Resep Peyek Kacang Gurih Renyah, Enak dan Sederhana

resep peyek kacang

Rempeyek (juga dikenal sebagai peyek) memang menjadi jajanan yang paling banyak dicari orang Indonesia. Peyek atau peyek adalah tepung goreng yang dicampur air hingga membentuk adonan kental, yang kemudian ditambahkan bumbu. Rasanya yang renyah dan gurih itulah yang membuat orang mencari jajanan ini. Artikel hari ini membahas tentang cara membuat resep peyek kacang gurih, enak dan sederhana.

Bagi yang suka jajanan crunchy, peyek bisa jadi andalan mereka. Keripik kentang dari adonan tepung beras ini memiliki rasa asin yang unik dan harum. Peyek “kriuk” dirasa sangat cocok sebagai lauk untuk makan, peyek ada banyak jenisnya, seperti teri, udang dan kacang-kacangan.

Peyek atau keripik kacang sering digunakan sebagai pelengkap nasi. Namun, kentang goreng gurih ini kemudian dijual dalam paket individu sebagai pelengkap makanan atau camilan lainnya. Harganya sama sekali tidak mahal, karena bahan dan pembuatannya tidak ribet. Bagi yang ingin menggunakan atau menjual peyek, silahkan cek di bawah ini cara pembuatan projectnya. Biasanya peyek dibuat dari campuran santan agar lebih renyah. Namun jika bahannya benar, peyek tanpa santan akan sangat garing. Itu hanya rasa asin.

Sejarah Rempeyek

Siapa yang tidak kenal dengan rempeyek atau kebanyakan orang jawa menyebutnya peyek. Isian bihun, pati, kacang tanah, kedelai, udang, ikan teri, dll merupakan camilan yang sangat digemari. Kombinasi bumbu yang pas, bawang putih, kencur, garam, kemiri, dan daun jeruk yang diiris tipis membuat jajanan ini akrab di telinga hampir semua kalangan. Siapa sangka bahwa kesederhanaannya mengandung makna sejarah yang luar biasa.

Di Yogyakarta pada abad ke-16, ditemukan rempeyek, yang merupakan salah satu materi yang ditulis oleh De Graaf dalam bukunya yang berjudul Mataram Islam. Berawal dari perjalanan ditemani Ki Ageng Pamanahan menuju Bedhol, kampung yang diperintahkan Sultan Hadiwidjaya. Saat itu rombongan harus menempuh perjalanan agak jauh dari daerah Surakarta menuju Alas Mentaok, diakhir perjalanan dijemput oleh Ki Gede Karanglo. Temui di tepi Sungai Opak. Mereka beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh lalu dilanjutkan ke kediaman Ki Gede Karanglo.

Sambut mereka untuk beristirahat dan berikan mereka makanan. Menu yang ditawarkan saat itu adalah nasi putih, bubuk sayur, peyek dan sayur kenikir. Untuk pertama kalinya, renyah kacang dianggap sebagai makanan yang mudah dibuat dan hanya memberikan rasa asin pada makanan hambar seperti nasi dan sayuran. Saat itu kerapuhan kacang mulai dikenal. Perhatikan bahwa kata rempeyek berasal dari rempah-rempah dan jiyek. Gunakan bahan dasar bumbu sebagai bahan masakan dan jiyek (artinya “pipih dan lebar”) untuk membuat renyah kacang. Dari segi bentuk, bentuknya ada bermacam-macam, dari bentuk kotak bundar hingga berbagai bentuk, tapi yang pasti kacangnya garing dan pipih.

Manfaat Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah memang beragam karena kandungan gizinya yang tinggi. Kacang tanah berbeda dari jenis kacang yang diturunkan dari pohon atau kacang pilin, seperti almond, kacang mete, dan kenari. Namun karena nutrisinya hampir sama, semua jenis kacang-kacangan umumnya dianggap legum. Kacang mengandung banyak nutrisi, sehingga kacang tanah memiliki banyak manfaat, asalkan dimakan dengan benar dan teratur.

Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, dan kaya akan antioksidan. Nutrisi ini berperan penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang masih bagus. Inilah manfaat kacang tanah bagi kesehatan

Cegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang tanah pertama yang bisa Anda rasakan adalah kemampuannya mencegah penyakit jantung. Manfaat kacang tanah adalah adanya asam oleat yang bermanfaat bagi jantung. Senyawa tersebut dikatakan dapat mengurangi risiko kardiovaskular penyakit jantung koroner. Untuk mendapatkan manfaat kacang seutuhnya, pastikan untuk tidak menggorengnya. Kacang direbus akan bagus.

Menurunkan Kolesterol

Kacang tanah banyak mengandung asam lemak tak jenuh. Beberapa peneliti juga mengatakan bahwa kacang tanah dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, asam lemak yang cukup tinggi ini dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Mengurangi Gula Darah

Bagi yang memiliki masalah gula darah, kacang tanah bisa dijadikan sebagai asupan nutrisi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Peneliti percaya bahwa kacang tanah bagus untuk menurunkan gula darah karena mengandung mangan dan bisa menyerap kelebihan kalsium dan glukosa.

Cegah Risiko Kanker Perut

Adanya antioksidan yang terkandung dalam kacang tanah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung pada tubuh. Kandungan nutrisi dalam kacang diyakini akan mengurangi produksi nitroamin karsinogenik yang merupakan penyebab utama tumbuhnya sel kanker lambung.

Baca juga Cara Membuat Sushi Enak Yang Mudah Dilakukan.

Cegah Risiko Stroke

Antioksidan dan resveratrol yang terkandung dalam kacang tanah dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, sehingga mencegah risiko stroke. Tak hanya itu, keberadaan potasium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan seng, serta beberapa mineral lainnya, diyakini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengurangi Risiko Batu Empedu

Baik kacang dalam bentuk alami maupun alami atau dalam bentuk olahan seperti selai dianggap dapat mengurangi risiko batu empedu dalam tubuh, sehingga mencegah berbagai infeksi kandung empedu dan hati hingga 50%.

Meningkatkan Kesuburan

Bagi pasangan yang berencana hamil, mengonsumsi kacang tanah bisa meningkatkan kesuburan. Pasangan disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 100 gram kacang tanah setiap hari untuk meningkatkan peluang kehamilan. Manfaat kacang tanah juga kondusif untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, karena kandungan asam folatnya dapat menunjang perkembangan otak dan saraf janin.

Jaga Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang tanah dapat mengontrol terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, risiko penyakit kandung empedu dan kanker, bahkan menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kacang tanah kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, tiamin, fosfor, kalium, seng, zat besi, tembaga, mangan dan selenium.

Mengurangi Depresi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan depresi. Ini dimulai dengan faktor genetik, perubahan atau paparan lingkungan, dan penyakit neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia otak. Produksi serotonin mempengaruhi timbulnya depresi. Kacang tanah mengandung asam amino triptofan. Kandungan ini dapat memberikan manfaat kacang tanah berupa serotonin. Serotonin sangat membantu dalam membentuk emosi positif.

Meningkatkan Memori Otak

Kacang tanah dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan adanya niacin dan resveratrol yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di otak sehingga meningkatkan daya ingat. Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi dan memberikan tidur yang lebih nyenyak bagi orang yang sering mengalami gangguan tidur.

Cegah Keriput

Selain untuk kesehatan yang baik, manfaat kacang tanah juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Manfaat kacang tanah untuk kecantikan adalah dapat mencegah keriput. Pasalnya, kacang tanah mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi kerutan dan kerutan pada kulit. Tak hanya itu, kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang tanah juga bisa membuat kulit bersinar.

Cegah Penuaan Dini

Manfaat kacang tanah untuk kecantikan lainnya bisa mencegah penuaan dini. Penelitian telah menunjukkan bahwa molekul antivirus resveratrol dalam kacang memiliki kandungan yang tinggi. Senyawa ini juga ada dalam anggur merah dan memiliki efek anti penuaan. Resveratrol antivirus dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalkan kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain itu, resveratrol juga dapat menghambat terjadinya dan perkembangan tumor dan kanker kulit.

Jaga Kesehatan Kulit

Kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi baik lainnya, sehingga kacang tanah memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan rutin mengonsumsi kacang tanah, Anda dapat membantu melindungi kulit Anda dari bahaya radikal bebas yang merusak kulit Anda.

Manfaat Rempeyek Kacang Bagi Kesehatan

Faktanya, masyarakat multikultural Indonesia juga memiliki ragam masakan yang beragam, masakan Indonesia telah lama dikenal masyarakat internasional karena kaya akan ragam bumbu dan rasa dari rempah-rempah yang digunakan, salah satunya adalah renyah kacang. Rempeyek atau peyek merupakan salah satu makanan khas jawa khususnya jogja Kacang tanah sudah ada di jogja selama berabad-abad, tidak heran jika konsumsi dan perkembangan rempeyek di jawa cukup pesat.

Di Indonesia, renyah kacang merupakan salah satu makanan pendamping atau pendamping makanan untuk kaldu atau soto kering, seperti gado-gado, pecel, soto, soto mie ayam, dan nasi goreng. Namun, kerupuk kacang lebih banyak disantap orang daripada kerupuk, namun dibandingkan kerupuk kacang, harganya sedikit lebih mahal karena beragam bahan yang digunakan, antara lain tepung terigu, santan, dan telur.

Kita telah melihat bahwa di kalangan orang Asen, kerupuk kacang dapat menggantikan kerupuk saat ada jamuan makan, bahkan sehari sebelum puasa atau hari yang biasa disebut menu makanan ibu rumah tangga. Renyah kacang merupakan salah satu jenis camilan, bahkan saat lebaran pun bisa disantap bersama sebagai sop. Renyah kacang sudah tidak asing lagi bagi setiap keluarga.

Permen kacang tanah khususnya kacang tanah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena kaya akan protein dan lemak yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kolesterol LDL rendah yang mengandung resveratrol dalam tubuh.

Selain itu, kacang tanah juga kaya akan vitamin E (VIT E) yang dapat membuat tubuh berjalan lancar, melengkapi kalsium dan vitamin D, membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi dalam jangka panjang, serta mencegah osteoporosis. Dari episode.

Walaupun kacang tanah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bagi sebagian orang yang menderita kanker payudara dan masalah jerawat, sebaiknya kacang tidak mengkonsumsi kacang tanah dan dapat menggantikan kacang tanah lainnya dengan kacang tanah. Atau, jika bosan dengan kerenyahan kacang, Anda juga bisa mencoba renyah kacang, renyah kacang, dan renyah kacang lainnya, seperti renyah kacang daun bayam. Daun bayam rempeyek dapat memberikan makanan ini rasa yang unik dan memberikan variasi baru yang sehat bagi anak-anak yang terkadang kesulitan makan sayur.

Cara Membuat Resep Peyek kacang Dengan Santan

Bahan Resep Peyek Kacang:

  • 150g bihun
  • 100g tepung tapioka / pati / sagu
  • 100g kacang tanah, potong 3 bagian
  • 65 ml santan kental
  • 5 lembar daun lemon, iris tipis (opsional)
  • 1 gelas air
  • 1 butir telur,
  • kocok lepas

Baumbu Halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 3 kacang
  • 1 cm kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 cm kencur (opsional)
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Peyek Kacang:

  1. Campur bihun dan bihun tapioka. Kemudian masukkan bubuk bumbu dan telur kocok.
  2. Tuangi santan dan siram sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, sehingga Anda bisa mengubah jumlah air yang ditambahkan ke rasa.
  3. Tambahkan kacang dan daun jeruk, lalu bumbui dengan garam. Aduk rata
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu masukkan adonan ke dalam sekitar 1 sendok makan peyke.
  5. Tuang di pinggir panci. Taburkan sedikit minyak panas di atas wajan sampai jatuh dari tepi wajan. Setelah itu goreng hingga semua bagian peyek berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  6. Tiriskan minyak yang menetes, lalu simpan item tersebut di wadah kedap udara.
  7. Beginilah cara membuat peyek renyah dan enak dengan santan. Anda bisa mengganti topping kacang tanah lainnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, ikan teri kering, atau kacang cincang.

Cara Membuat Resep Peyek kacang Tanpa Santan

Bahan Resep Peyek Kacang:

  • 300ml air
  • 200g tepung beras
  • 100g kacang tanah, potong 3 bagian
  • 5 lembar daun lemon, iris tipis (opsional)
  • 1 sendok makan tepung tapioka / pati / sagu
  • 1 butir telur

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 3 kacang tanah
  • 2 cabai merah (opsional)
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 cm kencur (opsional)
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Peyek Kacang:

  1. Campur bihun dan bihun tapioka. Kemudian masukkan bubuk bumbu dan telur kocok.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer, sehingga Anda bisa mengubah jumlah air yang ditambahkan ke rasa.
  3. Tambahkan kacang dan daun jeruk, lalu bumbui dengan garam. Aduk rata
  4. Panaskan minyak goreng yang banyak, lalu masukkan adonan ke dalam sekitar 1 sendok makan peyke.
  5. Tuang di pinggir panci. Taburkan sedikit minyak panas di atas wajan sampai jatuh dari tepi wajan. Setelah itu goreng hingga semua bagian peyek berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  6. Tiriskan minyak yang menetes dengan mesin peniris minyak, lalu simpan item tersebut di wadah kedap udara.

Cara Membuat Resep Peyek kacang Ijo

Bahan Resep Peyek Kacang Ijo:

  • 100g kacang hijau (direndam semalaman)
  • 250g Tepung beras
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh sup bubuk
  • Garam secukupnya

Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 4 kacang panggang
  • 1 ruas kunyit (Anda bisa menggunakan 1/4 sendok teh bubuk kunyit sebagai gantinya)

Cara Membuat Resep Peyek Kacang Ijo:

  1. Haluskan bawang putih dan kunyit. Campur semua bahan dan tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan cukup kering.
  2. Panaskan wajan dan tuangkan minyak secukupnya. Setelah dipanaskan, gunakan sendok sayur untuk menuangkan adonan renyah kacang dan sebarkan di pinggir wajan.
  3. Jika sudah cukup keras, keluarkan dari pinggir wajan dan goreng sisanya sampai di tengah. Setelah renyah, angkat dan tiriskan airnya.

Sekain artikel hari ini tentang resep peyek kacang, semoga bermnafaat bagi anda yang ingin membuat peyek dirumah. Jajanan ini juga cocok untuk menjadi ide usaha anda dengan bahan utama yang gampang untuk di dapatkan, dengan modal yang sedikit anda bisa mendapatkan untuk yang cukup besar, sekian dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •