa membuat masker minyak klentik .

Caranya, oleskan langsung ke rambut dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan sampo.

27. Gunakan Untuk Minyak Pijat

minyak klentik untuk kehamilan bermanfaat bisa  digunakan untuk minyak pijat dalam memijat seseorang ibu hamil

Terkadang, kehamilan datang disertai rasa sakit dan nyeri otot, terutama di trimester 3.

Manfaat minyak klentik untuk ibu hamil bisa digunakan sebagai pengganti losion atau minyak pijat biasa.

Selain bagus pula untuk kelembapan kulit Moms, rasa sakit pun ikut reda.

Penyajian Minyak Klentik untuk Ibu Hamil

minyak klentik untuk kehamilan

 

Ada banyak cara untuk memasukkan minyak klentik ke dalam makanan harian kehamilan. Mengutip Mom Junction, berikut ini beberapa cara penyajian yang dapat Moms coba.

1. Tambahkan Minyak Kelapa Ke Smoothie

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengonsumsi minyak klentik saat hamil. Moms bisa menambahkan sekitar satu sendok makan minyak kelapa murni ke dalam smoothie.

Ini akan memberikan Moms asupan asam laurat secara konsisten serta dapat memberikan minuman yang mengenyangkan dan memberi energi.

2. Tumis Camilan Sehat dengan Minyak Kelapa

Jika Moms suka sayuran digoreng sebagai camilan, maka bisa menumisnya dengan minyak klentik , sekaligus merasakan manfaat minyak klentik untuk ibu hamil.

Minyak klentik memiliki toleransi yang tinggi terhadap panas dan karenanya, salah satu yang terbaik untuk menggoreng dan memasak tanpa mengkhawatirkan racun dalam minyak super-panas.

3. Gunakan Sebagai Olesan Roti

Moms bisa mencampurkan minyak klentik dengan bubuk cokelat dan menggunakannya sebagai olesan pada roti cokelat gandum.

Tak hanya itu, bisa juga mengolesi minyak klentik ke buah-buahan favorit dengan beberapa olesan cokelat yang lezat, dan nikmati manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil yang kaya serat.

4. Gunakan Krim klentik Sebagai Pengganti Susu

Krim klentik bisa digunakan sebagai pengganti susu dalam teh. Tentu saja, Moms harus menjauhi kafein selama kehamilan.

Selain itu, sebagai bahan dasar krim untuk smoothie, krim klentik bisa menjadi alternatif yang bagus dan bergizi untuk susu biasa. Moms juga tentunya dapat merasakan manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil.

5. Smoothie Tropis Krim Kelapa

Ambil setengah cangkir mangga, nanas, dan pepaya beku. Tambahkan sepertiga cangkir krim klentik atau kefir klentik ke dalamnya.

Moms juga dapat menambahkan makanan super penambah kesuburan lainnya seperti maca, spirulina, atau minyak biji rami. Sebisa mungkin, coba menggunakan bahan-bahan organik sejauh mungkin.

Itu hanya sebagian manfaat minyak klentik untuk ibu hamil. Moms bisa menggali manfaat lainnya setelah melahirkan. Jadi, selalu siapkan stok minyak di rumah ya, Moms.

Perlu diingat pula bahwa kondisi tubuh setiap ibu hamil berbeda-beda. Oleh karena itu, Moms bisa konsultasi dulu dengan dokter mengenai penggunaan VCO selama masa kehamilan.

WhatsApp Chat Whatsapp!