Resep Lemper Abon Sapi

Table of Contents

Resep Lemper Abon Sapi ala rumahan yang lezat dan mudah dibuat, anda pasti tidak akan merasa kesulitan walaupun belum pernah mencobanya sama sekali.

Lemper Abon Sapi 

 

resep lemper abon sapi

Indonesia memiliki ragam kuliner tradisional yang khas. Mulai dari makanan berat, kering, berkuah, hingga jajan tradisional yang biasa dijual di pasar. Salah satu jajan tradisional Indonesia yang banyak diminati adalah lemper. Lemper abon sapi adalah makanan yang dibuat dari ketan dan biasanya diisikan dengan abon sapi dan bumbu yang khas.

Biasanya lemper dijual dengan jajan tradisional lainnya seperti cucur, arem-arem, dan lain sebagainya. Lemper nampak seperti arem-arem karena sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Bedanya, arem-arem terbuat dari nasi sedangkan lemper terbuat dari beras ketan.Keduanya sama-sama memiliki isian, namun lemper biasanya diisi dengan daging ayam ataupun abon.

Daging ayam merupakan bahan isian yang digunakan, namun selain itu juga bisa mengunakan bahan lain seperti abon sapi, abon sapi merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Tekstur ketan yang pulen dipadukan dengan abon sapi menciptakan cita rasa gurih dengan sedikit rasa manis. Lemper abon sapi sangat enak dan nikmat rasanya ketika dimakan saat masih panas, untuk itulah anda harus membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama dengan keluarga tercinta.

Lemper biasanya disajikan untuk acara arisan, snack untuk seminar, atau pun snack untuk pernikahan. Sekarang ternyata banyak orang yang memvariasikan ke bentuk, isian, dan sajian lemper. Jajanan ini sangat di gemari banyak masyarakat karena bukan hanya lezat tetapi mengenyangkan dan biasanya harga 1 lemper terbilang harga yang terjangkau, tapi dari pada beli di luaran sana mendingan buat sendiri dirumah lebih bersih dan untuk isian juga bisa sesuai selera.

Proses pembuatannya cukup praktis dan mudah,anda tidak akan merasa kesulitan walaupun belum pernah mencobanya sama sekali. Tidak hanya itu, bahan yang dibutuhkan pun sangat sederhana, anda bisa menemukan bahan-bahan yang diperlukan dengan mudah di pasar tradisional. untuk mengetahui cara pembuatannya, anda bisa menyimak langsung pembahasannya di bawah ini.

Usaha anda buat bikinnya dijamin nggak sia-sia. Selain rasanya yang enak, lemper abon sapi bisa awet dalam beberapa hari. Jadi nggak masalah mau dimakan sekarang atau besok. Lemper merupakan sajian Indonesia. Abon sapi ini yang menambah rasa gurihnya. Selain abon sapi dan abon ayam, Anda juga bisa pakai isian lainnya seperti misanya daging ayam cincang. Kemudian, ketan yang telah diisikan dengan abon atau daging cincang tinggal dibungkus memakai daun pisang.

Jajanan yang satu ini sudah cukup populer di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan, sering dijadikan menu makanan sebelum mengonsumsi menu utama. Biasanya lemper abon sapi disajikan sebagai menu andalan dan juga sering dipadukan dengan makanan tradisional lainnya. Yang membuat masakan ini memakan waktu ya lama buat menanak ketannya.

Terus ketan dimasukin ke daun pisang satu persatu dengan bentuk kayak bikin lontong, bisa panjang atau bisa kecil, Nggak sampai disitu proses masih berlanjut yaitu dengan cara dikukus sampai matang. Terus tinggal didinginkan. Dari pada penasaran sama resepnya, Anda bisa menyimak bahan dan langkah pembuat lemper abon sapi sebagai berikut.baca Cara Membuat Abon Sapi Gurih

Resep Membuat Lemper Abon Sapi

resep lemper abon sapi

Bahan Utama Resep Lemper Abon Sapi :

  • 1 liter beras ketan

  • 1 lembar daun pandan

  • 350 ml santan kelapa

  • 2 lembar daun salam

  • 1 batang serai, geprek

  • 1/4 sendok teh garam halus

  • Daun pisang

  • tusuk gigi potong 2 bagian

Isian :

  • Abon sapi secukupnya

Cara Membuat Adonan Resep Lemper Abon Sapi :

  1. Cucilah bersih ketan, Dan rendam dengan air sekitar 5 jam. Tiriskan sampai keluar uap dari wadah yang melalui ketan ketan tersebut, sekitar 20 menit, angkat, Dan masukkan ke dalam mangkuk.
  2. Masak santan, serai, daun pandan, garam dan gula sampai mendidih.

  3. Masukkan santan kedalam wadah yang berisi ketan yang sudah dikukus, aduk hingga rata sambil merasakan rasanya. Diamkan sebentar selama 10 menit, biarkan santan meresap kedalam ketan.

  4. Kukus lagi sekitar 1 jam, Dan jangan lupa cek air kukusannya sebelum dipakai.

  5. Siapkan daun pisang, yang sudah dibersihkan, panggang diatas api kompor sampai layu, potong sekitar 50 cm, buang tulang keras, lakukan sampai daun pisang habis, buat 1lembar daun pisang kecil untuk pembungkus lemper (tanpa dipanggang).

  6. Cek ketan yang sedang dikukus sambil diaduk,hingga tingkat kematangannya sesuai, setelah matang timbang adonan sekitar 60 gr, gunakan plastik, pipihkan beri abon sapi, bentuk oval padat, balut dengan daun pisang kecil, balut lagi dengan daun pisang lebar yang sudah dipanggang tadi, gulung dan berilah tusuk gigi di ujungnya.

Cara Membuat Lemper Abon Sapi :

  1. Ambil 2 sendok makan ketan yang sudah dibuat tadi. Lalu pipihkan. Isi dengan menggunakan adonan abon sapi. Lalu gulung. Bungkus ketan dengan menggunakan daun pisang layaknya lontong. Tusukkan lidi di ujung-ujungnya agar daun pisang yang membungkusnya tidak terlepas.

  2. Lakukan langkah yang sama sampai semua bahan-bahan habis.

  3. Setelah semua ketan selesai dibungkus, bisa langsung menyiapkan alat kukusan. Kukus kembali ketan selama 10 sampai 15 menit. Jika sudah, bisa langsung mengangkat dan menghidangkannya. Lemper telah selesai dibuat, dan langsung bisa memakannya ketika dalam keadaan hangat agar terasa lebih enak. Untuk menambah kelezatan memakannya bisa dengan ditemani minuman manis seperti teh manis, kopi dan lain sebagainya.

Lemper banyak variasi yaitu ada yang memakai pelapis krep dan ada juga yang memakai crepe yang dibuat dari tepung, bumbu, serta telur yang digoreng dan disebut semar mendem. Bahkan, ada yang berinovasi bikin arem-arem, sebagai resep variasi lemper. Soalnya, arem-arem bikinannya memakai nasi, nggak pakai ketan.

Resep Abon Sapi

resep lemper abon sapi

 

Abon sapi sering dibuat untuk makanan pendamping nasi dan juga untuk isian kue atau lemper dengan rasa yang enak dan lezat. Karena memiliki daging sapi yang lembut, abon sapi memiliki rasa yang enak dibandingkan dengan abon ayam.

Manfaat Dan Kelebihan Yang Dimiliki Abon Sapi 

Abon sapi termasuk salah satu produk olahan daging yang tahan lama. Untuk mempertahankan penyimpananannya, maka harus dibungkus dengan plastic dan ditutup dengan rapat. Makanan abon bisa disimpan dan dirasakan dalam beberapa bulan. Abon ini mampu bertahan lama dan dapat dijadikan sebagai cadangan makanan dalam jangka waktu yang panjang.

Setelah melihat manfaat dan kelebihan abon sapi ini, tentunya akan semakin tertarik untuk mencobanya di rumah. Beginilah cara pembuatan abon sapi yang mudah dilakukan. Jika Anda tertarik ingin mencobanya dirumah, maka anda bisa coba resep abon sapi ini.

Sajian pelengkap di masakan Indonesia adalah Abon Daging sapi dengan cita rasa yang gurih dan menggoda. Selain mempelajari resep ini, penting juga untuk anda mengimbangi berbagai protein atau resep makanan ini dengan sesuatu yang ringan. Itulah menu yang disebut sebagai pelengkap dan menjadikanya perjamuan makan semakin berbobot dan semakin menyenangkan.

Untuk menggenapinya kita perlu menghadirkan apa yang dinamakn sebagai Abon Daging sapi. Tidak hanya dengan sapi, namun juga dengan ikan. Tapi khusus untuk kali ini saya akan buatkan dengan menggunakan daging sapi. Perpaduan dengan bumbu yang khas menjadikannya tidak hanya gurih namun juga membuat ingin tambah terus rasanya.

Resep Membuat Abon Sapi 

 

resep lemper abon sapi

 

Bahan-bahan Membuat Abon Sapi : 

  • Daging sapi sebanyak 5 kg

  • Ketumbar sebanyak 25 g

  • Kemiri  sebanyak 125 g

  • Gula merah sebanyak 350 g

  • Bawang merah sebanyak 150 g

  • Bawang putih sebanyak 50 g

  • Garam dapur sebanyak 200 g

 

Cara Membuat Abon Sapi :

  1. Potong daging sapi hingga menjadi tetelan daging. Buanglah lemak daging sapi dan ikat jaringan dari seluruh permukaannya, kemudian potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Lalu cuci dengan air hingga bersih.

  2. Timbanglah daging hingga memiliki berat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda.

  3. Kemudian potongan-potongan daging sapi dan dimasukan ke dalam air yang mendidih kurang lebih selama selama 30-60 menit.

  4. Jika telah selesai, lalu didinginkan dan tumbuk daging yang sudah direbus. Pisahkan serta-seratnya menggunakan pisau.

  5. Selanjutnya tumbuk hingga halus ketumbar, bawang merah, gula merah, kemiri, bawang putih dan garam dapur sesuai takaran. Tumbuk hingga halus dan campur, aduk hingga semuanya tercampur dengan rata. Jika sudah, tumislah dengan sedikit minyak goreng didalam wajan.

  6. Siapkan daging sapi dan kelapa, kemudian parut dan peras santan dengan air panas secukupnya.

  7. Masukkan santan yang telah diperas tadi ke dalam wajan, lalu tambahkan ke dalamnya daging sapi yang telah disuwir-suwir dan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan, Aduk hingga merata, lalu panaskan di atas kompor hingga jadi kering dan tiriskan.

  8. Panaskan minyak goreng secukupnya kedalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang. Kemudian masukkan daging sapi dan digoreng hingga kering hingga berwarna coklat muda, jika sudah matang tiriskan dan biarkan hingga dingin.

  9. Langkah terakhir kemasilah abon yang telah dibuuat dalam kantong plastik atau bisa menggunakan kemasan yang lain. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kualitas abon.

TIPS :

  • Waktu dimasak bersamaan dengan santan sebaiknya suwiran daging di bolak-balik agar tidak ada yang gosong.

  • Agar awet dan rasanya tidak berubah, abon sapi dikemas diwadah yang kering dan steril.

  • Sebelum dimasukkan ke dalam wadah abon sapi harus dalam keadaan dingin.

Umumnya resep abon sapi ini memiliki hasil yang renyah lezat tergantung dari cara membuatnya, terutama pada saat proses terakhir yaitu ketika merebus santan dan dagingnya. Dalam hal ini kestabilan api perlu dijaga agar tetap terkondisi dengan baik, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

 

Mesin Pembuat Abon Sapi

Makanan daging adalah menu yang cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Contoh makanan yang berbahan dasar daging adalah bakso, soto, sate, empal, dan lain sebagainya. Ada juga satu makanan daging yang tahan cukup lama dan sangat disukai oleh semua anak-anak hingga dewasa, yaitu abon daging.

Dagingnya saja enak apalagi dijadikan abon dengan tambahan bumbu yang pas dan lezat saat dimakan. Abon daging sapi sangat disukai dibandingkan dengan bahan dasar lainnya seperti ikan air laut dan ikan air tawar. Abon digunakan untuk lauk makanan, Abon juga dapat disimpan dalam kulkas untuk cadangan lauk atau dijadikan oleh-oleh saat silaturahim.

Masalah yang ditemukan saat memasak abon adalah waktu pembuatannya yang cukup lama dan juga proses pengolahannya yang cukup rumit khususnya pada saat menggunakan perlengkapan masak tradisional. Agar bisa memasak sendiri abon yang Anda inginkan dalam waktu yang relatif singkat, mesin pengolahan abon daging bisa menjadi solusi permasalahan Anda.

Paket Mesin Pembuat Abon Daging

  Pengolahan astro abon daging yang terdiri dari 3 bagian dasar, yaitu Drawing Machine, Meat Floss Frier dan Fluffy Machine.

  1. Drawing Machine berfungsi untuk mencincang daging hingga halus dan tidak berserat sehingga lebih mudah saat dimakan.

  2. Meat Floss Frier berfungsi sebagai penggoreng semua abon hingga matang tanpa takut gosong.

  3. Fluffy Machine berfungsi melembutkan dan menghancurkan gumpalan-gumpalan untuk mendapatakn tekstur yang lembut dan halus saat dimakan.

Astro spesifikasi mesin merupakan hasil akhir yang didapatkan baik secara cita rasa maupun tampilannya. Spesifikasi mesin ini yang membuat Astro berbeda dari mesin lainnya.

Manfaat Mesin Pembuat Abon Daging

  • Menyajikan berbagai menu dari abon daging sapi sangatlah mungkin dilakukan dengan menggunakan pengolah mesin Astro.

  • Jika menggunakan peralatan tradisional sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengolahannya, tidak demikian halnya saat Anda menggunakan mesin pengolah daging.

  • Mesin ini terbuat dari bahan berkualitas dan tahan lama yang sudah diuji oleh quality control profesional.

  • Mesin daging bisanya digunakan untuk modal usaha pembuatan abon sapi yang memproduksi abon dalam skala besar dan waktu yang singkat.

  • Spesifikasi mesin yang terdiri dari bagian dan fungsi masing-masing membantu abon dengan tampilan yang cantik dan memiliki cita rasa yang enak.

Pemanfaatan Mesin Pembuat Abon

Proses pembuatan abon tidaklah sebentar. Ketika Anda ingin mengantinya pasti Anda akan dituntut untuk ekstra teliti dan sabar apalagi jika tujuannya untuk dikomersilkan. Lama dan ribetnya proses pembuatan abon sering membuat anda enggan untuk memulainya meski kita sudah berniat untuk melakukannya.

Pengolahan yang lama diperlukan khusus jika kita menggunakan peralatan masak tradisional. Beda halnya jika menggunakan mesin pembuat abon yang akan membuat proses pembuatan abon lebih simple, praktis, cepat dan bisa diproduksi dalam skala besar.

Mesin pembuat abon sapi dan aneka abon ikan dirilis untuk merespon tingginya minat masyarakat terhadap makanan abon. Entah abon ikan air laut, ikan air tawar, ayam, abon daging dan lain sebagainya. Ada pun bahan dasarnya, Anda bisa menggunakan mesin pengolah abon untuk hasil abon yang lezat dalam waktu singkat.

 

Usaha Pengolahan Abon Daging

Masyarakat Indonesia merupakan penggemar berat abon, entah untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai lauk, ataupun oleh-oleh untuk teman dan kerabat. Dengan alasan itu pastinya jika Anda memutuskan untuk membuka usaha abon rumahan atau membuka stand abon dengan memanfaatkan mesin pembuat abon, pastinya animo masyarakat pada abon produksi Anda akan sangat tinggi.

Di jaman yang serba modern seperti saat ini, mayoritas masyarakat menyukai hal yang cepat dan praktis. Untuk membuat abon pastinya akan membutuhkan waktu yang lama jika di lakukan dirumah, yang bersangkutan adalah wanita karir maka pastinya tidak sempat untuk melakukannya. Selain itu, abon adalah makanan yang disukai oleh semua kalangan usia, bisa untuk teman makan, cemilan ataupun oleh-oleh teman dan kerabat dekat kita.

Untuk alasan itu, Anda bisa membuka usaha Rumah Abon daging sapi yang bisa dijual secara online. Abon adalah makanan yang tahan lama hingga 8 bulan. Sudah banyak pengusaha yang beralih dari pekerjaan formal menjadi pengusaha dengan omzet mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Proses membuat abon sapi memang mudah sekali dilakukan. Namun akan terasa ringan jika pembuatannya dibantu dengan peralatan yang handal. Seperti mesin suwir abon daging. Pengolahan abon memang selalu melewati penyuwiran daging. Proses penyuwiran akan terasa lebih ringan dan mudah jika menggunakan mesin suwir abon daging.

Prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan efektif. Dalam menyuwir abon daging sapi jadi tidak melelahkan dan tidak menyita banyak waktu. Mesin pembuat abon dihadirkan untuk mempermudah proses produksi abon daging. Kini mesin suwir abon daging sapi sudah dapat diperoleh di Maksindo.

Bagaimana, Resep lemper abon sapi memang sangat mudah bukan. Yang mana pemmbuatannya bisa dilakukan dirumah. Dengan membuat resep lemper abon sapi bisa mendapatkan hasil yang sempurna sesuai yang Anda inginkan.

Demikian artikel tentang resep lemper abon sapi yang enak dan mudah yang bisa dicoba dan dipraktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang kamu bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi anda. Selamat mencoba resep yang aku tuliskan diatas dan semoga bermanfaat.

   

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •