10 Kreasi Resep Otak – otak Udang

Hai gaes, kalian tau ngga kalo udang tuh bisa dimanfaatin menjadi banyak olahan lho, ngga percaya? nih salah satunya udang bisa lho diolah menjadi otak – otak. Pasti kalian tau kan otak – otak tuh apaan, aku bakalan ngasih tau kalian 10 resep otak – otak udang yang paling mudah dibuat yuk gaes simak!

1. Resep Otak – otak Udang

Bahan – bahan :

  • 500 gr Udang Kupas
  • 200 gr Tepung Tapioka
  • 40 gr Tepung Terigu
  • 2 Butir Telur
  • 6 Siung Bawang Merah
  • 5 Siung Bawang Putih
  • 2 Batang Daun Bawang
  • 2 sdt Gula
  • 2 sdt Garam atau Penyedap rasa
  • 1 sdt Lada
  • Kaldu Jamur

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Blender udang, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kaldu jamur, lada, telur
  3. Campurkan adonan yang telah diblender kemudian tambahkan tepung terigu dan daun bawang kemudian uleni hingga adonan menjadi kalis
  4. Setelah itu ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian bentuk melintang atau sesuai selera
  5. Setelah selesai dibentuk, siapkan air hingga mendidih, dan rebus otak – otak hingga mengapung
  6. Setelah mengapung rendam otak – otak di dalam air es
  7. Setelah direndam kurang lebih 15 menit, setelah itu goreng otak – otak atau bisa juga disimpan di kulkas tapi sebelumnya press dulu menggunakan mesin vacuum sealer 
  8. Jika memilih digoreng, goreng otak – otak hingga berwarna kuning kecokelatan

 

2. Resep Otak – otak Udang Ayam

Bahan – bahan :

  • 600 gr paha ayam fillet
  • 350 gr udang kupas
  • 1 btr telur utuh
  • 200 gr tepung sagu tani/ tepung tapioka
  • 30 ml air es
  • 4 btg daun bawang iris kasar
  • 3 siung bawang putih cincang kasar
  • 5 siung bawang merah cincang kasar
  • 2 sdm minyak wijen
  • Garam seperlunya
  • Gula pasir seperlunya
  • Kaldu jamur seperlunya
  • Lada bubuk seperlunya
  • Baking powder seperlunya
  • Baking sode seperlunya

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Ayam :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan semua bahan – bahan kecuali tepung sagu
  3. Setelah halus tempatkan pada wadah dan tuang tepung sagu tani secara bertahap dan aduk hingga merata.
  4. Rebus air hingga mendidih, dan campur dengan sedikit minyak
  5. Baluri tangan dengan minyak sedikit agar pada saat membentuk otak – otak tidak lengket di telapak tangan
  6. Setelah itu bentuk adonan dan sambil direbus dengan air mendidih tunggu sampai otak – otak mengapung
  7. Setelah otak – otak mengapung rendam otak – otak pada air es.
  8. Setelah kira – kira 10 sampai 15 menit goreng otak – otak meggunakan minyak panas dan api sedang
  9. Apabila otak – otak sudah mengapung dan berwarna kecokelatan angkat dan tiriskan

Baca Juga: Resep Peyek Udang dan Kacang Serta Manfaatnya Kacang

3. Resep Otak – otak Udang Rebon

Bahan – bahan :

  • 500 gr sagu
  • 2 sdm terigu
  • Daun bawang iris halus secukupnya
  • 1 genggam rebon
  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 butir telur
  • 1 sachet santan kara
  • 1 sachet kaldu bubuk
  • 1/2 sachet ladaku bubuk
  • secukupnya Air
  • secukupnya Garam dan vetsin

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Rebon :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan udang rebon, bawang merah, bawang putih dan telur
  3. Satukan tepung sagu, tepung terigu, daun bawang, santan kara, udang rebon yang sudah dihaluskan pada satu wadah
  4. Masukkan air panas sedikit demi sedikit sampai adonan bisa diuleni
  5. Siapkan air sampai mendidih, sambil bentuk adonan otak – otak
  6. Jika otak – otak sudah terbentuk rebus otak – otak pada air menidih dan biarkan sampai mengapung
  7. Jika sudah mengapung, angkat dan tiriskan. Rendam otak – otak dalam air dingin kurang lebih 10 – 15menit
  8. Jika sudah di rendam pada air es, otak – otak bisa langsung digoreng atau di simpan dalam lemari pendingin
  9. Apabila ingin digoreng, goreng otak – otak menggunakan minyak panas dengan api sedang
  10. Setelah berwarna kuning kecokelatan bisa di angkat dan kemudian ditirskan

 

4. Resep Otak – otak Udang Sambal Matah Sereh

Bahan – bahan :

  • 300 gr udang
  • 22 sdm tepung sagu
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 butir telur
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 batang daun bawang
  • Garam seperlunya
  • Minyak untuk menggoreng

Sambal Matah Serah :

  • 4 buah cabai merah keriting
  • 5-6 buah cabai rawit hijau
  • 3 siung bawang merah
  • 2 batang sereh, iris tipis ambil bagian putihnya saja
  • Garam seperlunya
  • Gula seperlunya
  • 1 sdt perasan air jeruk nipis
  • Minyak panas secukupnya

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Sambal Matah Sereh :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan udang dan buang bagian  kulit maupun kotorannya, beri perasan air jeruk nipis dan garam agar mengurangi bau amis, kemudian sisihkan
  3. Haluskan udang yang sudah di cuci bersih dengan bawang putih, bawang merah lada bubuk, garam dan juga telur
  4. Tambahkan tepung sagu, aduk rata hingga adonan kalis atau sampai bisa diuleni
  5. Siapkan air dan rebus hingga mendidih, sambil menunggu air mendidih bentuk adonan menjadi lonjong memanjang jangan lupa olesi tangan dengan minyak agar adonan tidak lengket
  6. Setelah semua otak – otak terbentuk, rebus otak – otak hingga mengapung, setelah itu angkat dan tiriskan
  7. Otak – otak sambal matah sereh sudah jadi langkah selanjutnya bisa di goreng bisa juga di simpan ke dalam tempat pendingin makanan
  8. Jika otak – otak akan digoreng, goreng menggunakan minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan

 

5. Resep Otak – otak Udang Bakar

Bahan – bahan :

  • 130 gr udang segar, kupas kulit
  • 7 sdm tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 bh wortel kecil, potong2
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 65 ml santan
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm kecap ikan (Royal Gold)
  • 3 tangkai daun bawang, iris kecil
  • daun pisang

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Bakar :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan bahan – bahan menggunakan blender kecuali tepung sagu dan daun bawang
  3. Setelah itu campur bahan yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu dan daun bawang aduk hingga merata
  4. Siapakan kukusan dan siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, masukkan adonan ke dalam daun pisang dan bentuk sesuai kebutuhan, tata rapi adonan yang sudah dibentuk dan buarkan dikukus kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit otak – otak bakar pun jadi . Bisa disimpan bisa juga langsung dibakar
  6. Jika ingin dibakar, siapkan tempat dan alat untuk membakar , dan bakar di atas bara api sampai daun pisang layu dan mengeluarkan bau harum jangan lupa dibolak balik
  7. Jika sudah angkat dan otak – otak bakar siap dihidangkan

 

6. Resep Otak – otak Udang Tahu

Bahan – bahan :

  • 150 gr tahu putih/ tahu sutra yang sudah dihaluskan
  • 150 gr udang yang sudah dikupas
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus santan isi 65 ml
  • 1 bungkus merica halus (4 gr)
  • 30 gr daun bawang, potong sedang
  • 20 gr daun seledri, potong kecil
  • 2 buah cabe merah, potong sesuai selera
  • 6 sdm tepung maizena
  • 150 ml air ( bukan air dingin/ panas)
  • Garam / penyedap rasa seperlunya

Bahan Halus :

  • 15 gr bawang merah
  • 15 gr bawang putih
  • Jahe seperlunya

Cara Membuat Otak – otak Udang Tahu :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Blender sampai halus udang, air 50 ml, santan setelah halus tambahkan tahu dan blender lagi sampai tahu menyatu dengan adonan sebelumnya
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe , air 50 ml pastikan semua halus, jika sudah halus satukan dengan adonan pertama dan tempatkan pada wadah yang sama
  4. Pada wadah tadi tambahkan telur dan aduk – aduk sampai rata
  5. Tambahkan juga tepung maizena, daun bawang, seledri, cabe sesuai kebutuhan kemudian ratakan
  6. Ambil 2 1/2 sdm adonan dan bentuk menggunakan daun pisang
  7. Jika adonan sudah dibentuk menggunakan daun pisang semua
  8. Dilanjut dengan membakar otak – otak dengan oven pada suhu 200 derajat celcius, api atas bawah selama kurang lebih 35 menit.
  9. Jika tidak ada oven bisa juga di bakar menggunakan teflon dan ditutup jangan lupa dibalik dan tunggu sampai mengeluarkan bau haram dan daun melayu

 

7. Resep Otak – otak Udang Ikan Kukus

Bahan – bahan :

  • 150 gram ikan tenggiri, haluskan
  • 50 gram udang kupas, cincang kasar
  • 2 sdm santan kental
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 50 gram tepung sagu
  • 1 putih telur
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir

Bahan halus :

  • 4 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar

Bahan sambal bangkok :

  • 2 bh cabe merah keriting, cincang kasar
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • Minyak utk menumis
  • 300 ml air
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung sagu dilarutkan dg 2 sdm air
  • 1/2 sdt cuka

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Ikan Kukus :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Campurkan daging ikan, udang, santan, daun bawang, putih telur, tepung sagu, bumbu halus, garam dan gula secukupnya, setelah itu campur hingga rata
  3. Bentuk adonan menjadi bulat pipih melintang dengan telapak tangan dan jangan lupa beri minyak pada telapak tangan agar adonan tidak lengket
  4. Siapkan air yang sudah dipanasi, dan kukus semua adonan yang sudah terbentuk kurang lebih selama 25 menit
  5. Sambil menunggu otak – otak dikukus kita buat sambal bangkok nya terlebih dahulu
  6. Tumis bawang dan cabe sampai mengeluarkan bau harum setelah mengeluarkan bau harum masukkan air, saus tomat garan dan gula secukupnya.
  7. Didihkan tumisan tadi dan kentalkan dengan menambahkan tepung sagu aduk rata sampai larut, setelah benar – benar mengental kecilkan api dan tambahkan cuka aduk sampai rata
  8. Jika otak – otak sudah matang iris otak otak dan sajikan dengan sambal bangkok

 

8. Resep Otak – otak Udang Lada Hitam

resep otak otak udang

Bahan – bahan :

  • 250 gr udang kupas
  • 1 butir telur
  • 5 sdm tepung sagu/kanji
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • bumbu lada hitam :
  • 3 siung bawang putih cincang halus
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1 sdt saos tomat
  • 1 sdt saos sambal
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt kecap manis
  • 1 sdm saos tiram
  • 1/2 gleas blimbing air

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Lada Hitam :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Haluskan udang, bawang putih menggunakan blender atau ulekan
  3. Jika sudah halus masukkan tepung, telur, garam dan gula secukupnya kemudian aduk aduk sampai rata
  4. Siapkan rebusan air dalam panci dan tunggu sampai mendidih, jika sudah mendidih masukkan adonan tadi ke dalam rebusan air dan biarkan sampai adonan mengapung
  5. Setelah mengapung angkat kemudian tiriskan
  6. Menunggu otak – otak dingin kita buat bumbu lada hitam terlebih dahulu
  7. Langkah pertama siapkan bahan – bahan dan panaskan minyak dengan api sedang
  8. Masukkan bawang putih dan tumis sampai layu
  9. Kemudian jika sudah layu tambahkan air, saus tomat, sambal, lada hitam, kecap manis, garam dan gula sesuai secukupnya
  10. Jika sudah ditumis semua masukkan otak – otak dan aduk- aduk sampai tumisan bumbu meresap
  11. Jika dirasa sudah meresap angkat dan tiriskan

 

9. Resep Otak – otak Udang Bakar dengan Saus Kacang

Bahan – bahan :

  • 300 gr daging fillet ikan tenggiri
  • 100 gr Udang yg sudah bersih
  • 1 putih telur
  • 70 gr Tepung hankwe putih
  • 1 batang daun bawang, iris2 bagian hijaunya
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt Kaldu jamur
  • 3 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 Santan Kara 65 ml + air 100 ml
  • Daun pisang untuk membungkus

Bahan Saus Kacang :

  • 200 gr kacang tanah. Goreng. Sisihkan
  • 30 gr gula merah, iris2
  • 2 butir bawang putih
  • 2 buah cabe merah Ukuran besar, buang biji
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt Kaldu Jamur
  • 2 sdm fiber creme…hehehe
  • 300 ml air
  • 1 sdt cuka makan

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Bakar dengan Saus Kacang :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Bersihkan daging ikan tenggiri menggunakan pisau atau garpu, pisahkan ikan tenggiri dari durinya kemudian sisihkan dan dinginkan di lemari pendingin
  3. Bersihkan juga udang dan pisahkan dari kepala dan kotorannya setelah bersih blender udang sampai halus kemudian sisihkan dan dinginkan di lemari pendingin juga
  4. Setelah ikan tenggiri dan udang didinginkan ambil ikan tenggiri dan udang dari lemari pendingin dan campurkan dalam satu wadah aduk aduk sampai rata
  5. Masukkan bumbu – bumbu seperti bawang putih bubuk, merica, kaldu jamur, garam dan gula sesuai selera aduk – aduk sampai rata
  6. Tambahkan putih telur aduk sampai rata
  7. Tambahkan santan aduk sampai rata
  8. Tambahkan tepung hankwe aduk sampai rata
  9. Tambahkan lagi daun bawang dan aduk lagi sampai rata
  10. Siapkan daun pisang dan tempat panggangan. Bentuk adonan otak – otak menggunakan daun pisang bentuk adonan menjadi pipih agar mudah pada saat proses pemanggangan (lakukan pada semua adonan )
  11. Jika adonan sudah dibentuk semua, lanjutkan dengan proses memanggang.
  12. Panggang otak – otak menggunakan api sedang, tunggu sampai daun pisang layu dan tercium bau harum
  13. Lanjut dengan proses pembuatan saus kacang
  14. Langkah pertama goreng kacang tanah sampai matang setelah matang biarkan sampai dingin
  15. Haluskan cabe merah, bawang putih, gula merah dan air secukupnya
  16. Setelah halus, tumis menggunakan wajan pada api sedang dan tambahkan cuka tumis lagi sampai harum
  17. Jika sudah harum, matikan api
  18. Dan hidangkan saus kacang dengan otak – otaknya

 

10. Resep Otak – otak Udang Panggang Keto

Bahan – bahan :

  • 200 gr ikan tenggiri yg sdh dihaluskan (sy 150gr ikan+50 udang)
  • 1 putih telur
  • 2 buah bawang merah haluskan
  • 1 buah bawang putih haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Gula secukupnya sesuai selera (sy pakai 1 tts sucralose cair)
  • 1 sachet santan instan (sy pakai klatu yg kecil)
  • 1 buah Daun bawang iris halus
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Resep Otak – otak Udang Panggang Keto :

  1. Siapkan semua bahan – bahan
  2. Aduk rata ikan tenggiri, dan tambahkan garam dan putih telur
  3. Masukkan bawang merah, bawang putih, merica bubuk, gula aduk aduk sampai tercampur rata
  4. Tuang santan sedikit demi sedikit aduk sampai rata tambahkan daun bawang aduk rata lagi.
  5. Pastikan semua bahan – bahan di atas tercampur rata dan pastikan sampai adonan bisa dibentuk
  6. Bungkus adonan pada daun pisang
  7. Setelah semua adonan terbungkus siapkan panggangan dan panggang adonan otak – otak pada api sedang
  8. Dan tunggu kurang lebih 20 menit sampai daun pisang layu dan mengeluarkan bau harum
  9. Setelah itu angkat dan otak – otak udang panggang keto siap disajikan

Nah gimana guys pastinya kalian udah baca kan 10 resep otak  otak udang?  oya gaes jangan cuma dibaca dipraktekkin juga ya gaes, pandemi gini diam diri di rumah tanpa ngelakuin hal yang bermanfaat pastinya ngebosenin kan, website ini cocok banget pastinya apalagi buat kamu yang suka masak.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •