Hallo teman teman,persilahkan saya untuk memberitahu bagaimana resep bakwan udang dan bagaimana cara membuatnya.Dibawah akan saya jelaskan resep bakwan udang dan cara membuatnya.

Bakwan Udang

bakwan udang

Bakwan juga biasanya terdiri dari sayuran,akan tetapi terdapat variasi lain yaitu bakwan udang yang menggunakan udang utuh yang digoreng bersama adonan terigu.Karena kemiripannya,istilah ‘bakwan’ dan ‘perkedel sering kali dipertukarkan,misalnya bakwan jagung atau juga dadar jagung sering banyak yang menyebutnya dengan perkedel jagung.

Mendapat juga pendapat bahwa bakwan adalah nama lain dari bakso.Sedangkan bakso arti kata pada “bak” adalah daging dan “so” adalah membuatnya bentuk bulat.Jadi,bakso artinya daging yang di buat dengan mesin penepung diskmill serbaguna sedang dibuat bulat.Contohnya penggunaan kata bakwan di dalam arti tersebut adalah bakwan malang atau bakwan surabaya.

Biasanya,adonan bakwan langsung dituang ke dalam penggorengan sehingga bentuknya jadi tidak beraturan namun lebih renyah.Adonan bakwan dapat mencampurnya dengan sayuran seperti kol dan wortel.Selain itu,dapat jugamenambahkan udang, seperti resep kali ini.

Anda juga bisa mengupas udang terlebih dahulu jika tidak menyukai kulit udang.Agar matangnya merata,menuangkan adonan bakwan setelah minyak benar-benar panas.

Manfaat Manfaat Bakwan

1. Sumber Kalori

Sumber Kalori Jagung juga merupakan sumber yang kaya kalori dan sering banyak yang menjadikan sebagai makanan pokok.Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram,yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi.Hal tersebut membuatnya jagung juga sering dikonsumsi oleh orang untuk mendapatkan berat badan yang cepat.

Kondisi pertumbuhan jagung yang fleksibel,membuatnya penting bagi kelangsungan hidup puluhan negara berbasis pertanian.

2. Mengurangi resiko wasir

Kandungan serat dari satu cangkir jagung,mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Serat akan membantu buang air besar yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu.Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan diare.

3. Sumber Vitamin

Vitamin Jagung juga banyak manfaat yaitu vitamin b,khususnya Thiamin dan Niacin.Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif.Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare,demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi.Jagung merupakan sumber asam pantotenat,karbohidrat,protein,dan lemak.

Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf.Biji jagung kaya akan manfaat vitamin E,sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh.

4. Kaya Mineral

Kaya Mineral juga banyak mengandung mineral yang melimpah dan menguntungkan tubuh.Fosfor,magnesium,mangan,seng,zat besi dan tembaga juga banyak ditemukan di semua varietas jagung.Jagung juga mengandung mineral seperti selenium, yang sulit ditemukan dalam bahan makanan lain.

Fosfor juga sangat penting untuk mengatur pertumbuhan,kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal.Magnesium diperlukan untuk menjaga detak jantung normal dan meningkatkan kekuatan tulang.

5. Sifat Antioksidan

Sumber Sifat Antioksidan jagung merupakan sumber yang kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker.Bahkan,tidak seperti banyak makanan lain,memasak makanan dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam jagung manis.

Manfaat antioksidan juga telah terbukti mengurangi kanker karena kemampuan mereka untuk menginduksi apoptosis pada sel kanker, sementara sel-sel sehat tidak terpengaruh.Hal tersebut sangat relevan ketika phytochemical adalah sumber antioksidan,yaitu bahan kimia yang tinggi dalam jagung.

Baca Juga: Resep Masakan Udang Murah Dan Enak Yang Patut Dicoba

Macam Macam Bakwan Udang

1. Gimmari / Twigim – Korea Selatan

Korean street food memang selalu jadi primadona bagi penikmat kuliner.Jika Indonesia punya gorengan, maka Korea punya twigim.Sebenarnya twigim merupakan olahan makanan yang dibalut tepung dan digoreng.Pilihannya beragam dari mulai cumi-cumi,ubi,udang,bahkan memandu (pangsit).

Biasanya gorengan ini juga dinikmati dengan mencocolnya dalam kecap asin.Sementara variannya adalah gimmari yang terbuat dari japchae (bihun ala Korea) lalu digulung dengan selembar nori.

2.  Falafel – Mesir

Kudapan khas Timur Tengah ini terbuat dari kacang Arab yang digiling hingga padat,kemudian dibentuk bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak goreng panas.Biasanya disajikan dalam roti pipih seperti pita yang disebut lafa.

Bola-bola gorengan ini juga sudah biasa ditambah dengan asinan,acar sayuran,selada serta saus pedas.Jika Ramadan tiba,falafel sering menjadi hidangan berbuka puasa.

3. Fried Pickles – Amerika

Fried pickles juga merupakan olahan acar goreng yang biasa ditemukan di Amerika Selatan.Makanan ringan ini terbuat dari acar yang diiris dan dilumuri adonan lalu digoreng.Biasanya menjadi makanan pembuka atau sebagai pendamping hidangan makanan yang lainnya.Tidak lupa dihidangkan bersama saus cocol yang nikmat.

4. Momiji Tempura (bakwan daun) – Jepang

Momiji No Tempura(bakwan daun) merupakan sajian gorengan dari negeri Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia?Nah,ada satu lagi camilan khas Jepang yang terbilang unik,yaitu terbuat dari daun maple yang disebut momiji.

Makanan ini berasal dari kota Minoh.Sebagaimana dilansir dari laman atlasobscura.com,penduduk kota Minoh biasa memetik daun maple muda dari pohon,kemudian daun maple muda tersebut diasinkan selama satu tahun.Setelah diasinkan,daun maple akan dilumuri juga dengan tepung manis lalu digoreng hingga crispy.Unik ya.

5. Pakora – India

Pakora India juga termasuk salah satu negara yang dikenal memiliki banyak kuliner kaya rasa.Contohnya saja camilan yang satu ini.Tampilan dan bentuknya hampir sama persis seperti bakwan di Indonesia bukan?Hanya saja perbedaannya juga terdapat pada campuran bawang,bayam,adonan tepung,sawi,terung,hingga keju.

Cara menyajiannya juga sudah cukup mudah adonan yang telah tercampur rata lalu digoreng hingga kecokelatan.Kemudian pakora akan ditambahkan bersama kuah kari dan cocolan yoghurt khas India.

6. Beguni – Bengali

Beguni merupakan camilan makanan yang berasal dari wilayah Bengal anak benua India.Camilan ini berbahan dasar terong yang diiris dan dipukuli sebelum digoreng.Selanjutnya irisan terong tersebut dilumuri pasta besan (tepung khas India) lalu digoreng hingga coklat keemasan.

Agar lebih renyah,biasanya ditambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan.Beguni ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima sehingga sangat populer di sana.

7. Arancini – Italia

Arancini Italia adalah hidangan makanan dari nasi yang dibentuk bulat yang dilapisi tepung roti lalu digoreng.Umumnya diberi isian daging sapi cincang yang dimasak dengan saut tomat dan beberapa bumbu menggunakan api kecil.Isian makanan yang lainnya yaitu keju mozzarella dan kacang-kacangan.

Nama hidangan makanan ini juga ada artinya yaitu adalah “jeruk kecil”.Hal itu berdasarkan warna dan bentuk arancini yang mirip sebuah jeruk.Itulah kudapan bakwan yang ada di dunia.Gimana,sudah bikin ngiler belum? Bisa jadi referensi camilan nikmat lho buat di rumah aja.Semoga bermanfaat.

Bakwan menjadi menu camilan khas sebagian besar masyarakat Indonesia.Banyak ragam bakwan di setiap daerah,contohnya bakwan Pontianak dari Kalimantan Barat.Udang menjadi salah satu jajanan populer belakangan ini,bisa dibilang menu yang satu ini sedang viral di media sosial.

Resep Bakwan Udang

1.Resep Bakwan Udang Sayur

bakwan udang sayur

Bahan-Bahan:

  • 150g wortel, potong korek api
  • Taoge 150
  • Kol 150g iris halus
  • 1batang daun bawang,di iris halus
  • ½batang seledri,iris halus
  • 8siung bawang putih,di haluskan
  • Merica putih bubuk ½sdt 
  • 1sdt royco sop krim ayam
  • Garam 1sdt 
  • Tepung terigu 150g
  • 70g tepung beras
  • 220ml air
  • Telur ayam 1butir,di kocok lepas
  • Minyak,untuk menggoreng

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Sayur:

  1. Di campurkan semua bahan seperti tepung terigu,tepung beras,royco kaldu ayam,bawang putih,garam,merica,telur dan tambahkan air.Aduk rata.
  2. Memasukkan wortel,taoge,kol,daun bawang,dan seledri ke dalam adonan tepung. Aduk rata.
  3. Siapkan minyak panas di atas api sedang.Ambil adonan bakwan dengan sendok sayur, tuang ke dalam minyak.Goreng hingga cokelat keemasan.Ulangi proses hingga adonan habis.
  4. Di angkat dan tiriskan.Sajikan bersama saus sambal jawara hot. 

2.Resep Bakwan Udang Jagung Kriuk

Bahan-Bahan:

  • 3 buah jagung manis,disisir halus
  • 7 sdm penuh tepung terigu ( saya pake segitiga )
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 siung bawang putih ditumbuk sampai halus
  • 8 butir bawang merah diiris halus
  • 5 batang seledri iris halus
  • Daun bawang 2 batang kecil iris halus
  • Air secukupnya
  • Secukupnya garam,merica

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung Kriuk:

  1. Mencucilah pada jagung,sisir dengan pisau.Tarokan di dalam baskom.Siapkan bahan2
  2. Di campurkan semua bahan di dalam baskom.Aduk hingga sampai rata.
  3. Masukkan semua adonan bakwan jagung yang telah dicampur.Dilihat adonan nya ya,kalau terlalu kental tambahkan air sebaliknya kalo kurang tepung tambahkan terigu.Jangan lupa beri garam dan merica.Tidak perlu kasih gula krn jagung sudah manis
  4. Gorenglah semua adonan bakwan di dalam minyak yang panas.Kalau mau bikin tebal tinggal ditebalin aja adonan nya pake 2 buah sendok krn sy sukanya tipis2 bisa memakai 1 sendok langsung beberkan adonan ke dalam minyak
  5. Kemudian gorenglah adonan bakwan sampai matang.Kalau saya suka nya sampai agak coklat.Enaak garing wangiii.

3.Resep Bakwan Udang Dadar Jagung

Bahan-Bahan:

  • Jagung manis pipil – 300 gram
  • Wortel, serut kasar – 75 gram
  • Seledri, iris tipis – 1 batang
  • Terigu – 50 gram
  • Tepung beras – 3 sdm
  • Telur – 1 butir
  • Garam – 1 sdt
  • Merica bubuk – 1/2 sdt
  • Minyak untuk menggoreng – secukupnya
  • Bawang putih – 4 siung
  • 3 butir bawang merah
  • Ketumbar – 1 sdt

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Dadar Jagung:

  1. Uleglah pada jagung pipil.
  2. Di dalam satu wadah,campurkan jagung,wortel,daun bawang,seledri,garam,merica,dan bumbu halus. Aduk hingga sampai rata.
  3. Masukkan terigu,tepung beras,dan telur.Aduk sampai rata.
  4. Panaskan banyak minyak dengan api sedang.
  5. Ambillah sedikit adonan bakwan lalu goreng dalam minyak panas.Lakukan hingga semua adonan habis.Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.Angkat dan tiriskan.
  6. Adonan siap untuk disajikan.

4.Resep Bakwan Udang Jagung

Bahan-Bahan:

  • 150 g tepung beras
  • 3½ sdm tepung terigu
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt merica bubuk
  • Garam ½ sdt
  • 175 ml air
  • 350 g jagung manis pipil segar
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • Daun jeruk 6 lembar,buang tulangnya,di iris halus
  • 8 butir bawang merah,iris halus
  • minyak goreng
  • sambal hijau,untuk pelengkap

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung:

  1. Campurlah tepung beras,dan tepung terigu di dalam mangkuk besar.Tambahkan bawang putih halus, merica bubuk,garam,dan air,aduk hingga menjadi adonan yang licin.
  2. Masukkan jagung pipil,daun bawang,daun jeruk iris,dan bawang merah iris.Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan 1 sendok sayur adonan bakwan jagung ke dalam minyak banyak panas,goreng hingga matang dan kecokelatan.Angkat,tiriskan.Sajikan bersama sambal hijau.

5.Resep Bakwan Udang Jagung Spesial

Bahan-Bahan:

  • 4 bonggol jagung manis
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 batang daun bawang
  • 5 biji cabai merah besar (yg suka pedas bisa tambah)
  • 1 butir telor ayam

Bumbu halus:

  • Bawang putih 2 siung
  • 4 siung bawang merah
  • sejumput ketumbar
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • penyedap rasaminyak sayur untuk menggoreng

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung Spesial:

  1. Bersihkanlah jagung manis dari kulitnya lalu di cuci  sampai bersih,di iris tipis/sisir bagian luar jagung(bisa 2x sisir biar tidak terlalu besar2 jagungnya)
  2. Cucilah dengan bersih daun bawang dan cabai lalu iris kecil2
  3. Siapkan bumbu halus
  4. Campurkan semua bumbu halus dan semua bahan lalu tambahkan air,aduk sampai merata (jangan terlalu encer ya).Koreksi rasa
  5. Panaskanlah minyak dengan api yang sedang saja lalu goreng adonan sampai kuning keemasan
  6. Kemudian jika bakwan sudah matang siap untuk disajikan.

6.Resep Bakwan Udang Jagung Renyah Dan Empuk

Bahan-Bahan:

  • 5 Sendok makan tepung terigu
  • 3 Buah jagung manis
  • Daun seledri 3 Batang dirajang sampai halus
  • Bawang merah 3 Butir  dicincang hingga halus
  • Bawang putih 2 siung dicincang halus
  • 1 Batang wortel kecil dicincang hingga sampai halus
  • Daun bawang 1 Batang dirajang sampai halus
  • Tepung beras 1 Sendok makan
  • Telur ayam 1 Butir
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung Renyah Dan Empuk:

  1. Campurkan semua bahan,kemudian tuangi air sedikit demi sedikit.Jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu bantat.
  2. Bumbuilah adonan bakwan jagung dengan garam dan gula secukupnya.
  3. Ambillah 1 sendok makan adonan,kemudian goreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan.

7.Resep Bakwan Udang Jagung Crispy

Bahan-Bahan:

  • 1/4 kg Tepung terigu atau 250 g
  • 4 buah Jagung manis ukuran besar
  • Telur 1 butir
  • 2-3 batang Daun bawang potong halus

Bahan bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Merica halus,boleh bubuk atau ulek sendiri
  • secukupnya Penyedap rasa
  • sesuai selera Garam

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung Crispy:

  1. Siapkan semua adonan jagung nya terlebih dahulu dan sudah di cuci bersih dalam wadah(semacam mangkok besar atau baskom)usahakan semua adonan pakai wadah pelastik atau alumunium agar tidak terlalu berat
  2. Lepaskan jagung2 dari batang nya,atau di sisir dengan pisau
  3. Masukkan jagung yang sudah di sisir ambillah 1 centong untuk diulek tapi jangan halus2,cukup dihancurkan saja,agar rasa dari jagung keluar pada adonan,dan campurkan lagi pada jagung yg sudah di sisir tadi pada wadah nya
  4. Siapkan bumbu halus,campurkan pada adonan jagung,campur rata
  5. Kemudian 1 butir telor dan daun bawang yang audah di potong halus,aduk rata
  6. Ambillah tepung terigu yang sudah selesai bisa disiapkan di campurkan perlahan dengan air sampai semua terigu masuk,jangan terlalu encer atau atau terlalu kental
  7. Aduklah pelan pelan adonan sampai tercampur sempurna,koreksi rasa sesuai selera
  8. Panaskan minyak dalam penggorengan atur api nya
  9. Setelah sudah selesai bisa ditambahkan isi nya dengan wortel di potong korek atau kol di potong halus
  10. Tips:agar renyah dan tidak lembek,lebih banyak isi adonan daripasa air atau tepung nya

8.Resep Bakwan Udang Jagung Super gurih

Bahan-Bahan:

  • 3 bonggol jagung manis
  • 2 btg daun bawang,di iris tipis
  • 4 siung bawang putih,dihaluskan
  • Bawang merah 4 siung,dihaluskan
  • Tepung Terigu 3 sdm
  • 2 sdm tepung tapioka
  • Tepung Beras 2 sdm
  • 1/2 sdt baking powder
  • Secukupnya lada
  • 100 ml air / secukupnya
  • Gula pasir 2 sdt
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Resep Bakwan Udang Jagung Super Gurih:

  1. Rontokkan/pipil jagung manis dari bonggolnya.
  2. Campurkan semua bahan,kemudian tuang air sedikit demi sedikit,jangan sampai adonan terlalu encer atau terlalu kental.
  3. Tambahkan engan sedikit garam dan gula sesuai selera.
  4. Panaskan ke dalam wajan dengan minyak yang cukup banyak,lalu ambil satu sendok makan adonan, dan tuangkan kedalam minyak,ulangi hingga sampai beberapa adonan.Goreng hingga sampai matang.
  5. Bakwan jagung renyah siap untuk disajikan sebagai pedamping menu utama.
  6. Selamat mencoba.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan dan saya jelaskan beberapa hal hal bagaimana resep bakwan udang dan bagaimana cara membuat resep bakwan udang.Jika ada kata yang kurang jelas dan kurang paham saya minta maaf yang sebesar besarnya.Sekian dan terimakasih.Assalamualaikum,Wr.Wb.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •