Resep Keripik Tempe

Resep keripik tempe untuk ide usaha rumahan belakangan ini semakin dicari oleh masyarakat. Bagaimana tidak? Camilan yang terlihat sederhana ini menawarkan rasa yang gurih dan nikmat serta harganya yang sangat terjangkau.

Selain itu, bahan bakunya berupa kedelai mempunyai kandungan protein yang tinggi, jadi sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Nah tempe ini sebetulnya bisa diolah menjadi ke berbagai kreasi masakan lainnya, contohnya itu seperti gorengan, perkedel, sambal goreng, tempe bacem, sayur tempe, dan lain sebagainya. Tapi pada artikel kali ini kreasi olahan tempe yang akan kami sajikan adalah keripik tempe.

Resep keripik tempe dengan sensasi “kriukk-kriukk” dan renyah ini seringkali membuat kita tidak bisa berhenti untuk terus menikmatinya. Cita rasanya yang kaya akan rempah dan gurih ini menjadi ciri khas yang tidak bisa dihilangkan dari keripik tempe.

Karena sensasi gurih dan renyah dari keripik tempe, membuat makanan ringan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas di beberapa kota di Indonesia.


Sekilas Tentang Keripik Tempe

resep keripik tempe

Keripik tempe adalah salah satu jenis makanan ringan yang berbahan dasar tempe kedelai yang sangat mudah kita dapatkan di pasaran. Cara membuat keripik tempe ini juga tergolong mudah, cukup digoreng kering dengan irisan tipis dan dicampur dengan bumbu rempah dan bahan-bahan lainnya agar terasa gurih dan nikmat.

Berdasarkan pada beberapa penemuan kuno di tanah Jawa, tempe sendiri merupakan olahan kedelai yang dalam sejarahnya itu berasal asli dari Indonesia. Maka dari itu industri tempe saat ini kebanyakan berada di daerah Jawa.

Kita patut bangga karena keberadaan tempe kedelai ini yang sudah membuat Indonesia terkenal sebagai negara penghasil tempe terbaik, bahkan sampai ke mancanegara. Sementara itu tempe kedelai sendiri merupakan salah satu makanan warisan nenek moyang kita yang sudah menjadi tradisi kuliner secara turun temurun.

Kebanyakan orang menikmati keripik tempe ini sebagai pelengkap makan dengan nasi dan juga makanan yang lainnya, tapi karena keripik tempe ini masuk ke dalam kategori makanan ringan, jadi banyak orang yang menjadikan keripik tempe ini sebagai cemilan tanpa ditemani dengan nasi dan makanan berat lainnya.

Sebetulnya rahasia utama dari kerenyahan yang dihasilkan oleh keripik tempe adalah teknik mengiris dan menggoreng tempenya. Anda usahakan saat mengiris tempe jangan sampai merusak tekstur dan irislah dengna tipis serta searah, kemudian setelah diberi bumbu, goreng tempenya dengan kondisi minyak yang cukup banyak di wajan yang sudah dipanasi terlebih dahulu.

Selain enak dan gurih, keripik tempe ini juga memiliki kandungan gizi yang dihasilkan dari biji kedelai sebagai bahan dasarnya. Apalagi keripik tempe ini juga tidak mengandung kolesterol yang tinggi karena penggorengannya benar-benar kering, jadi minyak yang ada di dalam keripik tempe hampir tidak ada yang tersisa.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, keripik tempe dengan cita rasa yang enak dan gurih yang membuat banyak orang ketagihan ini pasti jadi banyak orang berpikir kalau membuat keripik tempe sendiri itu sulit? Jangan salah, disini kami akan share resep keripik tempe yang gurih, renyah, dan lezat untuk Anda.


Resep Keripik Tempe Yang Gurih dan Renyah

Bahan Membuat Tempe Kedelai

  • Kedelai putih¬†1 kg
  • Ragi¬†1 sdt
  • Tepung sagu atau tapioka¬†1 kg

Cara Membuat Tempe Kedelai

  1. Pertama, cuci kedelai sampai bersih dan bebas dari kotoran.
  2. Kemudian direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 45 menit, buang air rebusan dan ganti air yang baru. Lalu rendam selama 12 jam.
  3. Selanjutnya cuci bersih sambil diremas agar kulit kedelainya terkelupas.
  4. Kalau biji kedelai sudah bersih, kukus selama 15 menit. Lalu diangin-anginkan.
  5. Setelah itu masukkan ragi tempe dan tepung sagu, aduk sampai rata.
  6. Masukkan ke dalam plastik sambil ditekan agar padat, tujuannya itu supaya nanti setelah menjadi tempe akan jadi lebih mudah untuk diiris dan tidak mudah hancur.
  7. Setelah semua selesai dibungkus, tusuk-tusuk plastik dengan menggunakan tusuk gigi atau garpu.
  8. Kemudian ditaruh di dalam kardus dan ditutup dengan kain bersih, tujuannya agar proses peragian bisa berjalan dengan sempurna.
  9. Diamkan selama 24 jam.
  10. Setelah jadi tempe, iris tipis-tipis dengan alat pemotong keripik atau potong secara manual dengan menggunakan pisau tajam, kemudian sisihkan.

Bahan Bumbu Adonan Keripik Tempe

  • 1/4 kg Tepung beras
  • 5 siung Bawang putih
  • 2 ruas Kencur
  • 5 butir Kemiri
  • 2 lembar Daun jeruk
  • 1 bungkus Bubuk ketumbar
  • 2 bungkus Kaldu aym/sapi
  • Garam secukupnya
  • 1 liter Air

Cara Membuat Adonan Keripik Tempe

  1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, kencur, kemiri, dan daun jeruk.
  2. Setelah halus, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah yang berisi tepung beras.
  3. Kemudian masukkan ketumbar bubuk dan garam, lalu masukkan air sambil terus diaduk hingga rata.
  4. Adonan siap digunakan untuk bahan pencelup keripik tempe.

Cara Membuat Keripik Tempe

  1. Siapkan minyak goreng yang cukup banyak dan panaskan diatas api sedang, setelah minyaknya panas, celupkan satu per satu irisan tempe ke dalam adonan bumbu tadi dan langsung masukkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  2. Goreng irisan tempe sampai kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  3. Angkat dan tiriskan. Keripik tempe buatan Anda sudah siap untuk disajikan.

Peluang Usaha Keripik Tempe

Proses yang begitu panjang dan memakan waktu yang cukup lama ini menjadi bayaran yang pantas untuk keripik tempe dengan cita rasa yang sudah mendunia. Sekarang ini sudah ada banyak produsen keripik tempe yang mulai menambahkan berbagai macam varian rasa pada keripik tempe yang diproduksinya.

Seperti layaknya Keripik Tempe Maicih yang memiliki varian rasa balado, barbeque, keju, pedas manis, jagung bakar, pedas level, dan masih banyak lainnya. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk bisa membuat banyak orang semakin tertarik dan menyukai keripik tempe.

Bagi Anda yang ingin mulai mencoba resep keripik tempe yang kami share diatas bisa diaplikasikan dengan berbagai rasa dan varian seperti itu, semua itu tergantung selera dan kreatifitas Anda. Anda bisa membeli bubuk bumbu instan varian rasa yang banyak dijual di toko bahan pangan dan kue.

Karena resep keripik tempe ini sengaja kami bagikan untuk Anda yang sedang ingin merintis usaha rumahan, kami pun membagikan cara membuat keripik tempe dari awal pembuatan tempe kedelai ‘home-made’ agar harganya lebih ekonomis.

Bagi Anda yang melihat peluang usaha di sekitar rumah, silakan berkreasi dengan resep keripik tempe untuk usaha rumahan ini. Anda bisa menjual keripik tempe buatan Anda dengan harga yang bersahabat, tapi juga menguntungkan, kalau dipasaran biasanya dijual per bungkusnya dengan kisaran harga Rp 8.000,- sampai Rp 12.000,-.

Nah agar Anda tidak rugi sekaligus bisa menambah penghasilan, remahan dari keripik tempe bisa Anda jual lagi dengan harga setengahnya dari harga keripik tempe normal. Jadi tak ada lagi keripik tempe sisa, semua bisa Anda jual dan menghasilkan uang.

Kalau Anda konsisten menjalankan bisnis keripik tempe rumahan ini, tak menutup kemungkinan Anda pun bisa memiliki brand yang terkenal dengan menyajikan beragam keripik, seperti keripik singkong, keripik ubi, keripik bakso, dan lain sebagainya.

Tapi bagi Anda yang sekedar hobi dengan keripik tempe, Anda bisa mencoba membuat resep keripik tempe ini sebagai cemilan yang murah meriah dan lezat di rumah.

WhatsApp chat