Ini Dia Resep Untuk Membuat Sosis Bakar, Cuss Kepoin!

Halo semua.. Pada kali ini saya akan memberikan beberapa informasi tentang sosis dan juga beberapa resep untuk membuat sosis bakar. Kira-kira apa aja yaa resepnya? Yukk kita simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian sosis, jenis-jenis, dan juga resep unuk membuat sosis bakar.

Sosis

resep untuk membuat resep bakar

Sosis merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan daging yang sudah di cincang, lemak hewan ternak, dan juga rempah-rempah, serta dari bahan-bahan yang lainnya.

Makanan ini pada umumya di bungkus di dalam suatu pembungkus yang apabila secara tradisional itu menggunakan usus dari hewan. Tetapi pada saat ini sering kali sosis di bungkus menggunakan bahan sintesis.

Selain menggunakan bahan sintesis, sosis juga di awet kan dengan suatu cara, misalnya dengan cara pengasapan. Proses pembuatan sosis merupakan salah satu teknik produksi dan pengawetan makanan yang sudah dilakukan sejak dulu.

Di banyak negara, sosis merupakan makanan yang sangat popular di jadikan sebagai topping pada suatu makanan, contohnya pizza. Sosis itu sendiri terdiri dari berbagai macam tipe. Yaitu ada sosis yang masih mentah dan juga yang sudah matang.

Kata sosis berasal dari kata yang dalam Bahasa Latin adalah “Salsus”. Yang mempunyai arti di asinkan atau di awetkan.

Menurut catatan sejarah, yaitu di dalam dokumen Yunani yang di tulis pada sekitar tahun 500 sebelum masehi, sosis pertama kali di buat oleh orang Sumaria (yang sekarang menjadi Irak) pada sekitar tahun 300 sebelum masehi.

Pada saat itu masyarakat Sumaria akan menghadapi musim paceklik, lalu timbulah sebuah ide bagaimana caranya agar makanan yang mereka punya dapat tetap awet dan bisa di makan dalam keadaan baik di musim paceklik itu.

Alhasil terciptalah makanan siap saji yang berasal dari daging yang di beri garamatau di bumbui lalu di masukan ke dalam selongsong yang berasal dari usus hewan.

Ada di banyak negara, sosis di kembangkan dengan beberapa ciri khasnya masing-masing. Dengan menggunakan bumbu-bumbu lokal lalu di masak sebagai masakan tradisional.

Bahkan terdapat beberapa olahan sosis yang di beri nama dengan nama kota di mana sosis itu berasal antara lain. Contohnya adalah :

  • Sosis Bologna yang aslinya adalah nama kota yang berada di Itali Utara
  • Sosis Lyon yang berasal dari Lyon, Perancis
  • Di Inggris sosis misalnya di namakan sebagai beberapa nama seperti sosis Berkshire, Wiltshire, Lincolnshire dan lain – lain.

Ternyata sosis yang bernuansa lokal tidak hanya terdapat di luar Indonesia. Kalau di luar negeri biasanya di kenal dengan nama Sosis atauun Sausage, tetapi kalau di Bali namanya berubah jadi “urutan”.

Namanya “urutan” karena untuk memasukkan adonan ke dalam usus babi di lakukan sedikit demi sedikit dengan cara yag masih manual. Dengan cara  seolah-olah tampak seperti “di urut”.

Bahan utama untuk membuat Urutan Babi atau yang biasa disebut Sosis Babi adalah usus babi. Lalu di dalamnya di masukkan adonan daging babi yang sudah di beri basa genep yang berarti bumbu lengkap ala Bali.

Lalu di goreng hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Namun ada beberapa cara tradisional lainnya biar urutan ini memiliki aroma yang khas dan pastinya memiliki rasa yang jauh lebih enak. Sebeleum di goreng, Urutan babi atau sosis babi biasanya di jempur dahulu beberapa hari atau di asapi. Baru setelah kering, bisa untuk di goreng.

Jenis-jenis

resep membuat sosis bakar

Berdasarkan kehalusan nya, sosis dapat di bedakan menjadi 2, yaitu :

  • Sosis Kasar dan juga Sosis emulsi. Sosis Kasar merupakan sosis yang hanya melewati tahap pengolahan, tetapi tahap pengolahannya lebih sederhana, yaitu menggiling lemak sampai halus kemudian mencampur dengan lemak sampai merata.
  • Lalu Sosis Emulis, tahapan yang pencampurannya terdiri dari beberapa tahap yaitu, pencampuran, pencacahan dan pengelmusian.

Berdasarkan proses pengolahannya, sosis umum dapat di bagi 4 yaitu :

  • Fresh sausage atau sosis mentah yaitu merupakan sosis yang di olah tanpa pemanasan.
  • Process cooking-Boilling & Smooking atau sosis yang di rebus dan di asap, contohnya adalah frankfuter, bologna, knackwurst
  • Process Cooking-boilling atau sosis yang di rebus tanpa di asap, contohnya adalah beer salami, liver sausage
  • Semikering atau fermentasi atau sosis kering, contohnya adalah dry salami.

Berdasarkan dengan jenis casing yang di gunakan, terbagi menjadi :

  • Sosis dengan casing natural, yaitu sosis yang terbuat dari usus sapi , kambing atau sheep, domba atau lamb, dan babi atau pork. Casing ini mempunyai beberapa keuntungan yaitu dapat di makan, bergizi tinggi, dan juga melekat pada produk. Adapun kerugian penggunaan casing ini adalah membuat produk tidak awet.

Di samping itu juga ada casing sintetis, diantaranya :

  • Sosis dengan casing jenis colagen, yang terbuat dari kulit hewan besar. Keuntungan dari penggunaan casing jenis colagen adalah dapat untuk di warnai, dapat kalian makan, dan juga dapat melekat pada produk.
  • Sosis dengan casing Selulosa, yang berbahan baku pulp. Keuntungan casing selulosa adalah dapat di cetak ataupun di warnai dan juga harganya murah. Casing selulosa sangat keras dan sangat di anjurkan untuk tidak di makan.
  • Sosis dengan casing polyamide atau turunan plastic  yang bersifat food grade. Casing jenis ini tidak dapat di makan, dapat di buat berpori ataupun tidak, bentuk dan ukurannya dapat di atur berbeda-beda, tahan terhadap panas, dan juga dapat di cetak.

Jika sosis yang di produksi dari dalam negeri umumnya di olah dari satu jenis daging contohnya adalah sosis sapi dan sosis ayam. Maka dari itu sosis yang berasal dari luar negeri biasanya di formulasikan dari campuran beberapa jenis daging.

Hal ini perlu di waspadai bagi kalian yang beragama islam, karena biasanya sosis tersebut di buat dengan campuran daging babi. Untuk itu, jika kalian ingin membeli sosis impor, maka kalian jangan lupa untuk membaca label pada kemasannya untuk mengetahui jenis daging yang di gunakan untuk mengolah sosis tersebut dan telah mendapat sertifikasi Halal.

Baca juga Mau Sukses Bisnis Sosis Bakar? Temukan Pilihan Rasanya disini

Bahan Pembuatan

  • Komponen utama sosis yaitu terdiri dari daging, lemak, bahan pengikat, bahan pengisi, air, garam, dan juga bumbu-bumbu penyedap.
  • Semua jenis daging ternak dapat di gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sosis. Daging merupakan sumber protein yang dapat berfungsi sebagai pengelmusi di dalam sosis.
  • Lemak yang di gunakan dalam pembuatan sosis dapat berguna untuk membentuk sosis yang kompak dan juga empuk serta dapat memperbaiki rasa dan aroma pada adonan sosis tersebut. Penambahan lemak yaitu maksimal 30% dari berat daging untuk mempertahankan tekstur sosis selama proses pengolahan.
  • Bahan pengikat dan bahan pengisi dapat di bedakan berdasarkan kadar proteinnya. Bahan pengikat ini mengandung protein yang cukup tinggi. Sedangkan bahan pengisi pada umumnya mengandung karbohidrat. Bahan yang umum di gunakan adalah berbagai jenis tepung. Yaitu tepung terigu, beras, tapioka, kedelai, ubi, kentang, roti, dan juga susu skim.
  • Air yang di tambahkan ke dalam adonan berupa es yang berbentuk serpihan atau cube, itu berguna untuk menjaga suhu adonan sosis selama proses pencampuran tetap rendah (0C). Selain dapat berfungsi sebagai fasa pendispersi di dalam emulsi daging, air juga dapat berperan untuk melarukan protein sarkoplasma dan juga garam.
  • Garam berfungsi untuk memberikan cita rasa pada adonan, mengawetkan dan juga melarutkan protein. Garem dapur juga dapat berpengaruh terhadap pengembangan volume dan juga daya ikat air dari daging tersebut. Garam alkali polifosfat juga dapat berfungsi untuk mempertahankan warna adonan, mengurangi penyusutan saat proses cooking atau pemasakan dan juga dapat menjadi penstabil emulsi.
  • Bumbu, yaitu bahan tambahan lain yang sering di gunakan dalam pembuatan sosis, di antaranya ada gula, nitrit, dan juga rempah-rempah. Beberapa jenis sosis, terutama yang bercita rasa internasional, sudah terdapat bumbu sudah jadi di dalam kemasan pada kondisi packaged.

Nahh, ini dia beberapa resep untuk membuat sosis bakar

Udah ga sabar sama resep sosis bakarnya yaa? Yukk kita liat beberapa resep untuk membuat sosis bakar berikut ini.

Eitsss, sebelum itu saya akan memberi tahu kalian cara untuk menyimpan sosis agar sosis yang kalian miliki tidak cepat busuk. Cara tersebut adalah dengan menggunakan vacuum sealer.

Vacuum Sealer atau yang bisa juga di sebut sebagai Alat Pres Plastik Kedap Udara ini merupakan alat yang dapat berungsi untuk mengemas suatu produk dengan cara menghampakan udara yang ada di dalam kemasan.

Sehingga alat ini berguna untuk membuat barang ataupun makanan yang kalian miliki akan tetap aman, awet atau tahan lama, fresh, bersih, dan juga menarik menarik.

Berikut Ini Resep Untuk Membuat Beberapa Macam Sosis Bakar :

resep membuat sosis bakarQ

1. Bakar BBQ

Bahan-bahan :
– Margarin 1 sdm
– Sosis ayam fiesta 5 buah

Berbagai jenis saus :
– Saus tomat 1 sdm
– Saus barbeque 1 sdm
– Kecap manis sesuai selera
– Saus sambal 1 sdm

Cara untuk membuat :
1. Kerat sosis, panggang sosis tersebut di atas teflon menggunakan margarin.
2. Tambahkan bahan sausnya pada bagian sosis.

2. Bakar Mayonaise

Bahan-bahan :
– Saus 3 sdm
– Saus tiram 1 sdm
– Sosis besar 3 buah
– Margarin seekupnya
– Kecap manis 1 sdm
– Saus sambal 1 sdm
– Mayonaise sesuai selera

Cara untuk membuat :
1. Potong sosis menjadi 2, iris melingkar. Lalu olesi menggunakan margarin.
2. Campur semua bahan yaitu saus, kecap manis, saus tiram. Oleskan semua bahan ke sosis. Lalu bakar sosis.
3. Tambahkan saus sambal sisanya.
4. Terus olesi sosis tersebut sembari di bakar.
5. Angkat lalu tusuk menggunakan lidi.

3. Bakar Sarang Keju

Bahan-bahan :
– Sosis sapi atau sosis ayam
– Kecap manis sesuai selera
– Sedikit lada bubuk
– Saus tiram
– Tusuk lidi
– Margarin secekupnya
– Keju

Cara untuk membuat:
1. Campurkan kecap manis, lada, saori, dan kaldu ayam. Lalu aduk hingga rata.
2. Ambil 1 sosis, lalu tusuk menggunakan lidi lalu lumuri dengan adonan kecap yang tadi sudah kita buat.
3. Lalu goreng sosis dengan margarin.
4. Panggang sosis di atas parutan keju. Kemudian gulung sosis dengan keju.

4. Bakar Pedas

Bahan-bahan :
– Sosis besar 6 buah
– Saus sambal 2-3 sdm sesuai selera
– Saus tiram 1 sdm
– Gochujang 1 sdm
– Kecap asin secukupnya
– Kecap manis 1-2 sendok
– Bawang putih ukuran sedang 2-3 siung
– Margarin secukupnya
– Air matang secukupnya

Cara untuk membuat:
1. Bersihkan sosis, belah-belah sesuai dengan bentuknya, panggang di atas teflon yang sudah di olesi margarin. Panggang hingga agak setengah matang. Kemudian tiriskan.
2. Untuk saus, tumis bawang putih yang sudah di geprek. Masukkan saus tiram, kecap manis, saus sambal, gochujang, dan kecap asin ke dalam tempat untuk menumis. Tuangkan air matang secukupnya.
3. Panaskan bumbu hingga mengental, masukkan sosis. Aduk terus sampai bumbu-bumbu nya meresap. Tiriskan.
4. Panggang lagi sosis hingga matang.

5. Bakar Madu

Bahan-bahan :
– Sosis ayam atau sapi
– Mentega secukupnya
– Madu
– Garam
– Kecap manis sesuai selera

Cara untuk membuat :
1. Rebus sosis, tunggu sampai sosis sudah mengapung lalu angkat kemudian tiriskan.
2. Oleskan mentega ke atas teflon.
3. Panggang sosis, bolak-balik sembari di oleskan madu yang sudah di campur dengan menggunakan sejumput garam.
4. Panggang sosis sampai matang.

6. Bakar Kecap Ala Anak Kos

Bahan-bahan :
– Sosis merk bebas sesuai selera
– Margarin untuk olesan
– Kecap manis dan juga saus sambal yang sidah di aduk
– Daun selada
– Teflon

Cara untuk membuat:
1. Potong sosis sesuai selera kalian, lalu kerut-kerutkan.
2. Lumuri dengan menggunakan margarine.
3. Celupkan sosis ke dalam adonan saus.
4. Bakar sosis di atas teflon.

7. Cumi Sosis Bakar

Bahan-bahan :
– Cumi 250 gram
– Sosis sapi 2 buah
– Tusuk sate

Bumbu cumi:
– Jeruk nipis 1 buah
– Garam secukupnya
– Bubuk kunyit secukupnya
– Bubuk ketumbar secukupnya
– Lada bubuk secukupnya
– Bumbu bakar
– Bumbu BBQ
– Saus sambal sesuai kebutuhan
– Mayonaise sesuai selera

Cara untuk membuat:
1. Cuci cumi dan juga marinise menggunakan bumbu sampai bumbu meresap.
2. Potong cumi dan sosis dengan bentuk bulat-bulat. Masukkan sosis ke dalam bulatan cumi-cumi. Tusuk menggunakan lidi.
3. Bakar sate cumi sosis hingga setengah matang, lalu tambahkan bumbu bakar BBQ.
4. Panggang cumi sosis hingga matang.

8. Indomie Sosis Telur Bakar

Bahan-bahan :
– Telur 2 butir
– Wortel parut 1 buah dengan parutan keju
– Indomie goreng original 1 bungkus
– Keju kraft 1 bungkus kecil atau secukupnya
– Sosis 2 buah
– Daun bawang 1 batang dan iris halus
– Tusuk sate 8 batang atau secukupnya

Bahan untuk olesan :
– Kecap manis 1 sdm
– Saus sambal botolan 1 sdm

Cara untuk membuat:
1. Potong sosis menjadi 4 bagian.
2. Rebus indomie setengah matang, kemudan angkat dan tiriskan.
3. Kocok lepas telur yang di campur dengan bumbu dan minyak mie goreng. Masukkan wortel, daun bawang, dan juga keju ke dalamnya. Kemudian aduk rata.
4. Lilitkan mie pada sosis. Goreng atau bakar sosis hingga matang.

9. Bakar Lada Hitam

Bahan-bahan :
– Kentang 1 buah lalu iris memanjang
– Wortel 1 buah lalu potong dadu
– Sosis ayam jumbo 3 buah
– Buncis 3 buah lalu potong dengan panjang 2 cm
– Selada secukupnya

Bahan untuk saus :
– Saus tomat 2 sdm
– Saus tiram 1 sdm
– Bawang bombay1/2 buah rajang
– Lada hitam 1 sdt
– Saus sambal 1 sdm
– Margarine 1 sdm
– Kecap manis 1/2 sdm
– Tepung maizena 1/2 sdm kemudian larutkan dengan air

Cara untuk membuat:
1. Cuci bersih sayuran tersebut. Goreng kentang, lalu sisihkan. Rebus wortel dan buncis selama 7 menit atau hingga matang, angkat lalu tiriskan.
2. Tumis bawang bombay. Masukkan saus tiram, kecap manis, saus sambal, saus tomat, dan juga lada hitam. Aduk hingga rata. Lalu masukkan larutan maizena, aduk rata lagi kemudian angkat.
3. Kerat-kerat sosis.
4. Panaskan teflon dengan sedikit margarine, panggang sosis sampai berwarna kecoklatan.
5. Olesi permukaan sosis dengan menggunakan saus. Panggang sosis sampai matang.
6. Tata sosis yang sudah matang di piring saji, di hiasi dengan selada, kentang, wortel, dan buncis. Lalu siram sosis dengan saus lada hitam.

10. Bakar Spesial

Bahan-bahan :
– Sosis 15 buah, kemudian potong sosis menjadi dua bagian
– Garam secukupnya
– Oregano 1 sdm
– Kecap manis 2 sdm
– Lada hitam 1/2 sdt
– Perasan jeruk lemon 1 sdm

Cara untuk membuat :
1. Panaskan oven hingga 150 derajat celcius.
2. Lalu campur bumbu, kecap manis, garam, lada hitam, jeruk lemon, dan juga oregano menjadi satu.
3. Kerat-kerat sosis, kemudian celupkan ke dalam bumbu hingga meresap.
4. Masak di atas loyang kemudian masukkan ke dalam oven selama 10-15 menit.

Itu dia beberapa resep untuk membuat sosis bakar.

Semoga resep untuk membuat sosis bakar dan juga penjelasan mengenai penertian sosis ini dapat membantu kalian semua.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •