Resep Peyek Udang dan Kacang Serta Manfaatnya Kacang

resep peyek udang

Resep Peyek Udang dan Kacang Serta Manfaatnya Kacang

Resep Peyek Udang

Resep peyek udang adalah salah satu variasi olahan peyek. Rempeyek atau peyek adalah kerupuk gurih khas Jawa yang digoreng dari tepung (biasanya tepung beras) dengan bahan lain diikat atau dilapisi adonan tepung renyah.

Jenis rempeyek yang paling umum adalah peyek kacang atau peyek butiran kacang; Namun, bahan-bahan lain dapat digunakan juga, seperti teri (kering teri ), rebon (udang kecil) atau ebi (udang kering). Saat ini rempeyek banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

Santan, garam, dan rempah-rempah seperti kemiri tumbuk dan ketumbar sering dicampur dengan adonan tepung. Beberapa resep mungkin juga menambahkan daun jeruk cincang untuk menambah aroma dan rasa segar.

Adonan berbumbu, dicampur atau ditaburi bahan butiran, digoreng dengan minyak kelapa panas yang cukup. Adonan tepung berfungsi sebagai bahan pengikat butiran (kacang tanah, ikan teri, udang, dll.). Ini mengeras saat digoreng dan berubah menjadi kerupuk berwarna cokelat keemasan dan renyah.

Di Indonesia, pembuatan rempeyek secara tradisional merupakan industri rumahan skala kecil, namun saat ini beberapa produsen rempeyek telah mencapai skala produksi yang lebih besar dan didistribusikan secara luas dengan nilai jual beli rempeyek mencapai 25 juta rupiah setiap bulannya.

Di Indonesia, rempeyek sekarang banyak dibuat dengan menggunakan mesin. Salah satu mesin yang digunakan untuk membantu pekerjaan dalam membuat peyek adalah mesin peniris minyak.

Resep Peyek Udang

Bahan Resep Peyek Udang:

  • 150 gr udang kecil, buang kepala, cuci
  • minyak goreng
  • 100 gr tepung beras
  • 1 sdm tepung maizena
  • 250 ml air

Bumbu Resep Peyek Udang, Haluskan:

  • 1 butir kemiri
  • 2 buah cabai merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam

Metode Membuat Resep Peyek Udang:

  1. Aduk tepung beras, tepung maizena dan bumbu halus hingga cukup kental.
  2. Sesuaikan jumlah air dengan tingkat kekeringan tepung beras.
  3. Masukkan udang, aduk rata.
  4. Goreng udang sesendok demi sesendok minyak panas hingga renyah dan banyak matang.
  5. Angkat dan tiriskan.

Resep Peyek Kacang

Hari ini kami membagikan resep kerupuk gurih khas Jawa yang disebut ‘Rempeyek’ atau disingkat ‘Peyek’. (Dikatakan bahwa ‘peyek’ juga merupakan suara yang dibuat saat Anda menggigit kerupuk lokal ini) Rempeyek terbuat dari adonan, diberi bumbu, ditaburi kacang renyah, ditutup dengan benang harum daun jeruk purut kemudian digoreng.
Di Indonesia, pembuatan rempeyek secara tradisional merupakan industri rumahan skala kecil yang sulit didapat.

Bahan:

  • 250 gram kacang tanah mentah (dibelah dua)
  • 2 buah kemiri
  • 2 sendok teh biji ketumbar
  • 10 lembar daun jeruk purut
  • 2 siung bawang putih
  • 2 x 1 cm lembar kencur (kaempferia lengkuas)
  • satu sdt garam
  • 1 butir telur kocok ringan
  • segelas air
  • 200 gram tepung beras ( yang terbaik yang bisa Anda temukan)
  • 2 sendok makan tepung singkong
  • 1. 5 liter minyak kacang tanah atau canola untuk menggoreng

Cara Membuat Peyek Kacang:

  1. Membuat Tumbuk kemiri, ketumbar, bawang putih, kencur dan garam dalam lesung dan alu (cobek ulek ulek) sampai menjadi pasta yang halus. Campur pasta dengan tepung beras dan singkong serta telur kocok lalu aduk perlahan di dalam air. Anda harus memiliki adonan kental seperti krim.
  2. Tumbuk ringan atau potong kacang tanah. Sri menyarankan untuk memotong kacang menjadi dua jika Anda punya waktu.
  3. Lipat dan potong bagian tengah setiap daun jeruk purut dengan gunting untuk membuang bagian tengah batangnya. Kemudian, potong masing-masing tipis-tipis.
  4. Panaskan minyak dalam wajan hingga suhu 350º. Taburkan beberapa sendok teh kacang tanah dan taburan daun jeruk purut ke dalam satu sendok adonan. Gambarkan sendok di sekitar sisi wajan di atas minyak. Anda bertujuan untuk membentuk kulit adonan tipis tepat di atas minyak.
  5. Setelah sekitar tiga puluh detik, geser rempeyek dari sisi wajan ke dalam minyak panas. Masak selama satu menit atau lebih, lalu angkat rempeyek yang sudah jadi dengan hati-hati dari minyak dengan sendok berlubang dan tiriskan di atas tisu dapur.

Untuk Penyajiannya

Rempeyek secara tradisional disajikan sebagai camilan sendiri atau untuk menemani makan. Untuk menambah sentuhan modern, saya suka menyajikan Rempeyek dengan minuman.

Catatan Juru Masak

Bahan-bahan berikut boleh dihilangkan jika Anda kesulitan menemukannya (terutama di luar Indonesia) tepung singkong, kencur (kaempferia galanga). Selain itu, kacang macadamia dapat menggantikan kemiri. Kacang macadamia dekat dengan tekstur dan kandungan minyak kemiri.

Manfaat Kacang Tanah Pada Peyek

kacang tanah

Kacang yang enak, renyah, dan pedas adalah salah satu minyak sayur populer yang dikenal umat manusia sejak berabad-abad. Di Indonesia, kacang tanah sendiri sering diolah menjadi salah satu bahan utama peyek
Kernel diperkaya dengan banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan yang penting untuk kesehatan dan kebugaran yang optimal. Mereka sebenarnya adalah kacang-kacangan tetapi mengandung hampir semua kualitas kacang yang dapat dimakan populer lainnya seperti pistachio, almond.
Secara botani, mereka adalah polong buah bawah tanah berukuran kecil dari tanaman milik keluarga Fabaceae, dalam genus, Arachis. Beberapa nama yang umum adalah kacang tanah, kacang tanah, dll.
Kacang tanah adalah ramuan dikotil tahunan kecil yang tumbuh setinggi satu kaki di atas tanah. Diperkirakan berasal dari Amerika Tengah dan dari mana ia menyebar ke seluruh dunia melalui penjelajah Spanyol.
Saat ini, ini adalah salah satu minyak sayur yang banyak dibudidayakan dan merupakan tanaman komersial utama yang didirikan di Cina, India, negara-negara Afrika, dan Amerika Serikat.

Proses Pertumbuhan Kacang

Tanaman kacang tanah membutuhkan waktu kurang lebih 120 sampai 150 hari untuk menghasilkan tanaman setelah benihnya disemai.
Proses pengembangan kacang tanah cukup menarik! Bunga kuningnya, setelah penyerbukan sendiri, berkembang menjadi “ovarium” yang disebut tangkai bunga, yang memanjang dengan cepat ke bawah untuk mengubur beberapa inci jauh di bawah tanah, dari mana buah-buahan berkembang menjadi polong kacang yang kita kenal.
Untuk memanen, seluruh tanaman termasuk akarnya digali dari dalam tanah. Setiap tanaman dapat menampung 10-150 buah polong. Polong memiliki kulit luar yang tebal dan keriput dengan 2-3 konstriksi seperti pada polong.
Setiap biji kacang ditutupi dengan lapisan coklat tipis seperti kertas dan dapat dibagi menjadi dua bagian seperti pada kacang-kacangan lainnya.
Kacang tanah Bambara (Vigna subterranea L. Verdc) berbeda dengan kacang tanah Amerika (Arachis hypogaea) karena tampak seperti kacang tunggak bulat.
Kacang tanah Bambara memang merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan yang populer di banyak wilayah Afrika, menyediakan protein, lemak, dan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan yang berasal dari nabati.

Manfaat Kesehatan Kacang Tanah Pada Peyek:

  • Kacang tanah kaya akan energi (567 kalori per 100 g) dan mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan, mineral, antioksidan dan vitamin yang penting untuk kesehatan optimal.
  • Mereka menyusun cukup asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), terutama asam oleat. MUFA membantu menurunkan LDL atau “kolesterol jahat” dan meningkatkan HDL atau tingkat “kolesterol baik” dalam darah. Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan risiko stroke dengan mendukung profil lipid serum yang sehat .
  • Biji kacang tanah merupakan sumber protein makanan yang baik; menyusun asam amino berkualitas baik yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.
  • Studi penelitian menunjukkan bahwa kacang tanah mengandung antioksidan polifenol konsentrasi tinggi, terutama asam p-coumaric. Senyawa ini dianggap dapat mengurangi risiko kanker perut dengan membatasi pembentukan nitrosamin karsinogenik di perut.
  • Kacang adalah sumber resveratrol yang sangat baik , antioksidan polifenol lainnya. Resveratrol telah ditemukan memiliki fungsi perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, penyakit saraf degeneratif, penyakit Alzheimer, dan infeksi virus / jamur.

Manfaat Kesehatan Kacang Tanah Pada Peyek Lainnya:

  • Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat mengurangi risiko stroke melalui perubahan mekanisme molekuler dalam pembuluh darah (mengurangi kerentanan terhadap kerusakan pembuluh darah melalui penurunan aktivitas angiotensin, hormon sistemik yang bertanggung jawab untuk penyempitan pembuluh darah yang akan meningkatkan tekanan darah), dan dengan meningkatkan produksi hormon vasodilator, oksida nitrat.
  • Studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa pemanggangan / perebusan meningkatkan ketersediaan hayati antioksidan dalam kacang. Telah ditemukan bahwa kacang rebus memiliki dua dan empat kali lipat peningkatan kandungan antioksidan isoflavon biochanin-A dan genistein.
  • Kernel adalah sumber vitamin-E (? -tocopherol) yang sangat baik; mengandung sekitar 8 g per100 g. vitamin-E adalah antioksidan kuat yang larut dalam lemak yang membantu menjaga integritas mukosa dan kulit dengan melindungi dari radikal bebas oksigen yang berbahaya.
  • Kacang ini dikemas dengan banyak kelompok vitamin B kompleks penting seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B-6, dan folat . 100 g kacang tanah menyediakan sekitar 85% RDI niasin, yang berkontribusi pada kesehatan dan aliran darah ke otak.
  • Kacang merupakan sumber yang kaya mineral seperti tembaga, mangan, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, seng, dan selenium.
  • Segenggam kacang per hari memberikan tingkat antioksidan fenolik, mineral, vitamin, dan protein yang cukup direkomendasikan.

Penyimpanan Kacang Tanah Untuk Peyek

Kacang tanah bisa tersedia di pasar sepanjang tahun. Di toko, varietas, seperti dikupas, tidak dikupas, diasinkan, dan dimaniskan, dapat ditemukan untuk dibeli. Cobalah untuk membeli kacang yang tidak dikupas (kulit terluar utuh) daripada yang sudah diproses.
Mereka umumnya tersedia dalam kemasan kedap udara dan tempat sampah curah. Polong harus memiliki cangkang kompak, warna putih pucat, tampak sehat, ukurannya seragam, dan terasa berat di tangan. Mereka harus bebas dari retakan, jamur, dan bintik-bintik serta bebas dari bau anyir.
Kacang tanah yang tidak dikupas dapat ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering selama berbulan-bulan, sedangkan kacang yang telah dikupas (tanpa kulit) harus ditempatkan di dalam wadah kedap udara dan disimpan di lemari es agar tidak menjadi tengik.

Metode Persiapan dan Penyajian

Biji kacang tanah biasanya dimakan apa adanya, dengan memecahkannya dengan tekanan kuat di antara jari atau menggunakan gunting, atau mesin pemecah kacang. Kacang juga bisa dinikmati dengan cara dipanggang, direbus, diasinkan, atau dimaniskan.
Mereka seperti kacang, namun rasanya manis menyenangkan. Memanggang meningkatkan rasa, menambah kadar antioksidan seperti asam p-coumaric, dan membantu menghilangkan aflatoksin beracun.
Biji yang dipanggang dan dihancurkan sering ditaburkan di atas salad, makanan penutup, terutama sundae dan olahan berbahan dasar susu lainnya.
Kacang rebus memiliki rasa dan rasa yang unik. Perebusan ternyata memperkaya profil nutrisi dan antioksidannya.
Bumbu kacang adalah olahan terkenal yang menggunakan kacang goreng, gula aren, bawang merah, lengkuas, bawang putih, asam, air jeruk nipis, serai, garam, cabai, merica, kecap manis, digiling bersama dan dicampur dengan air untuk tekstur semi padat.
Selai kacang adalah pasta makanan yang dibuat dari kacang panggang, dengan atau tanpa tambahan minyak. Ini populer di seluruh dunia dan biasa digunakan sebagai saus / olesan. Susu kacang juga merupakan minuman sehat favorit bebas laktosa.
“Chutney” atau pasta kacang tanah, terbuat dari kacang-kacangan, cabai , garam, daun ketumbar, bawang putih dan biji mustard, adalah saus yang populer di antara wilayah India Selatan, Sri Lanka.
Minyak kacang tanah adalah sumber minyak goreng sehat lainnya seperti kedelai atau minyak zaitun. Ini banyak digunakan dalam memasak karena rasa aromatiknya, terutama di banyak negara bagian India Selatan, dan Sri Lanka.

Efek Samping

Alergi kacang adalah salah satu jenis respon hipersensitivitas pada beberapa orang terhadap bahan makanan yang diolah menggunakan kacang-kacangan tersebut.
Reaksi berlebihan yang dihasilkan dari sistem kekebalan dapat bermanifestasi sebagai gejala fisik yang parah seperti muntah, sakit perut, pembengkakan bibir dan tenggorokan yang menyebabkan kesulitan bernapas, sesak dada, dan terkadang kematian.
Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari olahan makanan yang mengandung produk kacang pada individu ini.
Kacang tanah merupakan salah satu tanaman yang mudah terserang jamur (kapang) terutama oleh Aspergillus flavus yang menghasilkan aflatoksin. Aflatoksin adalah karsinogen yang dikenal ampuh dan berbahaya yang dapat menyebabkan sirosis hati dan kanker.
Pemanggangan membantu mengurangi kadar racun dalam kacang-kacangan ini dan dengan demikian menawarkan perlindungan terhadap aflatoksin.

Profil Gizi Kacang Tanah yang Biasa Ada Pada Peyek

Menurut Departemen Pertanian AS, 100 gram kacang tanah mengandung:
  • Energi – 567 kkal
  • Protein – 25,8 g
  • Serat makanan – 8,5 g
  • Karbohidrat – 16,13 g
  • Gula – 4,72 g
  • Besi – 4,5 mg
  • Kalsium – 92 mg
  • Sodium – 18 mg
  • Kalium – 705 mg
Kacang kaya akan beberapa vitamin dan mineral. Mereka adalah sumber vitamin E, vitamin B1 (tiamin), vitamin B3 (niasin), vitamin B9 (folat), biotin, tembaga, magnesium, mangan, dan fosfor yang sangat baik. Ini semua penting untuk menjaga metabolisme tubuh dan mengurangi risiko beberapa penyakit.
Kacang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang menurunkan risiko penyakit jantung. Mereka juga kaya akan protein nabati yang esensial. Tunjangan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk protein pada orang dewasa adalah 56 g untuk pria dan 46 g untuk wanita.

Bagaimana Cara Makan Kacang?

Penting bagi Anda untuk merebus kacang sebelum mengonsumsinya. Meskipun kacang mentah memiliki nutrisi yang serupa, kacang ini dapat mengandung risiko aflatoksin (racun kuat).
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa merebus kacang meningkatkan kandungan antioksidannya. Kacang rebus memiliki peningkatan dua hingga empat kali lipat dalam kandungan antioksidan isoflavonnya.
Cara paling sederhana untuk makan kacang adalah dengan memasukkannya ke dalam mulut Anda. Jika menurut Anda itu agak membosankan, kami punya cara menarik lainnya.

Cara Terbaik Untuk Menambahkan Kacang Ke Makanan Diet Anda Selain Peyek

Anda bisa menambahkan kacang mentah atau rebus ke salad malam Anda, atau sereal sarapan Anda dengan mereka. Anda juga bisa menambahkan kacang ke dalam yogurt beku.
Sekian pembahasan kali ini tentang resep peyek udang dan kacang serta manfaat dari kacang itu sendiri bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Selamat mencoba di rumah!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •