Resep Sambal Kacang Dengan Cepat Dan Sederhana

Resep Sambal Kacang

Di artikel resep sambal kacang dengan cepat dan sederhana kali ini kita akan belajar mengenai resep sambal kacang, sejarah sambal.

Cara menerapkan resep sambal kacang, berbagai olahan yang menggunakan resep sambal kacang, dan sekaligus tips menyimpan sambal kacang agar dapat bertahan lama.

Cara untuk menerapkan resep sambal kacang ini terbilang sangatlah mudah. Sambal merupakan istilah besar yang ada dalam kuliner Indonesia dan merujuk pada saus yang rasanya pedas.

Secara garis besar, sambal biasanya berbahan utama buah cabai yang sudah dilumatkan sehingga keluar kandungan dari sari cabe dan ditambah dengan bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.

Sambal ini sendiri merupakan salah satu unsur yang khas dari hidangan Indonesia dan Melayu.

Sambal ini juga banyak sekali ditemukan di dalam kuliner khususnya di negara bagian Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi dari sambal yang berasal dari berbagai daerah diseluruh dunia.

Sejarah Sambal

Kebanyakan dari lidah orang di Indonesia menganggap bahwa makan tanpa menggunakan sambal akan terasa belum lengkap.

Hampir dari semua masakan yang ada di Nusantara selalu diiringi dengan sambal ini. Bahkan di Menado, pisang goreng pun biasa dimakan dengan sambal.

Mengapa sambal begitu populer di Nusantara dan nyaris menjadi makanan yang utama, bukan sekedar pelengkap? Hal ini dikarenakan karena seni kuliner di Nusantara biasanya bersifat hidangan dingin.

Sehingga cabai ini menjadi salah satu hal yang terpenting di dalam setiap masakan atau olahan.

Rasa pedas dari cabe ini tidak hanya memberikan rasa yang menggugah selera bagi para penikmatnya.

akan tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengganti dari temperatur panas.

Pendapat dari Veth beralasan bahwa cabai ini pun telah ada, Seperti yang telah diungkapkan oleh arkeolog Titi Surti Nastiti.

Cabai Pada Masa Jawa Kuno Telah Menjadi Komoditas Dari Perdagangan

Bahkan menurut Nastiti di dalam teks Ramayana dari abad ke-10, cabai juga sudah disebut sebagai salah satu contoh dari jenis makanan pangan.

Pendeta Valentijn pun juga menyebutkan bahwa ada tiga jenis cabai merah. Yaitu cabai merah besar, cabai merah kecil dan cabai kecil yang biasanya berwarna kekuningan.

Para Budak Pada Masa VOC Yang Mahir Dalam Membuat Sambal

Sementara itu di dalam turisme, sambal pun telah mendapatkan catatan tersendiri.

Di dalam beberapa buku dari panduan turisme juga dituliskan peringatan kepada para calon turis agar berhati-hati dalam mengkonsumsi sambal yang pedas ini karena dapat berurusan dengan kesehatan pada perut orang yang mengkonsumsinya.

Namun, tetap saja ada juga sebagian dari turis yang tetap saja nekat ingin mencicipi sambal ini.

Seperti pengalaman dari Justus van Maurik, ia adalah seorang pengusaha cerutu asal Amsterdam yang mengunjungi Batavia pada akhir abad ke-19.

Ia menuturkan bahwa salah satu dari hidangan di dalam rijsttafel yang menarik perhatiannya adalah Spaanse peper (cabai rawit).

Demikian pula dengan pengalaman dari jurnalis perempuan yang juga seorang guru, Augusta de Wit yang juga mengunjungi kota Batavia. Pengalamannya yang tak akan pernah terlupakan adalah ketika ia untuk pertama kalinya mencicipi sambal.

Dan pada akhirnya bibir dari perempuan tersebut langsung gemetar karena kepedasan setelah memakan sambal tersebut. Lehernya juga terasa panas seperti terbakar sehingga harus diguyur dengan air.

Untunglah ada seseorang pengunjung yang kasihan dan pengunjung tersebut menyarankan agar ia menaruh sedikit garam pada lidahnya.

Ia pun menuruti nasihat dari pengunjung itu dan tak lama kemudian siksaan itu berakhir. Sambil terengah-engah, ia bersyukur karena ia masih hidup.

Ia pun bersumpah untuk tidak mau mencoba rijsttafel lagi. Namun, pada akhirnya ia pun melanggar sumpahnya tersebu,  dan Ia malah suka dan terbiasa dengan hidangan pedas itu.

Louis Couperus dalam Oostwaarts mengingatkan kepada para turis yang belum pernah mencicipi dasyhatnya sambal ini untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Memang selain dengan garam, sebagai upaya untuk menghilangkan rasa pedas yang membakar di mulut, Anda dianjurkan untuk meneguk susu. Jangan minum air apalagi air dingin atau es.

Bergelas-gelas air pun tidak akan mampu untuk memadamkan dari panasnya cabai ini. Selain susu, Anda juga bisa dengan mengunyah roti, kerupuk, nasi.

Cara Pembuatan Sambal

Cara pembuatan sambal terbilang sangat bermacam-macam, tergantung dari jenisnya.

Sambal seperti sambal matah biasanya dibuat dari bahan yang masih mentah, yang bisa disajikan secara mentah atau bisa juga ditumis dengan menggunkan minyak goreng.

Sambal petis, sambal oncom, dan sambal tempe, merupakan sambal dari hasil fermentasi.

Metode untuk memasaknya juga berbeda-beda, antara lain dengan cara diulek, digoreng, ditumis, direbus, dan dibakar. Berikut ini merupakan resep sambal kacang :

Bahan-bahan:

  • 150 gram tepung sagu
  • 150 gram tepung terigu serbaguna
  • 2 batang dari daun bawang (diambil bagian hijaunya saja), setelah itu iris dengan halus
  • 2 siung dari bawang putih dan selanjutnya haluskan
  • Garam, gula, kaldu bubuk sapi non MSG (Anda juga bisa dengan menggunakan kaldu bubuk biasa) dan merica secukupnya
  • 300 ml air homemade kaldu daging atau air biasa (bisa kurang bisa lebih)

Bahan Saus Kacang :

  • 100 gram kacang tanah yang sudah Anda goreng hingga matang, dan selanjutnya ditiriskan sisihkan
  • 2 siung dari bawang putih utuh, lalu goreng sampai matang dengan sempurna
  • 4 buah cabai merah (atau bisa Anda sesuaikan selera)
  • 2 lembar daun dari jeruk purut
  • 200 ml air bersih, usahakan air yang sudah Anda gunakan bersih
  • Garam, gula, merica secukupnya
  • Air perasan jeruk limau atau bisa juga dengan jeruk nipis secukupnya

Resep Sambel Kacang:

  1. Pertama-tama campur kan tepung terigu, tepung sagu, dan daun bawang yang sudah Anda iris lalu aduk hingga semua merata, dan sisihkan
  2. Panaskan Air bersih, tambahkan garam, gula, merica secukupnya, bawang putih halus, dan kaldu bubuk dengan api yang sedang hingga mendidih
  3. Tuangkan air rebusan tersebut ke dalam wadah yang sudah diberi tepung dan selanjutnya aduk menggunakan sendok kayu hingga merata sampai kalis
  4. Panaskan air rebusan, sedikit minyak sampai mendidih, dan adonan yang sudah Anda bulatkan hingga mengapung, dan jangan langsung di angkat. Tunggu sampai kurang lebih 10-15 menit, agar adonan tersebut dapat matang sampai ke dalam. dan selanjutnya angkat
  5. Sambal : goreng kacang sampai matang dengan sempurna, dan selanjutnya angkat
  6. Goreng cabe bersama dengan bawang putih, dan selanjutnya angkat
  7. Blender kacang, cabe beserta dengan bawang putih, dan sisihkan
  8. Panaskan minyak goreng lalu tumis kacang yang sudah Anda siapkan sebelumnya, berik garam, gula, merica hingga minyak yang Anda gunakan naik ke permukaan

Tips Menyimpan Sambal Dari Cara Memasaknya

Tidak hanya pandai di dalam menyimpan, sambal yang tahan lama pun juga harus dihasilkan dari proses masak secara tepat.

Karena pada umumnya, dari cara memasak yang tepat, sambal kacang akan dapat bertahan hingga kurang lebih 3 hari apabila disimpan didalam lemari es.

Lantas, bagaimanakah cara untuk memasak yang tepat agar sambal kacang tanah ini bisa bertahan lama? Sebelum diolah, kacang tanah dan beberapa bahan lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai, terasi, harus Anda sangrai terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah diulek hingga semua bahan halus dan masukkan ke dalam minyak goreng yang sudah panas.

dan selanjutnya goreng hingga matang. Salah satu dari tanda dari sambal sudah matang adalah ketika sambal sudah mengeluarkan minyak dan tak berbau langu lagi.

Proses utuk mengolah sambal ini juga perlu memakan waktu kurang lebih 7 hingga 10 menit sampai benar-benar mengeluarkan minyak.

Agar sambal kacang ini tidak gosong, gunakan api sedang, jangan terlalu besar karena dapat berakibat gosong pada sambal yang hendak Anda sangrai.

Setelah sambal yang Anda olah sudah benar-benar masak, lalu angkat dan tunggu hingga dingin dan baru dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup.

Pastikan Alat yang Digunakan Bersih dan Kering

Tak hanya dari bahan yang perlu Anda perhatikan, akantetapi peralatan yang Anda gunakan juga menjadi salah satu tips untuk menyimpan sambal agar dapat bertahan lama.

Meskipun peralatan yang Anda gunakan tak terlalu banyak, akantetapi Anda juga harus tetap memerhatikannya, apakah kebersihan dari alat yang Anda gunakan tersebut terjaga atau tidak.

Sebaiknya sebelum Anda menggunakan alat-alat tersebut, cuci terlebih dahulu alat-alat tersebut dan tunggulah hingga alat tersebut kering.

Jangan menggunakan alat yang kondisinya masih basah karena hal tersebut dapat membuat sambal menjadi berair dan pada akhirnya akan mudah basi.

Gunakan Sendok atau Wadah Khusus

Untuk tips yang kedua ini maksudnya adalah Anda jangan sampai mencampurkan satu sendok untuk mengambil sendok, dengan makanan yang lainnya.

Karena salah satu dari kesalahan yang sering dilakukan dan membuat sambel menjadi cepat basi adalah dengan mencampurkan sendok untuk masak dengan sendok untuk mengambil sambal.

Hal tersebut akan membuat sambal kacang akan menjadi lebih cepat basi.

Agar daya santap dari sambal ini semakin lama, makan Anda harus menghindari menggunakan sendok yang bekas dipakai atau sendok yang sudah dipakai untuk mengambil bahan yang masakan lain, atau bahkan yang sudah disuap ke mulut.

Bakteri atau kotoran yang barang kali ada di udara atau ada didalam makanan lain akan menempel disendok tersebut.

Tips untuk menyimpan sambal agar dapat bertahan lama, Anda bisa dengan memasukkan ke dalam jug.

Karena Jug memiliki satu corong dan juga tutup berflip, jadi, kamu tinggal memasukkan dan langsung bisa menutupnya sehabis menuangnya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena terkontaminasi oleh kuman maupun bakteri dari makanan atau sendok yang Anda gunakan.

Kini, bukanlah sebuah tantangan dalam menyimpan sambal kacang.

Karena dengan tips menyimpan sambal ini kamu bisa menikmati aneka makanan kapanpun dan juga tahan lama.

Menu Makanan Yang Pada umumnya Menggunakan Sambal kacang Tanah

1. Pecel

Resep Sambal Kacang

Pecel merupakan salah satu olahan makanan khas yang berasal dari Indonesia yang mudah untuk kita jumpai diberbagai wilayah di Indonesia khususnya di daerah jawa timur.

Pecel ini biasanya disajikan dengan nasi yang ditambahkan dengan sayuran seperti kecambang, bayam, kacang yang lalu disiram dengan kuah berupa sambal kacang.

Pecel ini juga bisa untuk Anda tambahkan dengan aneka lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, telur asin, ayam goreng, dan juga bisa juga dengan peyek.

Sambal kacang yang digunakan unuk pecel ini biasanya terbuat dari kacang tanah yang sudah di goreng yang ditambahkan gula merah, asam, garam secukupnya dan juga dengan daun jeruk, cabai.

Campuran dari bahan tersebut dapat menimbulkan rasa sambal yang pedas, manis, asam, dan juga gurih.

2. Batagor

Resep Sambal Kacang

Batogor merupakan salah satu makanan yang pada umumnya terbuat dari daging ikan dengan penambahan bumbu tertentu lalu dimasukkan ke dalam kulit pangsit dan selajutnya digoreng.

Penyajian dari batagor ini terbilang cukup mudah yaitu hanya dengan memotong kulit pangsit yang berisi daging ikan yang telah selesai untuk digoreng.

Tata sesuai dengan selera di atas piring dan kemudian guyur dengan sambal kacang, kecap secukupnya dan tambahkan sambal cabai apabila kurang pedas.

3. Siomay

Resep Sambal Kacang

Siomay ini mempunyai banyak sekali kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan juga vitamin. Kandungan gizi protein yang di dapatkan dari telur, tahu, dan kulit pangsit kukus yang berisi dengan daging ikan.

Cara untuk penyajian siomay ini yaitu dengan cara memasukkan kulit pangsit kukus yang telah berisi ikan ke dalam piring, lalu tambahkan kentang rebus, kubis rebus, tahu rebus, telur rebus kemudian guyur menggunakan sambal kacang

4. Tahu Telur

Resep Sambal Kacang

Tahu telur ini juga merupakan salah satu kuliner dengan guyuran sambal kacang yang memiliki rasa terbilang gurih, pedas, dan manis.

Bumbu yang digunakan untuk olahan kacang tahu telur ini pada umumnya terbuat dari kacang tanah goreng, cabai, garam secukupnya, gula merah secukupnya, kecap secukupnya dan petis secukupnya.

Kemudian semua bahan tersebut dihaluskan hingga menjadi satu perpaduan.

Berbeda lagi dengan rujak atau pecel isian dari tahu telur ini adalah telur dan tahu yang sudah di goreng menjadi satu.

Dengan tambahan irisan dari daun bawang yang kemudian disajikan dengan irisan timun, kecambah, irisan daun seledri dan diguyur menggunakan sambal kacang.

5. Sate

Resep Sambal Kacang

Sate adalah salah satu kuliner nusantara yang pada umumnya terbuat dari potongan daging sapi, daging kambing ataupun daging ayam yang dibakar dengan menggunakan bara api yang berasal dari arang.

Hingga saat ini Anda bisa menemukan sate yang tidak hanya terbuat dari daging akan tapi sate ini bisa juga terbuat dari ikan, jamur, tahu atau tempe.

Sate ini bisa untuk Anda nikmati dengan nasi ataupun dengan lontong.

Penyajian dari sate ini juga terbilang cukup mudah yaitu hanya dengan mengguyur sate dengan kuah sambal kacang yang kemudian di atasnya ditambahkan potongan dari jeruk nipis dan potongan dari bawang merah.

6. Rujak

Resep Sambal Kacang

Meskipun rujak ini terlihat mirip dengan pecel namun bumbu yang digunakan untuk membuat sambal kacang dan isian yang dimasukkan di dalam rujak sangatlah berbeda.

Bumbu sambal kacang pada rujak ini biasanya terbuat dari kacang tanah yang sudah digoreng, cabai, garam secukupnya, gula merah secukupnya.

Potongan pisang yang masih muda secukupnya dan petis secukupnya yang kemudian di campur dan di haluskan.

Rujak ini pada umumnya disajikan dengan lontong yang ditambahkan dengan kecambang, potongan tahu goreng, tempe goreng, sayuran dan selanjutnya diguyur dengan sambal kacang.

 

Dari artikel resep sambal kacang diatas kita bisa mengetahui tentang resep sambal kacang beserta dengan olahan yang menggunakan resep sambal kacang tersebut dan cara menyimpannya sekaligus cara membuat dari sambal kacang itu sendiri.

Itu tadi sedikit artikel tentang resep sambal kacang dari kami semoga kedepannya dapat bermanfaat untuk Anda dan sekian.