Resep Ayam Goreng – Makan dengan hidangan olahan dari daging ayam mungkin sudah tidak asing lagi untuk kalian dan keluarga. Sajian hidangan ini mungkin sudah sering anda santap di rumah makan atau restoran.

Baiklah daripada kalian sering makan ayam diluar, ada baiknya jika hidangan ayam goreng renyah bisa anda buat dirumah agar keluarga anda bisa mencicipi sajian masakan mudah buatan anda sendiri. Langsung Simak aja, seperti apa resep ayam goreng sebagai berikut ini..

Apakah Makan Ayam Setiap Hari Itu Sehat?

Ayam adalah jenis lauk yang paling banyak dikonsumsi. Setiap acara acara apapun, ayam selalu menu andalan dalam menu katering yang disediakan. Selain harganya ayam juga lebih murah dibandingkan dengan jenis daging

Kemudian masukan sambalnya beserta dengan bahan-bahan yang lainnya seperti kaldu bubuk, garam, air jeruk nipis dan gula pasir.

lainnya, ayam juga berukuran cukup besar untuk dihabiskan dalam sekali makan. Oleh sebab itu kebanyakan orang lebih memilih untuk daging ayam sebagai menu sajian harian, meskipun cara mengolahnya berbeda-beda setiap hari. Namun, sebetulnya sehatkah makan ayam setiap hari?

Manfaat Makan Ayam

  1. Tinggi protein
    Kandungan pada daging ayam sangat tinggi akan kandungan protein sehingga bisa membangun ototmu supaya jadi lebih kuat. Selain itu, kandungan lemak sehat di dalamnya bisa mengekang nafsu makan, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan baik untuk mendukung penurunan berat badan.
  2. Anti depresan alami
    Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat yang satu ini juga meningkatkan kadar pada serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.
  3. Mencegah keroposnya tulang
    Tulang pastinya juga akan memasuki pada masa pengeroposan saat kamu menginjak usia atau semakin tua. Mengkomsumsi ayam juga akan membantumu untuk melawan pengeroposan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan persendian.
  4. Baik untuk jantung
    Makan ayam membantu dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantungmu dari berbagai penyakit kardiovaskular.
  5. Kaya akan fosfor
    Kandungan fosfor yang terdapat pada daging ayam juga efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Termasuk menjaga atau membantu kesehatan ginjal, liver, dan sistem saraf pusat.
  6. Mengandung selenium
    Selenium adalah salah satu zat sehat yang terkandung pada daging ayam. Selenium adalah mineral sangat penting yang dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  7. Meningkatkan kerja sistem metabolisme
    Kandungan vitamin B6 yang ada didaging ayam juga membantu untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak. Sehingga kamu akan terhindar dari kegemukan.
  8. Kaya niasin
    Niasin adalah vitamin penting yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA.
  9. Mendukung kesehatan mata
    Kandungan pada retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene pada ayam berguna untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata.
  10. Menjaga kesehatan jaringan tubuh
    Beberapa dari kalian yang mungki juga sering mengalami masalah pada bibir yang pecah-pecah atau kulit kering. Zat di dalam ayam yang disebut dengan riboflavin membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menghindarkanmu dari gangguan kesehatan di atas.

Dampak Makan Ayam Goreng Setiap Hari

Dari penelitian yang telah dilakukan oleh Wei Bao dan rekan-rekannya dari University of Iowa, Amerika Serikat yang dilakukan selama 18 tahun dengan melibatkan sekitar 100.000 wanita dengan usia 50 hingga 79 tahun bahwa keseringan memakan ayam goreng pun bisa meningkatkan risiko kematian dini hingga 13 persen. Hal yang sama juga berlaku jika kita mengonsumsi ikan goreng dengan berlebihan.

Daam penelitian ini, disebutkan bahwa jika kita mengonsumsi makanan yang digoreng lebh dari seporsi setiap hari, maka risiko kematian dini bisa meningkat hingga 8 persen, namun khusus untuk ikan dan ayam goreng, risikonya bisa lebih tinggi, tepatnya 13 persen.

Walaupun ikan dan ayam goreng termasuk kategori bahan makanan yang banyak akan nutrisi, mengolahnya dengan cara digoreng memang bisa menghilangkan manfaat sehatnya dan justru meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

1. Resep Membuat Ayam Goreng Renyah yang Empuk dan Enak

Bahan-bahan

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Membuat Ayam Goreng Renyah yang Maknyus dan Enak :

Bahan Utama Ayam:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai memarkan secukupnya penyedap rasa
  • 400 ml air secukupnya garam
  • 1 sendok teh gula pasir secukupnya
  • minyak untuk menggoreng

Bahan dan Bumbu yang Dihaluskan:

  • 3 cm lengkuas
  • 3 buah bawang merah
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 1 1/2 sendok teh ketumbar

Langkah-langkah

Cara Membuat Ayam Goreng Renyah yang Maknyus dan Enak :

  1. Sebagai langkah awalnya kalian bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan utama yakni ayamnya. Sebelum membuat daging ayamnya menjadi hidangannya nanti yang enak dan sedap, ada beberapa bagian pada ayam yang harus kita bersihkan secara merata karena bagian tersebut tidak akan kita gunakan.
  2. Untuk membersihkan ayamnya pertama – tama silahkan potong beberapa ayam utuh yang sudah anda beli dengan ukuran yang anda tentukan sebelumnya. Belah ayam dengan bentuk dan kuran yang sedang yang kira-kira cukup untuk satu porsi perorang.
  3. Setelah ayam dipotong-potong secara merata, lalu masukkan ayam dalam wadah dan ambil ayam ke tempat cucian untuk kemudian ayam akan kita bersihkan.
  4. Bersihkan ayam dibagian luar, perhatikan bila masih terdapat darah yang membeku pada ayam maka buang bagian ini secara merata dengan dibersihkan menggunakan air bersih.
  5. Kemudian dibawah bagian kulit ayam biasanya terdapat kotoran dan lendir yang menempel pada lemak ayam. Cucikan pada bagian ini dengan tangan secara merata dan pastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa.
  6. Setelah ayam dibersihkan kemudian angkat ayam lalu masukkan dalam wadah sebelumnya akan tetapi bersihkan terlebih dahulu baskom tersebut.
  7. Angkat dan tiriskan air cucian ayam secara merata. Sisihkan dalam wadah dan berikan air jeruk nipis dan garam sedikit bagian saja. Aduk-aduk secara merata dan lumuri.
  8. Kemudian diamkan ayamnya selama kurang lebihnya 10 menit agar bumbu yang anda masukkan merata, meresap dan bau amis pada ayam bisa dihilangkan.

 

Cara Membuat Ayam Goreng Renyah:

  1. Setelah ayam dibersihkan, selanjutnya silahkan siapkan rebusan air dalam panci atau wajan dengan bentuk yang cekung yang kira-kira bisa menampung ayam untuk diungkep.
  2. Masukkan ayam kedalamnya bersama dengan daun salam, serai dan juga bumbu yang telah dihaluskan dan berikan sedikit garam.
  3. Aduklah merata dan tutuplah hingga merata sampai ayam menjadi setengah matang.
  4. Berikan pula gula, penyedap dan aduk-aduk lalu masak kembali hingga ayam matah dan kuah menyusut secara merata.
  5. Angkatlah ayam sekarang juga, lalusisihkan sementara untuk selanjutnya akan kita goreng. Siapkan wajan diatas kompor dan berikan minyak goreng kedalamnya.
  6. Hidupkanlah api yang sedang – sedang aja kemudian masukan ayam dan goreng ayam kedalamnya hingga matang dan berwarna kecoklatan.Setelah ayam matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk sajian ini akan segera dinikmati selagi masih hangat.

Setelah ayam matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk selanjutnya untuk sajian ini segera dinikmati selagi masih hangat. Hidangan yang ini akan sangat nikmat bila dinikmati dengan nasi hangat.

2. Resep Ayam Goreng Balado Khas Padang

Bahan – Bahan :

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 500 gram daging ayam
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu – bumbu ayam goreng :

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sdt ketumbar
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 cm jahe

Bumbu Untuk Baladonya :

  • 3 cabai keriting
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah sisir
  • Minyak goreng secukupnya
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 siung bawang putih

Cara Menyiapkan Untuk Bahannya :

  1. Sesudah semua bahannya ada kalian bisa menyiapkan agar siap olah. Langkah awal kalian bisa membersihkan ayam yang sudah anda siapkan.
  2. Potong-potong bagian ayam lalu dibagi beberapa bagian yang sudah kalian siapkan dengan ukuran sesuai selera. Kemudian ambilah juga beberapa daun jeruknya nipis dan lumuri ayam dengan daun jeruk nipis hingga merata.
  3. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bersihkan ayamnya pada air yang mengalir atau pada baskom hingga benar-benar bersih. Kemudian tiriskan terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya, haluskan semua bumbu ungkep yang sudah anda siapkan seperti yang sudah dijelaskan tadi.
  5. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender agar lebih praktis. Namun, jika tidak ada anda bisa menghaluskansecara maanual yaitu dengan cara diulek menggunakan cobek dan ulekan seperti biasa.
  6. Dilanjutkan ungkep ayamnya yang tadi sudah kalian bersihkan dengan menggunakan bumbu ungkep yang sudah anda buat tadi.
  7. Tuangkan air secukupnya saja. Lalu anda bisa memasaknya hingga matang. Masak dengan menggunakan api sedang saja.
  8. Setelah matang,  matikan kompor dan anda bisa melanjutkan pada langkah berikutnya.

Cara Membuat Ayam Goreng Bumbu Balado Merah :

  1. Setelah ayam selesai diungkep, anda bisa langsung menggorengnya. Kemudian tambahkan minyak goreng ke dalam wajan secukupnya saja. Tunggu hingga minyak goreng panas atau meletup-meletup.
  2. Setelah itu, masukan ayam dan goreng hingga matang atau berubah warna menjadi kecoklatan.
  3. Haluskan semua bumbu baladonya. kalian siapkan hingga halus. Jika kalian pecinta hidangan pedas, kalian bisa menambahkan beberapa cabai sesuai selera.
  4. Kemudian tambahkan juga kembali minyak goreng secukupnya ke dalam wajan untuk menumis dan biarkan hingga panas. Kemudian tumislah bumbu balado sampai matang dan mengeluarkan aroma harum.
  5. Masukan ayam yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Aduk sampai bumbu merata dengan ayam.
  6. Angkat ayam dan sajikan pada piring saji yang sudah anda siapkan.
  7. Ayam goreng balado sudah selesai dibuat. Kini anda bisa menyajikannya di tengah keluarga. Agar makan lebih berselera anda bisa melengkapinya dengan lauk pauk tambahan atau lalapan.

Setelah ayam sudah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ini akan siap dinikmati selagi masih hangat. Hidangan untuk kali ini akan sangat nikmat bila dinikmati dengan nasi masih hangat.

3. Resep Ayam Goreng Cabai Hijau

Bahan – Bahan :

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 sdm garam
  • 1 ekor ayam
  • 500 ml air
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam
  • 2 ruas lengkuas

Bumbu – Bumbu Ayam Goreng Yang Dihaluskan :

  • 3 butir bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • 2 sdt garam
  • 1 ruas jahe
  • 2 sdt ketumbar

Bahan – Bahan Untuk Sambal Cabai Hijau :

  • 5 butir bawang merah
  • 5 butir cabai hijau
  • 20 butir cabai rawit hijau
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 15 butir tomat hijau

Cara Meyiapkan Bahan – Bahan :

  1. Langkah pertama, silahkan pipihkan lengkuas.
  2. Haluskan bumbu-bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda bisa menghaluskannya menggunakan blender agar lebih cepat dan mudah.
  3. Untuk bahan sambal cabai hijau, anda bisa memotong-motong cabai hijau menjadi 3 bagian.
  4. Lalu belah tomat masing-masing menjadi 4 bagian.

Cara Membuat Ayam Goreng Cabai Hijau :

  1. Silahkan potong ayam yang sudah anda siapkan menjadi 8 bagian.
  2. Kemudian kalian  bisa mencuci ayam dengan air mengalir hingga bersih. Cuci ayam hingga lendir dan lemaknya tidak ada.
  3. Anda bisa membuang kulit ayam jika tidak menyukainya.
  4. Sesudah itu, remas-remas potongan daging ayam yang sudah dibersihkan tadi dengan menggunakan garam dan jeruk nipis. Tunggu selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, kalian bisa mencucinya lagi ayamnya sampai bersih.
  5. Selanjutnya, silahkan siapkan wajan. Kemudia masukan dengan bahan-bahan seperti ayam, air, bumbu halus, daun salam serta lengkuasnya. Kemudian anda bisa merebus ayam hingga matang dan empuk. Apabila jika kalian merasa daging ayam masih belum empuk, kalian bisa kembali menambahkan air hingga ayam benar-benar empuk. Jika ayamnya sudah matang dan j uga empuk, anda bisa mengangkat ayam dan meniriskannya.
  6. Siapkan lagi wajan bersih yang lainnya untuk menggoreng ayam.
  7. Tuangkan minyak secukupnya saja untuk menggoreng. Panaskan minyak dan tunggu hingga meletup-letup. Kalian juga bisa menggoreng ayam sampai matang atau berubah warna hingga kecoklatan.
  8. Setelah matang, silahkan angkat dan tiriskan ayam.

Cara Membuat Sambal Cabai Hijau :

  1. Untuk bahan-bahan sambal seperti cabai hijau, tomat, cabai rawit, bawang merah direbus sampai lunak. Jika sudah seperti itu, silahkan angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, ulek kasar bahan sambal. Pastikan anda tidak menguleknya sampai halus.
  3. Siapkan kembali wajan. Lalu tambahkan minyak ke dalam wajan. Panaskan minyak hingga meletup-letup. Lalu masukan sambalnya beserta dengan bahan-bahan yang lainnya seperti kaldu bubuk, garam, air jeruk nipis dan gula pasir. Aduk hingga merata.
  4. Kalian bisa mencoba untuk rasanya, jika ada yang kurang anda bisa menambahkan bumbu sesuai selera.

Cara Menyajikan Ayam :

  1. Siapkan ayam di atas piring saji, kemudian lumuri ayam dengan sambal cabai hijau yang sudah anda buat.
  2. Kini anda bisa menikmati ayam goreng sambal ijo.
  3. Hidangannya bisa bersama nasi hangat agar makan anda semakin berselera.

4. Resep Ayam Goreng Aroma Jeruk

Bahan – Bahan :

Bahan -Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 6 buah paha ayam atas bawah
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 1 liter minyak
  • 4 cm lengkuas
  • 1/2 sendok makan air asam jawa
  • 20 lembar daun jeruk
  • 350 ml santan yang diambil dari
  • 1/4 butir kelapa
  • 1 sdt gula merah
  • 2 1/2 sdt garam

Bahan Bumbu Ayam Yang Dihaluskan :

  • 1 cm jahe
  • 12 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 siung bawang putih

Cara Menyiapkan Bahan :

Setelah itu, anda bisa memasaknya di atas api kecil hingga bumbu meresap dan matang.

  1. Langkah awal yang harus kalian lakukan yaitu menyiapkan ayamnya. Silahkan bersihkan ayam yang sudah anda siapkan.
  2. Cuci di bawah air mengalir. Jika sudah, anda bisa meniriskannya.
  3. Setelah itu, memarkan serai yang sudah anda siapkan. Kemudian perut lengkuas sampai halus. Kupas semua bawang merah dan bawang putih.
  4. Langkah berikutnya kalian bisa menghaluskannya dengan bumbu yang lainnya seperti kemiri yang sudah disangrai, jahe dan ketumbar. Anda bisa menghaluskannya menggunakan blender agar lebih cepat dan praktis.

Cara Membuat Ayam Goreng Daun Jeruk :

  1. Semua bahan-bahan diaduk sampai merata. Kemudian anda bisa memasukannya ke dalam wajan.
  2. Selanjutnya kalian bisa memasaknya dengan api kecil hingga bumbu meresap dan matang. Setelah matang anda bisa mematikan api kompor.
  3. Langkah selanjutnya, silahkan tuangkan minyak goreng pada wajan yang akan digunakan untuk menggoreng. Tunggu hingga minyak goreng panas dan meletup-letup.
  4. Setelah seperti itu, anda bisa memasukan daun jeruk. Lalu goreng hingga setengah renyah. Kemudian masukan daging ayam dan goreng hingga matang atau akan berubah warna menjadi kecoklatan.
  5. Tahap terakhir saatnya kalian bisa menyajikan ayam bersama dengan gorengan daun jeruk. Ayam goreng aroma jeruk sudah selesai dibuat. Sekarang kalian bisa sajikan di meja makan untuk menu makan yang semakin mantap.

Baiklah itu tadi beberapa resep membuat aym goreng yang bisa kalian coba sendiri dirumah masing – masing..