TERUNGKAP..! Ini Dia Rahasia Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap ini seakan tak pernah kehilangan popularitasnya. Makanan khas Indonesia yang mempunyai citarasa nikmat dan lezat ini selalu memiliki penggemar dari berbagai penjuru Nusantara. Rasanya yang enak dan cara membuat yang tidak terlalu sulit ini membuat banyak orang suka dengan makanan sate ini.

Sate, Satai, atau dikenal juga di luar negeri dengan sebutan Satay merupakan resep masakan yang dibuat dari potongan daging berbentuk kotak dan menggunakan lidi untuk memudahkan pegangannya. Daging yang digunakan untuk membuat sate itu ada bermacam-macam, seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, daging domba, dan lain sebagainya. Ciri khas dari sate ini adalah cara memasaknya, yaitu dipanggang atau dibakar diatas bara api sambil diolesi bumbunya.

Nah pada artikel kali ini, resep masakan daging yang akan dibahas mennggunakan daging kambing dengan menggunakan bumbu kecap yang mempunyai citarasa yang enak dan manis. Bagi Anda khususnya para penggemar kuliner dari bahan daging kambing, resep sate kambing bumbu kecap ini bisa jadi inspirasi dan panduan bagaimana cara membuat sate kambing yang enak dan lezat.

Sate Kambing

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Jadi, seperti yang sudah kita ketahui, Sate Kambing merupakan sejenis makanan sate yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing itu ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar, lalu dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya sendiri biasanya disajikan bersama dengan lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis dan ditambahkan kecap diatasnya.

Resep sate kambing bumbu kecap yang akan kami share pada kali ini bisa dibilang cukup sederhana, tapi rasanya tetap enak dan lezat. Meskipun hanya menggunakan bumbu sate kambing yang lebih sederhana, tapi tetap terasa lezat dan pantas untuk bisa Anda coba di rumah.

Cara membuat sate kambing ini bisa dibilang masih lebih mudah daripada membuat sate ayam yang umumnya menggunakan bumbu kacang. Resep sate kambing bumbu kecap ini hanya menggunakan bahan dasar kecap manis saja. Rasa daging kambingnya yang khas membuat daging kambing sudah memiliki rasa gurih yang alami, jadi meskipun hanya menggunakan bumbu-bumbu dasar saja, sate kambing ini sudah terasa lezat dan nikmat.

Untuk membuat sate kambing dengan kematangan yang pas memang gampang-gampang susah, apalagi kalau Anda tidak cermat saat melakukan pembakaran, seringkali yang terjadi adalah bagian luar satenya gosong sebelum bagian dalamnya matang.

Tips cara membuat sate kambing ini juga sangat mudah untuk diikuti, bahkan bagi Anda yang biasanya tidak hobi masak sekalipun. Jadi pas sekali bagi yang mempunyai stok daging kambing segar di rumah dan ingin membuat resep sate kambing bumbu kecap ini.

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Tapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat sate kambing ini. Sate kambing yang enak itu dengan menggunakan daging kambing yang empuk, karena kadang masalahnya ketika orang mencoba untuk membuat resep sate kambing sendiri di rumah adalah daging sate yang dihasilkan masih terasa alot atau keras.

Nah untuk menghasilkan sate kambing yang enak dan empuk, daging kambing yang digunakan harus yang masih segar dan menggunakan daging kambing muda. Usia kambing yang paling tepat untuk dibuat menjadi resep masakah sate kambing ini adalah antara 5 bulan ke bawah.

Tapi Anda yang menderita kolesterol tinggi sebetulnya tidak perlu khawatir untuk bisa menikmati resep sate kambing bumbu kecap ini. Berdasarkan penelitian terbaru, ternyata kandungan kolesterol sate kambing ini sebetulnya masih lebih rendah kalau dibandingkan dengan sate daging ayam atau sate daging sapi.

Bahkan secara keseluruhan komposisi gizinya masih lebih bagus dari daging ayam, sapi, domba, maupun daging yang lainnya dengan kandungan lemak yang lebih sedikit. Tapi ingat, kandungan zat besi dari sate daging kambing ini cukup tinggi, jadi bagi Anda yang menderita hipertensi atau darah tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi sate kambing ini dalah jumlah yang banyak atau diatas 100 gram per hari.

Tips Membuat Sate Kambing Yang Empuk

1.) Menggunakan Tepung Kanji

Salah satu cara agar sate kambing terasa empuk adalah dengan menggunakan tepung kanji. Caranya setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa saat, lalu digoyangkan agar tepung kanjinya hilang. Dengan cara ini maka daging kambingnya akan terasa lebih empuk.

2.) Menggunakan Daun Pepaya

Selain tepung kanji, daun pepaya juga cukup efektif untuk bisa membuat daging kambing menjadi empuk. Caranya daging kambing yang masih utuh dan belum ditusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20-30 menit. Kalau sudah, cuci bersih daging kambing tersebut.

3.) Menggunakan Air Kelapa

Salah satu cara untuk bisa menghilankan bau prengus atau bau amis dari daging kambing ini adalah dengan menggunakan air kelapa. Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk dan bau prengusnya akan berkurang

4.) Menggunakan Nanas

Kupaslah buah nanas, kemudian diparut. Campur parutan nanas itu dengan daging kambing dengan cara melumurinya. Tapi jangan terlalu lama, karena daging kambingnya malah menjadi hancur.


Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

  1. Sebelum dimasak, daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis secara merata. Kalau tidak ada jeruk nipis, bisa menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis, bisa juga dengan menggunakan daun jambu klutuk. Caranya daun jambu klutuk itu ditumbuk, kemudian lumuri pada daging kambing sebelum dimasak.
  3. Seringkali kita mencuci daging kambing sebelum dimasak dengan maksud untuk menghilangkan bau prengusnya, padahal sebetulnya tidak akan berpengaruh. Justru sebaiknya Anda langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bau amis atau prengus itu akan berkurang dengan sendirinya kalau dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).

Cara Memotong Daging Kambing Untuk Sate

Sebelum memulai membuat sate kambing, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa tips memotong daging untuk sate. Kalau dilihat sekilas memotong daging memang terlihat sangat mudah, tapi kalau salah memotongnya, justru akan membuat hasil olahan daging itu sendiri menjadi alot atau keras, apalagi untuk olahan sate.

Berikut cara memotong daging untuk sate:

  • Potong daging memanjang searah dengan seratnya.
  • Potong dadu berlawanan dengan arah serat
  • Tusukkan potongan dadu dengan arah serat secara horizontal, supaya daging tidak mudah lepas dari tusuk sate

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Sederhana

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 butir kemiri
  • 250 gr gula merah
  • 2 sdt garam
  • 4 butir bawang merah
  • Kecap
  • Cabai (sesuai selera)

Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap Sederhana

  1. Langkah pertama adalah memotong daging kambingnya berbentuk dadu. Perhatikan cara memotong dagingnya sesuai dengan yang sudah kami beri tipsnya diatas supaya sate kambing yang dihasilkan mempunyai tekstur yang empuk dan enak.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, dan garam.
  3. Kemudian rendam daging kambing dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Tusuk daging kambing dengan menggunakan tusuk dari bambu, Anda juga bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate. Satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam setiap tusukan usahakan jangan terlalu rapat karena akan mempengaruhi proses pembakaran.
  5. Bakar sate kambing sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis, tapi jangan terlalu banyak karena akan membuat dagingnya menjadi cepat gosong.
  6. Supaya tambah sedap, Anda bisa mengiris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kecap tersebut.

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Khas Solo

Bahan Sate

  • 1 kg kambing mudah dan lemaknya
  • 30 tusuk sate
  • 15 sdm kecap manis
  • 4 sdt air asam jawa
  • Mentega secukupnya
  • 6 lembar daun jeruk

Bahan Bumbu

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 sdt biji ketumbar, disangrai terlebih dahulu
  • 1 sdm jinten, disangrai terlebih dahulu
  • 1 ruas jahe
  • Buah nanas (opsional)
  • Gula pasir secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap

  • Kecap manis secukupnya
  • 10 buah cabai rawit merah atau hijau
  • 10 siung bawang merah, diiris tipis
  • 2 buah tomat merah, diiris tipis
  • 2 buah jeruk purut, gunakan airnya

Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap Khas Solo

  1. Langkah pertama adalah memanaskan mentega atau margarin sampai meleleh.
  2. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum dan matang, kalau sudah, angkat dan letakkan diatas piring yang permukaannya datar.
  3. Tambahkan kecap manis dan air asam jawa, aduk sampai tercampur dengan rata.
  4. Setelah itu lumuri lemak dan daging kambing dengan bumbu itu, lalu diamkan sebentar supaya bisa meresap.
  5. Selanjutnya tusuk lemak dan daging kambing yang sudah dilumuri dengan bumbu tadi, jumlah daging yang disusun pada tusuk sate sesuai dengan keingingan Anda.
  6. Kemudian bakar sate kambing sampai matang sambl dibolak-balik dan dioles sisa bumbu. Kalau sudah matang, bisa diletakkan diatas piring.baca juga resep sate ayam madura
  7. Campur semua bahan pelengkap, dan diberi tetesan air jeruk purut ke satenya secara merata.
  8. Sate kambing bumbu kecap khas Solo siap dihidangkan.

Tips Mengolah Daging

Daging kambing merupakan salah satu sumber bahan olahan daging yang paling populer di Indonesia setelah daging sapi dan ayam. Rasa dan teksturnya yang khas membuat banyak orang yang menyukainya. Namun ada satu hal yang menyulitkan dalam mengolah daging kambing ini yang mana jika pengolahannya tidak cukup baik, justru membuat rasa daging kambing yang telah diolah menjadi masakan menjadi apek dan berbau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips dan cara mengolah daging kambing supaya tidak bau apek yang bisa Anda lakukan:

Gunakan Potongan Lobak

Saat merebus daging kambing, gunakanlah lobak secukupnya. Caranya adalah dengan merebus keduanya secara bersama-sama. Setelah kurang lebih 30 menit, lalu angkat lobaknya dan olah daging kambing sesuai yang diinginkan.

Gunakan Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki khasiat menetralisir bau. Oleh karenanya kacang hijau dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu resep andalan penghilang bau tak sedap pada daging kambing. Caranya adalah dengan merebus daging kambing dengan kacang hijau dengan perbandingan 1 kg daging kambing : 5 gram kacang hijau. Rebus selama kurang lebih 10 menit kemudian angkat dan tiriskan daging kambing lalu olah sesuai selera.

Gunakan Bumbu Kari

Rebuslah daging kambing dan bumbu kari dengan perbandingan 1 kilogram daging kambing : 10 gram bubuk kari. Banyaknya bumbu kari yang dicampurkan kedalam rebusan daging kambing disesuaikan dengan banyaknya jumlah daging kambing.

Gunakan Potongan Tebu

Selain diolah menjadi gula, tebu juga memiliki khasiat menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing. Caranya adalah dengan merebus daging kambing dan tebu dengan perbanding 1 kg : 200 gram. Rebuslah daging dan tebu selama kurang lebih 30 menit.

Gunakan Cuka

Rebuslah 1 liter air bersama dengan daging kambing dan cuka dengan perbandingan 1 kg : 50 gram. Biarkan air hingga panas dan mendidih lalu angkat daging kambing dan tiriskan airnya untuk kemudian diolah sesuai selera.

Gunakan Jeruk Nipis

Cara ini mungkin yang paling banyak digunakan orang. Caranya adalah dengan menyiramkan potongan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis sebelum dibuat menjadi masakan. Jika memang Anda tidak memiliki jeruk nipis, Anda juga bisa menggantinya dengan jeruk limau.

Gunakan Daun Jambu Biji

Untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing, Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah dengan meremas daun jambu biji bersama dengan potongan daging kambing yang akan diolah.

Jangan Langsung Dicuci

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing adalah langsung mengolahnya tanpa perlu untuk mencucinya terlebih dahulu sebab bau amis dan bau tak sedap daging kambing akan hilang jika dimasak dengan benar (sampai matang). Jika daging kambing masih menempel, Anda bisa mencabutnya dengan menggunakan tangan tanpa perlu menggunakan air.

Gunakan Daun Pepaya dan Nanas

Daun pepaya memiliki khasiat mengempukkan daging, sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus daging sapi dengan daun pepaya dan nanas dan merebusnya bersama-sama. Rebus selama kurang lebih 30 menit lalu angkat daging kambing dan tiriskan.

Gunakan Jahe, Kapulaga, Cengkeh atau Kayu Manis

Bahan-bahan seperti Gunakan jahe, kapulaga, cengkeh atau kayu manis memiliki aroma yang kuat dan khas yang dapat digunakan untuk menutupi bau apek yang bersumber dari bahan olahan daging kambing.


Peluang Usaha Sate Kambing

Untuk memulai usaha sate kambing ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, seperti kelebihan dan kekurangannya, target konsumen, pemasaran, dan analisa usahanya supaya usaha sate kambing yang Anda tekuni bisa berjalan dengan lancar serta Anda bisa mengatasi segala permasalahan yang akan muncul di kemudian hari.

1.) Mengenal Informasi Bisnis Sate

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagian daging kambing yang akan digunakan untuk membuat sate. Pada umumnya daging kambing yang digunakan untuk sate itu adalah bagian paha, karena pada bagian paha ini tekstur daginginya terasa lebih empuk dan enak.

Nah supaya daging kambingnya tidak keras atau alot, sebelum dimulai proses pembakaran atau pemanggangan sebaiknya daging kambing terlebih dahulu dibungkus dengan menggunakan daun pepaya, karena daun pepaya ini berfungsi untuk membuat daging terasa lebih lunak.

Selain itu, Anda bisa menggunakan daging kambing muda karena lebih empuk daripada daging kambing tua. Untuk kisaran umur kambing yang baik untuk dijadikan sate itu berumur sekitar 3 sampai 5 bulan.

Untuk harga pasaran sate saat ini yaitu:

  • 1 porsi sate ayam Rp 10.000,- sampai Rp 12.000,- (isi 10 tusuk)
  • 1 porsi sate kambing Rp 14.000,- sampai Rp 17.000,- (isi 10 tusuk)
  • Lontong atau nasi berkisar Rp 3000,- per porsi
  • Sup atau gulai kambing berkisar Rp 8000,- sampai Rp 12.000,- per porsi

2.) Kelebihan Bisnis Sate

Salah satu kelebihan bisnis sate ini yang jelas adalah menu kuliner ini sangat populer di Indonesia dan sudah dikenal banyak orang di seluruh wilayah Nusantara. Selain itu, rasa yang dihasilkan dari sate ini juga sangat nikmat. Jadi dimana tempat Anda menjual sate maka akan ada selalu ada potensi untuk dikunjungi konsumen.

3.) Kekurangan Bisnis Sate

Meskipun mendatangkan keuntungan yang cukup banyak, berbisnis sate tidaklah mudah, karena sudah ada banyak pesaing yang sama-sama menjual menu kuliner sate ini dengan harga yang bervariasi. Jadi kalau Anda mau memulai bisnis sate ini gunakanlah kreatifitas yang Anda miliki untuk bisa membuat kuliner sate yang berbeda, memiliki rasa sate yang khas, serta harganya juga bisa lebih bersaing.

4.) Target Konsumen

Target konsumen untuk usaha sate kambing ini adalah segala usia, karena pada umumnya banyak orang yang menyukai jenis kuliner sate ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

5.) Promosi

Dalam mempromosikan produk sate ini Anda bisa melakukannya dengan memasang spanduk dengan tulisan sesuai dengan tema usaha sate Anda, kemudian dipasang pada tenda atau gerobak. Untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, Anda juga harus membuat spanduk dengan tulisan dan gambar yang menarik.

Selain dengan membuat spanduk yang menarik, Anda juga bisa membuat brosur dan bisa juga dengan mencantumkan pelayanan pesanan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, aqiqah, maupun acara besar lainnya.


Analisa Usaha Sate

Asumsi Pemakaian

Masa penggunaan gerobak 3 tahun
Masa penggunaan peralatan makan 1 tahun
Masa Penggunaan peralatan masak 1 tahun
Masa penggunaan meja & kursi 2 tahun

Modal Investasi

Gerobak Rp 3.500.000,-
Peralatan makan Rp 450.000,-
Peralatan masak Rp 1.000.000,-
Meja & kursi Rp 500.000,-
Total Investasi Rp 5.450.000,-

Biaya Operasional

Penyusutan gerobak 1/36 x Rp 3.500.000,- = Rp 97.000,-
Penyusutan alat makan 1/12 x Rp 450.000,- = Rp 37.000,-
Penyusutan alat masak 1/12 x Rp 1.000.000,- = Rp 83.000,-
Sewa tempat Rp 650.000,-
Total Biaya Rp 867.000,-

Biaya lain-lain

Belanja bahan-bahan Rp 400.000,- x 30 hari = Rp. 12.000.000,-
Gas, kebersihan, listrik, keamanan Rp 2.000.000,-
Total Rp 14.000.000,-

Total Biaya Operasional
Rp 867.000,- + Rp 14.000.000,- = Rp 14.867.000,-

Penjualan Bulanan

Penjualan sate ayam 20 porsi x Rp 10.000,- x 30 hari = Rp 6.000.000,-
Penjualan sate kambing 25 porsi x Rp 15.000,- x 30 hari = Rp 11.250.000,-
Penjualan nasi 25 piring x Rp 3000,- x 30 hari = Rp 2.250.000,-
Total Rp 19.500.000,-

Keuntungan
Rp 19.500.000,- – Rp 14.867.000,- = Rp 4.633.000,-

Dalam menjalankan usaha sate ini Anda juga harus bisa menjaga kualitas rasa dari sate ini, yang diantaranya adalah dari segi bumbu yang nikmat dengan daging yang empuk. Dengan cita rasa yang khas dari resep sate kambing bumbu kecap ini akan membuat bisnis kuliner sate Anda akan semakin diminati oleh banyak orang. Selain itu, Anda bisa berjualan di tempat-tempat yang banyak dilalui kaum elit yang cukup strategis untuk bisnis kuliner ini, karena harga sate tergolong cukup mahal bagi sebagian orang.

Selain enak, resep Sate Kambing Bumbu Kecap ini juga sangat mudah untuk Anda coba. Resep Sate Kambing Bumbu Kecap ini dibuat untuk 40 tusuk sate. Jadi, silakan Anda bisa mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Kambing Bumbu Kecap di rumah. Terima kasih.

Untuk Menggunakan mesin tusuk sate, cermatilah video dibawah ini.!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •