Home » Artikel » Artikel Proses » Yess..! Ini Dia Cara Membuat Abon Sapi Gurih Bergizi, TERBUKTI..!

Yess..! Ini Dia Cara Membuat Abon Sapi Gurih Bergizi, TERBUKTI..!

Sekilas Tentang Abon Sapi

Sebagai orang Indonesia, pastinya anda pernah makan abon sapi bukan? Ya, makanan asli Indonesia ini memang menjadi salah satu makanan populer di masyarakat, selain rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau. Dan apakah anda sudah tahu cara membuat Abon Sapi Rumahan yang Renyah, Gurih dan Nylakemin?

Abon sapi merupakan salah satu divesifikasi produk olahan dari daging sapi. Abon termasuk makanan yang disukai karena dapat dijadikan lauk dan mempunyai nilai gizi tinggi.

Cara membuat abon sapi

 

 

Abon adalah makanan yang terbuat dari daging yang disuwir-suwir atau dipisahkan seratnya, kemudian ditambah bumbu-bumbu dan digoreng.

Daging yang umum digunakan untuk pembuatan abon adalah daging sapi atau kerbau. Dan Secara umum, orang tahunya abon sapi.

Meskipun demikian, semua jenis daging termasuk daging ikan dan daging ayam dapat digunakan untuk pembuatan abon.

Manfaat dan Kelebihan Abon

Abon tergolong produk olahan daging yang awet. Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpanan, abon dikemas dalam kantong plastik dan ditutup dengan rapat. Dengan cara demikian, abon dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa bulan.

Sekilas Tentang Pemasaran Abon

Dengan Nilai lebih abon yang mampu bertahan lama, menjadikan abon sebagai cadangan lauk nasi dalam jangka panjang. Dan ini asyik bukan? Apalagi untuk yang kos.

Dengan banyaknya nilai lebih dari abon ini, bisa jadi peluang buat Anda loh. Kenapa? Kok bisa?

Begini, era sekarang yang serba terbuka, dengan bantuan teknologi, pembuatan abon, khususnya cara membuat abon sapi relatif mudah, banyak cara dan tutorialnya, dan dengan keyakinan dan keberanian mencoba, besar kemungkinan membuat abon relative mudah berhasil.

Selain itu, keuntungan dengan membuat abon sapi  adalah jenis abon ini sudah lama dikenal dan popular, dan sangat digemari oleh semua golongan masyarakat Indonesia.

Dan bahkan untuk pemasaran, saat ini sangat dimanjakan sekali, orang tinggal klik bukalapak, tokopedia, dan sejenisnya, orang yang ingin jual dan beli abon sapi, tinggal KLIK, KLIK dan Bayar, sampe deh abon ke tujuan.

Cara Membuat Abon Sapi Spesial

Dengan adanya berbagai kelebihan ini, tentunya membuka prospek dan peluang yang besar untuk dikembangkan industri baru, mulai dari skala kecil atau industri rumah tangga.

Menjawab kepenasaran anda dalam bagaimana cara membuat abon sapi, berikut kami sampaikan Tips dan Resep Cara Membuat Abon sapi Praktis yang bisa anda lakukan sendiri.

 

Bahan-bahan Pembuat Abon Sapi

  • Siapkan Daging sapi 5 kg
  • Siapkan Ketumbar 25 g
  • Kemiri 125 g
  • Gula merah 350 g
  • Bawang merah 150 g
  • Bawang putih 50 g dan
  • Garam dapur 200 g

 

Cara Membuat Abon Sapi Spesial yang Gurih dan Renyah juga Nylakemin

  1. Daging sapi dipotong menjadi tetelan daging. Lemak dan jaringan ikat dibuang dari seluruh permukaannya, lalu dipotong-potong dengan ukuran 4 x 4 x 4 cm. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. Daging yang telah dipersiapkan diatas ditimbang seberat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda.
  3. Kemudian rebus potongan-potongan daging tersebut ke dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  4. Setelah selesai, lalu didinginkan, dan tumbuk daging yang telah direbus, lalu pisahkan serat-seratnya dengan pisau atau untuk lebih mudah bisa dengan menggunakan mesin suwir daging abon sapi.
  5. Tumbuk ketumbar, kemiri, gula merah, bawang merah, bawang putih, dan garam dapur sesuai dengan takarannya tersebut jadi satu. Tumbuk sampai halus, campur, dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  6. Timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  7. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir menggunakan mesin pembuat abon sapi tadi (dipisahkan dalam bentuk serat-serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  8. Panaskan minyak goreng sebanyak 0,5 kg dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna coklat muda, lalu tiriskan secara manual, atau juga dapat meniriskan minyak memakai mesin peniris minyak abon  dan kemudian dinginkan.
  9. lalu terahir kemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya, atau bisa juga langsung dimakan jika Anda ingin mencicipinya.

 

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Renyah, semoga ini bisa menjadi bahan referensi Anda untuk membuat abon sendiri dirumah, dan bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha abon.

Dan Jika mau tahu banyak tentang abon,  Baca Juga…! macam-macam abon dan cara membuatnya, silahkan bisa KLIK artikel tersebut

Oh ya, jika anda ingin mencoba tips dan resep cara membuat abon lainnya, seperti dari Ikan, Lele anda bisa juga mempelajari pada artikel kami yang lain dengan Baca juga.. ! cara membuat abon ikan atau cara membuat abon lele pada tulisan kami sebelumya.

Semoga tulisan cara membuat abon sapi ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan Terima kasih.

 

Catatan* : Nylakemin adalah istilah bahasa yang banyak beredar di daerah Cilacap, Red Ngapak. Yang artinya Uenak Banget.

 

By |2017-11-16T18:42:26+00:00Oktober 23rd, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Yess..! Ini Dia Cara Membuat Abon Sapi Gurih Bergizi, TERBUKTI..!

About the Author:

WhatsApp chat