Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Resep Lepet Jagung. Sebelum ke penjelasan utama mari kita pelajari materi jagung berikut ini.

Resep Lepet Jagung

Apa kalian tahu gambar diatas? ya benar gambar diatas adalah makanan khas Indonesia yaitu Lepet Jagung. Apa kalian tahu apa itu lepet jagung? Lepet jagung adalah makanan yang bahan dasarnya dari parutan jagung. Lepet jagung pada umumnya diedarkan untuk jajan pasar sebagai makanan sela atau suguhan tamu. Untuk itu saya kali ini akan mengulas sedikit tentang jagung,simaklah berikut ini!

A. Jagung

Resep Lepet Jagung

Jagung atau dikenal dengan nama latinya Zea mays L merupakan makanan pengganti beras, orang jaman dulu kalau beras belum ada atau habis mereka menggantinya dengan jagung. Jagung adalah makanan yang mengandung karbohidrat makanya dia menjadi pengganti nasi.

B. Manfaat Jagung

  • Bagus untuk mata karena mengandung vitamin A
  • Berguna sekali bagi orang yang sedang diet dengan cara menurunkan berat badan
  • Baik juga bagi penderita diabetes
  • Menjaga jantung tetap sehat
  • Menambah energi untuk tubuh
  • menjadi sumber serat dan mengurangi sembelit
  • Bisa membantu menyehatkan pencernaan

Nah, penjelasan diatas adalah tentang manfaat jagung,sebenarnya manfaat jagung tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat jagung untuk manusia.

C. Ciri-Ciri Tumbuhan Jagung

  • Akar serabut
  • Tulang daun berbentuk sejajar memanjang
  • Biji berkeping satu
  • Batang tegak
  • Memiliki tongkol yang tumbuh dari buku

D. Jenis-Jenis Jagung

1. Jagung berondong

Memiliki karakteristik kulit luar yang keras, juga mempunyai sejumlah kecil pati lunak yang terbungkus. Biji jagung bisa meletus jika dipanaskan sebab mengembangnya uap air dalam biji. Volume pembesaranya bervariasi (tergantung pada varietasnya), dapat memperoleh 15—30 kali dari besar semula. Varietas ini ditujukan untuk dikonsumsi manusia, tetapi tingkat panennya lebih sedikit daripada jagung jenis lainnya.

2. Jagung manis

Rasanya itu segar dan manis ketika dimakan ini ternyata adalah jagung yang dipanen saat kondisi tidak benar-benar matang, karena konversi gula menjadi pati belum sempat terjadi.

3.Jagung ketan (waxy corn)

Jagung jenis ini lebih banyak digunakan untuk pakan ternak atau untuk pengental makanan. Selagi itu jagung biasa mengandung ± 70 persen amylopectine dan 30 persen amylose.

4.Jagung mutiara (flint corn)

Jenis jagung yang sangat banyak ditanam oleh petani di Jawa ini mempunyai bentuk bulat, licin, mengkilap, dan keras sebab bagian pati yang keras berada di bagian atas dari biji.

E. Cara Bercocok Tanam

Jagung membutuhkan cahaya matahari langsung dan air secukupnya untuk bertumbuh. Penanaman benih jagung cukup dilakukan dengan cara tangan, menggunakan tugal berfungsi untuk melubangi tanah. Keperluan hara jagung dikenal cukup besar dan dipenuhi melalui pemupukan. Selain menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar, jagung memerlukan nitrogen, fosfat, dan kalium untuk pertumbuhan dan penghasilan yang tinggi.

F. Macam-Macam Benih Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dimakan dan tidak jarang ditanam oleh petani. Jagung telah  berhasil menjadi komoditas perdagangan diberbagai negara, semua negara bersaing meningkatkan pembuatannya untuk memenuhi permintaan industrinya. Salah satu caranya yaitu menggunakan benih jagung yang unggul berguna untuk mendapatkan penghasilan panen yang melimpah. Berdasarkan pengamatan, jagung dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Jagung Lokal. Jagung lokal adalah jagung yang ditanam oleh petani pada zaman dulu.  Keunggulan jenis jagung lokal adalah usianya yang tidak terlalu lama, tahan dengan hama penyakit, tidak menimbulkan ketergantungan dan bisa ditanam secara berulang-ulang. Kekurangan jagung lokal adalah kapasitas produksi rendah, kurang lebih 3-5 ton per hektar. Adapun macam-macam jagung lokal yaitu: Arjuna, Bisma, Joster, Sukma raga, Goter, Kretek, Gajah mas, Genjah rante, dan sebagainya.
  • Jagung Hibrida. Jagung hibrida adalah jagung yang prosesnya dengan menggunakan cara pemuliaan dan penyilangan antara jagung induk jantan dan jagung induk betina sehingga menghasilkan jagung jenis baru yang mempunyai sifat keunggulan dari kedua induk tersebut. Keunggulan jagung hibrida adalah kapasitas produksinya yang tinggi, kurang lebih 8-12 ton per hektar. Kekurangan jagung hibrida adalah yang harga jagungnya mahal antara 20 kali sampai 40 kali lipat dari harga jagung konsumsi, dan dapat menimbulkan ketergantungan bagi petani karena jagung yang tidak bisa ditanam lagi. Macam-macam jagung hibrida yaitu: Pioner, BISI, NK, DK, dan sebagainya.
  • Jagung Transgenik. Jagung transgenik adalah jagung yang pemrosesannya dengan menggunakan cara menyisipkan gen dari makhluk hidup/ non-makhluk hidup yang hasilnya masih bisa diharapkan bisa tahan penyakit, tahan hama/ tahan obat kimia, sehingga tanaman tadi menjadi tanaman super. Keunggulan jagung transgenik adalah yang kapasitas pembuatannya besar, kurang lebih 8-10 ton per hektar, tahan penyakit, tahan hama dan tahan obat kimia. Kekurangannya adalah bibit jagungnya harus beli di toko karena tidak bisa diproduksi oleh petani,kemungkinan menimbulkan hama penyakit baru yang lebih kebal obat-obatan kimia, kemungkinan menimbulkan penyakit  baru bagi ternak dan manusia, dan menimbulkan kerusakan pada tanah. Macam-macam jagung transgenik yaitu: jagung BT, jagung terminator, jagung RR-GA21, jagung RR-NK608, dan sebagainya.

F. Kandungan Gizi

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan,patinya sebagian besar atau seluruh  adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin terkandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Setelah kita mengulas semua tentang pegertian jagung, manfaat jagung, ciri-ciri tumbuhan jagung, jenis-jenis jagung,dan cara bercocok tanam kita akan membahas lagi tentang bagaimana sih cara mengolah lepet jagung/apa aja resep lepet jagung jagung pasti kalian pengen tau, maka dari itu kita akan membahasnya. O iya untuk membuat lepet j jagung kita harus bisa memisahkan antara biji dengan batangnya, cara agar bisa terpisah kita bisa menggunakan mesin perontok jagung .

G. Resep-Resep Lepet Jagung

1. Resep Lepet Jagung

  • 3 bonggol jagung manis
  • 200 g kelapa muda parut
  • 7 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilla bubuk
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung protein sedang

Cara Membuat :

1. Sisir jagung, tekan-tekan menggunakan ulekan supaya airnya keluar.
2. Tambahkan kelapa, gula, garam, vanilla, maizena dan tepung terigu. Remas-remas dengan tangan sampai tercampur rata.
3. Ambiahl satu lembar kulit jagung yang telah dibersihkan, tuang 2-3 sdt adonan lepet. Gulung sambil sedikit padatkan.
4. Masukkan lepet ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya pakai api sedang. Kukus kurang lebih 15-20 menit.
5. Lepet siap disajikan dengan teh ataupun kopi.

2. Lepet Jagung Manis

Bahan :

2 buah jagung manis ( parut kasar )

2 sdm gula pasir (sesuai selera)

5 sdm tepung maizena

5 sdm kelapa parut

1sdt Royal palmia Butter and Margarin (lelehkan)

Kulit jagung untuk membungkus

Cara membuat:

1. Siapkan wadah, campurlah menjadi satu semua bahan kemudian aduk rata.

2. Ambil selembar kulit jagung, masukkan 1 sdm adonan, ratakan dan gulung. Lakukan sampai adonan habis

3. Kukus selama 20 menit sampai matang. Sajikan.

3.resep Lepet Jagung Sederhana

Bahan:

5 buah jagung muda

150 g parutan kelapa muda

100 g gula pasir

1/4 sdt vanili bubuk

1/2 sdt garam

kulit jagung untuk membungkus adonan

Cara Membuat

10 menit kelapa muda dikukus lalu, siishkan.

Kupaslah jagung, simpan kulit jagung untuk membungkus adonan lepet nanti. Bersihkan jagung lalu parut halus. Bisa juga di pipil lalu haluskan.

Campur Jagung yang sudah dihaluskan menggunakan kelapa parut, gula, vanili bubuk dan garam. Aduk rata, jadilah adonan lepet.

Ambilah 2 helai kulit jagung kemudian masukkan 1-2 sdm adonan lepet atau seperlunya.

Lipat sampai adonan terbungkus rapih dan tidak ada adonan yang bocor.

Kukus lepet jagung selama 30 menit.

Keluarkan lepet jagung, dapat disajikan hangat ataupun dingin.

4. Lepet Ketan

Bahan :

  • 250gr ketan putih, rendam kedalam air selama 4 jam, tiriskan, setelah itu kukus 15 menit dalam dandang
  • 1 butir kelapa parut, pilih yg agak muda
  • 100 gr gula pasir
  • 3 buah pisang haluskan, lebih enak yg sudah matang sekali
  • 1 sdt vanilla
  • ½ sdt garam
  • Daun pisang, dipotong-potong ukuranya sebesar bungkusan nagasari atau lapek bugih

Cara Membuat:

  1. Aduk rata semua bahan jadi satu, ambil 1-2 sdm adonan letakan diatas daun pisang, bungkus bentuk segitiga.
  2. Susun dalam dandang, kukus, sampai matang

5. Lepet Labu

Bahan:

  • 500 gr labu kuning, kukus, haluskan
  •  250 gr tepung beras
  •  150-200 gr gula pasir
  •  1/2 sdt garam
  •  200-250 ml santan kental
  •  10 mata nangka, potong kotak
  •  daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:
1. Campur labu yang telah diblender dengan gula, garam, dan tepung beras.
2. Tuanglah santan sedikit demi sedikit, setelah itu diaduk rata, dan tambahkan potongan nangka.
3. Ambilah daun pisang, kasih 2-3 sdm adonan, bungkuslah seperti nagasari.
4. Kukus sampai matang kurang lebih 35 menit. Hidangkan dingin.

6. Lepet Pisang

Bahan:
– 10 buah pisang raja matang
– 250 gr beras ketan putih, cuci dan rendam selama 3 jam
– 3 sdm gula pasir
– 2 sdm gula merah
– 1 sdm palm sugar
– 1 sdt garam
– 1 sdt vanilla essence
– 3 sdm kelapa parut
– daun pisang untuk membungkus

Cara membuat:
1. Panaskan kukusan di kompor dengan api sedang.
2. Pisang diblender, masukkan seluruh bahan hingga tercampur rata. Tes rasa bila kurang bisa ditambah sesuai selera.
2. Ambil 1 lembar daun pisang, letakkan adonan di atasnya, gulung, dan lipat kedua sisi ke tengah. Lakukan sampai adonan habis.
3. Kukus 40-45 menit atau sampai matang. Sesudah matang, angkat, dinginkan dan sajikan dingin lebih enak.

7. Lepet Kacang Tolo

Bahan:

  •  500 gr beras ketan putih cuci bersih
  •  3 lembar daun pandan
  •  1 lembar daun pisang
  •  kelapa parut secukupnya, kukus

untuk mengaron ketan:

  •  200 ml santan kental
  •  500 ml air panas
  •  1 sdt garam
    100 gr kacang merah

Cara membuat:
1. Rendam kacang merah kra-kira 6 jam, cuci sampai bersih dan rebus sampai matang, tiriskan.
2. Kukus beras ketan selama 20 menit didalam panci kukus yang telah dialasi daun pisang dan daun pandan.
3. Pindahkan ke panci untuk mengaron ketan. Masukkan santan kental, air panas dan garam. Masak sampai airnya terserap.
4. Kukus ketan dalam panci kukus selama 20 menit hingga matang.
5. Campur ketan, kacang merah dan kelapa parut, kemudian padatkan. Cetak dengan cetakan sushi.
6. Bungkus adonan menggunakan daun pisang, ikat menggunakan tali. Setelah semua siap kemudian sajikan.

8. Lepet Singkong

Bahan:
– 2 buah singkong, parut
– 1 genggam kelapa parut
– 3 buah gula jawa, sisir
– 2 lembar daun pisang
– gula pasir, garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campurkan singkong parut, gula jawa, kelapa parut, dan garam. Aduk-aduklah sampai semua tercampur rata.
2. Bungkus lepet singkong dengan daun pisang.
3. Kukus lepet singkong sampai matang, angkat dan sajikan.

9. Kue Lepet

Bahan:

  • Silahkan siapkan 1 kg – beras ketan.
  • Silahkan siapkan 1 buah – kelapa parut.
  • Silahkan siapkan 1/2 kg – kacang tunggak.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – daun pisang.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – tali rafia.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – garam

Cara Membuat:

  1. Siapakan semua bahan, rebus kacang setengah matang, rendam ketan sekitar 6 jam, kemudian parut kelapa sampai habis 1 buah.
  2. Kemudian siapkan wadah, cuci sampai bersih ketan, tiriskan ketan yg telah di rendam, setelah itu masukan kelapa taburi garam sesuai selera sampai gurih, setelah itu masukan kacang yg sudah di rebus, urap sampai rata.
  3. Siapkan daun pisang, ambil kurang lebih 3 sendok, lipat , kemudian tali wangsul sampai rapat pakai tali rafia.
  4. Sembari membungkus kue lepet, masak air sampai mendidih ya, untuk merebus kue lepet, setelah semua selesai di bungkus, rebus kue lepet sampai matang, selesai selamat mencoba.

10. Lepet Ketan Putih

Resep Bahan Lepet Ketan :

Bahan:

  • 500 gram ketan putih, rendam 1 jam, tiriskan
  • 100 gram kacang tolo, rendam 1 jam,setelah itu tiriskan
  • 1/2 butir kelapa yang sedang, kupas, parut
  • 1 sendok teh garam

Pembungkus Lepet Ketan :

  • daun kelapa muda untuk membungkus
  • tali untuk mengikat

Cara Membuat Lepet Ketan :

  1. Campur rata seluruh bahan. Lepaskan lidi/tangkat daun kelapa. Gulunglah helai daun membentuk cerobong diameter 3 cm dan panjang 10 cm, semat salah satu ujungnya dengan lidi.
  2. Masukkan campuran ketan hingga kurang lebih 1 cm di bawah ujung daun, rapatkan dan ikat dengan tali supaya isi tidak keluar ketika direbus.
  3. Tata lepet pada dasar panci, beri air sampai semuanya terendam, masak dengan api sedang. Sesekali tambahkan air panas agar air perebus tidak berkurang. Rebus kurang lebih 2 jam sampai matang.
  4. Angkat dan tiriskan.

11. Resep Ketan Spesial

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

  • 1kg beras ketan putih, rendam semalam, tiriskan
  • 1 sendok makan garam
  • 2 butir kelapa parut kasar
  • 250 gram kacang beras, direndam semalam
  • 30 lembar daun janur, dibuang tulang daunnya

Cara Pengolahan :
1. Campur ketan, kelapa parut dan kacang beras. Aduk rata.
2. Beri garam dan cicipi rasanya.
3. Ambil daun janur , lipat sesuai step.
4. Masukkan campuran beras ketan, Ikat dengan tali kasur / tali rafia.
5. Kukus 3jam diatas api sedang sampai matang.

12. Resep Lepet Jagung Sederhana

Bahan:

  • 10 biji jagung matal (ngga tua ya ngga muda)
  • 1 buah kelapa muda
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 helai Daun pandan
  • Kelobot Jagung.

Cara Pembuatan:
1. Sisir jagung hingga habis, lalu haluskan dengan cara diuleg. Jangan
sampai terlalu halus agar sensasi rasa biji jagungnya terasa.
2. Parut kelapa muda (bisa beli di pasar yang langsung di parutin)
3. Masukkan jagung yang sudah dihaluskan kedalam wadah, lalu tambahkan
parutan kelapa, gula, dan garam. Untuk gulanya sesuai selera ya. Aduk
hingga rata
4. Potong kecil-kecil daun pandan.
5. Beberkan kelobot jagungnya. Pilih kelobot yang besar-besar sudah
tidak mudah bocor. Letakkan 1 potongan daun pandan, tambahkan adonan
dan gulung sampai menutupi adonan. Tekuk bagian bawah adonan supaya sari
pati dari jagung tidak menetes.
6. Kukus adonan yang t dibungkus selama 30 menit.
7. Adonan siap dan bisa di sajikan.

Demikianlah penjelasan tentang artikel Resep Lepet Jagung Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, selamat mencoba dan semoga bermanfaat,bila ada salah dan kurang dalam penjelasan ini saya mohon maaf.

 

 

 

 

 

 

 

WhatsApp chat