12 Resep Udang Tempura yang Maknyus

resep udang tempura

Kalian tau ngga kalo indonesia tuh memiliki luas wilayah lautan sebesar 3,25 juta km persegi. Dan hal ini membuat indonesia dijuluki sebagai negara maritim, dengan dijuluki nya indonesia sebagai negara maritim banyak sekali kreasi olahan dengan bahan dasar dari lautan lho semisal cumi bakar, lobster bakar, ikan goreng dan salah satu nya udang tempura. Nah pada kesempatan kali ini aku bakalan ngasih 12 resep udang tempura yang pasti maknyus lho, tapi sebelumnya aku bakalan ngasih informasi seputar udang dulu, jangan di skip ya gaes.

Cari Tau Yuk !

Jenis Udang

  1. Udang Dogol
  2. Udang Jerbung
  3. Udang Windu
  4. Udang Ronggeng
  5. Udang Sikat
  6. Udang Flower
  7. Udang Karang
  8. Udang Rebon
  9. Udang Peci
  10. Udang Cokelat
  11. Udang Spot
  12. Udang Vaname

Manfaat Udang 

  • Mengurangi nyeri pada saat menstruasi dan gejala pms
  • Menjaga kesehatan rambut salah satunya mencegah rambut rontok
  • Mendeteksi dan menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan sinar UltraViolet (UV)
  • Mengurangi kerutan – kerutan pada kulit
  • Memberikan perlindungan pada kulit
  • Berperan dalam pembentukan sel darah merah maupun hemoglobin
  • Mempromosikan kesehatan kelenjar prostat
  • Mengurangi resiko pada penderita sakit jantung

Cara Menyimpan udang

  • Buang Kepala Udang

Cuci udang dan pisahkan udang dari bagian kepala, duri dan tanduknya

  • Bumbui udang

Bumbui udang sesuai selera, hal ini juga bisa digunakan agar bumbu meresap ke bagian dalam udang, namun jika tidak cukup tabahkan garam dan lada secukupnya.

  • Simpan menggunakan wadah tertutup dan kedap udara

Hal ini akan membuat udang tahan lama dan kualitasnya akan tetap baik

  • Simpan pada freezer

Udang yang di simpan pada freezer akan tahan lama bahkan sampai 1 minggu.

 

Ciri – ciri udang segar

  • Pilih udang yang berwarna cerah

Jika udang berwarna pucat ke hitam – hitam an pertanda udang sudah tidak segar lagi.

  • Periksa kulit udang

Udang yang bagus lapisan kulit nya berwarna bening transparan dan mengkilat

  • Cek daging udang

Perhatikan tekstur dan kekenyalan daging udang

  • Cek bau udang

Udang yang bagus bau nya seperti ikan segar

  • Kepala udang masih menempel pada badan udang

Jika kepala udang terpisah dari badan udang berarti udang sudah tidak segar lagi

  • Udang tidak berlendir

Apabila udang berlendir dan dibarengi dengan bau tak sedap menandakan udang sudah tidak segar lagi.

 

1. Resep Udang Tempura Krispi

Bahan – bahan :

  • 20 ekor udang ukuran sedang
  • Tepung panir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 buah lemon
  • Adonan kering
  • 8 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdt ketumbar bubuk

Cara Membuat Resep Udang Tempura Krispi

  1. Kupas udang segar, kemudian pisahkan dengan ekornya.
  2. Cuci bersih, lalu lumuri dengan lemon. Dan diamkan selama 10 menit. Lalu cuci bersih lagi.
  3. Siapkan adonan kering.
  4. Kocok telur dan tambahkan garam, penyedap rasa dan ketumbar bubuk sesuai selera.
  5. Baluri udang dengan kocokan telur, kemudian lumuri ke adonan kering, setelah itu ke kocokan telur lagi, ke adonan telur lagi, ke kocokan telur lagi dan kemudian ke tepung panir. Lakukan hal tersebut secara berulang hingga udang habis.
  6. Masak udang pada minyak panas dan menggunakan api sedang, dan masak hingga kuning kecokelatan.
  7. Udang tempura krispi siap disajikan.

Baca Juga: Cara Memasak Udang Sendiri Beraneka Macam Enak Dan Lezat

2. Resep Udang Tempura Mocaf tanpa Panir

Bahan – bahan :

  • 1 kg Udang pilih yang besar
  • 400 gr tepung mocaf
  • 4 sdm tepung
  • 4 sdm air dingin
  • 1 sdt Himsalt
  • 2 sdt merica bubuk
  • 200 ml minyak kelapa untuk menggoreng

Cara Membuat Resep Udang Tempura tanpa Panir

  1. Siapkan air dingin 4 sdm,masukkan 4 sdm tepung, aduk dengan garpu aja ya bukan sendok, masukkan freezer min 20 menit ( membuat efek breadcumbs )
  2. Bersihkan udang, dan potong bagian hitam – hitamnya ( hitam – hitamnya / kotorannya buang saja )
  3. Siapkan 2 wadah, 1 wadah mangkok untuk mengocok telur dan 1 wadah bertutup.
  4. Isi wadah tertutup dengan tepung mocaf merica dan himsalt. Keluarkan mocaf beku dari freezer. Jadi total ada 3 celupan
  5. Masukkan udang ke dalam mocaf, lalu lumuri udang dengan telur, lalu lumuri lagi dengan mocaf beku
  6. Simpan ke wadah mocaf untuk disimpan
  7. Jika ingin menggoreng tingga digoreng.

 

3. Resep Udang Tempura Saus Asam Manis

Bahan – bahan :

  • 300 gr udang
  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 1 1/2 sdm tepung terigu
  • 11/2 sdm tepung beras
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus Asam Manis
  • 4 sdm saus asam manis
  • 12 sdm air
  • 1 potong bawang merah potong sesuai selera
  • 1 siung bawang putih potong melintang
  • Wortel potong sesuai selera
  • Kulit timun potong tipis – tipis

Cara Membuat Resep Udang Tempura Saus Ayam Manis

  1. Bersihkan udang, buang kepala dan kulitnya dan sisakan kulit pada bagian ekor, iris bagian punggung udang,kemudian  buang kotoran udang (kotoran yang sepereti benang ) Cuci bersih pada air mengalir (dan tidak perlu ditiriskan/biarkan basah)
  2. Siapkan wadah, campur semua tepung dan bumbu sesuai selera.
  3. Lumuri udang pada wadah.
  4. Goreng hingga berubah warna menjadi keemasan. Tiriskan minyak lalu sisihkan.
  5. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan mengeluarkan bau bumbu, masukkan air, saus asam manis, potongan wortel dan timun. Masak sebentar kemudian diangkat.
  6. Sajikan tempura udang bersama saus.

 

4. Resep Udang Tempura ala Restaurant Jepang

resep udang tempura

Bahan – bahan :

  • 15 buah udang besar (seperti tiger prawn atau sesuai selera)
  • 175 ml air es
  • 1 telur (telur segar  baru diambil dari kulkas. Kira2 beratnya 75 gr)
  • 150 gr tepung terigu
  • minyak goreng
  • tepung maizena (untuk taburan saja)
  • lada bubuk
  • bawang putih
  • garam/penyedap
  • jeruk nipis

Cara Membuat Resep Udang Tempura ala Restaurant Jepang

  1. Cuci bersih udang, kasih perasaan jeruk nipis dan garam. Diamkan sebentar. (Cara agar udang tidak bau amis adalah dengan mencampurkan tepung maizena ke dalam daging udang. Hal ini akan karena tepung maizena akan menyerap bau dan kotoran dari udang. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air mengalir.)
  2. Masukkan telur ke dalam air es. Kocok kuat, kemudian hilangkan buih – buih nya.
  3. Kemudian tuang telur yang sudah dikocok secara perlahan ke dalam tepung terigunya.
  4. Tambahkan lada, bawang putih, & garam/penyedap. Aduk2 hingga tercampur rata.
  5. Panaskan minyak terlebih dahulu.
  6. Taburi tepung maizena di atas udang dengan cara diayak – ayak.
  7. Kemudian masukkan udang ke dalam adonan tepungnya. Setelah masuk adonan kemudian dibaluri menggunakan tepung maizena yang kering dulu. Dan goreng di minyak yg sudah benar – benar panas. Goreng hingga coklat keemasan, kira-kira 3 menit saja.

 

5.  Resep Udang Tempura Keju Mantul

Bahan – bahan :

  • 250 gr udang segar
  • 3 sdm tepung serbaguna
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 35 gr Keju Cheddar parut
  • 1 sdt garam
  • secukupnya Lada
  • secukupnya Tepung panir
  • 1 butir telur kocok
  • Susu cair seperlunya

Cara Membuat Resep Udang Tempura Keju Mantul :

