Yeay…! Ini Dia Resep Jagung Lengkap, Cara Tepat dengan Singkat

Resep Jagung

Resep jagung atau olahan jagung sekarang ini sudah mulai banyak inovasi, terutama dalam pengolahan jagung untuk bisa menjadi suatu produk yang bernilai tinggi, salah satunya itu adalah emping jagung.

Jagung merupakan tanaman pangan yang terbilang cukup mudah untuk dibudidayakan karena jagung merupakan tanaman semusim yang bisa dibudidayakan pada musim kemarau maupun musim hujan dengan kebutuhan air yang tercukupi.

Nah dari kondisi itu ketersediaan produksi jagung sepanjang waktu akan tetap tersedia dan memadai, jadi para pengrajin dan pengusaha jagung tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan baku jagung.

Tapi sebagian besar pendapatan para petani jagung itu ternyata masih belum tercukupi, karena menurunnya harga riil dari pemasaran jagung dan juga sempitnya lahan pertanian jagung. Makanya salah satu pengolahan jagung tanpa menggunakan bahan kimia sintesis adalah produk emping jagung, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan corn flakes.

Resep Jagung

Sekilas Tentang Emping Jagung

Resep jagung dan juga proses pembuatan emping jagung sangatlah sederhana tanpa menggunakan bahan kimia yang bisa membahayakan manusia dan lingkungan sehingga siapapun dapat berkreasi membuat emping jagung. Di era globalisasi ini, masyarakat pada umumnya menyukai makanan berbentuk instant. Guna mencukupi akan kebutuhan dan manfaat bagi kesehatan tubuh serta untuk memenuhi kandungan gizi, maka emping jagung merupakan salah satu produk makanan instan yang aman dikonsumsi sehari–hari.

Emping jagung merupakan makanan ringan khas Indonesia yang memiliki cita rasanya yang enak, gurih, dan renyah. Emping jagung ini dibuat dengan resep jagung tradisional yang menyerupai dengan kerupuk. Emping dibuat dari berbagai bahan yang mengandung cukup sari pati seperti mlinjo dan jagung.

Emping mlinjo terbuat dari biji mlinjo yang biasa dijadikan sebagai cemilan atau pelengkap hidangan seperti soto, sop, gado-gado, dan lain sebagainya. Sedangkan emping jagung terbuat dari biji jagung yang ditumbuk, sama seperti mlinjo, emping jagung ini biasa dijadikan sebagai cemilan yang gurih atau makanan ringan dengan variasi aneka rasa.

Emping sudah banyak diproduksi di berbagai daerah di Indonesia, kebanyakan di daerah pulau Jawa. Meskipun termasuk ke dalam jenis jajanan atau makanan tradisional, tapi popularitas emping jagung ini masih tinggi di kalangan masyarakat. Kita masih bisa menemukannya di pasar tradisional maupun pasar swalayan, bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar negeri seperti negara-negara di Timur Tengah dan Amerika. Emping jagung yang dijual ini ada yang dalam keadaan mentah, ada juga yang sudah siap dikonsumsi.

Karena rasanya yang sangat bervariasi, membuat emping jagung ini lebih banyak disukai daripada emping mlinjo yang memiliki sensasi rasa yang cenderung pahit. Emping jagung mempunyai ukuran yang lebih kecil, tapi untuk soal rasa, emping jagung ini lebih nikmat. Apalagi taburan bumbu pada emping jagung juga membuat emping ini terasa istimewa.

Kalau dulu, emping jagung hanya ada satu varian, yaitu original yang memiliki rasa gurih dan asin, tapi sekarang ini emping jagung sudah tersedia dalam banyak varian rasa, seperti rasa balado pedas, jagung manis, sapi panggang, keju, dan masih banyak lainnya. Emping jagung ini sangat cocok untuk dinikmati di berbagai acara sebagai cemilan keluarga, saat santai, atau saat Anda bepergian.

Resep Jagung

Resep Jagung

Cara Membuat Emping Jagung Yang Gurih dan Renyah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan jagung dari bonggolnya atau diambil biji-biji jagungnya saja dengan menggunakan mesin pemipil jagung. Cara lain yang lebih mudah Anda bisa membel jagung yang sudah berbentuk pipilan kering di pasar.
  2. Kemudian cuci bersih pipilan jagung itu, setelah itu direbus di dalam air yang mendidih dengan tujuan untuk mematangkan dan memudahkan ketika membentuknya menjadi tipis.
  3. Kalau sudah dirasa matan, angkat jagung dari panci perebus dan pisahkan jagung dari kulit ari serta mata jagungnya supaya hasil emping jagung menjadi lebih bagus dan bersih tampilannya.
  4. Setelah direbus, ditiris, dan dipisahkan dari kulit air serta biji mata, lakukan proses penumbukan dan penggilingan, tujuan dari proses ini untuk membuat bentuk biji jagung yang awalnya bulat lonjong menjadi tipis lebar. Kalau Anda memproduksinya dalam jumlah yang banyak, Anda bisa menggunakan mesin penggiling jagung untuk bisa mempermudah proses penggilingan dalam waktu yang cepat dan efisien.
  5. Sebelum menuju proses pencetakan, jagung yang sudah digiling atau ditumbuk itu terlebih dahulu diberi bumbu tambahan antara lain garam dan bawang putih agar rasanya bisa lebih gurih dan enak.
  6. Setelah melalui proses pencampuran bumbu, barulah jagung dicetak bundar atau kotak, sesuai dengan selera Anda.
  7. Selanjutnya adalah proses penjemuran jagung yang sudah dicetak tadi untuk menghilangkan kadar air yang masih melekat, serta tujuan lainnya itu agar hasil cetakan jagung bisa lebih menyatu dan tidak mudah hancur ketika digoreng.
  8. Emping jagung yang sudah kering dijemur tadi selanjutnya memasuki tahap penggorengan. Caranya itu siapkan minyak sawit dalam wajan penggoreng dan panaskan terlebih dahulu.
  9. Kemudian masukkan emping jagung dan cepat angkat sebelum menjadi gosong. Perlu Anda perhatikan, proses penggorengan emping jagung ini cukup cepat kisaran tidak sampai satu menit sudah matang dan mengembang, jangan sampai terlalu lama karena nanti akan jadi gosong.
  10. Untuk menambah variasi rasa emping jagung bisa ditambahkan bumbu pedas manis yang dibuat dari campuran gula, cabai, dan garam. Untuk membuat rasanya lebih lezat lagi, Anda bisa menambahkan bumbu tabur berbagai macam rasa untuk membuat varian baru, semua itu sesuai selera Anda.

Untuk Meningkatkan produktivitas emping jagung anda, gunakanlah mesin perontok jagung.


Peluang Usaha Emping Jagung

Peluang untuk usaha emping jagung saat ini terbilang sangat prospektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha emping jagung sudah menjadi suatu pilihan usaha olahan jagung yang menguntungkan, jadi semakin banyak orang yang tertarik untuk menekuni usaha ini.

Usaha emping jagung menjadi suatu usaha camilan lezat yang menyajikan cita rasa yang nikmat, gurih dan menggoda, serta peminatnya juga sangat tinggi. Nah jumlah peminatnya yang lumayan banyak ini menjadikan usaha emping jagung sebagai salah satu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang.

Selain itu, usaha emping jagung ini juga tidak mengenal waktu dan juga musim, sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan di waktu kapanpun dan oleh siapapun. Resep jagung saat ini mulai semakin dicari oleh banyak orang sebagai kudapan yang lezat dan juga menarik, jadi usaha emping jagung ini laris manis di pasaran.

Baca Juga: Resep Lepet Jagung

Prospek Usaha Emping Jagung

Prospek saat menjalankan usaha emping jagung ini bisa dikatakan sangat bagus. Usaha yang menjual camilan emping jagung ini bisa Anda olah secara unik dan baru dengan rasa yang menyatu dengan lidah masyarakat Indonesia, jadi sangat cocok untuk dijalankan di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi membuat olahan emping jagung ini semakin menguntungkan. Meskipun bisnis emping jagung ini masih terbilang baru, tapi antusias masyarakat akan usaha emping jagung ini sangat besar. Tentunya pilihan usaha emping jagung ini bisa Anda ambil sebagai salah satu bisnis berprospek sangat bagus.

Memulai Usaha Emping Jagung

Kalau Anda sudah memutuskan untuk memulai usaha emping jagung ini, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, yang pertama adalah modal. Dalam menjalankan usaha emping jagung ini, sebetulnya modal yang Anda perlukan tidaklah besar. Usaha emping jagung ini bisa Anda jalankan dengan memproduksinya langsung dengan cara memanfaatkan perabot dapur rumah tangga yang sudah Anda miliki.

Anda tidak perlu sibuk untuk mencari modal yang tinggi untuk bisa berkecimpung di dalam usaha emping jagung ini, jadi usaha ini bisa Anda mulai dengan langkah yang mudah.

Pelaku Usaha Emping Jagung

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, usaha emping jagung ini bisa dijalankan oleh siapapun. Proses pengolahan dan juga cara pemasaran emping jagung sendiri juga tidak sulit.

Konsumen Usaha Emping Jagung

Untuk mencari konsumen emping jagung memang tidaklah sulit, suguhan sensasi lezat dan rasa nikmat serta tampilan cantik emping jagung bisa memikat banyak orang. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja, dewasa, bahan orang tua akan banyak yang menyukai kelezatan yang ditawarkan di dalam sajian emping jagung yang gurih dan renyah buatan Anda. Jadi konsumen emping jagung ini tidak terbatas, sehingga camilan ini akan laris di pasaran, tergantung bagaimana Anda mengolahnya sesuai dengan kreatifitas Anda.

Tempat Strategis Dalam Berjualan Emping Jagung

Untuk menjual emping jagung buatan Anda, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis, dan ramai banyak orang. Anda bisa menjalankan usaha emping jagung ini di daerah pemukiman, pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional maupun pasar swayalan, lingkungan sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Bahan Baku Emping Jagung

Dalam menjalankan usaha emping jagung memang dibutukan bahan baku untuk proses produksi. Pemilihan bahan baku emping jagung ini bisa dipilih dari bahan baku jagung dengan kualitas yang bagus dan baik. Apalagi resep jagung itu sendiri cukup sederhana.

Harga Jual Emping Jagung

Patokan harga untuk emping jagung bisa Anda buat dalam hitungan per keamsan dimana emping jagung bisa dibanderol dalam kisaran harga mulai dari Rp 8.000,- sampai Rp 20.000,-. Harga yang terjangkau ini memungkinkan masyarakat tertarik untuk membeli dan mencoba olahan resep jagung buatan Anda.

Keuntungan Dalam Menjalankan Usaha Emping Jagung

Keuntungan kalau Anda terjun di dalam usaha emping jagung ini adalah merupakan salah satu olahan jagung yang paling dicari oleh masyarakat, dengan kisaran harga yang murah serta mudah untuk dijangkau semua orang. Rasa emping jagung yang disukai banyak orang dengan berbagai macam varian rasa dan juga lezat menjadikan peluang usaha emping jagung ini sangat cocok sebagai pilihan usaha makanan yang menjanjikan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •