Cara Mengolah Daging Giling Sapi

olahan daging giling sapi

Sebagian orang menyebut olahan daging giling dengan daging cincang, pada dasarnya itu sama saja. Yang pasti daging olahan ini menjadi andalan para ibu rumah tangga.

Daging sapi giling atau cincang ini bisa diolah menjadi berbagai resep olahan daging sapi yang enak dan bergizi. Ada daging giling tanpa lemak dan ada juga yang rendah lemak. Anda dapat menyajikan daging giling sapi dalam hidangan yang basah atau kering, digoreng, direbus, dipanggang, diasinkan, dan diasapi. Daging sapi giling dapat dibeli atau dibuat sendiri dengan choper dan mesin dagiing giling bakso.

Pengertian Daging Sapi

olahan daging giling sapi

Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging sapi berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Misalnya iga dan T-bone sangat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan steak di Eropa dan Amerika Serikat, sehingga bagian dari daging sapi ini banyak diperdagangkan.

Akan tetapi seperti di Indonesia dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti sup konro dan rendang. Selain itu ada beberapa bagian daging sapi lain seperti lidah, hati, hidung, jeroan dan buntut hanya digunakan di berbagai negara tertentu sebagai bahan dasar makanan

Jenis Sapi Potong

1. Limousin

Awalnya, sapi limousin dikembangkan di Prancis. Habitat asli sapi limousin adalah kawasan dengan cuaca dingin dan jarang ditumbuhi hijauan atau rumput. Kondisi ini menyebabkan sedan memiliki sistem imun yang kuat.

Saat ini limusin menjadi andalan ternak bagi para peternak karena kualitas dagingnya yang tinggi. Berat maksimalnya mencapai 1,2 ton. Ciri-cirinya antara lain kulit coklat tua, kaki putih, dan badan yang panjang.

2. Simmental

Asalnya dari Lembah Simme, Oberland Berner, Swiss. Sapi ini memiliki karakteristik fisik berwarna kuning keemasan hingga cokelat. Bagian wajah, ekor, dan lututnya didominasi putih. Potensi bobotnya antara 600 kg sampai 1,7 ton.

3. Brahman

Sapi brahman merupakan ternak asli India dengan ciri khas punuk besar di atas bahu. Di bagian bawah leher terdapat gelambir yang melebar sampai ke perut, tanpa tanduk, dan berwarna merah atau hitam. Sapi brahman dewasa berbobot 1,1 ton dengan persentase karkas 45-50%.

4. Peranakan Ongole

Peranakan ongole berasal dari persilangan sapi jawa dan ongole. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada sapi ongole, didominasi warna putih, berpunuk, dan bergelambir. Bobot tubuhnya hanya mencapai 350 kg.

5. Sapi Bali

Sapi bali tergolong unik karena bagian pantatnya dan lutut hingga tungkai dipenuhi warna putih. Tubuhnya pendek denga bobot maksimal 400 kg. Mulanya, sapi ini berwarna merah keemasan, lalu yang jantan berubah hitam saat mencapai usia dewasa.

baca juga resep bistik daging giling, cara lain menikmati daging sapi

6. Sapi Madura

Sapi madura sering digunakan sebagai pacuan dan lomba. Ketika menginjak umur dewasa, bobot sapi ini antara 350-500 kg. Daya tahan tubuhnya termasuk kuat dan mampu bertahan hidup di cuaca tropis. Warna khasnya adalah merah bata dengan tanduk kecil di kepalanya.

7. Sapi Aceh

Perkawinan silang antara Bos sundaicus dan Zebu menghasilkan genetik baru, yaitu sapi aceh. Gelambir dan punuk di punggung menjadi ciri khas sapi ini. Sapi aceh mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan daya tahan tubuhnya kuat. Di samping itu, sapi aceh mampu bertahan hidup meskipun kualitas pakannya jelek.

Di Indonesia olahan daging giling sapi diubah menjadi berbagai macam makanan seperti bakso, bistik daging giling, dan yang paling banyak adalah steak. Untuk steak sendiri bukanlah berasal dari Indonesia, nah maka dari itu yuk kenali steak lebih dekat!

Sejarah Singkat Olahan Daging Steak

daging steak

Olahan daging steak memang identik dengan kuliner Western. Sebuah sumber menyebutkan bahwa daging steak sapi diperkenalkan pertama kali oleh Bangsa Spanyol ke Meksiko pada Tahun 1540. Pada Abad ke-16 Kolonial Bangsa Spanyol dan Perancis mulai memelihara sapi. Sebagaimana jalur kereta api berkembang kala itu, mereka memanfaatkan kereta untuk mengangkut kawanan sapi dari San Antonio, Texas menuju New Orleans. Namun sayangnya industri ini sempat jatuh akibat musim dingin yang dahsyat dan menyebabkan peternakan sapi lenyap hingga 90%.

Kata Steak sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Skandinavia “steik” atau “stickna” dalam dialek Bahasa Inggris Tengah dari pertengahan Abad ke-15. Menurut referensi pertama dari the Oxford English Dictionary, kata ‘steak’ memiliki arti irisan daging tebal yang dipanggang atau digoreng. Dan menurut resep daging steak pertama yang ditemukan dalam buku masak pada  Abad ke-15 tersebut menuliskan daging steak yang berasal dari daging rusa atau daging sapi.

Masuknya Steak Ke Indonesia

Di Indonesia sendiri, daging steak lebih dikenal dengan istilah bistik Namun tidak ada sumber sejarah yang menyebutkan dengan jelas asala kehadiran steak di Indonesia. Besar kemungkinan bahwa Belanda yang pernah menjajah Indonesia menurunkan resep steak kepada para koki yang sebagian adalah orang Indonesia.

Daging yang cocok diolah menjadi steak ternyata bukanlah sembarang bagian daging sapi loh. Yuk cari tahu daging apa saja yang cocok untuk diolah menjadi beef steak.

Bagian Daging Sapi Yang Cocok Dimanfaatkan Untuk Steak

1. Tenderloin

Tenderloin merupakan bagian daging yang diambil dari bagian dalam ke belakang badan sapi yang dekat dengan ekor. Sesuai dengan namanya, tenderloin adalah bagian daging sapi yang memiliki tekstur paling tender atau lembut setelah diolah.
Dikenal juga sebagai fillet mignon atau daging has dalam, kelembutan tenderloin berasal dari kadar lemaknya yang rendah serta tidak memiliki otot yang menyebabkan daging menjadi alot. Tekstur lembut tenderloin membuat bagian daging sapi tanpa lemak ini menjadi primadona pecinta steak.
Selain lembut, kadar lemak rendah membuat daging menjadi lebih sehat. Cocok untuk kamu yang sedang berdiet namun tetap ingin menyantap steak nikmat.

2. Sirloin

Selain tenderloin, ada juga sirloin atau daging has luar yang diambil dari bagian bawah daging iga. Letaknya yang dekat dengan pinggul sapi menyebabkan tekstur daging menjadi lebih keras dibandingkan tenderloin.
Meski begitu, lapisan lemak yang menyelimuti daging menyebabkan cita rasa sirloin menjadi lebih gurih dan juicy. Dengan harga jauh lebih terjangkau daripada tenderloin, sirloin juga menjadi bagian daging favorit penikmat steak.

3. Striploin

Disebut juga sebagai New York strip, striploin merupakan bagian daging sapi yang letaknya berdekatan dengan bagian tenderloin yang lembut. Jika dilihat lebih seksama, striploin memiliki ciri khas yang berupa bagian lemak yang melapisi salah satu sisi potongan daging.Hal inilah yang membuat tekstur daging lembut dan berminyak karena lelehan lemak.

Tips Memilih Daging Yang Segar

daging segar

Olahan daging sapi yang lebih enak dan tentunya menggugah selera pasti menggunakan daging sapi yang segar. Akan tetapi jika kita membeli daging sapi di supermarket akan sulit untuk membedakan mana daging yang masih segar dengan mana yang sudah tidak segar lagi.

Karena itu artikel ini akan memberi tahu cara membedakan daging yang masih segar dengan yang tidak segar dengan mudah.

Cara Memilih Daging Segar :

1. Perhatikan Warna Daging

Hal yang paling mudah dilakukan adalah memperhatikan warna daging. Daging sapi yang baru saja dipotong berwarna merah ceri yang berasal dari protein myoglobin. Akan tetapi jika daging sudah terpapar dengan oksigen daging akan sapi akan berubah warna menjadi merah keungu-unguan, waalaupun begitu kualitasnya masih baik.

2. Aroma Daging

Cara yang selanjutnya adalah mencium aroma yang dihasilkan olah daging sapi. Daging yang segar akan mengeluarkan aroma seperti besi yang tidak terlalu menyengat, sementara daging yang sudah mulai membusuk akan mengeluarkan aroma amis yang menyengat

3. Cek Teksturnya

Jika ingin membeli daging giling, coba tekan lembut pada permukaannya lalu rasakan teksturnya. Ciri-ciri daging sapi yang segar adalah terdapat sensasi dingin, lembut, dan agak kesat ketika tersentuh dengan kulit kita

4. Cek Tanggal Produksi

Tahap yang tak kalah penting adalah mengecek tanggal produksi daging sapi.Perhatikan tanggal pemotongan daging sapi dan batas konsumsinya yang tercantum pada label kemasan.

5. Hindari Membeli Daging Beku

Hindari memilih daging beku. Mungkin daging beku masih bagus tetapi kesegarannya tentu sudah berkurang dan tidak baik jika kita olah dan kita konsumsi. Apabila terpaksa membeli daging sapi beku maka pilihlah daging yang tidak memiliki bunga es karena ini menandakan bahwa daging yang terdapat bunga es tentunya sudah lama dan tidak segar.

6. Cek Sertifikat Halal

Penjual daging yang halal dan profesional tentunya mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Kamu membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal.

Setelah mengetahui jenis sapi potong sampai cara memilih daging sapi segar, saatnya kita mulai memasak daging giling menjadi beberapa olahan.

Olahan-olahan Daging Giling Sapi

1. Resep Steak Daging Giling

Bahan-bahan:

  • 150 gram daging giling
  • 50 gram tepung panir
  • 1/4 buah bawang bombay (dicincang halus)
  • 1 butir telur
  • Kaldu sapi 1/2 sendok teh
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • Pala bubuk 1/4 sendok teh
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Bahan Saus Steak Daging Cincang:

  • 1 sendok makan margarin untuk menumis
  • 1/2 buah bawang bombay (iris panjang)
  • Tepung tapioka (cairkan dengan 1 sendok air) sebanyak 1/2 sendok makan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Pelengkap Steak Daging Cincang:

  • 6 buah sosis sapi
  • 2 buah wortel (dipotong panjang, lalu direbus sebentar)
  • 50 gram buncis (rebus sebentar)
  • 2 buah kentang goreng (potong panjang)

Cara Membuat Steak Daging Cincang:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat sausnya terlebih dahulu, caranya itu dengan menumis bawang bombay, lalu masukkan semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi, aduk sampai rata, kemudian tambahkan 1 sendok tepung tapioka yang sudah dicairkan dengan sedikit air, masak sampai meletup-letup dan mengental.
  2. Kemudian untuk membuat steaknya, campur semua bahan steak daging cincang, aduk sampai semua bahan dan bumbunya tercampur rata dengan daging cincang, kemudian bentuk bulat pipih, setelah itu panggang di grill pan yang sudah diolesi dengan margarin sambil sesekali diolesi sedikit saus steak.
  3. Kalau Anda menggunakan teflon biasa untuk memasaknya lebih baik digireng dulu sebentar di minyak terendam supaya bagian dalam dagingnya bisa matang secara merata, baru setelah itu bisa dipanggang sebentar di teflon sambil diolesi saus sampai matang.
  4. Untuk sosis, panggang sosisnya diatas teflon dengan diolesi dengan saus steak sampai matang.
  5. Resep steak daging cincang siap disajikan dengan bahan pelengkap.

2. Resep Daging Giling Sapi Tumis Pete

Bagi yang suka sama pete mungkin resep ini cocok

Bahan-bahan :

  • 6 papan pete, kupas, cuci bersih
  • 500 gram daging giling sapi
  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 10 cabe merah keriting
  • 20 cabe rawit merah
  • Daun kemangi secukupnya
  • Minyak
  • Sedikit kaldu sisa rebusan daging sapi

Cara Memasak Daging Giling Tumis Pete :

  1. Tumbuklah bawang merah, bawang putih, daun jeruk,
  2. Setelah itu haluskan cabe merah keriting dan cabe rawit merah, lalu pisahkan
  3. Kemudian tumis ulekan bawang sampai harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam dan sereh
  4. Lalu masukkan cabe yang sudah halus, daging, serta tambahkan garam dan gula secukupnya
  5. Terus aduk-aduk sampai merata
  6. Selanjutnya masukkan pete, daun kemangi serta tambahkan sedikit air kaldu sisa rebusan daging sampai daging tercampur bumbu dengan merata
  7. Jika air kaldu sudah meresap, tumisan daging kering dan cicipi rasanya
  8. Sajikan gaging giling sapi tumis pete

3. Resep Daging Giling Sapi Buncis Tumis

Bahan-bahan :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai rawit,
  • 1 ikat buncis, potong panjang
  • 200 gram daging giling sapi
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam 1 sendok teh
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1/2 sendok teh merica putih bubuk
  • 100 ml air matang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • Minyak wijen 1/2 sendok teh

Cara Membuat Daging Giling Sapi Tumis Buncis :

  1. Tumis bawang putih, dan cabai hingga wangi, lalu masukkan daging giling, dan tumis hingga matang sambil menambahkan air sedikit demi sedikir
  2. Masukkan buncis dan aduk rata.
  3. Setelah buncis sudah mulai layu, selanjutnya tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica.
  4. Kemudian tambahkan air dan sagu, lalu masak sambil mengental. Setelah mengental, tambahkan minyak wijen, aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya angkat dan sajikan hangat-hangat bersama nasi.

4. Resep Bistik Bola Daging

Hidangan ini bisa Anda sajikan dalam mangkuk atau piring saji. Sebagai sentuhan akhir berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk membuat tampilannya terlihat lebih cantik dan rasanya lebih lezat. Hidangan ini juga akan terasa lebih nikmat jika disantap selagi masih hangat.

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging cincang
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh bubuk pala
  • 1 buah bawang bombay potong kasar
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada
  • 500 gram tomat (rebus, haluskan dan disaring)
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 6 buah bawang merah, iris halus
  • 1 butir putih telor
  • 5 buah bawang putih iris halus
  • 250 ml air

Bumbu Bistik Bola Daging :

  • Lada 1/2 sendok teh
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • Kecap manis 1/2 sedok makan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Adonan Bola Daging :

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu pada kesempatan kali ini adalah dengan membuat adonan bola daging sapinya terlebih dahulu sebelum diolah dan dibuat dengan bumbu-bumbu lainnya.
  2. Kemudian untuk membuat sajian bola daging ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan wadah mangkuk kaca atau wadah dengan ukuran sedang dan masukkan kedalamnya daging cincang bersama dengan bumbu serbuk seperti garam, pala dan lada. Lalu dengan menggunakan sendok aduk-aduk merata semua bahan hingga tercampur keseluruhan.
  3. Setelah semua teraduk merata, sekarang masukkan kecap manis dan putih telur kedalamnya.
  4. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan sendok hingga merata.
  5. Setelah adonan diaduk menggunakan sendok, sekarang uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.
  6. Silahkan ambil sedikit adonan apabila sudah kalis dan bentuk menjadi bentuk bulat-bulat seperti bakso. Lakukan hal yang sama pada semua adonan yang masih tersisa.

Cara Memasak Bumbu Bistik:

  1. Setelah adonan dibentuk bulat, sekarang siapkan wajan dan masukkan margarin kedalamnya, lalu tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
  2. Setelah itu masukkan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang bersama dengan bawang merah, lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  3. Masukkan bulatan daging kedalamnya, tambahkan air dan masak hingga bola daging berubah warnanya dan teksturnya menjadi lebih kenyal.
  4. Tuangkan tomat yang telah disaring, saus tomat, lada, garam, kecap manis, gula pasir dan pala. Lalu aduk-aduk hingga merata sampai semua bumbu tercampur dan masak hingga air menyusut.
  5. Setelah airnya tingga tersisa kira-kira setengah, silahkan angkat dari tumisan dan sajikan.

5. Resep Semur Bola-Bola Daging Bumbu Kecap

Bahan-bahan :

  • 700 gram daging
  • 1500 ml air
  • Kecap manis secukupnya
  • 4 lembar daun Salam
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • 4 butir cengkeh
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam secukupnya

Bahan Bumbu Daging Giling :

  • 1/2 buah bawang bombai, potong2
  • 1 sendok teh garam

Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 4 buah kemiri
  • 10 buah bawang merah
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Semur Bola-Bola Daging Bumbu Kecap :

  1. Giling daging sampai halus, tambahkan 1 sdt garam dan bawang bombai. Giling lagi. Kemudian sisihkan
  2. Didihkan air lalu buat bulatan-bulatan
  3. Setelah itu rebus sampai matang
  4. Kemudian tumis bumbu halus tambahkan daun salam, lengkuas, cengkeh dan jahe. Tumis sampai harum dan matang.
  5. Masukkan bola-bola daging, beri gula, garam, kecap dan tuang air sisa rebusan bola daging(ambil kira2 500ml saja) Aduk2 sampai air menyusut, cicipi rasa, kemudian angkat.
  6. Sajikan selagi hangat

Gimana ?, mudahkan cara mengolah daging giling sapinya. Selain mudah mengolahnya dengan memasaknya dirumah semua bahan bahan sudah terjamin kehigienisannya dan yang pasti lezat rasanya. Selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •