Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Resep Bakso Aci yang  Enak dan Sederhana Ala Resto. Yang pada Sebelumnya saya telah mebuat artikel tentang cara membuat cheese cake yang enak dan sederhana.

Sebelum lanjut ke pembahsan atau materi inti alangkah baiknya kita mengenal apa itu bakso aci serta kandungan yang ada di dalamnya.

Resep Bakso Aci

resep bakso urat

Pengertian Bakso Dan Aci

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Sejarah Bakso

Bakso atau baso ialah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Asal Makanan Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.  namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso dari Tiongkok  berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir.  disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Manfaat Bakso

resep bakso aci

1. Bakso Dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso Dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso Dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

Pengertian Aci

Pengertian Tepung Aci, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama dari salah satu tepung ini. Ya betul tepung aci. Tahukah kamu dari mana tepung berasal?. Tepung aci merupakan jenis tepung yang terbuat dari singkong. Tepung aci merupakan nama lain dari tepung tapioca atau tepung kanji.

Ketiganya sama hanya orang orang yang menyebutnya berbeda beda. Tepung aci banyak digunakan orang sunda karena merupakan bahasa sunda. Namun orang orang mengenal dengan nama tepung kanji atau tapioca. Tepung aci sering dijadikan olahan makanan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hasil olahan tepung aci beserta resepnya.

Bakso aci merupakan jajanan yang terkenal berasal dari Garut. Teksturnya kenyal dibuat dari tepung sagu. Sering digunakan untuk topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, cocok sekali untuk mencoba resep ini.

Persamaan dan Perbedaan Aci, Kanji, Tapioca, Sagu

Yang aku maksud di sini adalah yang berhubungan dengan tepung, secara kebetulan seakan ada persamaan kegunaan dan namanya.Penasaran juga ternyata ada daerah tertentu yang menyebut bahan pembuat makanan seperti, empek-empek, tekwan, cimol, cireng dengan sebutan aci, sagu dan kanji.

Sedangkan di daerahku kata kanji ini berarti genit atau sejenisnya, nah oleh sebab itu aku iseng-iseng cari tahu arti, persamaan dan perbedaannya. Supaya tidak lupa jadi aku simpan di blog sederhanaku ini.Seperti biasa yang menjadi rujukanku ya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Nah hasil dari blusukanku, aku menemukan ini.

1. Kata Aci Menurut Penelusuranku di KBBI Mempunyai 3 Arti :

  •  Aci : sah, berlaku, jadi, benar.
  • Mengacikan :mengakui aci, mengesahkan, membenarkan
  • Aci : pati, tepung, endapan sari pati.
  • Mengaci: menghaluskan plester tembok atau tembok dengan semen bercampur air

2. Kata Kanji Menurut KBBI, Mempunyai Arti :

  • kanji : air sagu dan sebagainya untuk mengeraskan pakaian dan sebagainya, tajin.

3. Kata Sagu Menurut KBBI Mempunyai Arti :

  • Tumbuhan yang hati batangnya dapat dibuat tepung (kebanyakan jenis Metroxylon)
  • Hati batang pohon palem (seperti enau, rumbia)
  • Tepung dari pati hati batang enau, rumbia, dan sebagainya

4. Sedangkan Tapioka adalah Tepung yang Terbuat dari Singkong

Tapioka ini dikenal juga dengan nama : tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda). Cara menghasilkan tepung tapioka ini dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Tepung Tapioka memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, itu sebabnya penggunaan kedua tepung ini sering dipertukarkan.

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat atau lem rumahan.Banyak makanan tradisional yang menggunakan tepung apioka sebagai bahan bakunya, seperti bakso, tekwan, cimol, empek-empek, juga sebagai bahan campuran membuat kue lainnya, seperti kue lapis, kue sarang semut, bola-bola ubi dan masih banyak lagi kue tradisional lainnya.

Akhirnya aku pribadi mengambil kesimpulan yang cocok untuk menyebutkan tepung yang digunakan untuk bahan atau campuran makanan membuat makanan, seperti : empek-empek, tekwan, cireng dan sebagainya adalah tepung tapioka, yaitu tepung pati ubi kayu atau singkong dan sagu.

Sedangkan aci adalah endapannya, maksudnya endapan dari pati. Dan untuk kanji adalah campuran air dan tepung sagu yang digunakan untuk mengeraskan pakaian. Akhirnya rasa penasaranku tentang Apakah Perbedaan dan Persamaan Antara Aci, Kanji, Tapioka dan Sagu terjawab sudah.

Manfaat Tepung Aci

1. Aci Dapat Menutrisi Tulang

Bermacam-macam kandungan yang terdapat di dalam tepung Aci sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang anda. Hal ini disebabkan karena tepung Aci mengandung zat besi mengandung kalsium dan juga mengandung vitamin k yang dimana kandungan-kandungan tersebut dapat membantu untuk menutrisi tulang sehingga tulang tetap terjaga dan tulang tetap sehat.

2. Menaikkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada berat badan yang tidak kunjung naik jangan khawatir. Mengkonsumsi tepung Aci ternyata dapat mengatasi permasalahan yang sedang anda alami tersebut. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam tepung aci dapat membantu untuk menaikkan berat badan Anda.

Sehingga makanan yang mengandung tepung Aci sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang kurus.

3. Aci Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Tahukah Anda ternyata di dalam tepung Aci juga memiliki kandungan serat sehingga tepung Aci dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat akan membantu anda untuk terhindar dari berbagai masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

Tepung Aci memiliki berbagai macam salah karena tepung Aci terbuat dari bahan alami yaitu tepung Aci terbuat dari singkong yang di mana singkong memiliki kandungan kaya akan serat.

4. Aci Dapat Menyehatkan otot

Kandungan protein yang terdapat di dalam tepung Aci dapat membantu untuk mengembangkan otot Anda sehingga otot-otot Anda tampak lebih kuat dan berisi. Bagi anda para artis Anda dapat mengkonsumsi tepung Aci ini sebagai salah satu makanan yang mengandung protein tinggi.

5. Aci Dapat Menormalkan Tekanan Darah

Tepung aci juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah karena di dalam tepung Aci mengandung kalium yang dimana kalium tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal. tekanan darah yang tidak normal di dalam tubuh akan memberikan berbagai dampak negatif untuk kesehatan tubuh anda.

6. Aci Dapat Mencegah Osteoporosis

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tepung Aci memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Sehingga tepung Aci jika bermanfaat untuk mengatasi osteoporosis yang sedang anda derita. Ataupun dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada diri Anda.

7. Aci Dapat Melancarkan BAB

Kandungan yang terdapat di dalam tepung Aci sangat bermanfaat untuk melancarkan BAB. Sebab di dalam tepung Aci memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah pada kelancaran bab Anda dapat mengatasinya dengan cara mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung tepung aci.

Sehingga dengan demikian mengkonsumsi makanan yang mengandung populasi dapat dijadikan solusi termudah untuk melancarkan BAB.

8. Aci Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain dimanfaatkan untuk melancarkan BAB ternyata kandungan yang terdapat di dalam tepung Aci juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah. Tepung kanji memiliki kandungan zat besi yang dimana kandungan zat besi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah yang baru.

Sehingga dengan mengkonsumsi tepung Aci dapat dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah dan anda dapat terhindar dari anemia.

Resep Bakso Aci

Bahan Bahan Resep Bakso Aci

  • 50 gram tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 75 ml air hangat
  • 50 gram ayam cincang
  • 1 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt ebi, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 5 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1000 ml air kalduTahu putih
  • Batagor kering
  • Sukro
  • Sambal

Langkah Langkah Resep Bakso Aci

  1. Isian: tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. lalu tambahkan daging ayam cincang dan aduk rata. Tambahkan kaldu bubuk dan merica. Koreksi rasa. Masak sampai matang. Angkat.
  2. Bakso aci: campur semua bahan kering lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kalis dan mudah dibentuk. Bentuk adonan menjadi bulat, lalu pipihkan dan beri isian, kemudian bulatkan kembali. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Rebus bakso aci pada air mendidih sampai mengapung. Bakso aci jangan langsung diangkat tapi diamkan sekitar 5 menit agar matang sempurna.
  4. Kuah Baso Aci: Tumis bawang bombai sampai wangi, lalu tambahkan ebi dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Masukkan air kaldu, daun bawang, dan daun jeruk, masak sampai mendidih. Tambahkan bubuk kaldu, garam, dan gula pasir, aduk rata, koreksi rasa.
  5. Masukkan bakso aci, tahu putih, dan batagor kering, masak sampai matang sekitar 3 menit.
  6. Tambahkan sukro dan sambal saat disajikan.

Nah, mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan resep bakso aci ini jangan lupa untuk share kepada adik, kakak, sodara, ayah, ibu, kakek, nenek, teman teman kalian semua ataupun orang yang anda kenal agar resep bakso aci ini bisa dirasakan dan bisa dibuat oleh semua orang.

kemungkinan itu saja yang bisa saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon dimaklumi dan di maafkan. Terima kasih telah berkunjung keartikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.