Sejarah Rendang

Resep Rendang Asli Padang merupakan masakan yang kaya  rempah-rempah dengan daging sebagai bahan dasarnya. Rendang juga menggunakan karambia (santan kelapa). Serta campuran bumbu khas yang dihaluskan seperti cabai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang, dan bumbu-bumbu yang lainnya.

Keunikan dari rendang ini adalah bumbu alami yang digunakan memiliki sifat antiseptik, sehingga bisa berguna sebagai pengawet alami. Bumbu yang lain juga diketahui punya aktivitas antimikroba yang sangat kuat, dan tidak heran jika rendang bisa bertahan cukup berbulan-bulan.

Untuk pemasakan rendang ini hingga kuah benar-benar kering. Prosesnya akan menghabiskan suatu waktu sekitar delapan jam.Resep rendang padang ini juga memerlukan waktu yang sangat lama dalam proses pengolahannya. Maka dari itu kita harus bersabar dalam menunggu rendang tersebut matang.

Penelusuran tentang sejarah rendang ini akan membawa kita ke salah satu daerah di Sumatera pada bagian barat, yaitu Minangkabau. Bagi masyarakat wilayah Minang. Rendang ini sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan kuliner mereka sejak jaman nenek moyang mereka yang dulu.

Untuk sejarah kapan pertama kali rendang ini diciptakan sendiri. Sayangnya tidak banyak sebuah bukti tertulis yang dapat ditemukan. Salah satu dugaan yang bisa muncul di kalangan para peneliti . Adalah bahwa panganan ini telah muncul sejak orang Minang mengadakan sebuah acara adat mereka untuk pertama kalinya.

Awal mula sejarah dari rendang khas Padang ini terdengar dimana-mana mungkin terjadi karena seni memasak ini terus berkembang dari Riau, Mandailing, Jambi. Bahkan hingga ke wilayah Negeri Sembilan yang merupakan negara bagian federasi Malaysia. Karena suatu perantau Minang yang tinggal di sana.

Kemunculan Resep Rendang Padang

Mengingat tidak adanya pada perkampungan di sepanjang perjalanan itu. Para perantau ini pasti sudah menyiapkan suatu bekal makanan yang akan di tahan hingga waktu yang  sangat lama, dan makanan itu adalah rendang. Gusti juga menduga bahwa pembukaan pada kampung baru di pantai timur Sumatera hingga ke  Singapura.

Serta dan Malaysia oleh seluruh masyarakat Minang pada abad ke-16. Juga sudah mengikutsertakan makanan rendang sebagai makanan mereka karena perjalanan tersebut butuh waktu yang berbulan-bulan. Serta harus menempuh banyak sekali suatu rintangan. Resep Rendang padang ini sudah sangat terkenal.

Selain dari catatan sejarah itu, sejarah masakan rendang khas Padang juga dapat ditemukan dalam catatan harian Kolonel Stuers yang pada tahun 1827 menulis tentang kuliner serta sastra. Di dalam catatan itu sering kali muncul secara implisit deskripsi kuliner yang diduga mengarah pada rendang dan tertulis istilah makanan.

Hal itu, menurut seorang Gusti, adalah salah satu bentuk metode pengawetan yang biasa dilakukan oleh masyarakat minang. Rendang sendiri berasal dari suatu kata “merandang,” yaitu untuk dalam memasak santan hingga kering secara perlahan. Hal ini cocok dengan suatu rendang yang memang butuh waktu lama untuk dimasak.

Perjalanan Resep Rendang

Sejarah rendang juga tidak lepas dengan kedatangan para orang-orang dari Arab dan India di kawasan pantai barat Sumatera. Yang Dipercaya bahwa pada abad ke-14, sudah banyak orang-orang India yang tinggal di daerah Minang. Serta dan bumbu serta rempah-rempah sudah diperkenalkan oleh para orang-orang tersebut.

Ada juga dugaan yang mengatakan bahwa sebuah masakan kari yang sudah menjadi makanan khas India . Serta dan diperkenalkan pada abad sekitar ke-15 di daerah Minang merupakan dasar dari rendang itu sendiri. Hal ini sangat mungkin mengingat suatu adanya kontrak perdagangan dengan India pada masa itu.

Ahli waris sebuah tahta kerajaan Paguruyung juga membuka adanya kemungkinan bahwa rendang merupakan kari yang diproses lebih lanjut. Yang membuatnya itu berbeda adalah rendang memiliki sifat yang lebih kering, sehingga bisa jauh lebih awet jika dibandingkan dengan kari.

Masakan rendang khas Padang ini tetap tidak mati hingga sekarang, bahkan menjadi semakin sangat terkenal dengan menjamurnya warung makan Padang di setiap sudut pada kota di Nusantara. Meski dikenal dengan bentuknya yang terbuat dari  suatu daging.

Ternyata banyak sekali juga variasi rendang lainnya seperti rendang ayam, bebek, hati, telur, paru, dan ikan tongkol. Selain itu ada juga sebuah rendang suir yang berasal dari Payakumbuh. Yang membedakan dari rendang suir dengan rendang biasa adalah suatu daging ayam atau sapi yang digunakan, serat dagingnya yang akan disuir kecil-kecil.

Filosofi Rendang

Makanan rendang khas dari Padang sebagai masakan tradisional memiliki posisi yang terhormat dalam hidup bermasyarakat di Minangkabau. Hal ini dikarenakan suatu bahan-bahan pembuat rendang memiliki makna sendiri-sendiri. Resep rendang padang ini juga menjadi suatu filosofi yang mahal untuk di tinggalkan.

Bahan pertama yaitu sebuah dagiang atau daging sapi yang juga merupakan bahan utama melambangkan niniak mamak dan bundo kanduang. Dimana mereka ini akan memberi kemakmuran pada anak pisang dan anak kemenakan. Bahan kedua adalah suatu karambia atau kelapa.

Yang melambangkan suatu kaum intelektual atau yang dalam bahasa Minang disebut Cadiak Pandai. Dimana mereka merekatkan suatu kebersamaan kelompok maupun individu. Yang ketiga adalah sebuah Lado atau sambal sebagai lambang alim ulama yang tegas dan pedas dalam mengajarkan suatu agama.

Bahan terakhir adalah suatu pemasak atau bumbu. Yang melambangkan dari setiap individu dimana masing-masing individu memiliki peran sendiri-sendiri untuk memajukan hidup berkelompok dan adalah unsur terpenting dalam suatu hidup bermasyarakat masyarakat Minang. Resep rendang padang ini sangat populer.

Sekian informasi singkat mengenai sejarah dari masakan/makanan rendang khas Padang yang mendunia. Semoga dapat menambah sebuah pengetahuan teman-teman semua mengenai sejarah masakan traditional yang ada di Indonesia. Mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan kekayaan kuliner yang kita miliki saat ini.

Khususnya dalam hal ini sebuah masakan/makanan rendang. Jangan sampai warisan leluhur kita ini dibajak oleh negara yang lain seperti kasus-kasus yang pernah terjadi sebelumnya itu. Resep rendang padang harus dijaga dan di lestarikan bersama sama.

Penyebaran Rendang Padang

Pada zaman dahulu Rendang hanya disajikan untuk saat acara khusus Adat Minangkabau saja, misalnya suatu upacara adat orang Minang Kenduri upacara adat khusus untuk menyambut tamu kehormatan. Setelah itu Rendang mulai disajikan untuk suatu acara Khitanan, Ulang Tahun, Pernikahan, Barzanji dan hari besar agama Islam.

Bagi masyarakat sekitar Minang Rendang sangat memiliki makna Budaya. Mempunyai suatu arti tersendiri bagi masyarakat Minangkabau mkna dari Rendang adalah Musyawarah dan Mufakat yang terdiri dari 4 bahan pokok yang melambangkan sebuah  keutuhan masyarakat Minang Yaitu :

  1. Daging (daging sapi), merupakan suatu ambing dari “Niniak Mamak” (para pemimpin dari Suku adat).
  2. Karambia (kelapa), merupakan sebuah ambing “Cadiak Pandai” (kaum di Intelektual).
  3. Lado (cabai), merupakan sejenis ambing “Alim Ulama” yang sangat pedas, tegas untuk mengajarkan syariat pada agama.
  4. Pemasak (bumbu), merupakan bagian ambing dari keseluruhan sebuah masyarakat Minangkabau.

Sebuah Rendang kian mahsyur namanya dan sangat diakui dunia sebagai salah satu makanan terlezat dunia. Tak tanggung tangung yang sudah mensurvei Rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia adalah CNN. Serta pada tahun 1987 salah satu restoran cepat saji diamerika Burger King pernah membuat menu Rendang Burger .

Fenomena dari Rendang yang sangat luar biasa pun menjadikan dua Negara yang bertetangga dan masih sama sama Rumpun Melayu sempat Bersitegang. Malaysia sudah mengklaim bahwa Rendang adalah makanan khas dari negeri Jiran tersebut. Seluruh rakyat Indonesia sempat meradang dan terjadi perdebatan sengit di berbagai media.

Jenis Rendang Sejati Di Indonesia Ada 2 Yaitu :

  • Rendang jenis Basah atau Kalio
  • Rendang Yang Kering

Yaitu jenis Rendang Basah dan Rendang Kering, Rendang Basah atau yang lebih dikenal dengan Kalio, adalah Rendang yang dimasak dengan dalam waktu yang cukup singkat dan santannya belum begitu sempurna. Jenis yang satu ini daya tahannya tidak begitu sangat lama, hanya bisa sekitar satu Minggu.

Umum ditemukan di wilayah Malaysia, Singapura, Brunei dan Belanda, di Malaysia orang orang menyebutnya dengan sebuah Rendang Kelantan dan Rendang Negeri Sembilan. Resep Rendang Padang ini perpaduan dari resep indonesia yang di bawa ke malaysia dengan cara di curi resepnya.

Rendang Kering adalah Rendang yang sesungguhnya yang dibuat oleh masyarakat Minang, Sebuah Rendang yang satu ini membuthkan waktu memasak yang cukup sangat lama sampai santan mongering dan bentuknya yang terserap sempurna, Resep Rendang Padang yang satu ini mempunyai daya tahan kadaluarsa yang sangat lama.

Dalam suatu suhu ruangan Rendang ini bisa bertahan sampai 4 Minggu atau satu bulan dan jika di bekukan akan bertahan sampai setengah tahun lamanya. Maka dari itu resep rendang padang ini sangat di gemari masyarakat baik di indonesia maupun luar indonesia.

Dan mungkin masih ada banyak lagi variasi dari masakan Rendang ini,.Jika anda ingin sekali memasak Rendang dirumah kami akan membagikan suatu resep kepada anda resep Rendang padang Asli khas Minang, Silahkan untuk Mencoba dirumah.

Bahan Yang Perlu DiButuhkan:

  • 1 kg daging yang sudah dipotong sesuai selera
  • Buah Kelapa 3 buah (Menjadi suatu santan 10-12 gelas)
  • Daun kunyit sejumlah 1 lembar
  • Daun buah jeruk 3 lembar
  • Salam sejumlah 3 lembar
  • Kayu manis sepanjang 3 cm

Bumbu Yang Akan DiHaluskan:

  • Ketumbar  hanya 2 sdm
  • Lengkuas atau laos 1 ons
  • Jahe 4 cm saja
  • Cabe giling cukup 1,5 ons
  • Kapulaga sekitar 4 buah
  • Pekak 1 buah secukupnya
  • Pala 1/2 butir saja
  • Bawang merah 2 ons seperlunya
  • Bawang putih 5 siung secukupnya
  • Serai 1 batang saja

Cara Membuat Olahan Rendang:

  • Didihkan dahulu santan bersama sebuah daun jeruk, daun kunyit, salam dan kayu manis.
  • Sementara itu menunggu, haluskan sebuah ketumbar, jahe, kapulaga, pekak, pala, bawang merah, bawang putih.
  • Parut lengkuas dan sebuah serai, blender bersama dengan ketumbar, jahe, pekak, kapulaga, bawang merah dan bawang putih yang telah sudah giling supaya lebih halus.
  • Kemudian campur sebuah daging dengan cabe giling dan semua bumbu yang sudah halus kan, aduk hingga merata.
  • Setelah santan itu mendidih, tunggu hingga santan agak mengental.
  • Masukkan daging tersebut yang telah dicampur bumbu, aduk.
  • Jika santan telah dalam keadaan kering dan mengeluarkan minyak kecilkan api aduk terus hingga daging rendang terlihat hitam, jangan sampai terlalu gosong.
  • Sajikan dan siap untuk disantap.

Macam – Macam Rendang

1. Rendang Dari Daging

Rendang jenis ini yang satu ini memang yang paling sangat terkenal. Bahkan rendang ini, wisatawan dari mancanegara sangat suka dengan rendang daging ini. Berbagai macam restoran Indonesia di luar negeri juga pasti menghidangkan suatu masakan Padang ini.

2. Rendang Daging Ayam

Selain rendang sapi, rendang ini juga bisa dimasak dengan menggunakan suatu daging ayam. Rendang ayam ini bisa menjadi pilihan karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan harga dari daging sapi yang sangat mahal sekali di pasaran.

Proses memasaknya pun juga lebih cepat dan efektif  daripada sebuah rendang daging sapi. Rendang daging ayam ini disajikan dengan cara daging ayam disuwir, dicincang, atau bisa juga dipotong sesuka pada hatimu. Rendang ini sangat di gemari oleh masyarakat luas.

3. Rendang Dengan Daging Kambing

Di Wilayah Sumatera Barat, rendang daging kambing ini sudah mulai langka dan jarang untuk dikonsumsi. Proses memasak rendang daging kambing ini harus bisa benar, supaya rasa daging kambingnya tidak terlalu  begitu amis aroma yang keluar saat kambing di masak.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara merebus daging kambing tanpa mencucinya, lalu buang air rebusannya tersebut. Kemudian itu, daging kambing ini bisa diolah dengan bumbu rendang yang  akan kamu buat sesuka hati mu dan sesuai dengan selera kamu.

4. Rendang Dari Telur

Jangan berpikir kalau varian ini hanya terdiri dari telus rebus saja yang diolah dengan bumbu rendang. Kamu sangatsalah besar! Telur dan tepung tapioka dijadikan sebuah keripik, kemudian rendang itu dicampur dengan bumbu rendang. Itulah yang disebut dengan rendang telur. Unik ya guys!

5. Rendang Terbuat Dari Pakis

Baru tahu kan kalau sayuran bisa dibikin sebuah rendang? Salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi rendang adalah sayuran pakis. Rendang pakis biasanya dimasak sampai begitu kering. Selain harganya yang murah meriah, pakis juga mengandung sebuah antioksidan yang sangat tinggi.

6. Rendang Dari Hati Dan Paru Sapi

Proses memasak rendang  yang satu ini sama dengan rendang daging. Kamu harus merebus nya terlebih  dulu hati dan paru sapi. Kemudian itu, harus kamu potong-potong dan campurkan ke dalam sebuah bumbu rendang tersebut. Rendang ini sangatlah beda dengan rendang yang lain,maka dari itu rendang ini sangat di cari orang orang.

7. Rendang Dari Kalio

Mungkin di beberapa suatu rumah makan Padang, kita jarang menemukan sebuah rendang yang kering berwarna sangat hitam. Alasannya karena proses memasaknyamembutuhkan waktu yang sangat lama sekali. Rendang ini tidak tahan terlalu lama juga.

Maka dari itu pula, rendang yang setengah matang ini menjadi salah satu pilihan pelanggan untuk menyantapnya. Setengah matang karena bumbu rendang dan santannya ini masih belum meresap seutuhnya ke dalam daging yang telah dimasak ini.

8. Rendang Daging Itik

Hampir sama seperti  sebuah rendang daging ayam pada umunya, bedanya ada yang di proses memasaknya saja. Prosesnya ini, itik harus direbus atau dipanggang terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam sebuah bumbu rendang untuk dimasak menjadi sebuah oalahan rendang daging itik.

9. Rendang  Terbuat Dari Belut

Selain sebuah daging sapi, ayam, dan itik, belut juga bisa dijadikan sebuah rendang. Rasanya gak kalah nikmat dengan suatu rendang jenis lainnya, kok. Rendang ini juga sangat dinikmati masyarakat terutama para pencita rendang atau kuliner ini.

Itulah ulasan artikel mengenai resep rendang padang yang sangat populer.Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda semua. Serta bisa memberikan pengajaran dan pelajaran bagi anda semua. Serta bisa bermanfaat bagi anda untuk mencoba resep ini dirumah. Sekian dan Terima Kasih.