Home » Artikel » Artikel Proses » Resep Bakso Goreng Ayam yang Enak dan Lezat Ala Resto

Resep Bakso Goreng Ayam yang Enak dan Lezat Ala Resto

Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami, kali ini saya akan membahas tentang Resep Bakso Goreng Ayam yang Enak dan Lezat Ala Resto. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang Resep Mie Kuah Udang. Sebelum menuju ke resep bakso goreng ayam mari mengenal apa itu bakso, manfaat bakso serta kandungan gizi yang terdapat pada bakso.

Juga tahu apa itu ayam, manfaat ayam jika sudah di olah, serta kandungan zat gizi yang terdapat pada ayam.

Manfaat Bakso dan Ayam

resep bakso goreng ayam

Manfaat Bakso

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Sejarah Bakso

Bakso atau baso ialah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Asal Makanan Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.  namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso dari Tiongkok t berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir.  disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Nah itulah sejara bakso atau asal mula dari makanan bakso. Sebelum lanjut ke resep bakso udang goreng berikut ada  beberapa varian bakso yang ada di indonesia.

Varian Bakso yang Ada Di Indonesia

  1. Bakso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang bahan dasarnya tulang. berbeda dengan resep bakso udang goreng, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

Sebelum lanjut ke materi inti yaitu Resep Bakso goreng Ayam lebih baik kita mengenal apa itu bakso dan apa itu daging ayam serta manfaat manfaatntya.

Manfaat Daging Ayam

Daging ayam adalah bahan pangan yang bernilai gizi tinggi karena kaya akanprotein, lemak, mineral serta zat lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Usaha untukmeningkatkan kualitas daging ayam dilakukan melalui pengolahan atau penangananyang lebih baik sehingga dapat mengurangi kerusakan atau kebusukan selama
penyimpanan dan pemasaran.

Daging ayam mudah tercemar oleh berbagai mikroorganisme dari lingkungansekitarnya. Beberapa jenis mikroba  yang terdapat pada bahan pangan adalahEscherichia coli dan Salmonella Sp. serta mikroba patogen lainnya.

Pencemaran mikroba pada bahan pangan merupakan hasil kontaminasi langsung atau tidak langsung dengan sumber–sumber pencemaran mikroba, seperti tanah, udara, air, debu, saluran pencernaan dan pernafasan manusia maupun hewan.

Proses keamanan dan kelayakan daging ayam ini harus dilakukan sedini mungkin yakni mulai dari peternakan (farm) hingga daging ayam dikonsumsi (dimejamakan). Salah satu permasalahan yang paling penting dalam proses panjang ini adalah permasalahan kelayakan Rumah Pemotongan Ayam (RPA).

Peranan RPA sebagai penyedia daging ayam yang akan dikonsumsi manusia sangat besar. Bahkan RPA merupakan penentu dari proses panjang perjalanan peternakan ayam. Meskipun ayam tersebut dinyatakan sehat dari peternakan (farm), jika ditingkat RPA (hilir) pemotongannya tidak memenuhi kriteria pemotongan yang baik maka kecenderungan menimbulkan penyakit akan semakin besar.

Manfaat Serta Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Ayam

Salah satu jenis lauk yang umum dikonsumsi adalah daging ayam. Selain rasanya yang enak dan ukurannya yang cukup besar, harganya yang murah menjadikan ayam makanan yang digemari oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda salah satunya. Nah, mengonsumsi ayam juga bisa mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat ayam bagi kesehatan tubuh?

Ayam dan Kandungan Nutrisinya

Mengonsumsi daging ayam sangat dianjurkan, meskipun frekuensinya juga tetap harus dibatasi. Selain rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi pelbagai macam menu masakan, ayam mengandung banyak nutrisi di dalamnya yang mana nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan daging ayam sebagaimana dilansir dari Food Safety and Inspection Service, US Department of Agriculture meliputi:

  • Lemak
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Zat besi
  • Sodium
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C

Kandungan gizi ayam tersebut tersebar di beberapa bagian utama dari daging ayam, yakni dada, paha, dan sayap. Namun, Anda disarankan untuk mengolah ayam dengan cara direbus atau dipanggang. Pasalnya, dua metode pengolahan ayam tersebut tidak terlalu mengurangi kadar nutrisi di dalamnya.

Manfaat Ayam bagi Kesehatan Tubuh

Lantas, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin? Simak informasinya berikut ini.

1. Daging Ayam Sebagai Pembentukan Otot

Daging ayam mengandung protein, tepatnya asam amino. Hal ini lantas menghasilkan manfaat ayam untuk membantu memaksimalkan pembentukan otot tubuh.

Protein adalah zat yang memang salah satu fungsinya adalah untuk membentuk dan menguatkan otot-otot tubuh. Dada ayam adalah bagian daging ayam yang paling banyak mengandung protein, yakni sekitar 25 gram.

2. Daging Ayam Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu pembentukan otot, kandungan daging ayam berupa protein juga menghasilkan manfaat daging ayam untuk membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang kini sedang menjalani program penurunan berat badan.

Manfaat ayam untuk membantu menurunkan berat badan melalui kandungan proteinnya tersebut dikarenakan zat ini dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda bisa menekan frekuensi makan guna menjaga berat badan tubuh.

3. Daging Ayam Untuk Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

Manfaat ayam bagi kesehatan tubuh adalah untuk memperbaiki suasana hati (mood). Hal ini dimungkinkan karena pada ayam terdapat kandungan zat yang disebut tryptophan. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin di dalam otak.

Nah, serotonin inilah yang kemudian berperan untuk memberikan efek nyaman dan juga tenang pada tubuh.

4. Daging Ayam Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B6 pada daging ayam berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Pun, vitamin ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi dari sistem saraf pusat.

Tubuh yang sehat ditunjang oleh metabolisme yang baik. Oleh sebab itu, tingkatkan metabolisme tubuh Anda dengan cara mengonsumsi daging ayam ini salah satunya.

5. Daging Ayam dapat Menurunkan Kolesterol

Selain vitamin B6, pada ayam juga terkandung vitamin B3 atau niacin. Hal ini menghasilkan manfaat ayam untuk menurunkan kadar lemak LDL atau kolesterol jahat.

Manfaat daging ayam yang bisa membantu mengontrol kadar kolesterol ‘jahat’ ini menjadikannya makanan yang patut untuk Anda konsumsi secara rutin. Pasalnya, kolesterol ‘jahat’ jika terus menerus dibiarkan akan berakibat pada munculnya gangguan kesehatan, salah satunya penyakit kardiovaskular seperti jantung.

6. Meminimalisir Risiko Kanker

Sementara itu, kandungan gizi ayam berupa zat antioksidan bernama selenium efektif untuk menghalau serangan radikal bebas. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan tubuh karena sebagaimana diketahui, radikal bebas menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat adalah impian semua orang. Guna mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin.

Lagi-lagi, manfaat ayam yang satu ini dihasilkan oleh kandungan zat antioksidan di dalamnya, kali ini ‘diwakilkan’ oleh vitamin C. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, vitamin C adalah vitamin yang identik dengan kulit.

8. Mencegah dan Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah juga menjadi salah satu penyakit yang bisa dicegah dan diatasi dengan cara mengonsumsi daging ayam.

Manfaat daging ayam dalam mengatasi anemia ini dikarenakan unggas tersebut mengandung zat besi, yang mana zat besi ini sendiri memang fungsi utamanya untuk memperlancar produksi dan peredaran darah di dalam tubuh.

9. Mencegah Alzheimer

Salah satu penyakit akibat gangguan fungsi otak, yakni Alzheimer, dapat dicegah dengan daging ayam. Hal ini dihasilkan oleh vitamin B yang ada di dalamnya.

Selain mencegah terjadinya Alzheimer, manfaat ayam bagi kesehatan melalui vitamin B adalah untuk meredakan stres. Untuk manfaat yang terakhir akan tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna menguatkan klaimnya.

10. Membuang Racun

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi akan berubah menjadi racun yang berbahaya. Namun, tubuh sudah punya sistem alami untuk mengolah dan membuang racun-racun tersebut sebelum benar-benar membahayakan tubuh.

Masalahnya, ada kalanya sistem tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga yang terjadi adalah, racun tubuh terus mengendap.

Nah, hal demikian tidak akan terjadi apabila Anda mengonsumsi ayam secara rutin. Kandungan protein pada ayam diklaim efektif untuk membantu sistem tubuh dalam mengolah dan membuang limbah makanan dan minuman.

Perlu diingat, daftar manfaat ayam di atas mungkin belum sepenuhnya bisa dikatakan kuat dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ada baiknya untuk mengimbangi konsumsi ayam dengan makanan lainnya yang sudah terbukti menyehatkan seperti sayur dan buah.

Pun, konsultasikan kepada dokter ahli gizi untuk menentukan porsi daging ayam yang sesuai dengan Anda.

Resep Bakso Goreng Daging Ayam

resep bakso goreng ayam

Bahan Bahan Resep Bakso Goreng Daging Ayam

  • 300 gram paha ayam fillet, dicincang halus
  • 100 gram kulit ayam, dicincang halus
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/8 sendok teh penyedap rasa
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 150 ml air es
  • 1 butir (50 gram) telur ayam
  • 250 gram tepung sagu
  • 1 sendok teh baking powder
  • minyak pad untuk menggoreng

Langkah Langkah Resep Bakso Goreng Daging Ayam

  1. Campur ayam, kulit ayam, bawang putih, garam, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan minyak wijen sambil diuleni rata.
  2. Masukkan air es sedikit-sedikit sambil diuleni rata.
  3. Tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan tepung sagu dan baking powder. Aduk rata.
  4. Bentuk bola-bola dengan sendok.
  5. Goreng dalam minyak panas sedang di atas api kecil sampai matang. Dinginkan. Bungkus dalam kemasan yang dikehendaki. Simpan dalam freezer.

Mudah kan? Kalian bisa coba sendiri dirumah dengan bahan bahan dan langkah langkah diatas. Jika kalian suka artikel ini jangan lupa untuk share keteman teman keluarga atau yang lainnya agar orang yang anda kenal bisa juga merasakan cara membuat resep bakso goreng ayam

Mungkin itu saja yang saya deskripsikan tentang resep bakso goreng ayam dan enak,apabila ada kalimat kalimat yang tidak berkenan dalam membuat artikel tentang resep bakso udang sederhana dan enak saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih sampai jumpa pada artikel artikel berikutnya.

By |2019-11-14T17:15:21+07:00November 4th, 2019|

About the Author: