Resep Bawang Bombay dan Beberapa Kegunaanya

Resep bawang bombay sering kali kita menjumpai pada beberapa artikel. Disini juga saya akan membahas beberapa hal mengenai resep bawang bombay. Dalam kuliner internasional, bawang bombay (Allium cepa) lebih populer ketimbang bawang merah.

Bawang Bombay

bawang bombay

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak,luas dan banyak yang menggunakannya. Banyak juga yang memakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging yang tebal.

Resep bawang bombay biasa banyak yang menggunakannya dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya menggunakannya sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan.

Menyebutnya dengan bawang bombay karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombay sekarang adalah (Mumbai) India ke Indonesia.

Dibalik aromanya yang enak, ternyata bawang bombay juga menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang bombay mengandung kalori yang begitu rendah, dan kaya akan mineral,vitamin,serta antioksidan.

Sebutir bawang bombay juga mampu memenuhi vitamin B6, vitamin C, serta mangan. Bawang bombay juga mengandung folat, hingga zat besi, yang membuat manfaat bawang bombay menjadi semakin sangat kaya.

Biasanya,resep bawang bombay kerap banyak yang menggunakanya untuk upaya pengobatan dalam mengatasi masalah gangguan jantung dan pembuluh darah, masalah pencernaan, hingga sakit dalam tenggorokan dan mulut.

Tapi, di Indonesia malah terjadi sebaliknya. Dalam kuliner Tanah Air, bawang merah lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan bawang bombay. Karena bawang bombay biasanya hanya memakai untuk masakan beberapa negara saja. Yang sudah beradaptasi pada selera lidah orang Indonesia.

Faktanya, bawang bombay yang sering banyak yang menggunakannya terdiri dari dua jenis, yaitu bawang bombay merah dan juga bombay kuning. Bawang bombay merah memiliki kulit dan umbinya yang berwarna merah.

Sedangkan, umbi bawang bombai kuning berwarna kuning cenderung lebih pucat dan kulitnya yang berwarna cokelat. Negara Indonesia, bawang bombay kuning bisa dengan mudah menemukannya di berbagai pasaran. Sementara, bawang bombay merah sangat sekali jarang tersedia.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Bawang Bombay

budidaya bawang bombay

Bawang bombay sangat baik jika menanamnya pada daerah pegunungan dengan suhu yang dingin. Penyinaran sinar matahari yang panjang hingga 14 jam dalam satu hari. Ketinggian tempat yang ideal untuk menanam bombai yaitu sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

1.Waktu Tanam Harus Diperhatikan

Saat paling bagus untuk mulai menanam bawang Bombay adalah pada saat musim kemarau. Akan tetapi musim yang kering ini harus bisa mengimbangi dengan memberi air yang cukup, karena pada awal pertumbuhannya, bawang Bombay memerlukan air dalam jumlah yang banyak.

2.Pembibitan Bawang Bombay

Terdapat dua cara penanaman yang bisa anda memilihnya yaitu menanam biji atau umbi, di negara Indonesia .Pada umumnya orang akan lebih memilih menanam umbi, karena lebih mudah jika mencarinya meskipun harganya relatif akan lebih mahal.

3.Penyiapan Tanah

Biji atau umbi bawang sebaiknya ditanam dalam lahan  tanah yang gembur. Yang telah dibuat menjadi bedengan-bedengan dengan tinggi yang mencapai 10-15 cm dan lebarnya 1 m. Membuatlah peneduh untuk melindungi persemaian tersebut.

Melakukan  pengolahan tanah “penggemburan tanah serta pembuatan bedengan” 2 minggu atau sebulan sebelum bibit yang akan anda menanamnya. Sekitar satu minggu pra penanaman, lakukan pemupukan, menggunakan pupuk kompos atau kandang yang telah tua.

4.Cara Menanam

Cara menanamnya yaitu lewat biji harus mengawalinya dengan penyemaian, sedangkan jika umbi yang dipilih sebagai bibit, maka perlu membuatkan lubang untuk membenamkan sebagian umbi. Sebelum menanam,memotong ujung umbi dan mengkeringkannya. Perhatikan jarak menanam antar umbi.

5.Pemeliharaan Tanaman Bawang Bombay

Sebelum dan setelah bibit mulai tumbuh, dan daun bawang Bombay mulai bermuculan hingga saat akan memanen tiba, pemeliharaan wajib melakukannya dengan benar. Unsur pemeliharaan tanaman bawang Bombay meliputi sejumlah poin penting yaitu menyiram, serta memberantaskan.

Penyiraman hendaknya melakukan secara teratur, ketika pertumbuhan baru mulai, tanaman membutuhkan air yang lebih banyak. Seiring bertambahnya umur tanaman, pengairan bisa melakukan dalam kurun waktu yang tidak terlalu sering.

6.Pemanenan Bawang Bombay

Bawang bombay dapat memanennya setelah berumur sekitar 4-5 bulan setelah menanam bahkan bisa lebih cepat tergantung dengan varietas jenis dan juga pemeliharaannya. Pemanenan dilakukan dengan mencabut batang dengan hati-hati lalu membersihkan kotoran yang menempel pada umbi.

Baca juga Cara Bikin Bawang Goreng dan Cara Pengolahannya.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

  1. Menangkal radikal bebas. Bawang bombay mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiradang.
  2. Menyehatkan sistem pencernaan. Selain bisa menangkal radikal bebas, bawang bombay juga bisa menyehatkan sistem pencernaanmu.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menjaga kadar gula darah.
  5. Menurunkan risiko mengalami kanker.

Macam Bawang Bombay

1.Bawang Bombay Cokelat/Kuning

Ini adalah resep Bawang bombai yang paling sering kita ditemukan dan menggunakan dalam hidangan masakan. Namun faktanya lebih cocok menggunakannya untuk makanan yang membutuhkan waktu memasak cukup lama. Sebab semakin lama memasakknya, semakin manis rasa bawang ini.

2.Bawang Bombay Putih

Resep bawang bombay ini bisa menggunakannya untuk menggantikan bawang bombai cokelat. Namun baunya lebih tajam dari bawang bombai lainnya, serta teksturnya lebih garing dan tipis. Bawang bombai putih banyak yang menggunakannya untuk masakan beraroma atau bercitarasa kuat.

3.Bawang Bombay Manis

Sekilas, penampilannya memang mirip dengan bawang bombay biasa, tapi bentuknya lebih menggepeng. Namun bawang ini punya rasa lebih manis dan baunya yang tidak tajam, sehingga cocok untuk masakan mentah seperti salad atau menjadikannya sebagai onion rings.

4.Bawang Bombay merah

Berwarna ungu tua dengan bau dan rasa yang lembut menjadikan bawang ini paling sering memakainya untuk campuran salad,pizza, bahkan isi burger. Bawang bombai merah kurang enak jika memasaknya namun lebih enak memakan secara mentah.

Onion Ringonion ring

Onion ring adalah sebuah bentuk makanan pembuka atau hidangan camilan. Yang biasanya umum kita menemukan di negara-negara besar terkenal. Resep bawang bombay tersebut umumnya berbentuk seperti cincin. Bawang bombai berikut yang dicampur tepung roti atau mentega kemudian digoreng.

Onion ring memiliki rasa yang gurih dengan sedikit manis dari bawang bombay yang banyak difavoritkan. Biasanya menyantap resep bawang bombay ini dengan saus sambal pedas sesuai dengan selera.Makanan dengan bahan utama bawang bombay ini juga sangat terkenal di luar negeri.

Kalau di luar negeri mereka menyebut resep bawang bombay dengan onion blossom. Bedanya hanya dengan cara memotong bawangnya. Di luar negeri berbentuk seperti  bunga yang mekar.

Kalau di Indonesia cara memotong bawangnya mudah, cukup menggunakan pisau dapur dengan membentuk seperti cincin.Rasa resep bawang bombay onion ring Indonesia tidak kalah enak dibanding onion blossom. Tetapi tidak bisa memasaknya dengan sembarangan.

Peluang Usaha Onion Ring

Berbagai jenis bawang selain bawang putih dan bawang merah yang banyak yang memakainya adalah sebagai bumbu racikan dalam masakan yaitu bawang bombay. Bawang Bombay saat ini sudah banyak yang menanamnya sebagai stok kebutuhan pasar dan dapur.

Kegunaan bawang bombay tidak hanya menggunakannya sebagai komposisi bumbu dalam masakan itu saja melainkan juga dapat mengolahnyamenjadi cemilan nikmat seperti onion ring.  Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat onion ring juga sangat mudah mendapatkannya.

Maka dari itu saat ini memang telah banyak yang memanfaatkan onion ring untuk menjadikan sebagai kegiatan usaha mereka. Tingginya peminat dan penggemar dari camilan onion ring dalam masyarakat hingga membuatnya patut menjadikanny sebagai peluang usaha.

Pilihan menjalani peluang usaha onion ring memang memiliki potensi usaha yang cukup cemerlang untuk menjalankannya dan juga lumayan mudah. Keuntungan yang kita memperolehnya ketika menjalani usaha onion ring memang sangat besar.

Sehingga banyak orang yang lebih memilih terjun langsung dalam bisnis ini karena keuntungannya yang memang terbilang sangat lumayan fantastis. Jika anda tertarik ingin mencoba menjalani usaha onion ring, anda bisa menjalankannya lebih lancar dan dengan cara mengolah yang tepat.

Untuk dapat mengetahui lebih detail tentang cara mengolah onion ring, silahkan melihat resep yang kami berikan berikut ini.

Resep Onion Ring

Berikut ini saya akan memberikan beberapa macam resep bawang bombay onion ring. Banyak yang menggemari dan menjualnya pada restorant.

1.Resep Onion Ring Crispy

Bahan-bahan :

  • 1 buah bawang bombay ukuran besar dikupas menggunakan Mesin pengupas bawang
  • Tepung roti atau tepung panir secukupnya saja
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 cangkir tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara Membuat Resep Onion Ring Crispy :

  1. Cara membuat resep bawang bombay onion ring crispy pertama adalah mengiris bawang bombay bentuk lingkaran, lepas satu persatu hasil potongan supaya bawang semakin banyak.
  2. Merendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit. Lalu Meniriskannya.
  3. Membuat adonan kering, mencampur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, dan merica. Mengaduk secara rata.
  4. Membaluri bawang dengan sedikit adonan tepung, lalu mensisihkannya.
  5. Membuat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering, mengaduk rata. Bikin adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer.
  6. Mencelupkan bawang ke adonan basah, lalu membaluri dengan tepung roti atau panir.
  7. Menggoreng bawang sampai berwarna kecoklatan.

2.Resep Onion Ring Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 bawang bombay besar, mengiris tipis
  • 2 siung bawang putih
  • Garam, ketumbar, lada, dan penyedap rasa secukupnya
  • 9 sdm tepung terigu
  • 2 sdt tepung tapioka
  • 1/2 sdm cabai bubuk
  • Air dingin
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Onion Ring Pedas :

  1. Membuat celupan basah, mencampur 6 sdm tepung terigu dan 1 sdt tepung tapioka, menuang sedikit air, kemudian mengaduk rata.
  2. Menghaluskan dan bawang putih, ketumbar, dan garam.
  3. Membuat celupan kering, campur 3 sdm tepung terigu dan 1 sdt tepung tapioka, beri garam, lada, dan penyedap rasa,lalu mengaduk rata.
  4. Mencelupkan bawang bombay ke celupan basah. Selanjutnya gulingkan dalam adonan kering sampai habis.
  5. Menggoreng bawang bombay sampai kecoklatan. Mengangkat dan tiriskan.
  6. Kemudian menaburi dengan cabai bubuk.

3.Resep Onion Ring Keju

Bahan-bahan :

  • 2 buah bawang bombay
  • 2 bungkus tepung crispy serbaguna
  • Tepung terigu secukupnya (5-6 sdm)
  • Oregano secukupnya
  • 2 telur ayam
  • Tepung panir secukupnya
  • Saus sambal dan tomat
  • Keju parut secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Onion Ring keju:

  1. Memotong bawang bombay melintang, lalu memisahkan satu persatu.
  2. Untuk adonan basah, kocok telur, menambahkan tepung terigu, sedikit oregano, dan air. Kemudian mengaduk rata.
  3. Untuk adonan kering, mengaduk rata tepung crispy serbaguna dan tepung panir hingga rata.
  4. Mencelupkan bawang bombay ke dalam adonan basah, selanjutnya ke adonan kering sampai rata.
  5. Masukkan bawang bombay ke kulkas beberapa saat.
  6. Menggoreng bawang sampai kecokelatan, tiriskan.
  7. Mensajikan onion ring dengan taburan taburan oregano,lalu menambahkan sambal dan keju.

Manfaat Onion Ring Untuk Kesehatan

1.Kesehatan Jantung

Resep bawang bombay faktanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Dapatmenjaga tekanan darah, hingga dapat menurunkan risiko pada terjadinya serangan jantung.

Hal ini karena dalam resep bawang bombay terdapat kandungan kalium yang memiliki efek penurun pada tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga dapat membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2.Mencegah Terjadinya Kanker

Manfaat pada resep bawang bombay lainnya adalah sebagai pencegah pada terjadinya penyakit kanker. Bawang bombay masuk dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium memiliki keutamaan untuk mencegah kanker terutama pada kanker perut karena senyawa organosulfur di dalamnya yang tinggi.

Resep bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat begitu kuat. Kondisi seperti ini dapat membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang begitu besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu terjadinya kanker.

Selain itu, resep bawang bombay juga dikenal dengan kandungan quercetinnya. Quercetin merupakan agen anti kanker yang begitu kuat.

3.Menjaga Mood

Folat yang ditemukan dalam bawang bombay ternyata juga bisa mengurangi gejala depresi. Folat mengurangi terbentuknya homosistein, senyawa yang bisa mencegah zat gizi dan darah mencapai otak dengan optimal.

Dengan menekan produksi homosistein, ini artinya produksi zat kimia di otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa memproduksi secara lancar. Produksi zat kimiawi otak ini yang lancar membuat otak lebih optimal jika sedang mengatur suasana hati, jam tidur, dan juga nafsu makan.

4.Menguatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang bombay juga sebagai menguatkannya pada sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay menindaki sebagai antioksidan,yang melindungi tubuh dari radikal yang bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh membantu kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

Menurut University of Maryland Medical Center, quercetin di bawang juga membantu mengurangi reaksi pada alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin, yang membuat bersin dan gatal.

5.Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan

Serat yang berada dalam bawang bombay dapat membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan sangat baik. Bawang bombay mengandung jenis serat yang sangat khusus, yaitu serat larut yang menyebutnya dengan oligofructose.

Serat ini yang akan mendorong pada pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Oligofruktosa ini juga banyak yang membutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit diare.

6.Menjaga Kadar Gula Darah

Faktanya kromium yang berada dalam bawang bombay memiliki peran yang penting yaitu membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur yang berada dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan sangat memicu terjadinya peningkatan produksi insulin.

Ada yang menyatakan bahwa bawang bombay sangat berguna untuk orang-orang dengan penderita penyakit diabetes. Orang dengandiabetes tipe q dan tipe 2 yang memakan bawang bombay (berwarna merah) dalam penelitian ini menunjukan kadar gula darah yang lebih rendah.

Berikut ini merupakan artikel mengenai resep bawang bombay dan kegunaanya. Semoga bisa Untuk menambahkan wawasan dan ilmu kepada semuanya. Artikel ini juga sangat membantu untuk yang menginginkan usaha memakai bahan wajib bawang bombay.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •