Resep Sate Ayam Madura – Sate Madura merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Sate yang terbuat dari daging ayam dengan taburan saus kacang spesialnya yang nikmat dan lezat ini sangat memanjakan lidah para penikmatnya.

Kalau bicara soal sate, apakah Anda salah satu penggemar Sate Madura ini? Kalau iya, tentunya Anda sudah tidak merasa asing lagi dengan rasa khas yang terdapat pada sate ini. Sate Madura memang memiliki bentuk dan penyajian yang kurang lebih sama dengan sate-sate pada umumnya, yaitu daging ayam yang dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dengan menggunakan tusuk sate, setelah itu dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap.

Sekilas Tentang Sate Madura

Resep Sate Ayam Madura

Sesuai dengan namanya, Sate Madura ini berasal dari Madura, sebuah pulau kecil yang berdekatan dengan pulau Jawa. Sate Madura ini sudah terkenal di seluruh pelosok Nusantara dan bisa kita temukan hampir di semua daerah di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti, Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan masih banyak lainnya.

Biasanya kalau kita lihat di pasar atau dimanapun, ciri khas dari penjual Sate Madura itu menggunakan gerobak sate berbentuk perahu. Lebih khasnya lagi, biasanya kalau penjualnya orang Madura asli psati menggunakan kaos lorek merah putih.

Resep Sate Ayam Madura ini cukup mudah untuk dibuat seperti sate-sate yang lainnya. Anda bisa menyajikan Sate Ayam Madura untuk lauk saat makan malam, cocok juga untuk dijadikan sebagai menu makan Anda saat berkreasi bersama keluarga. Makanya tidak jarang ada acara yang menggunakan menu Sate Ayam Madura sebagai sajian untuk para tamu di berbagai acara besar seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

Tetapi selain daging ayam, ada juga Sate Madura yang menggunakan daging kambing. Bumbu atau saus Sate Madura sendiri sebetulnya cukup sederhana, yaitu campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan bara api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang biasa disebut dengan arang batok kelapa.

Resep Sate Ayam Madura mungkin masih lebih terkenal kalau dibandingkan dari daerah lain seperti Bali, Padang, atau yang lainnya, tapi ya semua itu tergantung sesuai dengan selera masing-masing.

Resep Sate Ayam Madura ini yang paling umum dan paling mudah untuk dibuat, karena bahan-bahan dasarnya itu mudah didapat dan juga harganya lebih terjangkau daripada daging sapi, kambing, kerbau, bahkan daging domba. Selain itu, Sate Ayam Madura ini juga sangat banyak peminatnya, karena memang sudah populer dan rasanya sangat pas di lidah orang Indonesia.

Tapi yang membuat Sate Madura ini terasa berbeda dengan sate-sate lainnya adalah terdapat perbedaan pada saus atau bumbu kacangnya. Bumbu atau saus Sate Madura ini menggunakan bahan-bahan yang khas dan masih fresh sehingga memiliki citarasa yang manis, enak, dan gurih. Apalagi di beberapa tempat, Sate Madura memakai rempah-rempah air jeruk yang masih segar sehingga menciptakan bumbu kacang yang enak dan segar juga.

Resep Sate Ayam Madura

Kalau kita lihat memang ada banyak sekali aneka dan kreasi sate-sate yang dijual di seluruh wilayah Indonesia, tapi kenikmatan dan kelezatan resep Sate Ayam Madura ini membuat semakin banyak orang yang tertarik dan suka dengan sate ini.

Sate Madura ini biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong yang dipotong-potong lalu diberi perasan air jeruk diatasnya supaya terasa lebih segar, dan juga diberi taburan potongan bawang merah untuk menambah kelezatan dari Sate Madura ini.

Sama seperti makanan khas Indonesia lainnya, Sate Madura ini tergolong makanan yang cukup ekonomis, karena hanya dengan kisaran Rp 15.000,- sampai Rp 20.000,- saja kita sudah bisa menikmati sedapnya Sate Madura ini. Tapi meskipun harganya ekonomis, tidak ada salahnya kalau Anda membuat Sate Ayam Madura ini sendiri di rumah.

Resep Sate Ayam Madura

Cara #1

Bahan-bahan Sate

  • 1 kg daging ayam (tanpa tulang dan kulitnya)
  • 125 ml kecap manis
  • 2 buah jeruk limau

Bahan-bahan Bumbu Kacang

  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 125 ml kecap manis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 250 gr kacang tanah (digoreng sampai matang)
  • 2 buah cabai merah
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bumbu Kacang

  1. Pertama, haluskan bawang merah, garam, kacang tanah, dan cabai merah yang sudah Anda siapkan.
  2. Kemudian tumis sebentar, lalu tambahkan kecap, daun jeruk, dan air. Masak sampai matang hingga mengeluarkan minyak dan tercium aroma wangi yang sedap.
  3. Kalau sudah, angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Sate Ayam Madura

  1. Langkah pertama adalah memotong daging ayam menjadi bentuk dadu sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu tusuk dan susun pada tusukan sate. Anda bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate, supaya hasilnya bisa optimal.
  2. Setelah itu lumuri sate ayam dengan kecap manis yang sudah ditambahkan dengan bumbu kacang yang sudah dibuat tadi sampai permukaannya terlumuri secara rata dengan bumbunya.
  3. Kemudian bakar sate sampai matang, sambil terus dibolak-balik dan lumuri sate dengan bumbu kecap, lalu angkat.
  4. Anda bisa menyajikan Sate Ayam Madura ini dengna bumbu kacang yang diberi perasan jeruk limau dan juga potongan lontong atau ketupat sebagai pelengkapnya.

Untuk menambah rasa gurih dan sedap, Anda juga bisa menambahkan bawang goreng diatas sate yang sudah Anda tuangkan bumbu kacangnya, Anda juga bisa menambahkan irisan tomat dan cabai rawit yang dipotong kecil-kecil untuk menambah rasa pedas.

Cara #2

Bahan-bahan Sate Madura

  • 1/2 kg daging ayam (potong dadu)
  • Ketupat/lontong
  • Tusuk sate
  • 1 buah jeruk nipis

Bumbu Kacang Sate Madura

  • 4 butir bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 150 gr kacang tanah
  • Kecap manis
  • 150 ml air kaldu
  • 2 butir kemiri
  • 3 sdm minyak sayur/minyak goreng
  • 2 sdt gula merah
  • Garam secukupnya

Bahan Sambal Bawang Sate Madura

  • 10 buah cabai merah (jumlah cabai sesuai dengan selera Anda)
  • Garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih

Cara Membuat Sate Ayam Madura

  1. Langkah pertama yaitu Anda bisa membuat bumbu atau saus kacangnya terlebih dahulu. Caranya itu dengan mencampurkan bawang merah, bawang putih, kacang tanah, garam, dan juga kemiri, lalu haluskan. Kemudian panaskan minyak dan tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan itu sampai aromanya harum. Kalau sudah, masukkan air kaldu dan masak sampai mengental, lalu angkat.
  2. Setelah itu campurkan 2 sdm bumbu kacang dengan tambahan 2 sdm kecap manis, lalu celupkan sate yang sudah ditusuk dan bakar sampai setengah matang. Kemudian angat dan gulingkan lagi sampai bumbunya merata, lalu bakar lagi sampai matang dan angkat.
  3. Langkah berikutnya Anda bisa membuat sambal bawang dengan cara memanaskan minyak, lalu tumis bawang putih sampai setengah matang dan angkat. Kemudian campurkan bawang putih, cabai merah, dan juga garam, lalu haluskan bumbu itu.
  4. Sate Ayam Madura siap untuk disajikan bersama dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal bawang, jeruk nipis, dan juga lontong.


Peluang Usaha Sate Madura

Tingginya penggemar makanan asli Indonesia yang satu ini membuat Sate Madura menjadi sebuah peluang bisnis sate yang menjanjikan dimana sate ini banyak dicari oleh konsumen di berbagai daerah di Indonesia.

Meskipun sudah banyak pelaku bisnis Sate Madura yang tersebar dimana-mana tidak membuat usaha Sate Madura ini makin surut, justru malah semakin berkembang pesast. Potensi usaha Sate Madura ini memang sangat menjanjikan, sehingga cocok menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan

Peluang usaha Sate Madura ini bisa dibilang cukup bagus dan menjadi suatu pilihan utama usaha kuliner sate yang menjanjikan, jadi banyak orang yang semakin tertarik untuk menekuni usaha ini. Yang jelas, peluang usaha Sate Madura ini masih terbuka lebar bagi siapapun. Bagaimana? Apa Anda berminat menjalankan pilihan usaha Sate Madura ini?

Prospek Usaha Sate Madura

Prospek dalam usaha Sate Madura ini sangat cemerlang, dimana melalui usaha sate ini Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Apalagi usaha ini memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka waktu ke depan. Bisnis Sate Madura memang sejak dulu tumbuh sampai saat ini dan masih berkembang juga tak pernah sepi konsumen.

Memulai Usaha Sate Madura

Anda bisa memulai usaha Sate Madura ini dari langkah yang mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis sate ini sebetulnya bisa dijalankan dengan modal kecil, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk bisa menjalankan usaha sate ini, karena bisa dilakukan dengan skala rumahan.

Pelaku Usaha Sate Madura

Usaha sate madura ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan usaha sate yang menguntungkan ini. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis Sate Madura sangat mudah, proses produksi Sate Madura juga mudah dan mendapatkan yang laba menguntungkan.

Konsumen Usaha Sate Madura

Konsumen Sate Madura ini memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan sate madura mampu memikat banyak orang. Konsumen sate madura cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa.

Bahan Baku Sate Madura

Dalam menjalankan usaha Sate Madura ini tentunya Anda memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Tapi bahan baku yang dibutuhkan cukup mudah, yaitu daging ayam, tusuk sate, bawang putih, bawang merah, kacang, kecap manis, gula merah, dan kemiri. Semua bahan-bahan itu bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Peralatan Usaha Sate Madura

Dalam usaha sate madura membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya gerobak, panci, mesin pemanggang sate, wajan, peralatan makan dan lainnya. Bahkan Anda bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate agar bisa memperoleh tusuk sate dengan kualitas yang baik.

Lokasi Strategis Usaha Sate Madura

Dalam berjualan sate madura, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis, dan ramai. Usaha sate madura dapat membuka gerai atau menggunakan gerobak di pinggiran jalan, dekat sekolah, dekat pabrik, pusat kota, dekat rumah sakit, kampus dan lainnya.

Karyawan Usaha Sate Madura

Karyawan dalam menjalankan usaha sate madura bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan. Pastikan memilih orang yang jujur, bertanggung jawab dan rajin dalam bekerja. Tapi kalau Anda memiliki waktu luang banyak, Anda bisa menjualnya sendiri tanpa harus membayar karyawan, jadi bisa menghemat pengeluaran.

Harga Jual Sate Madura

Patokan harga untuk sate madura bisa Anda buat dalam hitungan per porsi dimana harga mulai Rp 11.000 sampai Rp 15.000. Harga yang sangat terjangkau ini membuat usaha sate madura Anda bisa semakin ramai akan konsumen.

Promosi Usaha Sate Madura

Pemasaran usaha sate madura bisa dilakukan dengan membuat resep sate ayam madura yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi minuman sate madura dari media sosial baik faceboook, path, whatsapp, bbm, instagram dan lainnya. Anda juga bisa menjalankan strategi pemasaran sate madura dengan cara menyebarkan brosur.


Analisa Usaha Sate Madura

Kalau tadi Anda sudah mengetahui resep Sate Ayam Madura, kali ini Anda juga harus mengetahui analisa usaha sate madura ini untuk bisa lebih mengenal dan juga tahu berapa anggaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha sate ini, terutama bagi Anda yang sedang ingin memulai bisnis kuliner, tidak ada salahnya untuk memulai mencoba usaha Sate Madura ini dari skala kecil.

Analisa usaha Sate Madura ini sangat penting dibutuhkan sebagai suatu gambaran kalau suatu saat Anda memulai usaha ini jadi tidak akan menemukan kesulitan. Dengan cara mengetahui analisa usaha sate madura ini maka usaha sate yang ingin Anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal. Berikut ini analisa usaha Sate Madura.

Asumsi Masa Penggunaan

Etalase/gerobak 5 tahun
Wajan 5 tahun
Meja 5 tahun
Kursi 5 tahun
Panci 5 tahun
Kompor dan gas 5 tahun
Pisau 3,5 tahun
Mesin pemanggang sate 5 tahun
Kipas angin 5 tahun
Piring 3,5 tahun
Sendok 3,5 thaun
Gelas 3,5 tahun
Garbu 3,5 tahun
Nampan dan serbet 3,5 tahun
Peralatan lainnya 3,5 tahun

Investasi Peralatan

Etalase/gerobak Rp 1.924.000,-
Wajan Rp 206.500,-
Meja Rp 1.368.000,-
Kursi Rp 657.500,-
Panci Rp 226.500,-
Kompor dan gas Rp 326.000,-
Pisau Rp 74.500,-
Mesin pemanggang sate Rp 1.615.500,-
Kipas angin Rp 178.500,-
Piring Rp 118.500,-
Sendok Rp 62.500,-
Gelas Rp 79.500,-
Wadah Rp 63.500,-
Garbu Rp 63.000,-
Nampan dan serbet Rp 71.500,-
Peralatan tambahan yang lainnya Rp 75.500,-
Jumlah Investasi Rp 7.111.000,-

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap

Penyusutan etalase/gerobak 1/62 x Rp 1.924.000,- = Rp 31.000,-
Penyusutan wajan 1/62 x Rp 206.5000,- = Rp 3.000,-
Penyusutan meja 1/62 x Rp 1.368.000,- = Rp 22.000,-
Penyusutan kursi 1/62 x Rp 657.500,- = Rp 11.000,-
Penyusutan panci 1/62 x Rp 226.500,- = Rp 4.000,-
Penyusutan kompor dan gas 1/62 Rp 326.000,- = Rp 5.000,-
Penyusutan pisau 1/44 x Rp 74.500,- = Rp 1.500,-
Penyusutan mesin pemanggang sate 1/62 x Rp 1.615.500,- = Rp 26.000,-
Penyusutan kipas angin 1/62 x Rp 178.500,- – Rp 3.000,-
Penyusutan piring 1/44 x Rp 118.500,- = Rp 3.000,-
Penyusutan sendok 1/44 x Rp 62.500,- = Rp 1.500,-
Penyusutan gelas 1/44 x Rp 79.500,- = Rp 1.500,-
Penyusutan wadah 1/44 x Rp 63.500,- = Rp 1.000,-
Penyusutan garbu 1/44 x Rp 63.000,- = Rp 1.000,-
Penyusutan nampan dan serbet 1/44 x Rp 71.500,- = Rp 1.500,-
Penyusutan peralatan tambahan 1/44 x Rp 75.500,- = Rp 2.000,-
Gaji karyawan Rp 650.000,-

Biaya Variabel
Daging ayam Rp 123.500,- x 30 = Rp 3.705.000,-
Beras Rp 74.000,- x 30 = Rp 2.220.000,-
Tusuk sate Rp 8.000,- x 30 = Rp 240.000,-
Jeruk nipis Rp 4.000,- x 30 = Rp 120.000,-
Bawang putih Rp 18.000,- x 30 = Rp 540.000,-
Kacang tanah Rp 20.000,- x 30 = Rp 600.000,-
Minyak goreng Rp 12.000,- x 30 = Rp 360.000,-
Bawang merah Rp 24.000,- x 30 = Rp 720.000,-
Kecap manis Rp 16.500,- x 30 = Rp 495.000,-
Garam Rp 2.000,- x 30 = Rp 60.000,-
Kemiri Rp 6.000,- x 30 = Rp 180.000,-
Gula merah Rp 12.000,- x 30 = Rp 360.000,-
Cabai merah Rp 23.000,- x 30 = Rp 690.000,-
Cabai rawit Rp 20.000,- x 30 = Rp 600.000,-
Timun Rp 7.000,- x 30 = Rp 210.000,-
Cuka Rp 5.000,- x 30 = Rp 150.000,-
Pembungkus Rp 13.000,- x 30 = Rp 390.000,-
Gas LPG Rp 17.500,- x 30 = Rp 525.000,-
Sewa tempat Rp 15.000,- x 30 = Rp 450.000,-
Air dan listrik Rp 12.500,- x 30 = Rp 375.000,-
Total Biaya Variabel Rp 12.990.000,-

Total Biaya Operasional
Biaya Tetap + Biaya Variabel = Rp 13.758.000,-

Pendapatan per Bulan
(44 porsi x Rp 12.000,-) x 30 hari = Rp 15.840.000,-

Keuntungan per Bulan
Laba = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
Rp 15.840.000,- – Rp 13.758.000,- = Rp 2.082.000,-

Lama Balik Modal
Total Investasi : Keuntungan
Rp 7.111.000,- : Rp 2.082.000,- = 3 bulan

Berdasarkan hasil perhitungan analisa usaha Sate Madura yang kami paparkan diatas, dengan melihat asumsi itu, Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya yang bernilai Rp 7.111.000,- yang dialokasikan untuk biaya investasi, serta anggaran alokasi penggunaan biaya tetap senilai Rp 768.000,-, untuk kebutuhan biaya variabel Rp 12.990.000,- dan juga anggaran Rp 13.758.000,- untuk total biaya operasional.

Dari analisa usaha Sate Madura ini bisa diasumsikan untuk waktu satu bulan total penerimaan yang diperoleh dari penjualan sebanyak 44 porsi dalam sehari dengan dipatok harga Rp 12.000,- per porsinya, maka Anda akan mendapatkan rata-rata penjualan Sate Madura per harinya dengan mengantongi uang berjumlah Rp 528.000,-. Tapi kalau dihitung dalam waktu satu bulannya, usaha Sate Madura ini akan mendapatkan hasil Rp 2.082.000,-. Jadi bisa dideskripsikan kalau usaha Sate Madura ini sangat menguntungkan dengan harga nilai jual yang terjangkau. Lama balik modal yang dibutuhkan dari usaha Sate Madura ini kurang lebih selama 3 bulan.

Selain enak, resep Sate Ayam Madura ini juga sangat mudah untuk Anda coba. Resep Sate Ayam Madura ini dibuat untuk 40 tusuk sate. Jadi, silakan Anda bisa mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sate Ayam Madura di rumah. Terima kasih.