Terima kasih telah berkunjung di artikel kami lagi , di artikel kali ini saya akan membahas tentang Resep bakso udang goreng sederhana dan enak. Yang pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang artikel Cara Membuat cheese cake.

Kalian udah tau resep bakso udang goreng itu apa? berikut adalah penjelasan tentang resep bakso udang goreng.Bakso adalah nama makanan yang sering kita dengar sehari hari, makanan Bakso ini mungkin makanan yang sering ditemukan di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Bakso atau baso adalah makanan dari olahan daging yang digiling dengan tepung tapioka.Daging yang digunakan untuk membuat bakso pada umumnya ialah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam bahkan juga ada yang meggunakan udang.

Pembuatan bakso pun ada beberapa cara yaitu ada yang di rebus, kukus, goreng dan lain lain.Namun kali ini bukan bakso dari daging lagi melainkan bakso dari udang sedikit berbeda dari bakso yang lain bakso udang  ini kaya akan protein di  dalamnya.

Bakso udang goreng adalah bakso yang digiling dengan udang segar dari laut supaya bakso tersebut kaya akan protein.Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas resep bakso udang goreng, sebelum ke resep bakso udang goreng kita akan mempelajari sejara atau asal mula dari makanan bakso tersebut.

Sejarah Makanan Bakso

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.  namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso dari Tiongkok t berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir.  disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Nah itulah sejara bakso atau asal mula dari makanan bakso. Sebelum lanjut ke resep bakso udang goreng berikut ada  beberapa varian bakso yang ada di indonesia.

Varian Bakso yang Ada di Indonesia

resep bakso udang goreng

  1. Bakso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang bahan dasarnya tulang. berbeda dengan resep bakso udang goreng, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

Dampak  Bakso Untuk Kesehatan

Dalam proses pembuatan resep bakso udang goreng, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman di konsumsi oleh BPOM.

BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5-10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

Karena resep bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Karena alasan itulah di supermarket bakso dijual dalam kondisi beku untuk menjaga temperatur agar bakso dapat terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri.

hati-hati dalam memilah bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling maupun yang ada dipinggir jalan. Bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang rawan tercemar bakteri, misalnya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab tifus. Pilihlah bakso yang tengah direbus.

Bukan menakut nakuti bahan borak memanglah berbahaya dapat menyebabkan kanker hati. kita boleh makan bakso tapi pilih tempat yang bersih serta terjamin kebersihannya. Alangkah baiknya kita buat bakso sendiri itu lebih terjamin kesehatannya.

Manfaat Udang

Udang merupakan menu wajib bagi pecinta seafood. Jelas saja, rasanya yang enak serta kandungan gizinya yang lengkap menjadi poin plus tersendiri. Apalagi jika si udang ini dikolaborasikan dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu tertentu.

Tentu akan sangat menggugah selera makan, bukan? Walaupun demikian, ternyata masih tetap saja ada yang acuh terhadap manfaat udang ini loh. Mereka yang menghindari konsumsi udang banyak disebabkan karena anggapan bahwa udang mengandung banyak kolesterol jahat atau sering disebut LDL.

nah berikut ini adalah manfaat udang

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Manfaat mengkonsumsi udang yang paling utama adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika kita sering melakukan aktivitas olahraga udang sangat bermanfaat.

Udang yang mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone di dalam tubuh. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

2. Udang Mencegah Penyakit Kankers

Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang lho. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh.

Mineral selenium ini adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

3. Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini.

karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung. Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi. Wow banget kan si udang ini?

4. Udang Sebagai Sumber Omega 3

Beberapa orang yang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian.

Tapi tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang sangat lengkap? tentu anda sudah mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk otak.Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam.

Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5. Udang Mengandung Zat Anti Inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang.

Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

6. Udang Sebagai Sumber Makanan Kaya Protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia.

Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

7. Udang dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda merasakan kurang berselara makan, disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida.

Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

8. Udang Sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis.

Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

9. Udang Memiliki Kandungan Fosfor yang Tinggi

Udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Konsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang tinggi.

Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu. Persendian lah yang akan sangat terasa nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

Kandungan Zat Gizi

Menurut Suryani (1991), udang merupakan bahan makanan yang tinggi nilai gizinya , khususnya kandungan protein, besi, kalsium, dan fosfor. Kandungan protein dan besi udang segar lebih tinggi dibandingkan ikan segar. Adapun kandungan zat gizi udang dan ikan segar dapat dilihat pada tabel 2.

Kandungan zat gizi udang dan ikan segar dalam 100 g

Zat Gizi Udang

 

Ikan Segar
Energi (Kal) 91 113
Protein (g) 21 17
Lemak (g) 0,2 4,5
Karbohidrat (g) 0,1 6
Kalsium (mg) 136 20
Fosfor (mg) 170 200
besi (mg) 8 1
Air (g) 75 76

Resep Bakso Udang Goreng  dengan Tambahan Wortel

Bakso udang goreng

Berbeda dengan yang lainnya resep kali ini di dalam bakso terdapat tambahan irisan wortel, selain mengenyangkan makanan ini juga baik untuk kesehatan mata karna wortel banyak mengandung vitamin A. berikut adalah bahan bahannya.

Bahan Bahan Resep Bakso Udang Goreng

  • 200 gram udang
  • 2 biji wortel ukuran kecil parut
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 biji putih telur
  • Garam
  • Gula
  • Kaldu jamur
  • Bumbu halus:
  • 3 biji bawang putih
  • 1 biji bawang merah
  • 1/4 sdt pala bubuk

Udang yang sudah bersih haluskan bisa diblender atau diulek(aku diulek aja biar berasa kres2 udangnya).masukan dalam wadah.ulek bumbu halus campurkan dengan udang.

Langkah Langkah Resep Bakso Udang Goreng 

  1. Udang yang sudah bersih haluskan bisa diblender atau diulek(aku diulek aja biar berasa kres2 udangnya).masukan dalam wadah.ulek bumbu halus campurkan dengan udang.
  2. Wortel parut campurkan dengan udang,tambahkan putih telur
  3. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata beri garam,gula, kaldu jamur koreksi rasa.oles tangan dengan tepung tapioka.
  4. Ambil sesendok adonan taruh ditangan bulatkan. Masukan kedalam rebusan air mendidih. Lakukan sampai habis. Rebus selama 25 menit.
  5. Angkat dan tiriskan. Panaskan minyak goreng,goreng sampai kekuningan.angkat tiriskan sajikan dengan saus mayo, saus tomat,atau saus sambal sesuai selera.

Mudah kan? Kalian bisa coba sendiri dirumah dengan bahan bahan dan langkah langkah diatas. Jika kalian suka artikel ini jangan lupa untuk share keteman teman keluarga atau yang lainnya agar orang yang anda kenal bisa juga merasakan cara membuat resep bakso udang tersebut.

Mungkin itu saja yang saya deskripsikan tentang resep bakso udang sederhana dan enak,apabila ada kalimat kalimat yang tidak berkenan dalam membuat artikel tentang resep bakso udang sederhana dan enak saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih sampai jumpa pada artikel artikel berikutnya.