Bisnis sosis bakar pada dasarnya merupakan bisnis olahan daging yang cukup populer. Hal ini disebabkan oleh maraknya penggemar makanan satu ini. Berkat kepopuleran tersebut, kini sosis muncul dengan beraneka ragam bahan olahan, seperti sosis sapi, sosis ayam, sosis ikan, sosis udang, dan banyak lagi jenis sosis lainnya.

Tidak hanya populer dan lezat, sosis juga banyak digandrungi karena kandungan gizi dan proteinnya yang membuatnya digemari banyak kalangan. Banyak cara membuat sosis bakar yang dapat anda terapkan.

Berkat bentuk pengemasannya yang sederhana, sosis dapat dengan begitu mudah diolah atau dicampur ke berbagai jenis masakan, seperti digoreng, ditumis, maupun dijadikan makanan berkuah seperti sop. Namun, baru-baru ini sedang marak-maraknya pengolahan sosis yang dibakar beroleskan bumbu layaknya sate.

Bisnis sosis bakar ini tidak begitu membutuhkan konsep maupun modal yang rumit. Cara penjualannya dapat dilakukan dengan sangat sederhana dan mudah, misal di booth, gerobak, kedai, maupun restoran kecil. Dan apabila anda tidak memiliki modal besar, opsi untuk bekerjasama dengan franchise sosis bakar yang sudah juga dapat anda lakukan.

Mempersiapkan Modal Bisnis Sosis Bakar

Ketika ingin memulai bisnis sosis bakar memang perlu mempersiapkan sebuah peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu agar bisa menjalani usaha ini dengan mudah dan lebih lancar. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha sosis bakar ini antara lain meliputi :

  • Etalase maupun gerobak siap pakai
  • Kompor gas untuk memanggang sosis
  • Tabung gas berserta isinya
  • Banner dengan ukuran yang menyesuaikan ukuran gerobak atau etalase
  • Menyewa Tempat
  • Peralatan misalnya saja : pisau, kuas, gunting dan berbagai alat yang lainnya

Untuk alatnya sendiri, anda dapat menggunakan mesin pembuat sosis beserta alat panggangan sosis guna produktivitas yang lebih efisien. Dari kisaran kasar modal yang dibutuhkan untuk membeli peralatan diatas sekitar Rp. 2.000.000 an.

Menentukan Lokasi Bisnis Sosis Bakar

Dalam menjalankan usaha sosis bakar memang penentuan lokasi yang digunakan dalam berjualan perlu diperhatikan. Hal ini sangat mempengaruhi lancar tidaknya bisnis yang Anda jalankan. Untuk itu lokasi tempat berjualan haru benar-benar memilih lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan dan dijumpai banyak orang.

Lokasi strategis yang sangat sesuai untuk berjualan sosis bakar meliputi, didepan sekolahan, teras mini market misalkan saja didepan indomaret, mall maupun alfamart. Pemilihan lokasi ini memang sangat penting agar bisnis jualan sosis bakar Anda benar-benar menguntungkan. Jadi,usahakan tempatnya seramai mungkin agar mudah mencari calon pelanggan.

Berbagai Ide Bisnis Sosis Bakar untuk Dijual dari Berbagai Negara di Dunia

Bicara soal bisnis sosis bakar, inovasi tentunya memang menjadi poin penting. Namun, adakalanya kita bisa mengadopsi produk yang belum ada di Indonesia untuk menarik perhatian masyarakat lokal. Berikut ini adalah 12 jenis sosis bakar dari berbagai belahan dunia yang sekiranya dapat diterapkan sebagai bisnis sosis bakar di Indonesia.

1. Sosis Knackwurst dari Jerman

Sosis yang berasal dari Jerman ini terbuat dari campuran daging sapi dan babi. Campurannya cukup sederhana yakni hanya dibumbui dengan bawang putih. Bumbu yang sederhana ini dimaksudkan agar penambahan bumbu dilakukan pada proses pembakaran.

2. Sosis Bockwurst dari Jerman

Umumnya sosis satu ini terbuat dari daging unggas seperti ayam atau kalkun, namun ada juga yang menggunakan daging domba atau sapi. Cara membuat sosis ayam dan pengolahannya tidak jauh berbeda dengan sosis daging. Yang membedakan antara bockwurst dengan knackwurst ialah sosis satu ini tidak hanya terdiri atas daging, tapi juga beberapa sayuran seperti kentang, bawang, dan banyak lainnya. Cita rasanya cenderung lebih kaya ketimbang knackwurst yang hanya terdiri atas daging murni.

3. Sosis Merguez dari Afrika

Merguez adalah sebuah sosis segar berbahan dasar daging sapi atau daging domba muda dari masakan Afrika Utara (Arab). Hidangan tersebut aslinya dibuat dan diperkenalkan oleh Bedouin. Hidangan tersebut juga populer di Timur Tengah dan Eropa, yang menjadi sebagian besar populer di Perancis pada dekade akhir abad kedua puluh.

Merguez adalah sebuah sosis yang dibuat dengan daging domba, daging sapi atau campuran isian dalam casing yang tidak dimasak. Hidangan tersebut biasanya dibumbui dengan jintan putih dan cabai atau harissa (yang memberikan warna merah) serta rempah-rempah lainnya seperti sumac, fennel, dan bawang putih.

4. Sosis Catechino dari Italia

Olahan daging satu ini dibuat dari daging babi dengan perpaduan ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Sosis ini ukurannya besar. Jadi biasanya penyajiannya dengan diiris-iris biar mudah untuk disantap.

5. Sosis Loukaniko dari Yunani

bisnis sosis bakar

Sosis ini terbuat dari daging babi dan punya rasa yang khas karena pengolahannya melibatkan kulit jeruk, anggur, dan rempah-rempah lainnya. Ada juga sosis ini yang terbuat dari daging domba. Seringnya sosis ini disajikan bersama roti.

6. Sosis Gyulai dari Hungaria

bisnis sosis bakar

Sosis ini dalam pembuatannya melewati proses pengeringan. Sehingga warnanya pun terlihat lebih gelap dibanding sosis kebanyakan. Penyajian sosis ini biasanya dengan diiris tipis-tips dan kemudian dinikmati dengan roti.

7. Sosis Rookworst dari Belanda

Sosis ini melewati proses pengasapan. Sehingga rasanya pun khas. Biasanya sosis ini disajikan dengan sup khas Belanda yang isinya kacang polong.

8. Sosis Cervelat dari Swiss

bisnis sosis bakar

Kalau yang ini, terbuat dari daging sapi. Uniknya, dalam proses pembuatannya mengalami proses pengasapan dan kemudian direbus. Dicium dari aromanya saja, sudah mengundang lidah untuk segera menyantapnya. Apalagi jika dibakar, rasanya bakal tambah nikmat.

9. Sosis Chorizo dari Meksiko

Sosis yang satu ini punya ciri khas pada warnanya yang merah. Warna tersebut muncul karena pemanasan saat pembuatan sosis ini. Selain karena bahan sosis yang berasal dari cabe, paprika, dan cuka. Sosis ini dibuat dari kelenjar daging sapi yang masih segar. Jadi rasanya nikmat.

1o. Sosis Longaniza dari Argentina

bisnis sosis bakar

Kalau sosis yang ini punya ciri dengan bentuknya yang panjang. Selain itu teksturnya lebih kering. Seringnya sosis ini disantap bersama sayuran.

11. Sosis Boereworst dari Afrika Selatan

bisnis sosis bakar

Sosis yang ini juga cocok untuk dibakar. Terbuat dari daging domba dengan tambahan bahan cuka, ketumbar, lada hitam, cengkeh, palu dan kayu manis menjadikan rasanya benar-benar nikmat. Biasa dinikmati bersama bawang dan tomat, rasanya bakal mengguncang lidahmu.

12. Sosis Andouille dari Prancis

Sosis ini terbuat dari jeroan dengan bumbu bawang putih, paprika dan lada hitam. Paling cocok sosis ini memang untuk dibakar.