Alat Perontok Padi Manual Dan Murah 2022

Alat Perontok Padi

Alat Perontok Padi Manual Dan Murah

Untuk mempercepat kerja saat panen padi, Alat Perontok Padi mutlak diperlukan. Berikut Alat Perontok padi Manual Dan Murah yang petani perlukan.

Model alat ini dilakukan secara manual model pedal. kelebihan alat ini adalah tidak membutuhkan bahan bakar lain selain dari energi petani itu sendiri.

Penanganan pasca panen padi merupakan upaya sangat strategis dalam rangka mendukung peningkatan produksi padi.

Konstribusi penanganan pasca panen terhadap peningkatan produksi padi dapat tercermin dari penurunan kehilangan hasil dan tercapainya mutu gabah atau beras sesuai persyaratan mutu.

Dalam penanganan pasca panen padi, salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah masih kurangnya kesadaran dan pemahaman petani terhadap penanganan pasca panen yang baik sehingga mengakibatkan masih tingginya kehilangan hasil dan rendahnya mutu gabah atau beras.

Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan penanganan pasca panen yang baik agar dapat menekan kehilangan hasil dan mempertahankan mutu hasil gabah atau beras.

Dalam usaha tani padi, thresher merupakan alat untuk merontokkan padi menjadi gabah. Alat ini merupakan alat bantu bagi tenaga kerja untuk memisahkan gabah dengan jeraminya.

Terdapat dua jenis thresher berdasar alat penggeraknya yaitu Secara manual dengan menggunakan pedal (pedal thresher) dan digerakkan dengan mesin (power threser).

Penggunaan threser untuk merontok padi tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan varietas unggul baru berumur pendek dan mudah rontok.

Mesin perontok padi dikenal juga dengan Power Thresher adalah jenis mesin perontok yang telah terbukti handal dan sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia.

Mesin perontok jenis ini telah banyak digunakan oleh petani di seluruh nusantara karena keunggulannya yang praktis dan mudah dipindahkan dari lahan satu lainnya .Digerakkan dengan mesin bertenaga diesel.

Power thresher merupakan mesin perontok yang menggunakan sumber tenaga penggerak engine.  Kelebihan mesin perontok ini dibandingkan dengan alat perontok lainnya adalah kapasitas kerja lebih besar dan efisiensi kerja lebih tinggi.

Jenis mesin perontokini yang telah terbukti sangat cocok dengan berbagai jenis lahan persawahan di Indonesia.

Unsur-unsur yang mendukung peningkatan keuntungan adalah kecepatan proses perontokan dan pembersihan sehingga menghema waktu.

Lebih penting bagi power thresher terbukti dapat mengurangi kehilangan gabah saat perontokan dan mengurangi kerusakan (pecah) butir gabah sehingga petani memperoleh nilai tambah dalam usaha taninya.

Cara Menggunakan Mesin Perontok Padi 

  • Taruhlah alat ditempat yang rata. Sebelumnya, alasi tempat untuk merontokkan gabah dengan terpal lebar untuk mengurangi hasil panen susut karena tercecer.
  • Atur posisi alat dengan baik dan benar supaya kotoran nantinya keluar dengan arah yang sama dengan arah angin.
  • Supaya hasil panen tidak berkurang, letakkan posisi alat ke arah dinding. Anda bisa pula merancang dinding buatan yang terbuat dari plastik, anyaman dari bambu, dan sebagainya. Letakkan dengan cara tepat supaya gabah yang tidak sengaja terlempar, bisa terkumpul.
  • Hidupkan alat dan tunggu sebentar sebelum mulai memasukkan muatan, ini untuk memeriksa posisi alat perontok padi. Jangan sampai posisi alat berpindah tempat atau bergeser karena getaran.
  • Periksalah kemampuan alat dengan memasukkan gabah sedikit demi sedikit. Apabila ada bulir-bulir padi yang belum terlepas  dari gagangnya, tambahkan kecepatan putar (rpm) drum perontok.
  • Bukalah penutup alat dan periksa drum dan semua gigi perontok, bersihkan jika ada kotoran. Putar drum perontok dengan tangan untuk memastikan tidak ada yang lepas dan bergesekan.
  • Apabila alat perontok padi sudah siap digunakan, mulailah memasukkan batang-batang padi yang akan dirontokkan ke pintu. Masukkanlah sebanyak mungkin secara teratur, tetapi jangan sampai berlebihan. Agar pemasukan bisa efektif, Anda membutuhkan 2 atau 3 orang untuk menjalankan alat perontok padi.
  • Apa tanda kalau batang padi terlalu overload atau terlampau memenuhi alat? Tandanya adalah dengan macet atau matinya alat. Jangan lupa buat mematikan alat untuk menanggulanginya. Lalu, bukalah tutup alat. Bersihkan kotoran yang ada di bagian dalamnya.
  • Apakah posisi meja pengumpan ini kelewat tinggi? Solusinya, jangan lupa untuk mempergunakan meja atau kursi untuk menunjang operator mesin agar bisa nyaman menggunakan mesin.
  • Jerami yang sudah terpisah dari bulir-bulir padi yang keluar harus segera dirapikan dan dijauhkan dari tempat keluarnya jerami. Agar tidak menyumbat dan bercampur dengan gabah yang sudah dirontokkan.
  • Perhatikan mesin dengan baik.  Periksa supaya tidak ada benda asing yang menyelip dan masuk seperti batu, kayu, kawat, atau logam, yang bakal mengganggu produksi.
  • Sebaiknya, gabah yang keluar langsung ditampung dengan menggunakan karung yang diletakkan di depan mulut pengeluaran gabah untuk menghindari tercampur dengan jerami.
  • Jika proses telah usai, segera bersihkan mesin. Jangan tunggu nanti, karena debu dan kotoran lain yang ada di dalam mesin bisa menjadi kerak kemudian menurunkan kinerja mesin.

Perawatan Mesin Perontok Padi 

  • Memeriksa silinder perontok apakah terdapat kotoran atau benda asing dan harus segera dibersihkan.
  • Memeriksa sistem saluran bahan bakar apakah ada kebocoran atau kotoran yang menyumbat.
  • Memastikan sistem pengapian masih dalam kondisi prima.
  • Memeriksa kekencangan tali atau sabuk. Jika sudah kendur, dikencangkan kembali atau kalau perlu, diganti dengan yang baru.
  • Mengencangkan baut-baut yang kendur, tekanan angin pada roda, dan tali starter.
  • Memberikan oli pelumas pada bagian-bagian tertentu supaya tidak macet sewaktu dipergunakan.

Keunggulan Mesin Perontok Padi

  • Membantu menghemat waktu pada proses setelah panen. Apalagi, jika memanen hasil pertanian pada lahan yang luas. Kalau melakukan proses perontokkan dengan cara manual, akan menyita banyak waktu.
  • Hasil perontokan gabah yang sempurna, tidak retak, efisien meningkatkan kualitas hasil panen.
  • Mudah dioperasikan karenanya akan mempersingkat waktu setelah panen.
  • Hasil pekerjaan antara manusia dan mesin pun akan berbeda. Mesin bisa melakukan sesuai dengan instruksi yang diberikan dengan hasil yang seragam. Pada manusia terkadang terjadi kelalaian yang bisa mengakibatkan hasil kurang sempurna. Dengan menggunakan mesin, Anda juga bisa membatasi pekerjaan sesuai dengan kebutuhan per hari atau kapasitas yang ingin dipenuhi.
  • Jika Anda membandingkan antara penggunaan mesin dan kinerja manusia, sudah pasti mesin bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih cepat. Mesin tak memerlukan waktu istirahat yang lama serta memiliki kapasitas beban kerja yang lebih besar. Anda akan bisa menghemat banyak waktu dibandingkan dengan mempekerjakan orang meski dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Salah satu mesin yang sudah banyak digunakan dan terbukti bermanfaat untuk meningkatkan hasil pertanian adalah mesin padi. Mesin yang digunakan untuk mengolah padi tak hanya satu, tetapi terbagi menjadi 3, yakni mesin penanam, mesin pemanen, dan mesin perontok padi.

Kekurangan Mesin Perontok Padi

Kelemahan mesin ini yaitu biaya modal awal yang besar karena harga mesin ini bisa berkisar 12 juta rupiah tergantung pada pasaran juga biaya perawatan yang cukup besar bila dibandingkan dengan ‘gebotan’ yang bisa dibuat manual dengan bahan pembuatan yang teramat sederhana yaitu bambu.

Memang sepatutnya teknologi yang diciptakan harus mampu mendukung peningkatan produktivitas, bukan hanya sekedar diciptakan dengan tujuan untuk mengefisiensikan waktu dan tenaga. Kini, ‘Gebotan’ hanya tinggal riwayat, bukti sejarah perkembangan teknologi yang akan terus berkembang seiring majunya ilmu pengetahuan.

Meski harga mesin mahal dibandingkan dengan upah pekerja, mesin setelah Anda beli bisa digunakan sewaktu-waktu dan hingga kapan pun. Jika kreatif, Anda juga bisa menyewakan mesin pertanian yang dimiliki sehingga memiliki tambahan penghasilan untuk menutup biaya pembeliannya.

Sebuah mesin pertanian juga bisa dikategorikan sebagai modal, apalagi jika Anda memiliki skala pertanian cukup luas atau sebagai industri.

 

 

Alat Perontok Padi
Gambar Mesin Perontok Padi Manual

Spesifikasi Alat Perontok Padi Manual K 100 :

Kapasitas : 50 Kg – 100 Kg / Jam ( Tergantung Operator ).
Penggerak : Manual Tenaga Manusia ( Pijakan Kaki Atau Pedal ).
Rangka : Besi Siku.
Dimensi Mesin : 800 mm x 600 mm x 1000 mm.
  • Dilengkapi dengan roda
  • Aplikasi / Penggunaan : Untuk merontokkan buliran padi dari batangnya ( Jerami / Tanaman Padi ) secara manual, hemat, dan tepat guna.

Kami menyedian juga mesin perontok padi otomatis, yang mengunakan motor diesel/bensin. Mesin ini didesain lebih cepat dari dari cara manual, dan efektif untuk jumlah yang lebih besar secara kuantitas.

Keunggulan Alat Perontok Padi Manual

  • Tidak memerlukan bahan bakar
  • sistem operasional sederhana
  • sistem mobil bisa dibawa kemana – mana

Informasi Pemesanan Alat Perontok Padi Manual Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Alat Perontok Padi Manual yang dapat membantu anda merontokkan bulir padi dari dari tangkai / jerami.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Alat Pengupas Mete.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Adapun Resep Makanan yang berbahan dasar menggunakan padi, mari kita simak resep dan cara cara membuat makanan tersebut.

Resep nagasari tepung beras

 

Alat Perontok Padi Manual Dan Murah

Nagasari merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Bahan untuk membuat nagasari, di antaranya tepung sagu, santan, tepung beras, dan pisang tanduk.

Kue tradisional mungkin dianggap sebagian orang susah proses pembuatannya. Faktanya tidak semua kue tradisional sulit pembuatannya loh.

Bahkan bagi kamu yang sedang senang-senangnya belajar memasak, resep kue nagasari ini mudah untuk dibuat dan bisa dipraktekan di rumah.

Nagasari adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang. Pisang yang biasa digunakan sebagai isi adalah jenis pisang raja.

Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga memunculkan aroma wangi.

Melihat dari paduan potongan kecil-kecil pisang raja yang dibalut dengan tepung menciptakan rasa yang khas di mulut serta tekstur kue yang lembut, membuat kue yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.

Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal kue Nagasari. Ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Nagasari berasal dari Rembang.

Kue Nagasari atau Kue Nogosari (sebutan dalam bahasa Jawa) merupakan jenis kue basah tradisional yang sangat populer dan selalu diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi dalam masyarakat Jawa.

Umumnya, kue nagasari ini akan selalu ada saat hari besar menurut tanggalan orang Jawa. Kenduri merupakan salah satu acara yang selalu menyuguhkan kue yang satu ini.

Bahan makanan yang digunakan untuk membuat nagasari yaitu: tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, santan, air, pandan dan pisang. Selanjutnya sebagai pembungkus menggunakan daun pisang.

Variasi Kue Nagasari

  • Nagasari putih, dibuat tanpa campuran pewarna, hanya dengan santan.
  • Nagasari merah, dibuat dengan campuran gula merah sebagai pewarna.
  • Nagasari biru, dibuat dengan campuran bunga telang (Clitoria ternatea) sebagai pewarna.
  • Nagasari hijau, dibuat dengan campuran daun suji (Pleomele angustifolia syn. Dracaena angustifolia) sebagai pewarna.

Bahan :

  • 2 buah pisang tanduk untuk isian, kukus, kupas, belah dua, potong panjang 3 cm.
  • 65 gram tepung sagu.
  • 225 ml santan dari 1/4 butir kelapa.
  • 225 gram tepung beras.
  • 700 ml santan dari 1 butir kelapa.
  • 125 gram gula pasir.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 lembar daun pandan.
  • 4 buah mata nangka, potong kotak.
  • 26 lembar daun pisang muda, untuk membungkus.

Cara membuat nagasari cukup mudah. Kamu bisa mengikuti lima langkah masak saja.

Cara Membuat Nagasari :

  1. Siapkan wadah kecil. Buat larutan dari tepung sagu dan 225 ml santan, lalu sisihkan.
  2. Siapkan panci, lalu isi dengan tepung beras dan 700 ml santan, aduk sampai rata. Kemudian tambahkan gula pasir, garam, dan daun pandan. Masak sampai meletup-letup sambil diaduk-aduk agar adonan tidak gosong bagian bawahnya.
  3. Tambahkan larutan tepung sagu secara bertahap ke dalam adonan yang sedang direbus, lalu tambahkan nangka. Masak sampai licin sambil terus diaduk. Angkat adonan saat sudah licin.
  4. Siapkan daun pisang muda untuk membungkus. Letakkan adonan secukupnya dan taruh pisang tanduk di atasnya. Kemudian tutup kembali dengan adonan. Bungkus adonan dengan daun.
  5. Terakhir, kukus kue nagasari yang sudah dibungkus di dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan selama 15 menit sampai matang.
  6. Kue Nagasari siap disajikan.

Kue yang biasa disebut Kue Pisang ini biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus. Konon Nagasari berasal dari daerah penghasil beras terbesar di Jawa Barat, Indramayu.

Nagasari adalah makanan tradisional yang masuk dalam katgori kue basah. Nagasari juga termasuk ke dalam jajanan pasar karena biasa dijual di pasar-pasar tradisional bersama makanan tradisional lainnya.

Awalnya, nagasari berasal dari daerah Indramayu, Jawa Barat. Namun seiring berjalannya waktu, nagasari sudah dikenal di berbagai daerah lainnya, terutama di Jawa.

Asal Usul Kue Nagasari

Konon, awal munculnya kue nagasari ini karena Indramayu merupakan daerah penghasil beras terbesar di Jawa Barat. Karena produksi berasnya yang melimpah, masyarakat kemudian berpikir untuk mengolah beras supaya tidak hanya menjadi nasi saja.

Muncullah ide untuk menumbuk beras sehingga menjadi tepung yang merupakan bahan baku utama kue nagasari. Belum diketahui secara pasti apa arti dari nama nagasari.

Namun dari namanya, kata nagasari terdiri dari dua kata, yakni “naga” dan “sari”. Naga merupakan hewan legenda dari China yang kuat dan kerap menjadi lambing jiwa yang terhormat.

Sedangkan “sari”, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti isi utama dari suatu benda. Jika kedua kata tersebut disatukan menjadi nagasari, maka maknanya akan menjadi isi utama dari suatu benda yang terhormat atau melegenda.