Mesin Perontok Padi

Mesin perontok padi adalah alat untuk merontokkan padi dari batang jeraminya. Kalau dulu untuk merontokkan padi dengan cara digebukkan ke dalam kayu. Maka dengan menggunakan Mesin Perontok Padi ini, anda cukup memasukkan padi ke dalam Mesin Perontok Padi yang dapat berjalan sendiri.

Memang untuk merontokkan padi ada yang menggunakan pedal dengan sistem perontok rotary yang hampir sama dengan model kami. Namun dengan sistem pedal, tentunya kapasitas terbatas, dan sangat bergantung kepada kekuatan pekerja.

Dan dengan mesin perontok padi yang sekarang, operasional mesin cukup sederhana, cukup dengan memegang bagian ujung gagang jerami padi. Kemudian ditempelkan ke dalam gerigi perontok padi, maka padi akan terontok sempurna.

Mesin ini disediakan juga tempat menaruh batang padi yang siap dirontokkan, sehingga jarak  waktu antara perontokan pengambilan bahan baku cepat.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Perontok Padi Rumah Mesin

1. Spesifikasi Mesin Perontok Padi Otomatis K 250

Mesin Perontok Padi Sederhana Berkualitas 2

Gambar Mesin Perontok Padi Otomatis ( Penggerak Motor Bensin

Kapasitas : 100 Kg – 250 Kg / Jam.
Bahan Tabung Perontok : Plattezer 1,2 mm.
Bahan Gigi Perontok : AS Berdiameter 12 mm.
Penggerak : Motor Bensin.
Daya ( Power ) : 5,5 HP.
Energi Yang Digunakan : Bensin.
Rangka : Besi Siku.
Dimensi Mesin : 1200 mm x 600 mm x 1400 mm.
Dilengkapi : Kipas  12 Inch
Dilengkapi Dengan : Roda
Aplikasi / Penggunaan : Untuk merontokkan buliran padi, kedelai, dan kacang tanah dari batangnya ( Jerami / Tanaman Padi ) secara otomatis dan cepat.

 

Kelebihan Mesin Perontok Padi Dari RUMAH MESIN

  1. Penggunaan mesin sederhana dan mudah digunakan
  2. Kualitas hasil perontokan padi bagus, terontok lebih dari 90%
  3. Pisau rontok padi terbuat dari pelat plat besi atau stainless, hingga awet
  4. Tabung pelat besi cukup tebal
  5. Mesin ini juga bisa dipakai untuk merontokkan kedelai, juga untuk jagung. Hanya bedanya untuk jagung harus tidak semaksimal kedelai atau padi.

Keunggulan Alat Perontok Padi Manual Dari RUMAH MESIN

  • Tidak Memerlukan Bahan Bakar ( Hemat Dan Ramah Lingkungan).
  • Sistem Operasional Sederhana, Mudah Dipahami, Sehingga Sangat Mudah Untuk Digunakan.
  • Sistem Mobile ( Praktis Dan Fleksibel ), Bisa Dibawa Kemana-Mana.
  • Mampu Merontokkan Padi Dengan Baik, Yakni Mencapai Diatas 90% Bulir Padi Terontokkan Dari batangnya.
  • Aman
  • Efektif
  • Efisien

 

Alat Perontok Padi Manual

Selain mesin perontok padi yang kami produksi dengan menggunakan mesin penggerak, kami menyediakann Alat perontok padi manual.

Sistem kerja alat ini dilakukan secara manual model pedal atau dengan mengayuhnya memakai pedal. Kelebihan alat ini adalah tidak membutuhkan bahan bakar lain selain dari kayuhan pedal oleh petani itu sendiri.

Alat perontok padi manual ini memang sangat cocok untuk daerah yang memiliki sumber bahan bakar yang terbatas. Sehingga penting juga memakai model ini untuk kesinambungan panen padi.

 

Jerami Padi sebagai bahan Pakan Ternak

Padi hasil panen yang dirontokkan oleh mesin perontok padi, akan menghasilkan jerami padi. Jerami padi, selama ini hanya ditumpuk dan dibakar sebagai alat untuk penggemburan lahan sawah. Namun ternyata selain cara itu, jerami padi akan jauh bermanfaat jika digunakan sebagai bahan pakan ternak.

Di daerah Bantul Yogyakarta dan sekitarnya, pemanfaat jerami padi untuk pakan ternak sangatlah maksimal. Jerami baru panen, biasanya langsung diberikan kepada ternak, khususnya sapi. Selain itu, karena melimpahnya jerami padi, biasanya ditumpuk sebagai cadangan pakan ternak.

Agar jerami padi tersebut bisa dimaksimalkan untuk pakan ternak, maka langkah fermentasi jerami padi adalah langkah yang tepat dan efisien. Dan berikut cara mudah fermentasi jerami padi untuk pakan ternak.

Cara Membuat Pakan Ternak dengan Fermentasi Jerami Padi

Cara membuat pakan ternak dengan fermentasi jerami memakai SOC (Suplemen Organik Cair). Semisal seperti Starbio atau EM4 untuk hasil yang lebih cepat.

 

Persiapan Fermentasi jerami padi :

  • Langkah pertama adalah dengan menyiapkan tempat yang aman yang terlindung dari sinar matahari langsung, curahan air hujan, dan genangan air.
  • Sejumlah 1 ton jerami kering
  • Siapkan molases (tetes tebu sisa proses gula), kalau tidak ada bisa digantikan dengan gula pasir
  • SOC (Suplemen Organik Cair)
  • Siapkan air secukupnya
  • Ember-ember
  • Terpal atau plastik yang cukup kuat untuk memeram jerami.
  • Gayung penyiram air

 

Tahapan Fermentasi Jerami Padi untuk Pakan Ternak

  • Persiapkan jerami kering hasil panen yang sudah dipotong–potong. Untuk lebih praktis dan cepat bisa menggunakan alat bantu berupa mesin pencacah jerami.
  • Persiapkan ember yang sudah diisi air, campurkan molases ( tetes tebu ) / gula pasir, dan juga SOC (Suplemen Organik Cair). Kemudian aduk semua campuran tersebut hingga benar-benar tercampur rata.
  • Langkah selanjutnya menggelar dan menumpuk jerami dengan tinggi 15 – 20cm.
  • Berikutnya semprotkan atau siram campuran air, molases, dan SOC pada jerami sembari diinjak-injak dan dibalik-balik. Jangan lupa untuk menyemprotkan secara merata, sampai jerami benar–benar basah.
  • Setelah proses penyemprotan selesai, jerami bisa ditutup rapat dengan plastik tebal atau terpal.
  • Cegah udara masuk dengan mengikat dengan kuat dan rapat.
  • Selanjutnya biarkan tumpukan jerami selama sekitar 12 – 15 hari agar proses penguraian serat jerami padi terjadi secara alamiah. Dalam proses ini memang dibutuhkan waktu yang cukup supaya padi benar-benar lapuk dan nutrisinya bisa bertambah. Dengan begitu kualitas jerami padi menjadi meningkat sebagai pakan ternak dan nutrisinya dapat terserap dengan baik.
  • Jika sudah melewati 12 – 15 hari, maka jerami siap diberikan sebagai pakan pada hewan ternak. Disarankan untuk terlebih dahulu hasil fermentasi jerami padi diangin-anginkan sebentar. Fungsinya untuk menghilangkan gas metan yang tersisa, dan baru kemudian bisa langsung diberikan pada hewan ternak Anda. Semoga bermanfaat 🙂

 

Informasi dan Pemesanan Mesin Perontok Padi

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Perontok Padi untuk mempermudah proses perontokan bulir padi dari jerami atau tanaman padi.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Perontok Padi.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda coba terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.