  1. Siapkan bahan, kupas udang buang kotoran dan sisakan ekor, kerat sebanyak 2 – 3 jangan sampai putus pada bagian belakang udang agar waktu digoreng udang tidak melengkung.
  2. Tambakan bawang putih, garam atau penyedap kemudian tambahkan juga lada aduk rata diamkan selama 5 menit.
  3. Tambahkan tepung serbaguna dan susu cair secukupnya aduk sampai menjadi adonan kental.
  4. Celupkan udang pada larutan tepung, kemudian celupkan ke parutan keju, celupkan ke kocokan telur, celupkan lagi ke parutan keju sambil di tekan – tekan, celupkan ke kocokan telur lagi. Lalu baluri dengan tepung panir (pada saat membalurkan ke tepung panir pegang bagian ekor udang, dan tidak perlu dipadatkan agar waktu digoreng terlihat cantik). Ulangi terus sampai udang habis, setelah itu simpan dalam freezer selama 10 menit.
  5. Panaskan minyak goreng
  6. Goreng udang menggunakan minyak panas dengan api sedang
  7. Tunggu sampai berwarna emas kecokelatan

 

6. Resep Udang Tempura dengan Nasi Liwet

Bahan – bahan :

  • 2 cup beras
  • 1 lembar daun salam
  • 2 lembar dau jeruk
  • 2 siuang bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 1 batang sereh
  • 3 cm lengkuas geprek
  • Secukupnya garam
  • Bahan tempura
  • 6 buah udang besar
  • 1 butir telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • 8 sdm tepung roti/panir
  • Secukupnya lada, garam dan penyedap
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Udang Tempura dengan Nasi Liwet

  1. Cuci bersih beras, masukan  bawang merah dan putih yang sudah digeprek, cabai, lengkuas sereh, daun jeruk, daun salam, dan garam. Masak hingga matang.
  2. Untuk membuat tempura udang, larutkan tepung terigu menggunakan air jangan sampai terlalu encer.
  3. Kocok telur, masukkan udang yang sudah dibersihkan ke dalam telur, lalu tepung dan tepung roti
  4. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan
  5. Sajikan nasi liwet bersama tempura udang, tambahkan lalapan dan sayur.

 

7. Resep Udang Tempura Sushi Roll

Bahan – bahan :

  • Sepiring nasi hangat
  • 2 lembar nori
  • 2 sdm rice vinegar
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 buah timun buang bijinya potong memanjang
  • 1 buah telur didadar potong memanjang
  • secukupnya Tempura udang
  • Wijen secukupnya (optional)

Cara Membuat Resep Udang Sushi Roll

  1. Buat tempura udang. Cuci bersih udang yang sudah dibersihkan, tambahkan tepung bumbu serbaguna, kemudian balurkan dis tepung panir. Goreng sampe kuning kecoklatan.
  2. Siapkan bahan2 sushi
  3. Campurkan rice vinegar, gula, garam dengan nasi. Siapkan bambu gulungan sushi. Taruh nori diatas bambu. Tata nasi yg sudah dicampur tadi, pipihkan. Sisakan bagian ujung2 nori agar lengket sewaktu digulung. Letakkan timun, dadar telur, shrimp tempura. Kemudian ulung sushi sambil ditekan.
  4. Potong sushi menggunakan pisau tajam agar hasilnya rapi dan bentuknya bebas sesuai kebutuhan.
  5. Tambahkan mayonnaise & wijen, sesuai selera.
  6. Sushi siap dinikmati dengan soyu. Bisa ditambahkan juga cabe bubuk.

8. Resep Udang Tempura Oatmeal

Bahan – bahan 

  • 200 gram udang ukuran sedang (bersih dan kupas)
  • 5 sdm Tepung Tempura jadi / bisa ganti dengan tepung terigu
  • Secukupnya oatmeal
  • Sedikit air
  • Secukupnya minyak untuk mengoreng
  • secukupnya Bumbu penyedap,garam,lada bubuk putih

Cara Membuat Resep Udang Tempura Oatmeal

  1. Campur tepung menggunakan air
  2. Masukkan bumbu penyedap,garam,lada bubuk aduk rata
  3. Masukkan udang aduk rata.
  4. Panaskan minyak dengan menggunakan api sedang lalu celupkan udang kedalam oatmeal
  5. Goreng udang sampai matang kira – kira berwarna kuning keemasan
  6. Angkat dan sajikan.

9. Resep Udang Tempura Pedas

resep udang tempura

Bahan – bahan

  • 1/4 Kg udang vanamai
  • Tepung kobe pedas
  • 1 butir telur ayam
  • 1 bungkus Ladaku bubuk
  • Tepung roti (bisa juga menggunakan mamasuka)
  • Minyak

Cara Membuat Resep Udang Tempura Pedas

  1. Bersihkan udang dari kotorannya. Kemudian luruskan badan udang.
  2. Siapkan wadah bersih, lalu masukkan 2 butir telur ayam kemudian kocok telur sampai mengembang.
  3. Siapkan 1 piring untuk tempat tepung roti.
  4. Siapkan 1 piring tempat tepung kobe pedas. Masukkan tepung kobe pedas atau sesuai selera campur dengan 1 bungkus ladaku bubuk. Aduk rata. Jangan dicampur air.
  5. Baluri udang dengan campuran tepung kobe pedas dan lada ku diamkan selama kurang lebih 25 menit.
  6. Celupkan udang yang sudah dilumuri tepung kobe pedas ke dalam mangkok berisi kocokan telur ayam.
  7. Udang yang sudah dibaluri telur selanjutnya di baluri tepung roti diamkan kurang lebih 10 menit agar merekat sempurna.
  8. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng udang sampai berwarna coklat keemasan.
  9. Kemudian angkat dan sajikan

 

10. Resep Udang Tempura Mayo Wijen

Bahan – bahan

  • ukuran sedang Udang
  • tepung bumbu serbaguna
  • tepung roti / panir
  • 5 sdm mayonaise
  • 1/2 sdm susu kental manis
  • 1 sdt sambal botol
  • wijen sangrai
  • 2 butir telur
  • sejumput garam
  • air jeruk nipis

Cara Membuat Resep Udang Tempura Mayo Wijen

  1. Beri udang perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis selama 10menit
  2. Setelah itu buat adonan basah. rendam udang dengan adonan basah dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.

  3. Jika tidak ada tepung kobe bisa diganti dengan 2 siung bawang putih dan 1 cabe rawit dihaluskan, tambahkan garam dan merica

  4. Setelah semua tepung / bumbu meresap, gulingkan udang ke tepung bumbu yang kering, lalu celupkan dengan kocokan telur yg sudah diberi garam, kemudian gulingkan ke tepung panir, celupkan kembali ke telur dan celupkan kembali ke tepung panir.
    lakukan hingga udang habis
  5. goreng udang hingga matang atau berwarna emas. tiriskan
  6. campur mayo, sambal botol, dan skm. aduk rata.
  7. ambil udang, celupkan satu sisi udang lalu goreng udang ke mayo, kemudian taburkan atau tempelkan udang bermayo ke wijen sangrai, lakukan sampai udang habis

11. Resep Udang Tempura ala Hokben

Bahan – bahan 

  • 300 gr udang besar, kupas kulit dan sisakan ekornya
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam halus
  • 2 sdt bawang putih bubuk
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdt paprika bubuk
  • 1 telur kocok
  • secukupnya panko atau tepung panir

Cara Membuat Resep Udang Tempura ala Hokben

  1. Campur udang dengan merica, garam sesuai selera, dan bawang putih bubuk . Simpan di kulkas selama 45 menit.
  2. Campur terigu dengan paprika bubuk.
  3. Kocok telur dan tambahkan garam, setelah itu siapkan tepung roti di wadah yang berbeda.
  4. Baluri udang dengan tepung, lalu balut dengan telur kocok, dan gulingkan di tepung roti. Kemudian baluri telur dan beri tepung roti kembali bila ingin gemuk.
  5. Goreng dengan api sedang sampai matang kecoklatan.
  6. Siap dihidangkan

12. Resep Udang Tempura Saus Telur Asin

resep udang tempura

Bahan – bahan 

  • 150 gram udang (ukuran sedang)
  • 3 butir kuning telur asin matang
  • 6 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • bahan pelapis udang:
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sdt tepung tapioka/kanji
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir putih telur
  • secukupnya penyedap rasa

Cara Membuat Resep Udang Tempura Saus Telur Asin

  1. Bersihkan udang, Setelah itu buang kepala nya. Masukkan udang ke dalam putih telur, gulingkan ke campuran tepung (tepung terigu, tapioka, lada, garam atau penyedap rasa)
  2. Goreng udang dengan metode deep fried agar kriuk. Goreng setengah matang jangan terlalu kering
  3. Siapkan 3 butir telur asin yang matang, ambil kuning telur nya saja lalu haluskan
  4. Cincang halus bawang putih, cincang kasar daun bawang
  5. Tumis daun bawang dan bawang putih menggunakan minyak banyak sampai bau nya harum
  6. Masukkan kuning telur asin, ketika kuning telur dimasukkan ke tumisan maka akan sedikit meleleh. Kemudian masukkan udang.
  7. Jika kurang asin, tambahkan garam/ penyedap. Siap sajikan

 

Pastinya kalian udah baca kan informasi seputar udang ? mulai dari jenis udang, manfaat udang, cara menyimpan udang, ciri – ciri udang segar selain itu kalian juga pasti udah baca kan 12 resep udang tempura mulai dara resep udang tempura krispi sampai resep udang tempura saus telur asin, dan kalian juga harus tau semisal nih kalian bikin udang tempura dan mau di simpan biar tahan lama kalian bisa lho menyimpannya menggunakan alat vacuum sealer, vacuum sealer merupakan alat press plastik kedap udara.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •