Daging cincang seringkali menjadi resep andalan ibu rumah tangga karena harganya yang lebih murah daripada harga satu potong daging utuh, selain itu rasanya tidak kalah enak.

Banyak orang menyebut daging cincang dengan daging giling, sebenarnya pada dasarnya sama saja. Daging cincang dipotong menggunakan choper mesin penggiling daging bakso supaya hasilnya halus dan bisa diolah menjadi makanan tertentu

Resep Daging Cincang

resep daging cincang

Daging olahan yang satu ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah keserbagunaan. Artinya olahan tersebut bisa dibuat menjadi bakso, burger dan lain-lain.

Daging cincang ini bisa dimasak menjadi berbagai jenis resep olahan daging yang enak dan bergizi. Ada daging cincang tanpa lemak dan ada juga yang rendah lemak. Anda bisa menyajikan daging cincang dalam hidangan basah atau kering, digoreng, direbus, dipanggang, diasinkan, dan diasapi.

Resep daging cincang rendah lemak baik untuk anda yang sedang menjalani program diet. Biasanya, daging cincang tanpa lemak harganya sedikit lebih mahal daripada daging tanpa lemak.

Daging cincang mengandung banyak nutrisi, di antaranya protein,lemak jenuh, vitamin D, vitamin B kompleks, zat besi (Fe), asam lemak omega, dan seng (Zn). Semua zat gizi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga zat yang membantu tumbuh kembang anak.

Di pasar tradisional dan supermarket biasanya kita menemukan dua jenis daging cincang, biasa dan khusus. Meski sekilas terlihat sama, namun tetap terdapat perbedaan yaitu pada komposisi daging dan lemaknya.

Selain itu, anda juga bisa membedakan warna dagingnya. Daging cincang yang tinggi lemak memiliki warna merah dan putih. Sedangkan yang tidak gemuk hanya berwarna merah. Meski begitu, kualitas rasa dari daging cincang ini tidak kalah gurihnya.

Untuk daging sapi, daging cincang biasanya terdiri dari punuk, kaki depan, punggung, dan samcan. Pada ayam, biasanya bagian dada dan paha. Daging cincang ini disukai masyarakat umum terutama anak-anak karena teksturnya yang empuk sehingga mudah untuk dikunyah.

Kandungan Gizi Dalam Daging

1. Daging Sapi

Mengonsumsi daging sapi bisa bermanfaat bagi tubuh karena 100 gram daging sapi mengandung 250 kalori yang dapat dibakar oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Ada pula 15 gram lemak, 6 gram lemak jenuh, dan 1,1 gram lemak trans. Kandungan lemak ini dapat membantu kita melindungi tubuh agar tetap sehat dan melindungi tubuh dari kelelahan kronis

Selain itu daging sapi juga baik untuk darah dalam tubuh kita karena 100 gramnya mengandung 2,6 miligram zat besi, 0,4 miligram vitamin B6 dan 1,6 mikrogram vitamin B12. Vitamin B6 menghasilkan sel darah merah dan juga dapat meredakan gejala tekanan darah tinggi. Sedangkan vitamin B12 membuat sel darah merah di sistem saraf

Zat besi baik untuk sistem darah dalam tubuh karena zat besi merupakan komponen utama dalam pembentukan hemoglobin. Zat besi juga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan belajar, serta meningkatkan daya ingat. Daging sapi juga mengandung 26 gram protein dan 21 miligram magnesium per 100 gram. Protein dan magnesium membantu menjaga kesehatan otot saat dikonsumsi dalam tubuh.

Untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang, daging sapi juga didukung oleh kandungan kalsium dan vitamin D. 100 gram daging sapi mengandung 18 mg kalsium dan 7 IU vitamin D.

2. Daging Kambing

Jika dalam 100 gram daging sapi mengandung 7,72 gram lemak, maka daging kambing hanya mengandung 3,03 gram lemak. Selain memiliki kadar lemak dan kolesterol yang rendah, daging kambing juga mengandung beberapa nutrisi yang baik seperti zat besi, protein dan vitamin.

Didalam 100 gram daging kambing terdapat 206 kalori, dan 17,1 gram protein serta 14,8 gram lemak. Ada juga kalsium 10 mg, fosfor 191 mg, zat besi 2,6 mg, vitamin B1 0,15 mg, dan air 66,3 gram.

Cara Mengetahui Kualitas Daging Cincang

cara mengetahui kualitas daging

Pastikan kualitas daging sebelum membeli dan mengolahnya karena itu merupakan hal pertama yang harus dilakukan supaya masakan tetap sehat dan bergizi.Cara mengetahui kualitas daging sebenarnya mudah. Cobain yuk cara mengetahui kualitas daging dibawah ini :

1. Dengan Indra Penciuman

Cara ini sangat mudah karena yang perlu dilakukan hanyalah mencium bau daging cincang. Jika daging cincang berbau tidak sedap atau berbeda dengan bau biasanya, itu tandanya daging giling tersebut kurang enak.

2. Menggunakan Sentuhan

Daging cincang berkualitas baik memiliki tekstur permukaan yang kering dan lembab. Jika daging cincang terasa lengket dan berlendir, berarti daging cincang kurang enak.baca juga resep buncis daging cincang

3. Dilihat Dari Warnanya

Daging cincang kualitas bagus berwarna merah segar dan tidak luntur. Namun terkadang karena tidak memakan waktu lama untuk memasaknya, daging akan berubah warna menjadi warna kecoklatan dengan sendirinya. Meski demikian, daging cincang aman dikonsumsi.

4. Diletakkan Pada Udara Terbuka

Ketika daging kehabisan oksigen, warnanya berubah sesuai dengan sendirinya. Jika Anda membiarkannya bernapas, warnanya akan pulih kembali. Namun jika daging giling masih berwarna abu-abu dan tidak kembali merah, kemungkinan daging tersebut sudah tidak enak lagi.

5. Periksa Tanggal Kadaluwarsa

Saat Anda membeli daging cincang dari toko grosir, biasanya daging tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa. Pastikan untuk mengonsumsi daging sebelum tanggal kedaluwarsa.

Akan tetapi, berbeda jika Anda membeli daging giling di pasar tradisional yang tidak memiliki masa berlaku. Daging giling biasanya aman dimakan dalam beberapa hari, tentunya jika dagingnya disimpan dengan benar.

Trik Mengolah Daging Cincang

Ikuti tips dan trik di bawah ini untuk memelihara dan membuat daging giling yang berkualitas dan higienis:

  1. Pilih daging tanpa lemak dan buang lemak keras.
  2. Potong daging menjadi irisan tipis dengan pisau lebar dan tajam.
  3. Cincang daging satu arah, jangan lupa balik daging cincang agar rata.
  4. Anda juga bisa menggunakan penggiling daging untuk hasil berkualitas tinggi.
  5. Untuk persiapan resep daging giling, ada baiknya mencampurkan daging dengan bumbu dan bahan lainnya sebelum dimasak.
  6. Saat membeli daging cincang dari pasar tradisional atau supermarket, sebaiknya daging tidak dicuci agar tidak larut.
  7. Sebaiknya tanyakan pada tukang daging di pasar tradisional apakah penggiling daging yang digunakan dibedakan menurut jenis dagingnya atau tidak. Lebih baik memilih penjual yang menggunakan penggiling dan pisau yang berbeda untuk setiap jenis daging.
  8. Pastikan penjual daging menjual daging segar dan halal di pasar tradisional dan supermarket

Setelah mengetahui cara memilih daging dan mengolahnya, yuk cobain resep daging cincang yang budah dibuat :

Resep Daging Cincang

1. Resep Daging Cincang Dengan Kacang

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging giling
  • 250 gram baby bean hijau, masak selama 1 menit
  • 2 sdm udang kering, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • 3 buah cabai merah, potong diagonal
  • kecap manis, kecap, kecap ikan, kecap tiram, minyak wijen
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat Daging Cincang Dengan Kacang:

  1. Panaskan sedikit minyak, goreng bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum.
  2. Masukkan udang dan aduk kurang lebih 1 menit.
  3. Masukkan daging giling dan aduk.
  4. Tambahkan kecap asin, kecap ikan, kecap dan kecap tiram secukupnya.
  5. Masak sampai daging matang, tambahkan rasa yang benar, gula dan garam sesuai selera.
  6. Tambahkan minyak wijen, aduk sebentar.
  7. Masukkan kacang hijau yang sudah matang dan aduk rata. Angkat dan sajikan.

2. Resep Daging Kentang

Makanan ini merupakan salah satu makanan penenang bagi anak-anak karena dagingnya yang empuk serta rasa manis dan gurih yang dominan pada hidangan ini. Pilihan daging giling juga merupakan poin penting. Pilih daging cincang yang sedikit berlemak agar bumbu lebih mudah diserap.

Bahan-bahan :

  • 200 gram daging giling
  • 300 gram kentang potong kancing, goreng
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 bawang bombay, cincang kasar
  • 1 batang daun bawang, cincang kasar
  • Pala bubuk 1/2 sendok teh
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap asin

Cara Membuat Resep Daging Cincang:

  1. Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak, goreng bawang bombay hingga empuk, lalu tambahkan bawang putih, goreng hingga harum dan berubah warna.
  2. Tambahkan daging giling dan masak selama 3 menit sampai daging berubah warna.
  3. Tambahkan saus tiram, kecap manis, kecap asin, garam, gula pasir, bubuk pala dan kaldu. Aduk rata, masak hingga daging empuk. Anda tidak perlu menambahkan air, cukup masak dengan api sedang dan aduk terus karena daging akan mengeluarkan air dengan sendirinya.
  4. Tambahkan kentang goreng dan daun bawang. Aduk rata, matikan kompor saat daun bawang sudah matang.
  5. Sajikan kentang cincang dengan kecap.

3. Resep Bakso Daging Giling

resep bakso

Bahan Utama Bakso:

  • 300 gram daging sapi cincang
  • 45 gram tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1 buah bawang bombay yag sudah dicincang halus
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Garam dan cabai bangkok secukupnya
  • 700 ml minyak goreng

Bahan Pelengkap Bakso:

  • Saus sambal
  • Saos tomat
  • Kentang goreng
  • Saus mayonaise

Cara Membuat Bakso Daging Giling :

  1. Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai langkah pada kesempatan kali ini adalah membuat adonan bakso terlebih dahulu sebelum kita mengubah adonan tersebut menjadi bakso yang kami sajikan menjadi hidangan utama yang enak.
  2. Untuk mengolah adonan bakso silahkan gunakan mangkok atau wadah yang cukup besar. Sekarang, jika wadahnya ada di dekat Anda, masukkan daging giling ke dalamnya.
  3. Taburi daging dengan garam dan merica, aduk dengan sendok dan tuangkan bawang putih cincang dan bawang bombay.
  4. Kemudian aduk kembali dengan sendok hingga semua bahan tercampur rata dan bawang bombay dan bawang putih tercampur dengan daging.
  5. Tuang sambal bangkok ke dalam daging dan tambahkan tepung ke dalam panir. Sekarang angkat sendok dan uleni adonan dengan tangan.
  6. Namun, jika tangan Anda tertutup sarung tangan plastik, atau jika Anda kesulitan menemukan sarung tangan plastik, pastikan untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu.
  7. Uleni adonan hingga hampir halus, hingga bisa dibentuk menjadi bola-bola kecil. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan sampai kosong. Setelah semuanya terbentuk, sisihkan dulu. Jika perlu, masukkan adonan ke dalam lemari es untuk mengeraskannya dan diamkan pada suhu kamar sebelum digoreng.

Cara Menggoreng Bakso:

  1. Setelah dimasukkan ke dalam lemari es dan didiamkan pada suhu kamar. Sekarang kita siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Tunggu minyak panasnya.
  2. Kemudian masukkan ke dalam bakso yang Anda buat tadi dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan hingga bagian luar daging benar-benar renyah dan tumis dengan api kecil.
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan agar minyak menetes ke bawah.

Tips Membuat Bakso Agar Tidak Luntur

1. Pilih Daging Giling Segar Dengan Tekstur Yang Baik

Bahkan, Anda bisa membuat bakso dengan jenis daging apa saja. Namun, daging giling selalu menjadi pilihan terbaik karena kombinasi lemak dan daging menciptakan rasa enakPilihlah daging giling yang segar dengan warna merah cerah, kemasannya tersegel rapat, tidak berlendir, dan tak ada genangan darah karena proses thawing. Sebaiknya olahlah daging seketika dibeli

2. Rekatkan Adonan Daging Dengan Telur Atau Tepung

Langkah pertama dalam membuat bakso adalah mencampurkan daging giling dengan berbagai bumbu. Agar lebih praktis, gunakan bumbu bubuk agar lebih mudah tercampur dengan daging. Namun, jika Anda ingin yang bertekstur, potong halus atau potong dadu bahan ekstra sebelum menambahkannya ke dalam daging.

Agar semua bahan ini saling menempel dengan sempurna, tambahkan telur atau tepung ke dalam adonan daging. Untuk telurnya bisa menggunakan telur utuh atau kuning / putihnya, sedangkan terigu bisa menggunakan tepung maizena, tepung serbaguna, tapioka, tepung sagu, atau tepung roti.

3. Rebus Atau Aduk Sebentar Sampai Permukaan Berwarna Coklat

Setelah Anda membulatkan adonan daging menjadi bola, sesaat sebelum dimasak, rebus atau goreng hingga permukaannya berwarna kecoklatan atau abu-abu. Permukaan berwarna coklat atau abu-abu ini dapat melindungi tekstur daging merah agar tetap kokoh selama proses pemasakan.

Masukkan air ke dalam panci hingga mendidih dan masak hingga mendidih. Kemudian kecilkan api dan masukkan bakso ke dalam air rebusan. Masak hingga bakso berwarna agak abu-abu (seperti bakso). Untuk menggoreng, panaskan sedikit minyak dalam wajan lalu tambahkan bakso. Goreng sebentar sampai satu sisi berubah kecokelatan, lalu balikkan untuk memasak sisi lainnya juga.

4. Jangan Terlalu Sering Mengaduk Daging Saat Memanggang Atau Memanggang

Setelah teksturnya matang, bakso bisa dimasak dengan apa saja. Baik Anda membakarnya dalam saus atau semur, jangan terlalu sering mengaduk bakso selama proses memasak, terutama saat memanggang atau memanggang. Hal ini dikarenakan bakso yang sudah di-set dapat dihancurkan dengan terlalu sering dibalik. Jadi balikkan daging dari waktu ke waktu untuk mematangkan semua sisinya.

Tips Menyimpan Daging Tanpa Menggunakan Bahan Pengawet

1. Simpan Menggunakan Freezer

Daging yang disimpan dalam freezer

Supaya tidak terjadi mutung beku, gunakanlah wadah yang bersifat kedap udara seperti plastik. Selain itu jangan memasukan daging pada suatu wadah yang sudah hampir penuh, sebab nantinya daging akan saling menempel.

2. Diawetkan Menggunakan Garam

taburan garam

Garam yang digunakan adalah garam pengawet. Masukkan daging yang sudah ditaburi garam kedalam wadah yang kedap udara, pastikan daging tertaburi garam secara merata.Biasanya daging yang ditaburi garam akan bertahan selama 3 sampai 4 bulan asalkan disimpan pada wadah yang kedap udara.

Itulah pembahasan singkat mengenai resep daging cincang hingga tips menyimpan daging tanpa bahan pengawet. Semoga artikel bermanfaat dan selamat mencoba!.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •