Resep Daging Giling Sapi Yang Mudah Dibuat Dirumah

olahan daging sapi giling

Kebanyakan orang tidak tahu resep daging giling, mungkin mereka tahu beberapa resep daging giling seperti bakso pentol dll. Sebenarnya memasak daging giling itu sangat mudah karena bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahannya, tidak hanya bakso pentol.

Dengan membuat daging giling di rumah, kita dapat memastikan bahwa daging tersebut higienis dan siapa tahu itu mungkin menjadi usaha baru. Yuk simak resep daging giling sapi yang mudah dibuat dirumah di bawah ini!

Pengertian Cara Memasak Daging Giling

Daging adalah bagian lunak dari hewan, terdiri dari serat yang sangat kecil, yang masing-masing merupakan sel yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk bundel ikatan yang terlihat jelas dengan lemak, pembuluh darah, dan saraf di sebagian besar jenis daging. Jika sepotong daging diamati dengan cermat, maka jelas bahwa daging terdiri dari jaringan yang terdiri dari air, protein, serat, jaringan adiposa, dan potongan tulang.

Kita bisa mengelompokkan berbagai jenis daging seperti daging sapi, ayam, kerbau, kambing, daging unta, dll. Namun yang sering kita jumpai adalah daging sapi. Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari otot sapi dan biasa digunakan untuk mengonsumsi makanan.

Penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Sebagai contoh makanan luar ruangan yang khas, iga terutama digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan untuk membuat steak, itulah sebabnya bagian dari daging sapi ini sangat sering diperdagangkan. Selain itu daging ini juga bisa digiling dan dibuat bakso dengan choper dan mesin giling daging bakso

Meskipun hal ini umumnya terjadi di Indonesia dan berbagai negara Asia lainnya, daging ini banyak digunakan dalam makanan beraroma dan santan seperti rendang, kari sapi, dan lain-lain.

Kandungan Daging Sapi

daging sapi

Berikut adalah rincian dari kandungan daging giling sapi 100 gram dengan kandungan 90% daging tanpa lemak dan 10% lemak:
  • Kalori: 176 Air: 69,5 g
  • Protein: 20 g
  • Karbohidrat: 0
  • Vitamin B3: 5,1 g
  • Gula: 0
  • Serat: 0
  • Lemak: 10 g
  • Kolesterol: 65 mg
  • Vitamin B2: 0,2 mg
  • Folat: 6,0 mcg
  • Vitamin B12: 2,2 mcg
  • Zat besi: 2,2 mg
  • Magnesium: 20 mg
  • Vitamin B6: 0,4 mg
  • Fosfor: 184 mg
  • Kalium: 321 mg
  • Sodium: 66 mg
  • Zinc: 4,8 mg
  • Selenium: 16,6 mcg

Kandungan daging giling sapi di atas adalah kandungan daging sapi raw atau mentah. Tetapi perubahan dapat terjadi pada jumlah nutrisi karena daging sapi diolah

Manfaat Daging Sapi

Tidak dapat dipungkiri bahwa daging sapi merupakan bahan makanan dengan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Jika melihat perbedaan bahan baku daging sapi, berikut berbagai manfaat mengkonsumsi daging sapi yang bisa kita dapatkan:

1. Mempertahankan Massa Otot

Konsumsi daging sapi secara teratur dipercaya dapat membantu menjaga massa otot. Seiring bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit dihindari. Salah satu yang bisa terjadi adalah sarcopenia, atau hilangnya massa otot. Pada dasarnya kondisi ini dapat dicegah melalui latihan kekuatan dan peningkatan asupan protein. Daging sapi bisa menjadi pilihan sumber protein untuk membantu mencegah kondisi ini.baca juga resep daging sapi

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Daging sapi mengandung senyawa karnosin yang penting untuk fungsi otot. Karnosin itu sendiri  terbuat dari beta-alanin yang ada dalam tubuh kita, asam amino yang ditemukan pada ikan dan daging seperti daging sapi. Memenuhi kebutuhan beta-alanin dari mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar karnosin di otot. Sebaliknya, pola makan vegetarian dapat menyebabkan kadar karnosin rendah. Tingkat karnosin yang tinggi di otot sering dikaitkan dengan peningkatan kinerja otot selama latihan dan penurunan risiko kelelahan.

3. Mencegah Anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang diyakini banyak orang adalah pencegahan anemia. Anemia defisiensi besi adalah jenis penyakit anemia yang paling sering ditemui. Daging sapi tidak hanya menjadi sumber zat besi bagi tubuh, tetapi juga dikenal membantu penyerapan zat besi dari sumber nabati. Makanya, makan daging dianggap efektif mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Banyak orang percaya bahwa daging sapi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes. Kandungan asam linoleat terkonjugasi dalam daging sapi dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, daging sapi juga mengandung senyawa yang disebut L-carnitine. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan L-carnitine dapat membantu memperbaiki kadar glukosa puasa dan profil kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes tipe 2.

5. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Siapa bilang makan daging sapi justru akan meingkatkan berat tubuh? Daging sapi justru dapat membantu Anda menjaga berat tubuh ideal. Manfaat daging sapi untuk menjaga berat tubuh ideal juga bisa kita daptkan dari kandungan senyawa asam linoleat terkonjugasi dan juga L-carnitine. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine dapat memberikan penurunan berat tubuh yang lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi. Sedangkan kandungan asam linoleat terkonjugasi dipercaya dapat membantu penurunan lemak. Namun jika ingin menjaga berat tubuh ideal , tentunya tidak boleh mengonsumsi daging sapi secara berlebihan dan harus diperhatikan juga pengolahannya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Hasil dari penelitian tentang manfaat daging sapi untuk kesehatan jantung memang sangat beragam. Beberapa menyebutkan bahwa daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bagian dari daging sapi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kandungan lemak jenuhnya. Maka dari itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak yang lebih sehat. Di sisi lain, daging sapi justru memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti vitamin B kompleks dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

7. Sumber Vitamin B kompleks

Tubuh membutuhkan berbagai jenis vitamin B kompleks agar dapat berfungsi sesuai fungsinya. Daging bisa menjadi sumber vitamin B kompleks yang baik. Daging sapi mengandung vitamin B12, sistem saraf sangat membutuhkan vitamin B12, vitamin B3 yang dapat mendukung sistem pencernaan, dan vitamin B2 yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

8. Sumber Antioksidan

Manfaat daging sapi sebagai sumber antioksidan tentunya tidak boleh dilewatkan. Daging sapi mengandung glutathione, yang sering disebut sebagai “antioksidan utama”. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa glutathione, antioksidan yang mulia, mencegah penuaan, memperkuat sistem kekebalan, mengurangi risiko penyakit kronis, dan meningkatkan harapan hidup.

Tips Memilih Daging Sapi Segar

daging sapi segar

Daging sapi yang segar tentu memiliki rasa yang lebih enak dan tentunya menggugah selera. Akan tetapi jika kita membeli daging sapi di supermarket akan sulit untuk membedakan mana daging yang masih segar dengan mana yang sudah tidak segar lagi.

Karena itu artikel ini akan memberi tahu cara membedakan daging yang masih segar dengan yang tidak segar dengan mudah.

Cara Memilih Daging Segar :

1. Perhatikan Warna Daging

Hal yang paling mudah dilakukan adalah memperhatikan warna daging. Daging sapi yang baru saja dipotong berwarna merah ceri yang berasal dari protein myoglobin. Akan tetapi jika daging sudah terpapar dengan oksigen daging akan sapi akan berubah warna menjadi merah keungu-unguan, waalaupun begitu kualitasnya masih baik.

2. Aroma Daging

Cara yang selanjutnya adalah mencium aroma yang dihasilkan olah daging sapi. Daging yang segar akan mengeluarkan aroma seperti besi yang tidak terlalu menyengat, sementara daging yang sudah mulai membusuk akan mengeluarkan aroma amis yang menyengat

3. Tekan-tekan Untuk Memeriksa Teksturnya

Jika ingin membeli daging giling, coba tekan lembut pada permukaannya lalu rasakan teksturnya. Ciri-ciri daging sapi yang segar adalah terdapat sensasi dingin, lembut, dan agak kesat ketika tersentuh dengan kulit kita

4. Cek Tanggal Produksi

Tahap yang tak kalah penting adalah mengecek tanggal produksi daging sapi.Perhatikan tanggal pemotongan daging sapi dan batas konsumsinya yang tercantum pada label kemasan.

5. Hindari Membeli Daging Beku

Hindari memilih daging beku. Mungkin daging beku masih bagus tetapi kesegarannya tentu sudah berkurang dan tidak baik jika kita olah dan kita konsumsi. Apabila terpaksa membeli daging sapi beku maka pilihlah daging yang tidak memiliki bunga es karena ini menandakan bahwa daging yang terdapat bunga es tentunya sudah lama dan tidak segar.

6. Cek Sertifikat Halal

Penjual daging yang halal dan profesional tentunya mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Kamu membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal.

Selanjutnya adalah beberapa resep daging giling sapi yang mudah dibuat dirumah

Cara Memasak Daging Giling Sapi

Anda bisa membuat daging giling sendiri loo, hanya dengan menggunakan mesin giling daging. Berikut beberapa resep mengolah daging giling sapi.

1. Resep Steak Daging Giling Sapi

resep steak daging giling

Bahan-bahan :

  • 1 1/2 sendok teh tepung panir halus
  • 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
  • 300 gram daging giling
  • 1/2 sendok makan kecap inggris
  • 1 1/2 sendok makan susu cair
  • 3/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 2 sendok makan margain
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Untuk Saus Steak Daging Giling Sapi :

  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air kaldu sapi
  • 1/4 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok makan saus barbeque siap pakai
  • 1/2 sendok teh merica hitam kasar
  • 2 sendok teh tepung maizena
  • Air secukupnya

Bahan Pelengkap Steak Daging Giling Sapi :

  • French fries Secukupnya
  • Mix vegetable (wotel, buncis, brokoli rebus)

Cara Memasak Steak Daging Giling Sapi :

  1. Aduklah secara merata daging giling yang sudah tercampur bersama tepung panir, susu cair dan kecap Inggris.Pastikan jika semua bahan menyatu dan merata.
  2. Tambahkan bumbu seperti garam, pala bubuk, merica bubuk dan gula pasir dan lagi aduk-aduk merata.
  3. Kemudian ambil sedikit adonan dan buatlah bulatan bulatan setelah itu tekan dan bentuk hingga membentuk pipih. Lakukan hal yang sama pada semua donan daging giling sapi yang sudah diberikan bumbu dan campuran hingga semuanya terbentuk pipih.
  4. Setelah itu goreng daging dengan minyak sedikit, sampai semua adonan menjadi crispy dan menguning masak. Kemudian angkat.

Cara Menghidangkan Steak Daging Sapi Giling :

  1. Setelah selesai memasak daging steak, lanjutkan dengan membuat sausnya. Panaskan 2 sendok makan margarin dan tumis bawang bombay sampai layu dan tercium baru harum.
  2. Tuangkan kaldu kedalam saus dan masak hingga mendidih.
  3. Tambahkan saus barbeque, merica bubuk, gula pasir dan garam kemudian aduk hingga rata dan berikan larutan mazeina untuk mengentalkan saus

2.  Resep Daging Giling Sapi Tumis Pete

Bagi yang suka sama pete mungkin resep ini cocok

Bahan-bahan :

  • 6 papan pete, kupas, cuci bersih
  • 500 gram daging giling sapi
  • 6 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 10 cabe merah keriting
  • 20 cabe rawit merah
  • Daun kemangi secukupnya
  • Minyak
  • Sedikit kaldu sisa rebusan daging sapi

Cara Memasak Daging Giling Tumis Pete :

  1. Tumbuklah bawang merah, bawang putih, daun jeruk,
  2. Setelah itu haluskan cabe merah keriting dan cabe rawit merah, lalu pisahkan
  3. Kemudian tumis ulekan bawang sampai harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam dan sereh
  4. Lalu masukkan cabe yang sudah halus, daging, serta tambahkan garam dan gula secukupnya
  5. Terus aduk-aduk sampai merata
  6. Selanjutnya masukkan pete, daun kemangi serta tambahkan sedikit air kaldu sisa rebusan daging sampai daging tercampur bumbu dengan merata
  7. Jika air kaldu sudah meresap, tumisan daging kering dan cicipi rasanya
  8. Sajikan gaging giling sapi tumis pete

3.  Resep Daging Giling Sapi Buncis Tumis

Bahan-bahan :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai rawit,
  • 1 ikat buncis, potong panjang
  • 200 gram daging giling sapi
  • 2 sendok makan saus tiram
  • Garam 1 sendok teh
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1/2 sdt merica putih bubuk
  • 100 ml air matang
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt minyak wijen

Cara Membuat Daging Giling Sapi Tumis Buncis :

  1. Tumis bawang putih, dan cabai hingga wangi, lalu masukkan daging giling, dan tumis hingga matang sambil menambahkan air sedikit demi sedikir
  2. Masukkan buncis dan aduk rata.
  3. Setelah buncis sudah mulai layu, selanjutnya tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica.
  4. Kemudian tambahkan air dan sagu, lalu masak sambil mengental. Setelah mengental, tambahkan minyak wijen, aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya angkat dan sajikan hangat-hangat bersama nasi.

4.  Resep Omlet Daging Giling Sapi

Bahan-bahan :

  • 8 butir telur
  • 300 gram daging sapi giling
  • Potongan 4 buah sosis
  • 4 sendok makan mentega
  • Irisan tipis 30 gram buncis
  • 60 gram wortel
  • Bawang goreng
  • Cincangan 2 bawang bombay
  • Keju secukupnya
  • Merica bubuk
  • Garam
  • 40 gram susu bubuk

Cara Membuat Omlet Sederhana Rasa Enak dan Lezat :

  1.  Bersihkan dulu bahan-bahan
  2.  Setelah itu siapkan wajan dan panaskan mentega.
  3.  Masukan bawang Bombay kemudian tumis hingga harum.
  4.  Masukan daging giling sapi, wortel, dan buncis kemudian tumis sampai mulai layu dan matang.
  5.  Setelah itu siapkan telur kemudian campurkan dengan susu bubuk, daun bawang, bawang goreng, garam dan merica sesuai dengan selera
  6.  Aduklah hingga merata.
  7.  Setelah itu siapkan lagi wajan yang dipanaskan.
  8.  Tuangkan adonan telur  kemudian berikan isian pada bagian atasnya yang sudah dibuat tadi.
  9.  Tunggu sampai telur menjadi terlihat matang. Setelah itu gulung omlet kemudian balik.
  10.  Jika sudah matang, maka angkat omlet.

5. Resep Semur Daging Giling Sapi :

Bahan-bahan :

  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 350 gram daging giling sapi
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 butir bawang bombay, iris bulat
  • 4 kuntum cengkeh
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1/4 biji pala, memarkan
  • 1 buah tomat, belah-belah
  • 450 ml air
  • 5 sendok teh kecap manis

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh merica butir
  • 3 butir kemiri

Cara Memasak Daging Giling Semur :

  1. Campur daging giling sapi dengan garam, merica dan pala bubuk. Lalu aduk hingga rata.
  2. Kemudian bulat-bulatkan adonan daging giling menyerupai bakso, sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bumbu halus, jahe pala, dan tomat sampai harum.
  4. Lalu masukkan air dan kecap manis.
  5. Masak sampai mendidih.
  6. Selanjutnya masukkan bola-bola daging.
  7. Setelah itu kecilkan api lali masak daging sampai matang dan kuah kental.
  8. Angkat

6. Resep Tumis Buncis Daging Giling Sapi

Bahan-bahan :

  • 250 gram buncis muda.
  • 150 gram daging giling.
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 1 butir bawang bombay
  • 1 jahe yang sudah halus
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya dan potong kotak kecil
  • 3 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap
  • 1/2 sendok teh lada putih
  • Air 50 ml
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok makan margarin

Cara Membuat Tumis Buncis Daging Giling :

  1. Rebus buncis dalam air lalu tambahan 1/2 sdt garam. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan margarin. Masukkan bawang putih, bombay, jahe, dan daging giling. Kemudian aduk hingga harum dan daging giling berubah warna jadi keabuan.
  3. Setelah itu masukkan saus tiram dan kecap. Aduk rata.
  4. Lalu masukkan buncis dan air. Kemudian aduk rata.
  5. Bumbui dengan lada hitam dan lada putih. Kemudian aduk dan masak hingga buncis matang.
  6. Terakhir, masukkan minyak wijen kemudian aduk dan langsung angkat.

Tips Merebus Buncis :

  1. Jangan merebus buncis terlalu lama. Segera angkat ketika warnanya mulai berubah jadi hijau terang, lalu angkat buncis, siram dengan air dingin, kemudian tiriskan agar warnanya tetap hijau.
  2. Buanglah biji cabai jika tidak suka pedas.

7. Resep Mie Goreng Daging Giling Sapi :

Bahan-bahan :

  • 1 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 200 gram mi kering telur rebus
  • 150 gram daging giling
  • 100 ml air
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah wortel
  • 50 gram kacang polong
  • 1/2 sendok makan kecap manis
  • Irisan 1 batang daun bawang
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Untuk Bumbu :

  • 1 sendok makan saus tiram
  • Setengah sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Mie Goreng Daging Giling Sapi :

  1. Lumuri mie dengan bumbu setelah itu aduk sampai rata.
  2. Kemudian panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum kemudian tambahkan daging giling sapi.
  3. Setelah itu aduk sampai berubah warna kemudia sisihkan kepinggir wajan.
  4. Kemudian masukkan telur. Aduk sampai berbutir.
  5. Tambahkan wortel dan kacang polong kemudian aduk sampai layu
  6. Selanjutnya masukkan air, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica bubuk.
  7. Masak sampai mendidih. Setelah itu tambahkan mie, minyak wijen, dan daun bawang.
  8. Kemudian aduk hingga matang.

Nah itu tadi mengenai pembahasan mengenai resep daging giling sapi yang mudah dibuat dirumah. Karena jika kita bisa membuatnya sendiri dirumah kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri dan lebih yakin kehigienisannya. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba !.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •