Orang berlomba membawa  resep makanan ringan baru yang sensasional. Mulai dari makanan besar hingga makanan ringan.Salah satu peluang bisnis saat ini adalah makanan. Ini bisa dilihat dari hadirnya berbagai jenis makanan yang dijual di Indonesia. Makanan yang dijual bervariasi.

Bicara soal makan ringan tidak lepas dari nama snack atau cemilan. Snacking ternyata menyimpan beberapa manfaat sehat yang tidak pernah Anda harapkan sebelumnya. Resep Makanan ringan akan membantu Anda dari keinginan untuk mendapatkan porsi makanan tambahan. Jadi, mendapatkan makanan ringan bukanlah hal yang buruk.

Hanya saja, jika Anda mengonsumsi makanan ringan, Anda perlu memilah resep makanan ringan yang tepat untuk tubuh Anda, sehingga Anda tetap mendapatkan nutrisi yang baik.

Sebenarnya, camilan sehat dan baik dapat menambahkan serat dan nutrisi ke dalam makanan tanpa menambahkan kalori tambahan jika Anda dapat menentukan porsinya.

Sebagai manfaat tambahan, makanan ini dapat membantu Anda mengurangi kalori. Anda dapat memberikan sedikit bantuan kepada tubuh dengan mendapatkan makanan ringan atau makanan ringan yang sehat.

Sehingga tubuh mendapatkan kembali energi yang dibutuhkMakanan ringan yang sempurna untuk dinikmati di sela-sela aktivitas. Membuat camilan lezat sangat mudah, bagi kalian semua .

Manfaat Membuat Resep makanan Ringan Sendiri

Selain menghemat biaya, Anda juga dapat menjamin bahwa resep makanan ringan yang digunakan berkualitas tinggi, karena Anda mengolahnya sendiri.

Nah, Anda bisa mencoba beberapa resep makanan ringan sederhana berikut ini dan membuatnya mudah dirumah. Salah satu cara untuk memilih makanan ringan yang baik adalah membuatnya sendiri.

Membuat resep makanan ringan sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit dan rumit. Untuk membuat makanan ringan, Anda hanya perlu sedikit persiapan untuk mempelajari resep makanan ringan.

Banyak bisnis kuliner memulai bisnis mereka berdasarkan hasil lelucon dan coba-coba. Anda tidak harus selalu membuat sesuatu yang baru.

Hasil? Menjual baik-baik ke camilan yang disukai semua orang. Jadi jangan pernah berhenti menciptakan karena siapa tahu di situlah letak peluang bisnis Anda.

3 Resep Makanan Ringan  Yang Mudah Dibuat

1. Kue Cubit

kue cubit

Semakin banyak hari, semakin banyak kuliner di Indonesia. Orang berlomba membawa makanan baru yang sensasional. Kali ini berasal dari Kue Cubit. Kue kecil itu, seperti namanya, adalah ukuran cubitan yang muncul sebagai camilan kue yang populer.

Camilan sederhana ini memiliki banyak penggemar. Ini memang camilan pasar tradisional yang sudah lama ada. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kue cubit juga mengalami modifikasi yang diproduksi oleh tangan-tangan kreatif agar rasanya, penampilan, dan warnanya tidak kalah menarik dengan kue modern lainnya.

Banyak variasi kue cubit yang muncul seperti kue cubit spider, cubit kue teh hijau, dan lainnya. Kita juga tidak harus menggunakan cetakan kue cubit. Bisa juga dipadukan dengan berbagai topping yang tentu saja semakin menggugah selera.

Sudah banyak penjual atau pedagang kaki lima yang menjual kue cubit ini, bahkan kelas kafe dan restoran tidak mau ketinggalan memamerkan kue cubit buatan mereka dengan menampilkannya di buku menu.

Walaupun ada banyak yang menjual kue cubit, tentu saja kita harus menunggu atau mengantri jika ingin kue cubit. Alih-alih Anda harus menunggu atau mengantri untuk waktu yang lama.

Lebih baik Anda mencoba membuat kue cubit sendiri. Cara membuat kue cubit itu mudah. Dengan membuatnya sendiri.  Anda dapat membuat resep makanan ringan kue cubit sesuai dengan selera dan kreativitas Anda.

Cara Membuat Kue Cubit :

Bahan Kue Cubit :
  1. Tepung protein adalah 100 g, ayakan
  2. Gula 100 g
  3. 100 g margarin, cairkan
  4. Baking powder 1 sdt
  5. Ragi 2 g
  6. 3 telur
  7. Vanila 1 sdt
  8. Cetakan kue cubit
Bahan topping:
  1. Mesjid Cokelat
  2. Keju parut
  3. 1 kaleng susu kental manis
Cara Membuat Kue Cubit:
  1. Siapkan wadahnya, lalu masukkan gula dan telur. Kocok sampai halus dan mengembang. Dapat dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  2. Masukkan tepung yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Tuang margarin cair. Campur dengan baik.
  4. Tambahkan baking powder, ragi dan vanila.
  5. Aduk sampai rata dan mengembang.Biarkan campuran selama 15 menit untuk membuatnya mengembang.
  6. Tuang campuran ke dalam wadah yang mudah dituangkan ke dalam cetakan seperti gelas.
  7. Panaskan cetakan kue cubit dengan api kecil. Olesi cetakan dengan minyak goreng.
  8. Tuang campuran kue cubit ke dalam cetakan. Tutup dan tunggu sampai campuran matang.
  9. Kue cubit yang hampir matang lalu tambahkan topping sesuai dengan selera Anda.
  10. Tutup lagi lalu biarkan sampai benar-benar matang.
  11. Kue cubit siap disajikan.

Cara Membuat Kue Cubit Laba Laba :

Bahan Kue Cubit Laba Laba :
  1. Tepung protein adalah 100 g, ayakan
  2. Gula 100 g
  3. 100 g margarin, cairkan
  4. Baking powder 1 sdt
  5. Ragi 2 g
  6. 3 telur
  7. Vanila 1 sdt
  8. Cetakan kue cubit
Bahan topping :
  1. Mesjid Cokelat
  2. Keju parut
  3. 1 kaleng susu kental manis
Cara Membuat Kue Cubit Laba Laba :
  1. Siapkan wadahnya, lalu masukkan gula dan telur. Kocok sampai halus dan mengembang. Dapat dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
  2. Masukkan tepung yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Tuang margarin cair. Campur dengan baik.
  4. Tambahkan baking powder, ragi dan vanila.
  5. Aduk sampai rata dan mengembang.Biarkan campuran selama 15 menit untuk membuatnya mengembang.
  6. Tuang campuran ke dalam wadah yang mudah dituangkan ke dalam cetakan seperti gelas.
  7. Panaskan cetakan kue cubit dengan api kecil. Olesi cetakan dengan minyak goreng.
  8. Tuang campuran cookie cubitan ke dalam cetakan dalam kekacauan atau ke atas, membentuk jaring laba-laba.
  9. Tutup dan tunggu sampai campuran matang.
  10. Kue cubit yang hampir matang lalu tambahkan topping sesuai dengan selera Anda.
  11. Tutup lagi lalu biarkan sampai benar-benar matang.
  12. Cungkil kue laba-laba cubitan dengan hati-hati. Gunakan alat yang tipis dan melebar.
  13. Kue laba-laba cubit siap disajikan.

2. Jamur Krispi

jamur krispy

Seringkali para pekerja menginginkan sesuatu resep makanan ringan di meja kantor mereka sebagai bahan untuk mengatasi kebosanan. Umumnya ini akan mulai terasa ketika jam menunjukkan pukul 3 sore. Kelelahan dan kantuk terkadang membuat sebagian orang merasa sangat jenuh.

Menu makanan ringan seperti jamur renyah dapat digunakan sebagai pelindung kecemasan pekerja. Hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit untuk memakan camilan ini tidak akan membuat Anda ditegur oleh bos. Anda bahkan bisa menawarkan camilan jamur renyah ini kepadanya.

Ibu juga bisa menjadikan menu jamur renyah sebagai pengalih perhatian saat bayi mengerjakan pekerjaan rumah atau hanya menunggu jam makan malam.

Rahasia Dibalik Jamur Krispy

Jamur renyah dapat digunakan sebagai makanan kapan saja dan di mana saja. Rasa gurihnya selalu bisa menarik perhatian siapa pun. Bahkan mereka yang tidak suka jamur bisa jatuh cinta dengan menu yang satu ini. Anda tentu saja dapat menambahkan sejumlah rasa sesuai dengan preferensi keluarga Anda.

Bagi yang sudah mencoba membuat jamur renyah di rumah, mungkin tidak sedikit yang gagal. Seringkali penampilan jamur renyah tidak sempurna keriting, meskipun kerenyahan memuaskan. Bahkan penggunaan tepung goreng renyah instan tidak dapat menghasilkan kentang goreng seperti yang diharapkan.

Sebenarnya rahasia untuk membuat makanan yang digoreng keriting dan keriting adalah baking soda, air es, tepung pewarna, dan tepung pelapis. Selain itu, jamur yang telah dibungkus tepung harus diuleni sehingga tepung sedikit menggumpal di permukaan dan benar-benar keriting saat digoreng.

Di sini kami menampilkan resep jamur renyah yang lezat, keriting dan renyah. Ikuti semua langkah sehingga hasil makan memuaskan.

Bahan:

  1. 500 gram jamur tiram
  2. 100 gram tepung protein sedang
  3. 1 siung bawang putih
  4. setengah sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh lada bubuk
  6. 1/2 sendok teh soda kue
  7. 200 ml air es

Bahan lapisan bubuk:

  1. 100 gram tepung protein sedang
  2. 50 gram tepung jagung / pati
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. Jumlah minyak yang tepat
  5. Saus cabai botol / sambal bangkok secukupnya

Bagaimana membuat:

  1. Potong jamur tiram yang kuntumnya lebar dengan ukuran seteguk.
  2. Blender bawang putih, lalu campur dengan tepung bahan yang dicelup. Tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh lada bubuk, dan 1/2 sendok teh soda kue. Sisihkan sebelum menuangkan air es.
  3. Buat campuran lapisan tepung dengan mencampur tepung, tepung jagung / tepung, dan 1/2 sendok teh garam. Aduk sampai rata.
  4. Tambahkan air es ke dalam campuran celup. Aduk sampai tidak ada tepung menggumpal. Lalu celupkan jamur tiram ke dalamnya satu per satu.
  5. Setelah mencelupkannya ke tepung, gulung jamur tiram di tepung pelapis. Pastikan semua bagian jamur ditutupi lapisan tebal. Setelah itu peras sedikit untuk membentuk benjolan di permukaan.
  6. Goreng jamur tiram dalam minyak panas sampai benar-benar terendam. Sambil digoreng, siram permukaan jamur dengan minyak panas.
  7. Angkat jamur tiram dari wajan sehingga warnanya berubah kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan minyak dari jamur renyah yang digoreng dengan kertas penyerap minyak atau kertas koran. Setelah itu, sajikan dengan saus sambal.

Variasi bahan pengganti jamur:

  1. Jamur kancing segar yang besar, dibagi menjadi dua bagian
  2. Kotak potong tempe
  3. Tahu putih / kuning dipotong menjadi kotak
  4. Potongan brokoli per bunga
  5. Kembang kol dipotong per bunga
  6. Potong seret hijau menyeret
  7. Potong menyeret terung ungu
  8. Bayam berdaun lebar (bayam raja)
  9. Paprika merah / hijau / kuning diiris memanjang
  10. Kacang yang telah dikeluarkan dari ujung dan serat
  11. Ubi jalar kuning (talas tempura) diiris setebal 1/2 cm
  12. Akar lotus iris tipis
  13. Zucchini berukuran sedang diiris
  14. Nanas muda dipotong bundar setebal 1/2 cm
  15. Paha / sayap ayam
  16. Kulit ayam
  17. Cumi irisan berbentuk cincin
  18. Pancet atau udang windu, lepaskan kepala dan kulitnya
  19. Fillet ikan
  20. Ikan teri segar
  21. Kerang

Berbagai rasa yang dihasilkan :

  1. 3 daun jeruk, keluarkan tulang daun, lalu iris halus
  2. 1 sendok makan kentang goreng rasa (keju, BBQ, jagung manis)
  3. 2 sendok makan cabai tumbuk
  4. 1/2 ikat daun bawang yang diiris halus
  5. 1 sendok teh bubuk paprika
  6. 2 sendok teh bubuk kari basah / kari

Untuk menghasilkan rasa yang berbeda, tambahkan salah satu bumbu di atas ke dalam campuran tepung.

Jika Anda ingin membuat fillet ikan renyah tetapi lunak seperti di dalam keripik ikan, ganti setengah dari air es dengan susu penuh krim dingin di lemari es.

Variasi saus cokelat:

  1. Bawang putih mayones:
  2. Buat dengan mencampurkan mayones, sedikit jus jeruk nipis, peterseli yang diiris halus,
  3. dan setengah siung bawang putih yang telah dihaluskan

Saus Fuyunghai:

Masak saus sambal / saus tomat botolan dengan irisan mentimun, nanas dan wortel (semuanya dipotong menjadi kotak), gula, dan sedikit larutan tepung jagung.

Saus bawang:

Blender bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit yang telah digoreng sebentar dalam minyak panas. Bumbui dengan garam.

Saus teriyaki:

Masak kecap manis, 1 siung bawang putih cincang, irisan bawang merah, 1/2 cm jahe digeprek, gula pasir, sedikit garam, merica, dan tepung jagung.

3.Pisang Nugget

bannana nugget

Siapa yang tidak kecanduan makan nugget pisang, makanan ringan saat ini yang populer saat ini? Makanan yang satu ini enak sebagai camilan manis. Anda pasti tidak tahan untuk memesan lagi dan lagi.

Nah, daripada menghabiskan banyak uang untuk makanan ringan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat nugget pisang sendiri. Metode ini sangat mudah, sungguh.

Salah satu inovasi olahan pisang memang sedang menjadi hits di media sosial. Nugget berbahan dasar pisang ini dihancurkan lalu dicampur dengan tepung, telur dan diolesi tepung panir atau tepung roti. Perbedaan inilah yang membuat saya penasaran, terutama pisang yang hanya digoreng, dikukus atau dibakar.

Dengan penambahan tepung panir membuat pisang renyah. Apalagi dengan penambahan topping yang disesuaikan dengan selera penonton. Seperti Nuttela, keju, greentea, hingga meses. Anda dapat dengan mudah mendapatkan hit ini seperti di mal, atau di PKL. Ya, camilan manis dan gurih memang menggoda. Bersiaplah dan makanan ini akan memanjakan lidah Anda.

Sekarang untuk menikmatinya, Anda tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan hit kuliner ini. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan dan cara membuat nugget pisang renyah yang cukup sederhana. Dan ternyata membuat camilan yang satu ini tidak sulit, lho. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak percaya?

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pisang Nugget :

  1. 2 buah pisang sedang
  2. 1 butir telur
  3. 1 butir telur ayam untuk pelapis
  4. 1 sendok makan tepung
  5. 1 sendok teh bubuk vanili / ekstrak vanili (opsional)
  6. 100 gram tepung roti

Cara Membuat Pisang Nugget :

  1. Blender pisang dengan garpu atau blender.
  2. Kemudian campur dengan tepung, telur ayam, dan bubuk vanila.
  3. Tuang campuran ke dalam kotak atau cetakan oval yang telah dilapisi dengan aluminium foil. Dikukus di dalam kandang selama 30 menit.
  4. Setelah nugget dingin, potong-potong seukuran gigitan. Celupkan ke dalam telur, lalu gulung tepung roti.
  5. Goreng dalam bak minyak panas sampai matang.
  6. Setelah dingin, panggang dengan topping sesuai selera, seperti susu kental manis dan keju parut, Nutella, selai teh hijau, atau remah biskuit Oreo.
  7. Jika Anda mendengar kata nugget, pasti yang terlintas di benak Anda adalah ayam dan daging sapi. Ya benar? Ayam dan sapi dikenal sebagai makanan instan. Namun berbeda dengan makanan yang hits ini lagi. Nugget yang bukan dari daging, tetapi pisang.

Saran Dari Saya Pribadi :

Nikmati camilan sehat buatan sendiri. Tidak hanya menghemat biaya, juga keahlian memasak Anda semakin bertambah. Dengan membuat resep makanan ringan sendiri. Anda bisa mengontrol kesehatan keluarga dan diri sendiri dengan tidak jajan sembarangan.

Tentunya, keluarga Anda juga semakin senang. Jadi, jangan ragu mencoba aneka resep makanan ringan sehat untuk Anda dan keluarga.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai beberapa resep makanan ringan yang mudah untuk dibuat dirumah.Serta beberapa tips atau saran dari saya.Sekian dari saya semoga artikel tentang resep makanan ringan ini bermanfaat untuk Anda Terimakasih 🙂